TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Marc Marquez di Hari ahad kemarin ( 7/10/2018 ) telah merengkuh kemenangan Race seri GranPrix ke 68 semenjak Raihan Kemenangan GP pertama 6 Juni 2010 di GP125 seri Italia Dengan Motor Derbi RSA125. Torehan ini menyamai Raihan Jorge Lorenzo dan Menjadi Pembalap tersukses ke-5 dalam sejarah. Hanya ada 4 Legenda yang memiliki Raihan kemenangan GrandPrix Lebih dari Marc Marquez yakni Giacomo Agostini, Valentino Rossi, Angel Nieto dan Mike Hailwood. Namun yang patut diperhatikan Juga adalah ke-68 Gelar Juara GP ini diperoleh Marc dalam waktu 9 Musim

Menarik Membandingkannnya Dengan Valentino Rossi. Juara GP 9 Kali ini  Merengkuh Gelar Juara GP Pertama Kali di Kelas GP125 Tanggal 18 Agustus 1996 dengan Aprilia RS125. Sedangkan Gelar Juara Seri GP ke-68 dari Valentino Rossi adalah Ketika memenangkan race Finale MotoGP 31 Oktober 2004 menggunakan Yamaha M1 kala itu.

Kalau Mau Dibandingkan, Diluar perbedaan antara Marc Marquez menggunakan Motor 4 tak 600 cc dan Valentino Rossi menggunakan Motor 2 tak 250 cc pada kelas Intermediate mereka, terus bagaimana perbedaan tingkat persaingan dan kesulitan lainnya, namun Jarak kemenangan pertama dan jarak kemenangan ke 68 keduanya direngkuh dalam jangka Musim Yang mirip Yakni 9 Musim.

Mengenai Jangka waktu, Vale sedikit lebih singkat ..  beda dua Bulan Kira Kira. . . Hal ini lah yang menarik, ternyata Marc Marquez dan Valentino Rossi sama sama membutuhkan rentang 9 musim untuk meraih GrandPrix Ke 68 semenjak Perolehan GP pertama mereka .

Namun Perlu dijadikan Catatan Bahwa Vale memperoleh kemenangan pertamanya pada Musim pertamanya di GP125 sementara Marc Memperoleh Kemenangan Pertamanya di Musim ke-3 GP125.

Data Marc Marquez dan Valentino Rossi di kelas GP 125 :

  • Kelas GP125 : Valentino Rossi ( 2 Musim 96/97, Juara 12 Kali, Juara Dunia 1 Kali )
  • Kelas GP 125 : Marc Marquez ( 3 Musim 08/09/10, Juara 10 kali, Juara Dunia 1 Kali )

Data Marc Marquez dan Valentino Rossi di kelas Intermediate :

  • Kelas GP250 : Valentino Rossi ( 2 musim 98/99, Juara 14 Kali, Juara dunia 1 Kali )
  • Kelas Moto2 : Marc Marquez ( 2 Musim 11/12, Juara 16 Kali, Juara dunia 1 Kali )

Untuk Kategori Kelas para raja yang menggabungkan Data Juara GP500 dan MotoGP Kemenangan Marc Marquez di Thailand menempatkannya di Posisi ke 5 Pembalap dengan memperoleh kemenangan ke 42 Kalinya. Torehan Ini masih 5 angka di Bawah Jorge Lorenzo Yang telah mengemas 47 kali kemenangan  dan tentunya Valentino Rossi masih memimpin dengan 89 Kali kemenangan diikuti Giacomo Agostini dan Mick Doohan.

Marc Marquez merengkuh gelar Juara seri GP Kelas Primer Ke 42 di Musim ke 6 nya Semenjak Musim 2013. Sedangkan Valentino Rossi Yang masuk di Kelas Primer semenjak Musim 2000 merengkuh Gelar ke 42 Juga Pada race Finale MotoGP valencia 2004 atau pada Musim ke 5nya di kelas primer . . dalam Hal INI Valentino Rossi lebih cepat meraih Gelar Juara Seri Kelas Primer dibandingkan Marc Marquez.

