TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Marc Marquez menorehkan catatan baru dimana Ia menjuarai race dari posisi Pole Possition dimana ia harus lebih dahulu ikut Q1 sebelumnya. Dengan menjuarai MotoGP Thailand 2018, artinya Marc Marquez tercatat 7 kali sudah sementara juara Seri di Musim MotoGP 2018 ini dan Ia pun akan terkenang sebagai pembalap MotoGP pertama yang menang di Chang Circuit – Buriram. Secara Total Marc Telah 42 kali Juara seri dengan Honda Sekaligus melewati torehan Mike Hailwood yang baru 41 kali Juara dengan Honda. Race MotoGP Thailand sendiri sesuai Prediksi tmcblog dimana akan berlangsung Sangat ketat, dan Bahkan Penentuan gelar Juara Seri Sampai ditentukan sampai Tikungan terakhir  . . kita tahan dulu pembahasan analisa, Sekarang kita akan simak dulu data data seperti apa championship Pasca race MotoGP Thailand 2018

Hanya Dani Pedrosa yang DNF Karena Crash di race super duper panas sampai Track tenperatur 52 derajad Celcius tersebut. Walau race ketat, namun Di akhir race tercatat Hanya tiga Pembalap berbeda Pabrikan hadir di depan pada akhir race  . .  mereka adalah Marc Marquez, Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales ..  Jarak Ketiganya hanya berselang masing masing sekitar 0,1 an detik.

Walaupun Memang Improove banget dibandingkan Aragon, namun Yamaha kembali memperpanjang Puasa Juara menjadi 25 Seri berturut turut. Menarik Juga Melihat Posisi 3 sampai 6 diisi oleh pembalap yang menggunakan mesin Inline 4 semua. Di pembahasan Kualifikasi tmcblog beberapa kali beropini bahwa Sirkuit Chang ini kayaknya terdiri dari dua Karakter.

Karakter Dua sektor pertama lebih ke Mesin V-4, sedangkan dua sektor terakhir lebih ke mesin Inline-4 . . Jadi Lebih balance . . . walaupun memang trend Marc-Dovi sedang hot hotnya, namun kehadiran Yamaha dan suzuki finish di Bawah Dovi paling tidak cukup menguatkan Opini keseimbangan ini.

Marc Marquez yang pasca race Thailand 2018 berjarak 77 Point dari Posisi Andrea Dovizioso, dan 99 Point dari Valentino Rossi  . . . Secara Matematik dengan 4 Race tersisa ( Motegi, PI, Sepang dan Valencia ) hanya ada 100 Point maksimum tersedia. Dan ini membuat pengerucutan jadi hanya Marc Marquez, Dovizioso dan Rossi yang punya peluang Juara dunia di 2018.

Lho Rossi Masih berpeluang Juara Dunia ? Yes Masih . . Coba saja di 4 race kedepan Marc dan Dovi sama sama Tidak pernah peroleh Podium atau tidak pernah memperoleh Point sama sekali dan Vale Juara 1 terus, Maka Vale Bisa Juara dunia walaupun Kemungkinan sangat tipis, namun kemungkinan tetaplah kemungkinan, Kita tidak boleh mendahului yang belum Terjadi.

Dengan hasil Di Thailand ini Marc Marquez memiliki peluang untuk menyegel Juara di Motegi dua pekan mendatang apabila Pasca race Motegi nanti Jarak Point antara dirinya dengan Dovizioso dan Rossi berada di angka 75 Point atau Lebih. Bagaimana permutasi agar Marc Bisa Kunci Juara Dunia di Motegi ? Permutasinya  Misalnya  Marc Juara di motegi ( 271 + 25 = 296 Point ) Maka Marc akan Kunci Juara dimanapun Posisi finish Dovi. Pokoknya Kuncinya adalah Marc Harus finish di depan Dovi.

Pasca race MotoGP Thailand 2018, Honda dan Repsol Honda masih berada di atas  Ducati dan Ducati team. Dan bahkan baik Honda maupun Repsol honda berhasil memperpanjang jarak mereka dari kejaran Ducati dan Ducati team.  Baik Ducati team ( 20 pt)  dan repsol Honda ( 25 pt ) sama sama hanya mengoleksi Point team dari satu Pembalap di Thailand, sedangkan Yamaha Movistar memperoleh Point Total 29 dari dua Pembalap ( Rossi dan Vinales ) dan untuk yang terakhir ini membuat Jarak Championship Yamaha ke Ducati team dan repsol Honda semakin dekat.

