TMCBLOG.com – Om Manuel pecino Berhasil mengulik lebih dalam Jati Diri Marc Marquez Via seorang yang mungkin paling dekat dengan Marc dan bahkan Mungkin jauh lebih dekat dibandingkan Alberto Puig sekalipun Yakni salah satu Crew Chief Paling Hummble di Paddock MotoGP yang telah sukses menterjemahkan segala Emosi Marc Marquez dan memberikan segala Feedback kepada Juara dunia 7 Kali tersebut selama 8 Tahun terakhir, Santi Hernandez.  . . Pertanyaan pertama adalah Bagaimana Santi mendeskripsikan jati diri Marc Marquez  . . Santi menjawab bahwa Marc Marquez adalah  sosok yang Cerdas, Intelegent, dan berambisi. Di atas semua itu Marc Menurut santi adalah Sosok yang sangat menikmati sepeda motor. Santi Hernandez menekankan bahwa Karakter Pribadi Marc juga cukup istimewa  . . seperti apa istimewanya ?

Santi hernandez melanjutkan cerita, Ketika hasil bagus memang mudah untuk kita tersenyum, Namun bagaimana Ketika hasil buruk menimpa? seperti yang dulu pernah diceritakan di TMCBLOG, Menurut Santi Marc Itu laksana Kapten Tim sepakbola terbaik dimana ketika hasil buruk hadir ia selalu mengahdirkan Senyum Buat team yang ada di Box Garage dan menurut Manti hanya sedikit Pembalap yang memiliki karakter dan pembawaan seperti ini.

Ketika santi ditanyakan apakah Mudah Bagi baginya yang notabenenya teman marc Marquez untuk menggapai hasil, Santi menjawab bahwa Ia bersama Marc Semenjak 2011. sebelum itu Ia tidak mengenal marc. Santi tidak mengelak untuk mengakui bahwa setelah bertahun tahun persahabatan Ia dan marc semakin tertempa. Faktanya team Yang saat ini seperti layaknya Grup pertemanan Yang sangat mengetahui bagaimana membedakan Momen. Maksudnya ?

Maksudnya adalah, ketika di dalam Box baik Santi dan Marc Tahu Tujuan jelas dan yang cukup mengejutkan adalah menurut Santi ketika sedang di dalam Box ia dan Marc harus melupakan sejenak tentang persahabatan mereka. Ada beberapa hal mengenai Marc dan Santi yang berkaitan dengan pertemanan keduanya namun kalau sudah di Box mereka tidak akan mengatakannya. Santi mengatakan bahwa harus ada pemisah antara profesionalitas dan pertemanan. Marc Berada di sisi Marc sementara santi berada di sisi santi dan Sistem ini menuruut santi berjalan baik karena team memiliki pembalap se-Profesional Marc Marquez.

Ketika Santi Hernandez ditanya apakah Ia masih Kaget akan apa yang bisa diperbuat Oleh marc, Santi menjawab bahwa Marc selalu membuatnya Kaget setiap hari. Tiap saat Santi selalu mengaku bahwa ia kira ia sudah mengetahui semua tentang marc, namun ternyata tidak. Menurut Santi, Marc selalu ‘ mengeluarkan Kelinci baru dari topinya ‘ setiap saat. Santi mengaku takjub melihat ada orang 25 Tahun yang selalu menemukan ( reinventing) dirinya sendiri setiap hari. Setiap akhir pekan ia selalu menemukan sesuatu yang Baru. Dimana Santi, marc adalah pembalap yang selalu berevolusi dan belajar secara konstan. Ia selalu berusaha memperbaiki diri, ia tidak pernah merasa sudah mencapai semuanya.

