TMCBLOG.com – Bro sekalian seperti yang dilansir oleh Motorsport, pabrikan Aprilia menginformasikan bahwa mereka membawa seorang jagoan di balap Formula 1 ke MotoGP untuk bekerja dengan Aprilia mulai musim 2019 mendatang. Yap jagoan yang dimaksud itu adalah Massimo Rivola yang sebelumya dikenal sebagai orang penting di Ferrari yang nantinya akan menjabat sebagai CEO Departemen Racing Aprilia dimulai sejak bulan Januari 2019.

Perekrutan seorang Rivola yang sudah paham dengan seluk beluk dunia balap tercepat dan tercanggih sejagad raya ini [ Formula 1 ] memang menjadi bagian dari perubahan cara pendekatan di dalam tubuh Aprilia guna dapat mengembangkan proyek MotoGP mereka lebih cepat dan lebih baik lagi, karena sampai sejauh ini performa RS-GPmasih  seperti berlari di tempat. Kedatangan Rivola di Aprilia tidak menggantikan siapapun di struktur divisi balap Aprilia MotoGP melainkan sebagai ‘aset’ tambahan untuk R&D paket motor RS-GP agar lebih kompetitif di musim 2019 dan seterusnya.

Massimo Rivola

Rivola merupakan orang penting yang bernaung di divisi balap Ferrari khususnya Formula 1 dimana dirinya menjabat sebagai kepala Ferrari Driver Academy (FDA). Buat sobat yang juga mengikuti balap F1 pasti sudah tahu bahwa Ferrari mempunyai ‘sekolah’ balap untuk membina pembalap sejak dini, mulai dari Go Kart hingga beragam cabang motorsport baik GT ataupun open wheeler yang ujungnya akan diplot ke Formula 1. Salah satu contohnya Charles Leclerc yang berawal dari Ferrari Dirver Academy, masuk ke F1 di team Sauber dan sejak musim 2019 mendatang dirinya berhasil mengambil alih tempat Kimi Raikkonen di Scuderia Ferrari Mission Win Now. Itu salah satu contoh hasil dari tangan dingin dan buah pikir Massimo Rivola bersama Ferrari.

Massimo Rivola dan Charles Leclerc ( Ferrari Driver Academy )

Pihak Aprilia menyatakan bahwa keputusan membawa Rivola ke MotoGP adalah berdasarkan pengalamannya yang luas dalam balap Formula 1, hal tersebut merupakan langkah penting lainnya dalam mengkonsolidasikan markas Aprilia di Noale dengan departemen balap dan sebagai bentuk komitmen dari Piaggio Group untuk terus berkembang dalam proyek MotoGP.

Romano Albesiano

Saat ini Romano Albesiano menangani bagian management dan juga teknis sekaligus, dan kondisi ini lah yang mau Aprilia ubah di tahun mendatang dengan mendatangkan Massimo Rivalo ke MotoGP. Setelahnya, Albesiano akan berfokus pada bagian teknis tanpa mengurusi sisi manajemen team balap. “Personally, Saya ingin lebih banyak fokus pada sisi teknis. Di perusahaan kami, saya melakukan dua peran dan pasti itu adalah sesuatu yang harus kami perbaiki untuk masa depan.” Ungkap Romano Albesiano pada Crash.net saat Valencia Test bulan lalu.

Aprilia berharap dengan banyaknya perubahan dalam tubuh Aprilia Racing tersebut diharapkan bisa membawa hasil positif di musim musim mendatang. Masuknya Andrea Iannone, ditambahkannya pembalap test yang punya kompetensi di MotoGP dengan merekrut Bradley Smith, dan kini kehadiran Massino Rivola yang ‘dibajak’ dari Ferrari. Semoga makin menambah keseruan balapan MotoGP kedepannya.

Tmcblog team

35 COMMENTS

    • Ilmor, mah beda, itu kata Garry McCoy, mesinnya terlalu over power. Dan Ingat, Ilmor waktu itu hanyalah nama, pengerjaan dikerjakan oleh Suter Engineering.