Cal crutchlow finish persis lebih dahulu satu posisi dari Danilo Petrucci di Thailand dan ini sudah cukup Untuk menjadikannya sementara menjadi Pembalap Independent ( satelit ) terbaik menjelang MotoGP Motegi 2018. Sementara itu Alma Pramac team dengan duet Petrucci dan jack Miller tetap mempertahankan ritme positif menjadi Team Independent terbaik sementara.

Pasca race di Thailand, Jarak Franco Morbidelli yang tetap menjadi Rookie Of the year 2018 sementara berkurang dari kejaran Hafizh Syahrin dari awalnya jarak 7 Point menjadi 5 point saja. Semoga berguna

Taufik Of BuitenZorg

63 COMMENTS

    • Sbgian Fby brharap Marq sudi pindah k Y & bw greget… Tp si anu udh blg g blh da Klan Marquez! 🤣
      Aq mlh curiga si anu mnyembunyikan ssuatu, bhwa sbtulny pmegang V*agra bwt Inline4 adlh Marq… Pihak pbrikan pusat g blh tw! 😂

      Guest
  1. apabila Pasca race Motegi nanti Jarak Point antara dirinya dengan Dovizioso dan Rossi berada di angka 100 Point atau Lebih.
    ############################
    banyak amat wak sampe 100 point lebih ? bukannya kalo marquez finish pertama dimotegi 271+25=296 dan dovi finish kedua 194+20= 214 artinya ada selisih 82 poin dan 3 seri juara 1 maksimal 75 poin. marquez udah bisa juara dunia wak ? gak harus 100 berarti kan ? minimal diatas 75 poin pasca motegi nanti.

    Guest
    • Betul yg ditulis wak haji , jadi marc butuh 1 kemenangan lagi..alias 25 poin, nah sekarang jarak dg dovi kan 77 + 25 = 102 jaraknya dg dovi .

      Guest
    • Iya Hamon 😂 maksud wak haji itu barangkali sekalian memasuki rosi dalam hitungan, jadi gak spesifik buat dovi

      Guest
    • Rossi jgn dilupakan cuy, dah ditulis karena hitungan matematis g mengenal strugel pa tidak, karena sekarang jaraknya cma 99 poin (MM-Rossi), jd di smpe sekarang Rossi masih berpeluang mski tipis. sekali lg cz ini perhitungan matematis dan peluang, ttp diitung kemungkinan si mbah finis didepan MM-Dovi. dengan dovi pasca motegi emang ckup 75 poin, klo dengan rossi ckup nambah margin 1 poin lg pasca motegi, makanya wak haji bilang 100 poin itu jg cz masih ada si mbah yg berpeluang meski tipis

      Guest
    • Gini lah, pasca ThaiGP jarak marc dg dovi 77point. Andaikata marc P1 dan dovi P2 di motegi, jelas perbedaan point jadi 82 (marc nambah 25 dovi nambah 20 jadi selisih skrg 77 tambah 5, so pasca motegi selisih 82 point). Nah kan tinggal 3 seri lagi tu dimana max setiap satu seri 25point gak bakal toh AD04 bisa nyalip point marc walaupun bisa P1 di 3 seri berturut2 (sepang, philipisland, valencia) meskipun marc 0 point terus jg gak bakal kesalip toh marc masih menang 7 point diatas dovi? Jdi marc harus bisa jaga jarak point dg dovi minimal 76 after motegi baru bisa lock jurdun di motegi.

      Guest
    • Tapi kalau 4 seri tersisa dovi P1 terus, dovi bisa jurdun , karena dovi memiliki lebih banyak kemenangan, begitu kan? 😂

      Guest
    • @Tak ada yang bisa
      harus dimasukkan Faktor marcnya dalam Tulisan . . Dovi P1 terus dan marc Di Mana? misalnya Marc Tidak pernah peroleh Point atau Marc terus2an Finish di posisi 11
      Kalau Dovi P1 terus Maka Ketambahan 25 x 4 = 100 -> total 294

      point Marc Sekarang 271 . . Beda 23 point lho,

      artinya secara Matematis kalau di 4 Race berikutnya Marc finish terus terusan di P10 ( 6 point ) yang artinya total 24 Point ( 6 x 4 ) . . Maka Marc tetap Juara Dunia, cmiiw

      Administrator
    • Woh hanya perlu p10 di 4 seri tersisa,itu sih balap pake 1 tangan juga ‘gak’ bisa hehehe 😅

      Guest
    • rossi memang masih masuk calon jurdun, cuma penjelasan aja yang rada ribet sampe harus 100 poin selisihnya 😂
      simpelnya marquez juara dunia jika marquez juara seri dimotegi, diposisi berapa pun dovi dan rossi finish sudah tidak mempengaruhi posisi marquez.
      marquez gagal juara dunia dimotegi jika dovi juara seri motegi.