Marc Marquez selalu merayakan kemenangan sebagai bagian dari team Bukan sebagai sosok Individu. Santi hernandez ditanyakan Konfirmasinya apakah ia pernah melihat Pembalap lain seperti Marc Marquez dan jawabannya adalah Santi mengaku telah banyak bekerja dengan banyak pembalap yang memenangkan kejuaraan Dunia seperti Alex Criville, Valentino Rossi, Max Biaggi, Alex baros dan Sete Girbernau di mana setiap pembalap menurutnya memliki aspek yang khusus. Santi mengaku bahwa setelah sekian lama ia bersama Marc, Ia melihat ada satu hal berbeda dari Marc yang membedakan dengan pembalap lain. Santi mengatakan Bahwa ia Mungkin saja salah, namun menurutnya Marc Marquez adalah pembalap yang menciptakan era baru di MotoGP. Dan Santipun mengatakan apabila ia tidak berkerja sebagai Crew Chief Marc, ia pun pasti akan mengatakan hal yang sama.

ketika Santi diminta membandingkan Level Marc Marquez dengan atlet lain, dan Langsung ia teringat ketika 2008 Rafael Nadal mengalah Kan Roger federer di Wimbledon. Ia pikir Marc Marquez itu seperti Rafa namun di disiplin Olahraga balap Motor dimana keduanya memiliki banyak kesamaan. Agresifitas di lapangan, pantang menyerah. Santi mencoba menggambarkan dengan segala hormat tanpa mencoba mengatakan bahwa salah satu lebih baik dari yang lain bahwa rafa selalu berlari kesana ke sini pantang menyerah mengejar Bola bahkan ketika kita kira bola menuju arah keluar Lapangan ( out ) dan ini lah yang dilakukan Marc di Track.

Marc Marquez Repsol HRC

ketika Santi hernandez ditanya apakah ia merupakan Otak kedua dari Marc Marquez . . Santi Langsung menolak. Menurut santi yang mereka lakukan adalah membangun sebuah team dimana Marc Bisa meletakan segala kepercayaannya mengenai segala hal ketika sedang dalam race weekend. Santi mengaku  dirinya hanyalah seseorang yang memberikan Input berupa satu set data baik dalam tataran teknis maupun strategi yang perlu diketahui Oleh marc, namun diluar itu hanya ada satu otak yaitu yang ada di dalam kepala Marc Marquez sendiri.

Santi mengatakan bahwa ia bisa saja memberikan banyak masukan, namun pada akhirnnya hanya pembalaplah yang bisa belajar dari kesalahan dan Santi melihat hal itu setiap hari dalam jati diri Marc. Marc Marqeuez bekerja dengan satu Otak, setiap Marc Masuk track santi selalu berpesan kepadanya : ” jangan berubah, jadilah diri sendiri “ karena itulah cara yang marc gunakan untuk menggapai semua ini. Menurut Santi keika kita berupaya menjadi orang lain atau memodifikasi apa adanya diri kita maka akan berakhir dengan menghadirkan kesalahan. Menurut Santi marc Marquez itu bekerja dengan perintah 50% dari Orak dan 50% hatinya. Marc telah mengukur semuanya dalam skala milimeter, ia sudah tahu mengenai apa yang bakal terjadi dari strategi apa yang akan ia lakukan, Marc tahu bagaimana me-manage Balapan.

Dan ketika Santi ditanya apakah sulit mengninterpretasi kemauan dari Marc Marquez guna membuat motor lebih kompetitif Santi menjawab bahwa  Marc Adalah tipe pembalap yang bsia menjelaskan masalah yang terjadi di Motor dan hal inilah yang terbaik menurut Santi sehingga secara umum santi menilai diaspek teknis ini Marc tergolong pembalap yang sangat bagus . .

manuel pecino

english Version : pecinogp

59 COMMENTS

  1. Rafa dalam beberapa tahun ini hampir selalu lalah head to head dgn djokovic. Berarti siapa yg akan berperan sebagai djokovic nya Motogp? Apakah belum ada?
    Soal mentalitas dan kecerdasan, sorry sy memihak ke djokovic. Nadal menang hanya power yg lebih baik dr djokovic. Klo speed berimbang, tapi klo drafting kaki, djokovic lebih unggul. Ko sy lebih masuk akal Marquez lebih ke djokovic ya.

