TMCBlog.com – Aprilia membuat kaget publik dengan memamerkan sebuah motor sport fairing yang masih konsep dengan bentuk desain menyerupai Superbike RSV4 mereka namun mesinnya hanya 2 silinder segaris. Motor konsep yang dinamakan RS 660 Concept tersebut banyak menyita perhatian lantaran ketika dilihat sepintas besar kapasitas mesin yang masuk ke dalam kategori supersport namun kenapa hanya 2 silinder?

Konsep yang dihadirkan Aprilia pada RS 660 ini mengarah kepada fun riding dengan tidak mengesampingkan performa secara keseluruhan. Tak lupa juga membawa teknologi terkini dibidang aerodinamika yang Aprilia peroleh dari lintasan balap MotoGP serta peranti elektronik yang membuat performa motor semakin baik dan fun to ride membuat Aprilia RS660 menyasar kepada generasi muda masa depan.

Aprilia melakukan R&D untuk menghasilkan unsur sporty yang benar-benar baru, yang didefinisikan kepada RS 660 dan menghasilkan perbandingan yang seimbang antara performa mesin yang sangat baik namun tetap mudah dikendarai. Hal tersebut coba untuk ditemukan lewat desain rancang bangun pada sasis serta suspensinya dan juga berusaha membuat bobot motor ini supaya tetap ringan. Maka diharapkan RS 660 ini akan menjadi motor high performance yang menjadi pilihan bagi rider muda yang baru ‘naik kelas’ dari motor bermesin kecil ke kategori sport 600-an cc, yang dapat memberikan sensasi asyik ketika diajak trackday namun juga masih nyaman dikendarai untuk keperluan harian.

Mengenai mesinnya sendiri, Aprilia mengaku kalau konsep RS 660 ini lahir dengan konsep mesin yang benar benar baru dan sudah lama dikerjakan oleh insinyur Aprilia, dengan menganut konfigurasi paralel twin-cylinder 660 cc, mesin generasi baru ini sangat kompak namun bertenaga dan ber-DNA motor superbike yang diturunkan dari mesin RSV4 1100 cc konfigurasi V4. Jadi bisa dibilang mesinnya ‘separuh’ dari mesin V4 superbike Aprilia nih Sob.

Konfigurasi mesin seperti ini dipilih karena sifatnya yang ringkas dan sanggup menghasilkan efisiensi bahan bakar yang baik, lalu tingkat panas yang dikeluarkan mesin pun akan sangat rendah sehingga memberikan kenyamanan kepada rider. Selain itu dengan mesin paralel twin dapat memberikan kebebasan kepada para insinyur dalam membuat rangka dan suspensi yang ramping. Pada motor konsep ini, mesin dijadikan sebagai bagian dari sasis motor sebagai stressed member dari sasis untuk memegang pivot swing arm sehingga akan memangkas bobot keseluruhan motor.

Sasis dan swingarm pada sosok konsepnya terbuat dari aluminium murni sehingga kuat dan juga ringan, seperti motor superbike. Suspensi belakang tidak pakai linkage, jadi monoshock langsung terpasang pada mounting di swing arm langsung. Hal ini sengaja dilakukan Aprilia guna dapat menghasilkan bobot motor yang lebih ringan dan juga membuat motor jadi lebih ringkas dan feedback roda belakang lebih baik saat di track.

Pada sektor body, Aprilia merancang desain body yang sangat aerodinamis namun belum terlihat adanya winglet seperti Superbike kekinia. Nah dengan teknologi terkini dari Aprilia yaitu aerodinamika aktif yang disebut dengan nama Aprilia Active Aerodynamics (A3). Aprilia RS 660 mengeksplorasi bagian aerodinamis dengan cara yang baru, dengan kemampuan motor ini untuk mengubah profil bagian depan fairing maka sisi aerodinamika-nya akan berubah sesuah dengan kebutuhan berapa banyak downforce yang diperlukan motor pada saat keluar tikungan dan ketika berada di straight. Hmm mungkin semacam active wing kalau di mobil balap begitu yah.

Menurut Aprilia lagi, motor konsep ini akan menjadi dasar untuk berbagai basis mesin yang lebih luas dari Aprilia di masa depan yang akan dibuat tidak hanya untuk pasar Eropa, tetapi juga untuk Amerika dan Asia. Besar kemungkinan adalah Aprilia akan menghadirkan kembali dinasti RS seperti zaman 2 tak sedang jaya jaya nya dahulu. Nice effort dari Aprilia nih!!

Nugie TMCBLOG

31 COMMENTS

  1. Beat itu klo gak salah sport 2tak 110cc buatan AP Honda sebelum dibuat LS125. klo 110 gak nyampe ya gpp namanya juga 2tak. coba browsing deh klo gak percaya. hehehe

    Guest
    • Kok nanggung gtu y? Apa bwt mgail d air keruh y, d taruh d antara 600cc Inline 4 & 500cc 2 Silinder… Mnarik iki 😁
      Nunggu prgerakan & pnetrasi dr Triumph jg… Smga mkin seru! 😂

      Guest
  2. kok gak dibikin 3 silinder ja,kyak MV dan Triumph,suaranya jg pasti lebih eargasm
    kan ada basisnya RS Cube,kebakar kebakar dah 😂😂

    Guest
  3. Keren! Aprilia memang gak pernah tanggung-tanggung kalau bikin motor sport sampai2 50cc aja udah kayak superbike fiturnya.

    Btw jangan2 ini motor hasil pengembangan dari calon motor Moto2 yang pernah disiapin Aprilia buat Moto2 di 2009 itu ya? Yang pada akhirnya proyek Moto2 Aprilia berhenti secara prematur setelah Dorna rubah regulasi dari sekedar 600cc open jadi single supplied engine. Makanya Aprilia saat itu langsung fokus WSBK.

    Kalau iya berarti motor ini sama kayak Aprilia RSV-4 yang juga adalah hasil pengembangan dari calon motor 990cc Aprilia yang akhirnya gak jadi turun balap karena MotoGP berubah regulasi.

    Guest
    • Coy torsi coy, lu ngapa nyangkut pautin sama HP.
      pake emot ketawa mulu, yang diketawain itu kebotolan elu jadi FB kalap bacot kemana aja.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.