KTM 790 Adventure 2019

TMCBlog.com – Sobat sekalian, setelah cukup lama digoda oleh KTM dengan sosok KTM Adventure Concept bike, pada pameran EICMA 2018 di Milan pihak KTM secara resmi meluncurkan KTM 790 Adventure dan 790 Adventure R. Dua sosok motor jangkung untuk keperluan adventure dan touring (ADV) ini boleh dibilang kembar identik namun tidak plek 100% sama. Melengkapi barisan motor ADV mereka mulai dari kapasitas mesin 600 an hingga 1200 cc pada Super Duke GT, KTM mengukuhkan diri mereka sebagai pabrikan yang concern bermain tanah.

KTM 790 Adventure R 2019

Mesin yang dipakai pada varian 790 Adventure ini serupa dengan Duke 790 namun dengan penyesuaian untuk keperluan off road, Paralel twin 799 cc DOHC berpendingin cairan, Electronic Fuel Injection Dell’Orto dengan besar venturi Throttle body 46 mm. Kruk as nya terdapat dual balancer shafts, Slipper clutch dan Ride-by-Wire untuk riding mode dan feeling yang lebih halus. Tenaga yang dihasilkan 94 hp, Torsi sebesar 88 Nm, lebih rendah tenaganya ketimbang Duke 790 namun Torsi yang dihasilkan lebih besar. Kapasitas tangki bahan bakarnya super besar nih yakni 20 liter, dengan berat motor ketika terisi penuh Bbm seberat 204 Kgs.

790 Adventure R 2019

Sasisnya menggunakan tubular berbahan Chromium Molybdenum steel. Di KTM 790 Adventure ini mereka menggunakan sasis yang ringan dengan memanfaatkan mesin sebagai stressed member sehingga bisa mendapatkan bobot motor keseluruhan yang ringan dan size yang tidak terlalu besar.

Kedua tipe motor ini memiliki riding mode yang sama yakni mode Street, Off Road, Rain dan Rally. Juga berbagi elektronik IMU-assisted Cornering ABS beserta Traction Control. Mode ABS nya oke punya sob dengan setelan full ABS depan-belakang, atau dimatikan di kedua roda dan juga bisa dinyalakan ABS hanya pada roda depannya saja.

790 Adventure R 2019

Panelmeter KTM Adventure ini sudah mengadopsi teknologi TFT Display 5 inchi yang informatif, dan posisinya cenderung tegak agar mengakomodir pandangan rider saat riding sambil berdiri pada trek off road.

Sektor pengereman KTM 790 Adventure mengadopsi dual disc brake 320 mm di depan dengan kaliper rem dari Brembo 4 piston tipe radial mounted, dan single disc brake 260 mm di bagian belakang yang juga disuplai oleh brand Brembo 2 piston kaliper.

790 Adventure 2019

Bagian suspensinya agak berbeda sesuai orientasi berkendara yang disajikan KTM. KTM 790 Adventure merupakan model dengan kemampuan dual purpose dengan orientasi on-road lebih banyak. Karena itu suspensi yang digunakan tidak terlalu tinggi dengan front fork merk WP Suspension tipe APEX berdiameter as sokbreker 43 mm, jarak main travel sebesar 200 mm. Sektor sok belakang masih pakai WP Suspension juga dengan jarak travel sok 200 mm.

790 Adventure R 2019

Sedangkan pada KTM 790 Adventure R, the front fork pakai WP Suspension tipe XPLOR yang punya jarak main travel 240 mm. Begitu pula pada monosok belakang yang juga punya soek jarak travel sejauh 240 mm.

KTM yang mengantongi gelar 17 tahun juara dunia Rally Dakar kategori motor berturut-turut menurunkan DNA motor rally ke varian 790 Adventure ini. Dengan rancang bangun sasis dan body yang slim namun dengan kapasitas tangki BBM yang besar, didapat lewat meletakkan fuel tank di bawah dekat mesin bagian depan. Hal ini juga memberikan keuntungan Center of Gravity yang sangat baik sehingga memberikan handling yang juara dan kemudahan bermanuver bagi ridernya. Hal lain, stang aluminium tappered  bisa disetel sebanyak 6 posisi sesuai nyamannya rider.

790 Adventure 2019

Aksesoris power part opsional untuk kedua 790 Adventures antara lain Quickshifteryang fungsinya agararider tidak perlu menekan tuas koplinh saat upshift dan downshifting, heated grips, heated seat dan Cruise control.

15 COMMENTS

  1. Hmm.. wak, tolong webnya diseting biar kalau nge-klik link ngebuka tab baru biar bisa baca beberapa artikel sekaligus 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.