Taufik of BuitenZorg

List Juara Grand Prix ( Menggabungkan semua kelas )

WINPembalapNegara
122Giacomo AgostiniItalia
115Valentino RossiItalia
90Angel NietoSpanyol
76Mike HailwoodInggris
68Marc MarquezSpanyol
68Jorge LorenzoSpanyol
54Mick DoohanAustralia
54Dani PedrosaSpanyol
52Phil ReadInggris
45Casey StonerAustralia
45Jim RedmanRhodesia
42Max BiaggiItalia
42Anton MangJerman
39Carlo UbbialiItalia
38John SurteesInggris
37Jorge Martinez AsparSpanyol
34Luca CadaloraItalia
33Geoff DukeInggris
31Eddie LawsonUSA
31Kork BallingtonAf Sel
30Luigi TaveriSwiss
29Loris CapirossiItalia
27Eugenio LazzariniItalia
27Freddie SpencerUSA
27Pierpaolo BianchiItalia
25Hugh AndersonSelandia baru
25Kevin SchwantzUSA

 

List Juara GP500/MotoGP

WinPembalapNegara
89Valentino RossiItalia
68Giacomo AgostiniItalia
54Mick DoohanAustralia
47Jorge LorenzoSpanyol
42Marc MarquezSpanyol
38Casey StonerAustralia
37Mike HailwoodInggris
31Eddie LawsonUSA
31Dani PedrosaSpanyol
25Kevin SchwantzUSA

 

 

 

 

95 COMMENTS

    • harusnya mbah oci… pensiun aja….. dah loyo…ga usah dipaksakan……. realistis aja… umur berpengaruh dg performa walopun byk pengalaman😂😂😂😂

      Guest
    • Yg menarik :
      MM93 meraih 42 podium 1 motoGP kelas utama pada saat VR46 dan JL99 masih berada pada masa kejayaan mereka.

      Jika tak ada MM93, tentunya VR46 & JL99 bakal makin menggila, sapu bersih juara dunia, mendominasi motoGP dgn berbagai rekor2-nya.

      Guest
    • Ya dibalik juga, harusnya markes bersyukur lahirnya ga bareng ma rosi, coba kalo lahirnya bareng, apa markes bisa juara? Rosi udah berumur jauh ma markes aja, rosi bisa biskin markes ga tenang, gimana kalau seumuran? Ya rosi ada di depan jauh meninggalkan markes..

      Guest
    • Lho gimana tho….
      Lha wong MM93 lagi baru belajar pegang stang motoGP (debut 2013) langsung berhadapan dgn 2 master juara dunia yg sedang dalam masa emasnya, yaitu Rossi & Lorenzo.
      Dan hasilnya….MM93 tetap bisa juara dunia, bahkan kini hampir 5 kali di kelas utama.

      Kalau sekarang faktor umur memang bisa jadi alasan inferiornya VR46, itu sekarang…tetapi saat 2013 kan tidak, malah MM93 saat itu masih ingusan baru belajar balapan tho??

      Lagipula Lorenzo yg hebat & bisa mengalahkan Rossi-pun juga tetap kalah juga, kan??

      Guest
    • @Fivaro

      Hahahaha…
      Rossi dan Marquez bertahun2 balapan bareng, hasilnya Rossi selalu ZONK.
      Rossi menang sebelum datang Marquez

      Guest
    • Lihat untuk kategori moto3/gp125. Dan moto2/gp250…di perlihatkan berapa musim masing2 pembalap juara….tapi di motogp/gp500 tidak di perlihatkan wkwkwk…ada udah di balik bakwan…..ada yg tau brp.musim yg di butuhkan si lejen untuk juara kelas primer?….brp musim yg di butuhkan marq juara kelas primer?….umur brp di lejen juara kelas primer dan umur brp marq juara

      Guest
    • Dua2ny hebat… Sm2 legend pastiny, mskipun msh aktif on the track.
      Tp udh sm2 tau jk sbtulny udh beda zaman…

      🎤 pak tua sudahlah… Yang muda masih sanggup ngesot2 o ya…. 🎶
      🤣😂

      Guest
  1. Simbah emang hebat……, tapi itu duluuuuuu…….

    sekarang cuma bisa jadi badut sirkuit dgn senjata andalannya… mewek di media.

    Guest
  2. Dan taunya gp cuma rosi fans alay generasi micin.. kebanyakan cuma ikut²an lalu sok dewasa ngulas sejarah rosi dng modal Google

    Guest
  3. Yg perlu digarisbawahi adalah, kondisi mencapai angka tsb sangat berbeda. Kondisi berbeda itu lah yg akan jadi perdebatan, statistik tdk bisa diperdebatkan fanboys.

