TMCBlog.com – Sesi awal dari rangkaian Race weekend Malaysian GP dimulai hari Jumat ini dengan sesi latihan bebas 1. Kondisi lintasan dan cuaca tergolong baik untuk mencatatkan waktu, dan Andrea Dovizioso menjadi rider tercepat diikuti oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Mayoritas pembalap masuk ke lintasan dengan kombinasi ban Soft di depan dan Medium di belakang saat awal-awal sesi, hanya kedua rider Repsol Honda yang menggunakan ban Medium di kedua roda.

Pada sesi FP1 terlihat Yamaha memiliki performa yang menjanjikan dan juga Ducati yang cenderung kekuatannya merata di semua rider, kecuali Jorge Lorenzo yang nampaknya masih beradaptasi kembali pasca pemulihan dari cideranya.. Namun hal tersebut bukan telak telak sebagai representasi dari jalannya balap di hari Ahad nanti. Pada pertengahan sesi FP1 banyak yang mengganti ban belakang dengan soft dan catatan waktu cenderung meningkat. Miller dan Petrucci sukses memperbaiki lap time mereka berikut juga Dovi dan Vale.

Catatan tersendiri untuk Aprilia yang dikabarkan memakai paket baru pada RS-GP mereka dengan hasil yang cukup menggembirakan bagi Aprilia dimana Aleix Espargaro mencatatkan waktu terbaik ke 7 terpaut 0,855 detik dari Dovizioso pada sesi FP1. Sedangkan note untuk Local Hero, Hafizh Syahrin yang pertama kali tampil di depan publik Malaysia di kategori MotoGP kurang begitu menggembirakan. Selisih waktunya cukup jauh di FP1 ini di peringkat ke 17 dengan selisih 1,722 detik dari rider tercepat.

Marc Marquez sempat jadi yang tercepat di awal awal sesi namun tidak melanjutkan hot lap, dan rider paling konsisten bersama Pedrosa dengan tetap menggunakan kombinasi ban Medium depan belakang sampai sesi FP1 berakhir. Suzuki lewat Alex Rins tampil meyakinkan di Sepang dengan hanya terpaut setengah detik lebih lambat dari Dovizioso, sedangkan rekan setimnya, Andrea Iannone masih mencoba mencari setup terbaik dengan hanya bertengger di posisi 11 timesheet FP1.

Masih ada sesi Free Practice ke 2 siang hari ini dimana semua rider akan lebih all out demi mengamankan posisi mereka masuk persaingan ke Q2.

 

21 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.