      Guest
  2. Dengan hasil Di Thailand ini Marc Marquez memiliki peluang untuk menyegel Juara di Motegi dua pekan mendatang apabila Pasca race Motegi nanti Jarak Point antara dirinya dengan Dovizioso dan Rossi berada di angka 100 Point atau Lebih.

    75 point wak, pan tinggal 3 race.

    Guest
    • Rossi jgn dilupakan cuy, dah ditulis karena hitungan matematis g mengenal strugel pa tidak, karena sekarang jaraknya cma 99 poin (MM-Rossi), jd di smpe sekarang Rossi masih berpeluang mski tipis. sekali lg cz ini perhitungan matematis dan peluang, ttp diitung kemungkinan si mbah finis didepan MM-Dovi. dengan dovi pasca motegi emang ckup 75 poin, klo dengan rossi ckup nambah margin 1 poin lg pasca motegi, makanya wak haji bilang 100 poin itu jg cz masih ada si mbah yg berpeluang meski tipis

      Guest
    • Iya 😂 jadi maksud wak haji mah baik..kasian rosi kalau gak diikutkan dalam hitungan2 antara dovi dan marc 😂

      Guest
    • Wah baru ngeh ternyata mang rossi diikutkan jg..wkwkw pantesan aye bingung😄😄😄😄😂

      Guest
    • Jadi begini, fokusnya adalah PASCA RACE MOTEGI, artinya tinggal tersisa 3 balapan lagi, dan poin maksimal yang bisa didapat semua rider adalah 75 poin.

      Jika setelah race motegi, jarak poin markes dg rider terdekat lebih dari 75, maka markes akan juara.
      Maksudnya, kalau lebih dari 75 poin saja cukup menjadikan markes juara. Maka ya nggk perlu sampe jarak 100 poin untuk jadi juara.

      Guest
    • @Seperia : itu kalau cuma ngitung dovi doang, belum ngitung si mbah yang secara matematis sampai sekarang masih berpeluang, jadi bener Wak Haji klo jarak poin harus 100 dengan memasukkan si Mbah.

      Guest
  3. dan Ia pun akan terkenang sebagai Pembalap MotoGP pertama yang menyabet Pole Unik serta menang di Chang Circuit – Buriram
    Kereeen Wak Haji 😂

    Guest
  4. Memang..Marc harus P1 dimotegi untuk menyegel Jurdun.
    Kalau Marc P1 di motegi..Jumlah kemenangan Marc sudah melebihi dovi ( sekalipun dovi P1 beruntun di 3 seri berikutnya , sekalipun dovi memiliki poin melebihi poin Marc.. ) gitu kan ya?

    Guest
    • Aman nya emang gitu, jadi posisi Dovi sama si Mbah berapapun ga ngaruh, tp mau mm finis diposisi berpapun asal didepan dovi-rossi, atau dibelakang dovi dengan jarak max 2 poin dan di depan rossi, MM ttp jurdun

      Guest
  5. Cukup bagi MM untuk menjadi jurdun bila pada motogp Jepang MM dapat poin 2 dan Dovi 3 atau 1…dan meskipun Rossi juara disitu

    Guest
  6. Salah satu skenario dari beberapa skenario :
    Cukup bagi MM untuk menjadi jurdun bila pada motogp Jepang MM dapat poin 2 dan Dovi 3,1 atau dlosor…dan meskipun Rossi juara disitu

    Guest
  7. entah kenapa saya yakin marquez juara dunia di motegi jepang nanti, apalagi siklus juara dunia marquez itu kalo gak motegi yak valencia. cuma 2 tempat itu saja yang biasanya marquez mengunci gelar juara dunia.
    2013 valencia, 2014 motegi, 2016 motegi, 2017 valencia dan 2018 motegi pas nih 😂

    Guest
  8. Kelembapan asia tenggara cocok dgn m1. Makanya ngebet bgt vr46 buat race motoGp disini. Bahkan kalau perlu 4 sirkuit di Indonesia dalam satu musim kalender motoGp.
    Eh teori marketing Race todays, sell tomorrow udah g berlaku ya??

