TMCBlog.com – Hari ini [23 November] akan dimulai sesi pengetesan Moto3, Moto2 dan juga MotoE di sirkuit Jerez sampai dengan hari Ahad nanti [25 November]. Ketiga kategori saling berbagi track Jerez di tiga hari sesi pengetesan, dan terlihat para team dan juga pembalap tengah mempersiapkan motor MotoE mereka. Menyongsong era baru balap motor, TMCBlog juga cukup antusias membahas soal MotoE dan dalam artikel kali ini kami merangkum beberapa penampakan fisik dari motor Energica Ego yang di tuning untuk keperluan balap MotoE.

Pada awalnya kami mengira bentuk dari motor balap MotoE akan sama dengan Energica Ego, hanya melepas bagian headlight, spion dan winker serta spatbor belakang. Ya seperti apa yang dipakai saat show lap sebelum balap MotoGP berlangsung itu deh sob. Namun belakangan unitnya muncul diberbagai media dan ternyata keren juga nih sob dengan body balap yang cukup berbeda dari bentuk versi produksi massalnya.

Dengan penggantian fairing body balap menggunakan bahan carbon fiber, motor balap MotoE tampil menarik saat sesi Jerez test. Ditambah lagi dengan perangkat suspensi Ohlins, ban Michelin full slick dan parts pengereman Brembo khusus balap bikin Energica Ego balap ini semakin keren.

Dibandingkan dengan versi awal saat prosesi peluncurannya bulan Februari silam sih beda banget. Bisa dibilang ini lebih serius untuk keperluan balap. Motor yang digunakan untuk balap nanti velgnya sudah diganti dengan Marchesini Forged rim yang ringan. Lalu kaliper rem Brembo forged magnesium juga sudah menempel di suspensi depan Ohlins tipe balap, hmm mungkin ini Ohlins tipe FGR yang dipakai motor World SBK [cmiiw]. Dan bagian sasis belakang atau subframe sudah pakai aluminium yang lebih ringan dan desainnya lebih ringkas dibanding versi jalan raya.

Untuk refresh memory sobat sekalian soal list pembalap MotoE 2019:Β Resmi : Daftar pembalap, Jadwal dan Regulasi FIM MotoE Mulai 2019

Menarik ketika melihat foto dari Pons Racing, selain kehadiran Sete Gibernau di garasi mereka, unit motor Energica Ego balap sedang dilepas body nya tuh. Dari sini TMCblog melihat adanya perbedaan lumayan banyak pada unit power supply atau baterainya dibandingkan dengan versi motor standarnya.

Namun informasi yang TMCBlog terima masih cukup minim soal ubahan ubahan detil apa saja yang dilakukan pada unit MotoE di Jerez test nanti. Insyaallah akan ada update berita soal MotoE seperti hal hal teknis dan mungkin saja akan ada komparasi laptime antara MotoE dan Moto2, mengingat top speed mereka hampir identik dan performa akselerasi motor MotoE yang mengagumkan (0 – 100 Km/H dalam waktu kurang dari 3 detik).

Dalam 3 hari pengetesan semua rider MotoE akan mencoba berbagai setup motor, karena kategori balap ini benar-benar baru dan masing-masing rider dan juga team belum memiliki pengalaman yang banyak dalam setup motor listrik untuk balap. Sesi dimulai jam 09:30 dan berakhir pada pukul 17:30 waktu setempat (Madrid = GMT+1) atau lebih lambat 6 jam dari waktu Indonesia bagian barat.

Menurut sobat sekalian kejauaraan dunia balap motor listrik MotoE ini menarik untuk disimak atau gak yah? Flashback ke musim perdana Formula-E sepertinya akan cukup meriah nih dan kedepannya motor motor balap listrik akan semakin tangguh lebih dari yang kita lihat sekarang, seperti yang terjadi pada Formula-E saat ini. Sebab perkembangan teknologi tidak akan terhenti apalagi di lintasan balap yang terus menerus menyajikan teknologi yang mungkin bagi mayoritas orang tidak sempat terpikirkan.

72 COMMENTS

  1. tanpa fuel, tanpa sound dan tanpa gearbox. MotoE ini bukan motor balap bro. sebenarnya ini remote control tinggal pencet gas rem doang πŸ˜€ mainan

    Guest
    • Yaelah, mas bro, kedepannya bakal ada gearboxnya, ente kalo tahu Formula E, pasti pahamlah. Kalo pecinta balap sih yang penting persaingannya, hehe. Lagian sekarang ini Formula E malah lebih digandrungi berbagai pabrikan mobil.

