TMCBLOG.com – Hari Kamis ini 20 Desember 2018 tmcblog hadir langsung di MPM Learning Centre, Sedati, Sidoarjo meliput beberapa sesi dari Kontes Mekanik Honda Asia – Oceania 2018. Di acara ini hadir 23 teknisi sepeda motor Honda dari 8 negara Yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, India, pakistan, Philipina dan Bangladesh. Nah pasti banyak yang kepo mengenai Bagaimana bentuk dan aturan main dari Kontes Mekanik Honda Asia – Oceania 2018.

kontes mekanik asia oceania

Jadi pada dasarnya seperti yang bisa sobat Lihat dari Gambar diatas, Kontes Mekanik Honda Asia – Oceania 2018 telah diadakan semenjak tahun 2001. Semenjak 2001 sampai 2018 ini telah diselenggarakan sebanyak 6 kali Kontes Mekanik Honda Asia – Oceania. Pada setiap 5 gelaran sebelunya Indonesia, filipina, Vietnam dan Thailand memang selalu menjadi negara Langganan Top 3. Oleh karena itu terlihat tahun ini pun di arena kontes, peserta dari negara ini tetap jadi yang dominan.

Kontes Mekanik Honda Asia - Oceania

jadi Pada dasarnya setiap negara berhak mengirimkan Maksimum 4 Peserta yang terbagi menjadi dua kategori Yakni :

  • Kategori Comm ( Motor komuter/ Harian )
  • Kategori Fun ( Motor besar / Big bike )

Tiap kategori Comm dan Fun  dari masing masing negara berhak mengirimkan Maksimum dua peserta terbaik di negaranya.

Peserta Kontes Mekanik Honda Asia – Oceania 2018 Dari Indonesia

Untuk peserta Indonesia hadir dua dari kelas COMM yakni  M. Ahi Wahyuni dari Purwakarta, Nispi Rohmansyah asal Sukoharjo. Dan dua dari kelas FUN Yakni Tedi Eka Budiana dari Yogyakarta, dan Dodik Kuswinarno asal Surabaya. Untuk kategori Comm menggunakan Motor bebek Honda Revo 110 sedangkan untuk kategori Fun/ Big bike menggunakan Honda Rebel.

Secara Umum setiap peserta akan menghadapi dua jenis test yakni teori dan Praktek. Test teori Misalnya untuk kelas Comm, mereka diharuskan menyelesaikan 50 pertanyaan. Smenetara saat test Praktek hadir tata cara test yang lebih seru lagi karea dibagi lagi menjadi beberapa Model test Yakni Maintenance, Trouble shouting, dan Time Trial.

kontes mekanik asia oceania

Biasannya Model test Maintenance dan Trouble shouting digabungkan semisal untuk kelas Fun disediakan satu unit Honda rebel yang harus di service berkala sekaligus ngebenerin satu hal Rahasia permasalahan dari Motor yang harus ditemukan oleh sang kontestan seprti misalnya kondisi Kampas tem yang sudah habis contohnya. Dan Untuk Sesi Time Trial masing amsing kontestant dihadapkan satu masalah dan dituntut bisa menyelesaikan masalah dengan secepat cepatnya dan serapi mungkin sesuai standar honda.

kontes mekanik asia oceania

Saat TMCBLOG hadir Kontestan Big-Bike sedang melakukan Time Trial dengan permasalahan Sederhanya. Permasalahan yang disiapkan adalah melakukan Pergantian Oli, pergantian Filter oli dan pergantian kedua bohlam lampu sen depan Honda Rebel. Nilai dari Masing masing kontestan lalu nanti di akumulasi. Dihitung bukan hanya soal cepatnya, namun kesesuaian dengan standar service yang telah dibuat oleh Honda. Wahhh pokoknya seru deh sob. Awarding dari Kontes Mekanik Honda Asia – Oceania 2018 akan dilangsungkan malam ini, Mudah Mudahan mekanik AHASS yang menang ya sob . .

Taufik of BuitenZorg

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.