    Guest
    • Santi nyebutin nya H2H era 2008 mas jamannya Joko masih 3 ayo 4 besar, kan Federer Ama nadal di tahun itu yg mendominasi layaknya Messi vs Cristiano , Joko baru bisa mendominasi di era 2015 ke atas kalo ga salah, musuh bebuyutan Joko ntu dulu masih delpotro

      Guest
    • Krn nadal orang spanyol
      Itu aja sih…
      Sama seperti checchinello menyebut stoner bukannya rossi sebagai pembalap yg mungkin menjadi polopor perubahan racing style

      Guest
    • @genesis
      kok saya Ra mudeng, cecchinello kan orang Venesia,Italia juga
      ya mungkin karna Stoner yg bs menyempurnakan gaya power sliding

      Guest
    • Betul bro…
      Nadal, marc dan santi hernandez persamaannya d status warga negaranya
      Checcinello dan stoner persamaannya di tim balap nya
      Waktu stoner rookie di kelas motogp kan di tim lcr
      Makanya checchinello nyebut stoner

      Guest
  2. ambisi berbanding lurus dgn talenta,ditambah senyum Joker yg baik menang maupun terpuruk yg selalu dilemparkan ke timnya,bikin satu paket paling solid di semua jajaran Paddock lainnya

    kayak mengelabui lawan2nya di flag to flag Brno,trus bikin Iannone kecele di Philip island

    Guest
  3. Tapi nadal kalah head to head lawan novak djokovic. Dan nadal cuma dominan di lapangan clay, giliran di lapangan rumput dan hard courts nadal agak lembek.

    Guest
    • Seandainya marc ini seorang jendral perang, otaknya seperti khalid bin walid, passion nya seperti alexander the great, personanya seperti napoleon, metodologi leadershipnya seperti hannibal barca dan emotional competitiveness nya seperti kubilai khan.

      Guest
    • Semua atlet pasti punya sisi lemah nya.. Yg jd persamaan itu cara berjuangnya,cara mencari kemenangan yg ga mudah menyerah meskipun dalam kondisi sulit sekalipun ..

      Guest
    • Baca baik2 mas disana Santi bandingin era 2008 masa kejayaan the king of clay alias nadal, mas Joko mulai berjaya ketika nadal sibuk dengan cedera nya, Joko mendominasi karena cuma Andi Murray yg sepadan dijamannya

      Guest
  4. Requez dong wak.. Sesekali bahas perjalanan karir dovi wak.. Banyak yg ga tau dovi itu datang dari balap apa, balap mulai umur berapa,udah pernah juara apa aja..
    Kl pmbalap lain macam MM,JL,VR,DP hampir semua udah tau kisah mereka.. Tinggal dovi nih blm pd tau..

    Guest
    • klo tidak salah, Dovi sebenarnya juga tidak suka menghadiri press conference (terutama pra race) apalagi harus menjawab pertanyaan2 konyol dr fans

      Guest
    • Opini saya, kalo dovi itu macam lebih mirip seperti stoner (dalam hal kepribadian), di tidak suka hingar bingar, press con, pertanyaan konyol dar fans, segala macam yg diluar balapan.

      Guest
  5. wak haji.. di tunggu review rcv di sentul, katany gak di limit ya 😁
    malah komen gak nyambung sama artikelny wkwkwk

    Guest
  6. yg gw suka dari marquez adalah mental baja nya yg mampu bikin si raja psy war kelojotan di media, kemauan besar untuk belajar dan belajar, sikap respek dan hormat yg besar kepada para mekanik dan kru tim. prestasi yg mengkilap tidak membuat dirinya sombong ataupun meremehkan orang lain, joker face nya sukar untuk dibaca rivalnya. gw harap kalo di masa depan ketemu rival kuat tidak ngambek dan main drama kayak kakek legend saat ini.

    Guest
    • Rossi tetap valentino, “ngambeknya” itu bagian dari permainan mentalnya. Karakter yg udah keliatan dari muda dan tidak berubah sampai sekarang.

      Marc tidak akan pernah seperti itu, karena dia punya karakter berbeda

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.