      • kalo ga salah Suter cuma bikin sasisnya doang dan mungkin body kit nya juga,tapi urusan dapur pacu tetep digarap Ilmor karna saking percaya dirinya dgn pengalaman di dunia F1

    • Baru tau kalo ternyata mesin 5 langkah udah pernah dipakek di F1, btw dari segi regulasi gimana tuh kubikasi mesinnya? Piston tambahannya kena hitung apa gak, secara gak ada campuran udara sama bensin yg dibakar di sana?

      • bukan mobil tapi motor 3 silinder 700cc hasil d pengembangan mesin motogpnya yg 800cc yg rencananya bakal dijual bebas,2 silinder high compression yg nanti gassnya setelah diproses di silinder pertama yg high compression disalurkan dulu ke silinder tengah yg low compression dan ukuranya lebih gede dr yg lain terus baru ke pembuangan
        tapi ternyata cuma jadi seonggok prototipe doang karna ga ada perusahaan pendukung yg tertarik

        mungkin bisa cari sendiri infonya di google

    • Dia dari bidang akademi, kemungkinan arahnya utk penjenjangan karir balap dlm Aprilia sendiri, mengikuti langkah bbrp kompetitor lain seperti KTM.
      Dan lagi, dia sekedar tambahan dlm manajemen proyek GP Aprilia, tdk mengubah yg sdh ada juga.
      Utk sisi teknis, klo mau mencoba pengembangan seperti F1 tdk mungkin jg, belajar dari pengalaman awal GP 4-stroke, Aprilia motor yg pertama mengaplikasikan klep pneumatic hasil nyontek F1 kerjasama dng Cosworth, sdh hbs biaya besar, kebesaran tenaga, motor liar, terpaksa mundur dari kompetisi..

      • Mundur nya karna overpower dan motor di komplain sama pabrikan lain terlalu enteng, jadi mesti di kasih pemberat ,udh di beratin masih di komplain overpower. Akhir nya udh berat dan underpower ya ga bisa kompetitif, bangkrut deh.
        Tp asli aprilia rs3 cube menurut saya paling revolusioner di masa nya

      • gini nih kalo punya internet tapi ga mau dicari dulu,yg punya mesin v5 itu cuma rc211v doang(sama Proton KR yg disewain mesin rcv) atau kalo nggak bengkel yg emang pengen modifikasi v4 jadi V5

  1. Aprilia, sebenernya ga buruk2 amat, ngelihat penampilannya berbanding modal dan sponsor yg bisa dibilang jauh lebih kecil dr KTM,,

  2. Kawasaki ditunggu kehadirannya di MotoGP ya? Jgn cuma jagoan di Superbike doang, buktikan bahwa kelas Kawasaki itu di kelas para raja, kelas nya motor2 dewa.
    Jgn mau kalah sm Suzuki dan Aprillia.

  3. kalo ga salah Suter cuma bikin sasisnya doang dan mungkin body kit nya juga,tapi urusan dapur pacu tetep digarap Ilmor karna saking percaya dirinya dgn pengalaman di dunia F1

  4. serasa pindah divisi ini wak, secara piagio masih satu group sama FIAT. Mending masih di dunia balap. Kemarin aja kabarnya Manager scuderia ferrari si Maurizio Arrivabene mau disuruh ganttin Giuseppe Marotta di Juventus 😀

  5. Piaggio, fiat, ferarri, aprillia, vespa msh satu rumah kan? Juventus juga punya fiat. Gossipnya sih mereka dr keluarga templar knight

  6. wadoh,sampe nyambung ke ksatria templar segala
    jangan2 jaguar, land Rover,dan Everton masih ada kerabat dgn the three Musketeers
    dan juga Aston Martin,mini Cooper,dan Manchester united masih ada darah dr ksatria meja bundar ???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here