    Guest
  4. Wkwkwkwk..bener.. ane milanisti dan ane fane fans rossi..
    Sekarang sama2 loyo..ga punya tenaga.
    Cuma bisa mengenang generasi baressi,generasi sheva, kaka..
    Ngomongin masa dulu yg indah..

    Guest
  5. Sedih amat liat Pedrosa, juara seri terbanyak yg gak pernah juara dunia kelas MotoGP
    Menang sekali lagi gusur Mick Doohan

    Guest
  6. rider bisa dikatakan hebat bilamana udah prnh juara dg ganasnya motor 2 tak tnp dibantu ecu imu tetek bengek

    hmmmmm

    Guest
    • Ni orang mabok apa sih?

      Berarti rossi hebatnya pas pke nsr doang? Pas pke rcv, m1 gk hebat? Pffftttt

      Guest
    • moto 2tak bayak polus omi. bayak tekhnologi yang lebih efisien. ntar klo 2 tak bs lulus euro5 dan bs lebih irit mungkin di pake lagi di motogp hehehe

      Guest
    • Masih aja mengenang masa lalu. 2 tak itu GP yg sudah usang Bro, masa lawas. Seharusnya ente bersyukur, coba kalau Marquez ada di zaman nya 2tak GP, bisa2 Rossi tenggelam. Sudahlah, akui saja masa sekarang masa keemasannya Marquez dan skill nya diatas Rossi. Mungkin 10 tahun lagi beralih ke masa keemasan yg lain. Dinikmati aja Bro.

      Guest
    • pocket bike kan motor 2 tak tanpa eletronik tetek besar,eh bengek bahkan suspensi depan pun ga pake
      dgn kata lain sejak mereka ingusan udah ngerasain 2tak tradisional,yg ane,elu dan kita semua yg komen disini paling masih main ujan2an dan becekan di umur yg sama

      hmmmmmmmm

      Guest
    • Y udh, panggil Doraemon sana trs bw mundur smua k ms llu… Bw jg Stoner, Lorenzo, Dovi & Marq 🤣
      Klw krg y mundur lg trs kumpulin smua d zaman Agostini 😂

      Guest
  7. Wak..tentang aturan spek motor prototype apakah sama…antara masa keduanya..?
    Klo sekarang kayaknya sangat terbatas dlm pengembangan oleh pabrikan…

    Guest
  8. itu foto yg Marquez nakal itu ya?selfie nya pake GoPro (official sponsor MotoGP) tapi dia pake bawa action cam nilox 😂😂😂

    Guest
  9. Yang satu legenda beda generasi,yg satu calon legenda yg hebat kalau JL dan DV kedepan gak kuat. atau gak ada pembalap muda baru yg setara nantinya.

    Guest
    • Itu salah satu kelebihan VR,punya murid hebat bahkan kini dia melawan muridnya sendiri. Soal Bagnaiya dan Morbi. Sebenarnya klo Morbi pakai mesin inline,kalau mesinnya fix ya ….bakal jauh lbh cepet dr bagnaiya dan bisa menyaingi gurunya. Secara pke mesin V yg tak friendly sama pembalap baru ya pasti terseok” aplagi pke mesin yg tak sespek pabrikan,CC sama DP saja msh kwalahan tuh. MM memang gaya dirtbikenya pas dgn karakter v4.kalau dia kdpn gak ad cedera ya.krn v4 bth kondisi prima terus.

      Guest
    • bekas juara yg tentunya levelnya beda dgn yg aslilah,klo ud mantap gak mgkn mesin diganti tiap musim klo yakin bisa juara lagi.

      Guest
  10. Memang masing2 ada jamannya.. tp menurut saya era marc itu era dimana pembalap lain hampir sama level, entah dg aturan2 yg makin diseragamkan, ban motor dg isu ghoib nya, dan dijaman marc jg masih ada rossi.

