TMCBLOG.com – Bro sekalian, sebelum Ducati resmi merilis Motor Homologasi WSBK ( tidak road legal ), Ducati Panigale V4R, terlebih dahulu Aprilia yang merilis superbike Versi Road Legal yang power maksimumnya mendekati angka power dari superbike Homologasi WSBK 214 hp . . yap Itulah New Aprilia RSV4 Factory Yang ahdir sebagai salah satu pemanasan yang dilakukan Aprilia jelang EICMA Milan 2018 Yang mulai berlangsung hai ini 6 Nopember 2018

Yap Untuk bisa menghadirkan sensasi power Motor Homologasi WSBK di Motor harian Roadlegal, Aprilia harus menaikan Kubikasi mesin 65° V4 engine menjadi 1.078 cc atau Aprilia menggunakan pendekatan menjadi 1100 cc . . .  Dibandingkan Motor pendahulunya, New Aprilia RSV4 Factory ini naik powernya sebanyak 16 hp dan naik torsi maskimumnya sebanyak 5 lb ft dengan bobot yang berkurang 5,5 kg . . .

so Power naik, bobot kurang, secara PWR sudah cukup untuk mengindikasikan bahwa motor ini bakalan bengis sob ! Mengenai beberapa hal yang membuat Bobot bisa turun adalah penggunaan batera Li-Ion dari BOsch dan muffler akrapovic. Nah karena 1100 cc ini lah yang membuat New Aprilia RSV4 Factory tidak bisa didaftarkan Homologasi WSBK.

New Aprilia RSV4 Factory ini juga mengaplikasikan Aero wing di sisi kanan dan kiri side fairingnya. Mengenai aero wing yang punya fungsi mengahsikan downforce saat berakselerasi ini, dijajaran Motor aprilia pertama kali hadir di Aprilia RSV4 RF LE

mengenai Pengereman, Kaliper Brembo Stylema yang lebih ringan dan efesien ketimbang Model M50 hadir. Kaliper ini memperoleh pendinginan tambahan dengan kehadiran Caliper cooler air duct. persis seperti yang banyak dipakai di Motor motor prototipe MotoGP

Mengenai suspensi, Aprilia mempercayakan produk Ohlins untuk New Aprilia RSV4 Factory ini. Ohlins NIX Forks di depan Yang memiliki Travel 125 mm di kombinasikan dengan suspensi belakang Monoshock Ohlins TTX  . . Itu belum dihitung kehadiran Produk steering dampernya juga.

New Aprilia RSV4 Factory ini memiliki sasis yang bisa diseting dibagian sudut kemiringan dari headstock dengan menggunaan steering bushing. Ini juga yang menyebabkan Wheelbase dari New Aprilia RSV4 Factory lebih pendek sekitar 4mm. Pendeknya wheelbase akan membuat Lincah motor ditambah lagi dengan kehadiran swing arm yang lebih Kaku. New Aprilia RSV4 Factory Juga memperoleh Fitur elektronik Premium yang sama seperti pendahulunya dengan APRC electronics system . .

taufik of BuitenZorg

17 COMMENTS

    • itu Aprillia 1.078 ..Ducati, BMW, KTM kapasitas mesin ada yg lebih dr 1.000 cc ..??

      hari gini masih primitif dgn kelebihan cc ???Lol

      Guest
  1. sebeleh mana nih
    mau rilis mesin AmVass gk nongol2, nunggu 200 hp malah naik sak criittt…

    malah dibuat berjilid2 kayak sinetron aja …

    Guest
    • Di GP aja udh mendominasi, gmna klo mesin amVas ini keluar bneran dan mendominasi SBK juga, sebelah lainnya mau balapan apa? Wss 300?

      Guest
  2. kayaknya kedepan superbike bakal jadi 1000cc lebih,dgn embel2 power yg serupa dgn motor homologasi racing mereka yg 999cc,dan dgn korekan yg tidak se ekstrim versi homologasi (karena dikompensasi dgn penambahan CC) jadi tetap aman buat di jalanan (atau kasar katanya ga sering ganti part)

    dan peran hyperbike kayak hayabushi,zx12r bakal makin memudar

    Guest
  3. Dasar fby tukang klaim hahahaha. 200 hp superbike pertama itu zx10R itu buat ngelawan bmw s1000RR dengan 193hpnya. Dan waktu itu belum bisa ngalahin powernya bmw. Lalu muncullah yamaha R1, Aprilia RSV4, ducati panigale 1299 dan suzuki gsxr 1000 dengan 200hp ++. Bmw merespon dengan hp4 dengan power sama juga. So sudah menjadi benchmark std 200hp superbike.

    Guest
  4. entah karena faktor motor ini atau memang sudah dipersiapakan dari jauh jauh hari, 2019 kan aprillia memang mundur dari WSBK mau fokus dimotogp.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.