      Guest
    • Yup. gw juga lebih suka ngikutin Formula E ketimbang F1. Apalagi sekarang udah masuk generasi ke-2 yg body nya lebih keren. Dan kerennya lagi balapnya selalu di tengah kota karena mereka bebas polusi udara.

      Guest
    • Tanpa suara? yakin?
      motor listrik ada suaranya kok, kayak tamia gitu lah, tapi bikin kuping sakit kalau menurut ane

      ekekekekekeke

      Guest
  2. seandainya kelas tambahan yg di pertandingkan itu 2 tak bukan motor elektrik,pasti euforianya bakal beda 180Β° huehehehe πŸ˜‚

    biasanya gearhead fans kalo liat motor ditelanjangin woahhh!!!,tapi pas liat energica ego ini ditelanjangin wueeehh!!! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  3. tesla roadster 0-100km/h dalam 2,8 detik
    motor elektrik memang memberikan akselerasi instan

    dunia balap emang selalu menggairahkan 😎

    Guest
  4. Buat kita mungkin ini kurang menarik, tp era cucu cicit kita mungkin akan menjadi hal yg menarik sperti era kita mnikmati mesin bakar.
    Cm blm tau klo crash parah gimana ya. Aman ga tu

    Guest
    • Woiya bener nih selain motornya berat, electronic fire juga perlu penanganan khusus ga bisa asal digebyur air atau pakai fire retardant biasa cmiiw

      Guest
  5. Apakah bisa merebut hati dan perhatian para petrolhead? Balapan gak ada suara knalpotnya kek gimana gitu kayak lagi dengerin pompa air wkwkwk. Mending dikasih apa gitu trompet kek biar bunyi kayak pesawat Stuka yg lagi dive bombing atau diapain lah biar suaranya lebih yahud kayak tie fighter di star wars misalnya. BTW Nunggu jadi open race dengan berbagai pabrikan ikut bakalan lama gak ya…

    Guest
    • Kalau ada gearbox makan tempat sih nanti baterai nya kecil ga tahan lama dah. Btw agak heran juga dengan perkembangan teknologi baterai dari dulu kok ya masih Lithium polymer/ion. Emang belum ada improvement/alternatif yang signifikan advantage nya gitu

      Guest
  6. kalo kata bule di komen2 YouTube, ini motor bunyinya ga beda jauh dr blender di rumah,,πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  7. Apa mungkin kedepannya KYMCO SUPER NEX bakal ikut nimbrung juga di MOTO E??? Ini motor lebih asyik ada suaranya ada 6percepatan layaknya mesin bakar

    Guest
  8. banyak yg mempermasalahkan gearbox, mungkin sekarang memang belum ada tapi ingat teknologi berkembang dengan pesat siapa tau 1 tahun atau bahkan kurang dari itu ada terobosan baru motoE memakai gearbox

    Guest
  9. Ngantuk aku klonliat balap listrik nonton formula E bosen cuma nguing2 doang hampir tanpa suara tanpa overtake pula . Klo di moto E moga aja gak bikin ngantuk ..nunggu saling overtake nya aja …

    Guest
  10. Pembalapnya ngeri ngeri sedap tuh,ngangkang ini bom hidrogen,yang kalo meledak,testisnya bakal melempar jauh di tribun penonton..

    Guest
  11. Posisi sok belakangnya ganggu banget wkwkwkwk. Trus apakah masingΒ² team boleh develop bodyworknya sendiri wak haji ??

    Guest
  12. Penasaran sama laptime sebanding sama moto2 ga ya. Menarik karena balap motoe adalah masa depan. Wellcome electric bike!

    Guest
  13. the funny thing is..listrik (ev) gak punya satuan hp,yg ada cuman torsi/lb.ft
    dan torsi ini selalu konstan di rpm berapapun,nah kalo mau ngebut cuma butuh rpm tinggi (karna ngga punya hp) jadi transmisi juga nggak perlu!!
    *lirik honda insight*

    Guest
    • Bisa klo overload yg bikin baterai overheat. Contoh crash, konslet, agak lama meleduk. Jadi perlu buat sirkuit pengaman. Mlh lebih aman dr bbm cair Klo crash.

      Guest
  14. Apakah MotoE ini motor matic yang tinggal gas langsung ngacir 🀣 Sunyi… Senyap… tiba2 balapannya udahan aja.

    Guest
  15. Kok banyak membully ya…padahal tekhnologi ramah lingkungan.
    Saya kirain motornya ada di center roda, eh ternyata pakai sproket juga. Dan accu nya segede itu, lebih berat dr accu ups yg gede.
    Untuk masalah suara sepertinya lebih menyakitkan ditelinga, karna frekwensi suara lebih tinggi dari suara motogp.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.