    Guest
  9. Bener yang seru tadi juga moto 2 antara adik Rossi vs adiknya Marquez. Trus saat team mate olivera mengawalnya sedangkan teammate bagnaiya juga melalukan yang sama. mungkin bisa dibahas nih wak. Seru dari pertengahan bahkan dari awal lap juga.

    Guest
  10. Lho, bukannya PASCA race motegi Marc cuma perlu menjaga dia tetap unggul 75 poin, bukan 100 poin. Karena PASCA race Motegi, tinggal tersisa 3 race. Karena walaupun Dovi selalu menang dan mendapatkan 75 poin dan Marc selalu gagal mendapatkan poin, dan jumlah podium 1 nya akan sama dengan Marc, tapi Marc unggul jumlah Podium 2.

    Guest
  11. wak haji saya penasaran dengan nalisa ban saat kemarin di Thailand mengenai ban baru apakah ada info2 bocoran ?
    Dan apakah kelembapan udara di wilayah asia tenggara sangat berpengaruh terhadap yamaha, karena kaitannya mereka hanya melakukan test di sirkuit2 asia saja sehingga mebawa perubahan, atau memang karena ada perbaikan elektronik dll.

    Guest
    • Nggak Banyak info
      dan sepertinya yamaha Pun menunggu apakah Motegi bisa sepositif Buriram
      Untuk Sementara Amannya memang merujuk ke ban, dimana bannya memang special Buriram plus cuaca super panas ( 10 deg di atas saat test Pra Musim ) . .

      Administrator
    • saya gak pernah bahas moto2 kecuali ada pembalap indonesianya . .
      Nanti kalo tiba2 bahas malah ada yang mikir . . ” wah tumben, apa karena ada adiknya si ini atau adiknya si itu 😀 ”
      paling nanti kalo sudah final dan Tahu jurdunnya saja 😀

      Administrator
    • Iya wak,emang susah sama fb fanatik. saya pecinta suzuki bandit 400 tapi saya tak fanatik merk suzuki atau pembalap manapun. namun resfect dengan pembalap yang jadi juara atau pembalap yang memberi hiburan saat balapan. entah itu pembalapnya siapa,pakai merk apa.Toh kita gak ada diuntungkan atau dirugikan. Ditiap merk saya malah ad model yg disuka,Honda CBR1000 2007an,Yamaha R1 2008, Kawasaki z800.Nah bikers tuh gak fanatik merk tapi model sesuai seleranya. Makasi jawabannya wak. Yg jelas moto2 kemarin terlepas dr drama adik” MM dan VR. duo team yg saling adu strategi sangat seru.

      Guest
    • Arti kata special ini buat semua atau buat satu sebut saza sesuatu biar yg itu bisa berbuat sesuatu biar record nya gak makin bertambah sesuatu Wak?

      Guest
  12. Coba saja di 4 race kedepan Marc dan Dovi sama sama Tidak pernah peroleh Podium atau tidak pernah memperoleh Point sama sekali dan Vale Juara 1 terus, Maka Vale Bisa Juara dunia
    ——————————-

    Nah kata2 ini bagus di sampaikan oleh Tmc saat live motogp di trans7…..pernyataan di atas benar soalnya…kan never say never di motogp.

    *kasih harapan lha 😁

    Guest
  13. Sbg fans yg trlahir saat Marc naik ke GP dan sy baru tau wajahnya Rosi tahun itu (bau kencur skali yak 😁) feeling sy MM akan mngangkat samurai 7 wondernya di Motegi 🎌🎌🎌
    Smoga sj, supaya sy nontonnya bs tenang 😂😂

    Guest
  14. Bro klo Marc belum tentu juara di Motegi krna bisa saja Dovi punya strategi agar Marc tidak bisa mengunci gelar jurdun, istilahnya Dovi bisa bekerja sama dengan Rossi untuk mengagalkan Marc jurdun, itu opini saya 🙂

    Guest
  15. problem yamaha rossi di salip 2 pembalap sekaligus top speed msh jauh, marquest melebar vina gak bisa nyusul croner speed amburadul, tikungan terakhir vina plenga plongo. akselerasi masih berat, bukannya merendahkan tpi byk pr untuk yamaha. msh blum ada solusi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.