    Guest
  11. ke2nya hebat tapi usia tdk bohong. soal apakah mm93 bisa melebihi rossi itu smua takdir belum tau. bagi yg percaya. tapi mnrt aq dimana mereka dan siapa msuhnya sudh bsa dilihat siapa yg unggul. dan untuk skrg mash tetap unggul rossi. walaupun dalam race unggul mm93

    Guest
    • kalo skill mm93 dan rossi 12, dimna rossi bs ngangkat yamaha lg terpuruk bgitu pula mm93, tapi pencampain mm93 sulit karna musuh para juara, terutama lorenjo yang bisa menghambat mm93. untuk skill qta liat nnti lorenjo di honda hukan rossi sebagai pembandingnya, tapi aq rasa mm93 bsa unggul karna strategi dan usahanya.

      Guest
  12. Rossi is Legend, siapa yang gak tau?

    Saking legendnya pas pindah pabrikan ke Yamaha, sampe kudu boyong semua.wkwk😁✌️

    Guest
  13. Dari sudut pandang nemesis yg sudah mereka kalahkan, tabel itu sendiri udah sangat jelas siapa yg lebih baik, caranya?

    Bikin daftar nemesis yg sdh rossi kalahkan, pedrosa, biaggi, capirossi, you name it…..dimanakah mereka berada di tabel di atas?

    Bikin daftar nemesis yg sdh marc kalahkan, rossi, pedrosa, lorenzo, you name it….. dimanakah mereka berada di tabel di atas?

    Bandingkan kedua daftar tsb, udah jelaskan siapa yg lbh baik?

    catatan
    -secara head to head lorenzo dan stoner unggul atas rossi, shg bukan mrpkn nemesis yg berhasil ditaklukan rossi
    -mengapa criville, gibernau, hayden, melandri, tidak disebut? krn alasan yg sama mengapa dovi, zarco vinales tdk disebut, krn nama mrk tdk tercantum di tabel di atas.
    -faktor pedrosa bisa diabaikan krn pedrosa kalah dari rossi dan jg kalah dari marc.

    Guest
  14. Rossi Marquez itu pembalap top yang menciptakan eranya masing
    dulu memang era Rossi, sekarang memang eranya Marquez, ntah sampai berapa lama

    kalo sekarang kayaknya masih susah liat siapa yang bisa nyaingin MM, cuma 2015 aja kan MM kecolongan jurdun.

    berharap aja 2019 ada yg bikin gebrakan, ntah Jorge, Duo Yamaha, Dovi,atau malah Zarco dengan KTMnya

    Guest
    • bener bahkan rossi adalah fans beratnya MM wkt kecil. Sy bukan FBR tapi salut VR bisa melawan pembalap lintas generasi,bahkan MV itu jg ngefans sm Rossi. skrg muridnya bakal jd lawannya,kedepan adiknya dilawan. sampai kapan VR msh dibarisan depan. nah ini yg bakal jadi recordnya.

      Guest
  15. akui saja saat ini masih lebih unggul rossi dari data dan juga record seperti yang sudah di jabarkan di atas.
    yang membedakan
    1. marq belum pernah juara dunia dengan pabrikan lain di kelas utama karena memang belum pernah pindah pabrikan
    2. Era motor 500 cc 2 tak memang harus diakui skill rider sangat berperan karena memang tidak mudah untuk dikendalikan, perbandingannya coba aja lo pake motor RX king dan belum tentu lo bisa bawa tuh motor sejago2nya lo pake motor 4 tah baik bebek atau sport.
    3. bukan tidak mungkin suatu saat nanti Marq bisa melampaui record Rossi, kita lihat beberapa tahun ke depan.

    CMIIW

    Guest
    • 👆 contoh valeban yg gagal move on 😀
      kalo pgn aman dari cacian
      jadilah fans yg juara/pembalap muda saat ini coy or kelar hidup lu

      Guest
    • seseorang yang sok netral dan bijak. sekali dua kali sudah ketauan kalo seorang valeban tapi ngelak ngohahaha

      Guest
  16. Boro Boro guru ngelawwn murid, yg ada nanti malah murid murid suruh bantu guru jurdun ke sepuluh, kaya waktu rider ymh suruh menjegal rider saingan.

    Guest
    • justru disini serunya,liat moto2 kemarin dua team saling bantu…kayak drama sampai finish. yg penting mampu,yg penting gak bikin dlosor lawan atau melanggar aturan ya oke oke saja.Bisa saja VR buat pasukan pendukung buat jaga recordnya,nah klo gtu biar MM buat pasukan tandingan kali ya.tarik adiknya buat bantuin.wah motogp bakal tambah seru.nikmatin saja

      Guest
  17. Pembahasan yang sangat2 menarik..
    tapi ada baiknya bila kompetitor kedua jawara ini juga dijadikan bahan komparasi..
    Karier panjang Vale kalau diteliti harusnya terbagi menjadi 2 fase, yaitu pra dan pasca kedatangan rombongan Stoner, Pedrosa, Lorenzo, Dovi..

