TMCBLOG.com – Bro Sekalian Kategori Balap baru yang akan mengisi beberapa race weekend MotoGP tahun 2019 akan ahdir yakni kejuaraan dunia FIM Enel MotoE menggunakan Motor Balap listrik 2019 Energica Ego Corsa yang disuplai oleh Energica Motor sementara tenaga yang dipakai disimpan di dalam Baterai yang disuplai oleh Sponsor Balap ini Yakni Enel.

Mengenai Motornya sendiri Energica Ego Corsa  memiliki beberapa spek

  • Kapasitas baterai 20 Kwh
  • Power: sampai 120Kw (sekitar 160 Hp)
  • Top Speed sampai 270km/jam
  • Rem Brembo , Öhlins suspension, Marchesini wheels

Semua Motor akan identik namun beberapa Part seperti per suspensi disediakan beberapa pilihan bergantung pada kebutuhan pembalap akan variabel Kekakuannya. Akan hadir semacam Struktur E-Paddock dimana tiap Tim memperoleh Box nya sendiri sendiri.

Enel X yang mengguankan Solar panel ditunjuk sebagai Alat Isi ulang Listrik resmi di MotoE dan menggunakan solusi Mobile dan semi- Mobile charging dimana Unit pengisi Ulang semi-Mobile berada di dalam E-Paddock dan digunakan untuk mengisi ulang Baterai Motor ditiap sesinya. sedangkan Unit Mobile Charging bisa dibawa bawa staf teknisi untuk melakukan proses pengisi ulang-an baterai dan memberikan Power kepada selimut pemanas ban saat motor berada di grid start.

Mengenai pembalapnya sendiri hadir 18 orang dengan formasi 17 pembalap pria dan satu pembalap Wanita dan terbagi menjadi 12 team Yakni

16JOSH HOOKAUSTRALIANAlma Pramac Racing
5ALEX DE ANGELISSAN MARINOAlma Pramac Racing
6MARIA HERRERASPANISHANGEL NIETO TEAM
18NICOLAS TEROLSPANISHANGEL NIETO TEAM
19XAVIER SIMEONBELGIANAVINTIA ESPONSORAMA RACING
51ERIC GRANADOBRAZILIANAVINTIA ESPONSORAMA RACING
14RANDY DE PUNIETFRENCHLCR E-TEAM
59NICCOLO CANEPAITALIANLCR E-TEAM
4HECTOR GARZOSPANISHTech3 E-racing
78KENNY FORAYFRENCHTech3 E-racing
11MATTEO FERRARIITALIANTRENTINO Gresini MotoE
32LORENZO SAVADORIITALIANTRENTINO Gresini MotoE
2JESKO RAFFINSWISSDynavolt Intact GP
66NIKI TUULIFINNISHAJO MOTORSPORT MOTOE
63MIKE DI MEGLIOFRENCHEG 0,0 MARC VDS
38BRADLEY SMITHBRITISHONE ENERGY RACING
15SETE GIBERNAUSPANISHPONS RACING
27MATTEO CASADEIITALIANSIC58 SQUADRACORSE

 

Jadwal Kalender Balap MotoE

Test Resmi : 23-24-25 November 2018, 13-14-15 March 2019 dan 23-24-25 April 2019 Semua dilakukan di Sirkuit jerez

Race : race diadakan sebanyak 5 kali di Musim 2019 dimana semuanya dilakukan di Eropa dimana Jumat adalah Sesi FP1 dan FP2, Sabtu Kualifiaksi dan Ahad Saatnya race. race diadakan sebelum gelaran race Moto3. Seri MotoE terakhir di misano akan dilakukan dua kali race sabtu dan ahad.

  1. Jerez – 5th May
  2. Le Mans – 19th May
  3. Sachsenring – 7th July
  4. Austria – 11th August
  5. Misano – 15th September (Dua Kali balap)

Regulasi

Pembalap MotoE tidak diperkenankan race di Kelas/ kategori lain ( Moto3, Moto2 dan MotoGP ) saat Race weekend MotoE dilakukan.

Semua Pembalap MotoE dilarang melakukan Pengetesan Motor Listrik apapun di sirkuit Balap

Ban yang akan dipakai adalah Michelin dimana disiapkan satu tipe untuk ban slick depan-belakang dan Satu tipe untuk Ban Basah depan-belakang dimana spesifikasinya bisa berubah bergantung pada Layout Tarck. Jumlahnya 4 Ban slick Depan dan 5 Ban slick belakang dengan 3 Ban basah depan plus 4 ban Basah belakang.

Taufik of BuitenZorg

22 COMMENTS

  1. Gila. Itu battery gede banget kapasitasnya 20 kwh. Klo seandainya 12v berarti hampir 2000 ah. Pake jenis apa battery nya ya? Penasaran. Utk battery jenis vrla aja 100ah udah gede banget dan berat lagi, lha ini 2000ah.

  2. Dimotor balapnya dipasang speaker gak wak? Kalo silent cuma suara motor listrik kan jadi kurang aware ama posisi lawan pas posisi didepan misalnya

  3. Mungkin di masa depan nambah lagi supplier cell baterai nya? Macem Sanyo, ABC, Duracell, Energizer, Panasonic? Hehehe.
    Torsinya melebihi mobil mpv sekalipun euy, bakal edun nih tarikannya.

  4. Pertanyaan saya, itu kan motor masih matic, apakah kalo setup nanti cuma setup shockbreaker saja? Kan gearbox gak ada, meski saya yakin 2 tahun selanjutnya saat gak pake motor tunggal, maka kemungkinan besar akan ada yang pake gearbox. Formula E saja ada gearboxnya.

  5. tanpa bahan bakar, tanpa girboks, tanpa suara.. sebenarnya ini remote control, bukan motor balap wkwkk tinggal gas rem doang
    ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here