    Vale di 6 tahun pertama awal karirnya, sangat dominan ketika berhadapan dengan Biaggi, Capirossi, Baros, Checa, Gibernau, Melandri dll..
    Praktis rider yang berstatus pernah jurdun kelas utama hanya Criville dan Roberts, Jr, dengan masing-masing raihan 1 x juara..

    Setelah Hayden jurdun bersamaan kedatangan Stoner, Pedrosa, selanjutnya Lorenzo cs, maka per-season Vale sudah tidak lagi dominan..

    MM datang memang tepat saat Stoner pensiun, tapi MM langsung berhadapan dengan Lorenzo, Vale yang berstatus jurdun lebih dari 1 x, ditambah lagi Pedrosa yang lumayan sering menang race, dan Dovi produktif di beberapa tahun terakhir ini..

    Kalau lihat dinasti Rainey lanjut ke Doohan lanjut ke Rossi lanjut ke Stoner dan Lorenzo lanjut ke Marquez.. semua sama hebat, dengan raihan minimal 2 x jurdun, tapi MM berbeda, dia spesial sejak dari rookie..

    terus terang pesimis Vale bisa dapat gelar ke-10, bila melihat MM, Jolor, Dovi, MV, Zarco, Ianone dan Rins saat ini, yang sangat berbeda dengan era Barros, McCoy, Ukawa zaman dia digdaya dulu..

    Saran buat Vale siapa tahu dia baca tmc, mumpung masih bugar, untuk mencapai gelar ke-10, lebih bijak bila Vale bertarung di WSBK, itupun bila bisa fight dengan Rea, VdM, Daviez dll.. tapi, bila tetap ngotot meraih gelar jurdun ke-10, setidaknya WSBK lebih relevan buat Vale..

    Guest
  18. Padahal pak haji hanya menyediakan data dan tidak bermaksud menjelekkan pembalap manapun, yang jelas ini bukan artikel untuk para fansboy garis keras. Karena baik dari fansboy Rossi maupun Marquez akan siap dengan masing-masing argumen garis keras mereka. Terlepas dari saya fans Rossi, tidak saya pungkiri bahwa tahun ini kemungkinan besar akan jadi milik Marquez, nah, tinggal tunggu tahun depan ketika pembekuan IMU, apakah dapat membuat musim 2019 jauh lebih menarik dari sekarang.

    Guest
  19. faktor pembeda adalah di masa jaya kakek legend dulu regulasi ga seketat sekarang, kakek legend bisa leluasa menggunakan motor dan teknologi yg mereka punya. kalo sekarang ada pembalap yg terlalu dominan langsung oprek regulasi buat nyunat kehebatan pembalap dan tim tersebut. coba aja ga ada penyeragaman ECU, bisa2 marq turing sendiri di depan. uda banyak pembatasan aja marq masih bisa berjaya karena bisa dan mau bekerja keras beradaptasi. ga kayak tim biru, mending ganti nama jadi yamewek..

    Guest
  20. Baik Rossi maupun Marc memiliki keunggulan masing2, tapi menurut saya point terpenting yang bisa membuat Marc “lebih” dari Rossi yaitu Marc bisa jurdun di tahun debutnya di MotoGP, boleh dilihat dari rentetan sejarah rookie yg ada di MotoGP, apa ada yang bisa saingin prestasi seorang MM? Sampai saat ini belum ada, sekedar mengenang masa lalu, Rossi jurdun di tahun kedua debutnya di kelas MotoGP. Setiap orang pasti punya idola masing2. Tapi mana mungkin ada 2 ☀️ di langit. Pasti cuma satu yang bersinar.

    Guest
  21. Kalo ditata surya lain setahu ane ada yg punya 2 matahari ‘ini dalam artian yg sbenernya’ .tp kalo di tata surya kita jelas matahari cuma 1 . Ane fans marc dan kasus ini mirip kasus cr7 vs messiah kali yak dan ane fans messi .

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.