TMCBLOG.com – Suzuki kembangkan Mesin Mirip Unicam. Yap sob, Via Gambar patent yang tmcblog peroleh terlihat detail Mesin ini diaplikasikan suzuki untuk jenis Motocross. Jika Honda boleh dibilang sudah mulai meninggalkan Mesin Unicam, Suzuki malah baru mendesainnya sob . .

Flashback sedikit, Pada mesin tipe SOHC hanya ada satu cam yang fungsinya membuka-tutup klep hisap ( Intake ) dan buang ( exhaust ). Uuntuk medorong klep hadir rocker arm yang menghubungkan cam dan klep. Sedangkan Mesin DOHC ada dua cam yang masing-masing mendorong langsung klep buang atau hisap tanpa rocker arm ( direct ) . Tanpa kehadiran rocker arm, DOHC diklaim lebih baik karena friksi atau gesekan antar komponen berkurang. Kelembaman massa saat putaran tinggi juga makin kecil. SOHC lebih unggul secara dimensi lebih ringkas

 

Nah, Mesin yang dipatentkan Suzuki Ini mirip Mesin Honda Unicam dimana terlihat tetap Menggunakan satu kem ( No 44 )Β  layaknya mesin SOHC. Tapi mesin ini memiliki tiga atau empat tonjolan kem sehingga bisa berfungsi layaknya mesin DOHC. Banyak yang bilang bahwa platform mesin sejenis Unicam ini adalah hybrid perpaduan DOHC dengan SOHC.

dapat sobat lihat di batang camshaftnya hadir 4 tonjolan Profil cam. No 32 adalah Profil cam Intake sementara No 33 adalah Profil Intake Exhaust. ada Pula Cam no 44 yang merupakan profil cam stoper . . .

Secara umum memang Klep Masuk / Intake langsung ebrtemu dengan per klep dengan Perantara sebuah finger follower kecil. Namun gerakan Klep Exhaus harus melalui Rocker arm panjang dulu . . tmcblog amsih mencari apa perbedaan antara Mesin ini dengan emsin Honda Unicam . . Jika sobat sekalian sudah ketemu silahkan share di Kolom komentar yaaa

Taufik of BuitenZorg

 

 

53 COMMENTS

  1. Wak… Mungkin mesin ini dirancang agar di putaran bawah dapet, putaran atas juga ngacir, ya istilahnya torsi dapat, speed juga dapat.. (mungkin lho Wak)

    Guest
  2. Wah ini mah Unicam banget… Kepiye sama Honda yah?

    Parts nomor 43 ada kemiripan dengan Desmodromic. Seperti ‘Lengan bantuan’ untuk mengangkat rocker arm kembali free/tidak menekan klep.

    Editor
      • Berarti per katup in bisa pakek yg lebih lembek dari per katup ex dong om, biar lebih minim rugi tenaga πŸ˜€

        desmodromic juga masih pakek pegas kecil kan

        Guest
      • Pake spring valve dan bantuan lengan ‘mirip desmo’ itu supaya mengurangi/menghilangkan gejala floating mas.

        Yang saya perhatikan, desain cam Suzuki ini beda dgn Honda.
        1. Unicam Honda, camshaft posisinya menekan langsung klep in (atau segaris dengan klep in dgn roller arm pendek) sementara klep exhaust digerakkan dengan rocker arm.
        2. Camshaft di Suzuki ini menekan langsung klep exhaust (atau segaris dengan klep exhaust dgn roller arm pendek) dan klep in digerakkan dengan rocker arm.

        Posisi cam Suzuki kebalikan unicam Honda berdasarkan gambar patent ini.
        cmiiw

        Editor
    • yang ini lebih bagus buat rpm tinggi dibanding punya honda, direct cam pakai finger buat klep buang (ringan), gesekan lebih kecil dibandingkan kalau diletakkan di klep in (berat) pada rpm tinggi (klep besar, pegas harus kuat).
      Kelemahannya, rocker arm buat klep in, pakai roller. Kelembaman tinggi, namun bisa diakali stopper cam, mencegah katup floating. Pegas cukup mendorong katup saja, tanpa susah mendorong rocker arm. Meski pegas ringan, berani putaran lebih tinggi.

      Guest
  3. Part no 43 itu mungkin digunakan seperti klep desmodromic, hanya saja kelemahan desmodromic kan diputaran bawah seperti ada loss kompresi akibat masih terbukanya klep, nah ini di hilangkan dengan bantuan spring, supaya klep tetep tertutup di low rpm.
    Gejala spring floating saat rpm tinggi di sistem SOHC ataupun DOHC juga bisa dihilangkan dengan lengan desmodromic tersebut
    Cerdasss!!!

    Guest
  4. Katup desmodromic ducati juga masih pakek pegas kecil kok, kalau dugaan saya ini untuk menyamarkan agar desain yg dubuat suzuki ini gak disebut drsmodromic, ada kaitannya dengan hak paten mungkin

    Guest
  5. Suzuki indo mana jawabannya dgn hadirnya MT15 neh… punya Bandit model B400 kok gak dipakai ya. Tuh model kluar..kelar dah larisnya motor suzuki.

    Guest
    • bandit 400 keliatan gagah karna mesinnya padet dan sasisnya juga padet,ga usah bantuan shroud dan plastik2 yg lain juga udah sexy yg literally tlanjang kaya model Playboy
      lha bandit 150,mesin 150 1 silinder Segede apasih?,belum lagi sasis satria yg main tempel di motor laki sampe ditutupi plastik semua saking malu nya

      Guest
    • klo soal modif,,nti skalian saja beli body MT15 ya hehe. maksud saya Bandit itu dibuat kyk B400.pke mesin 1,2,bahkan 4 silinder 250cc skalian. Biar main beda dgn yg besar..mau head to head honda yamaha mana kuat.

      Guest
  6. itu yang exhaust Dircet dan yang Intake pake yang ARM … wah keren juga yak … sama-sama single cam dengan SOHC, cuman ini keuntungannya businya bisa pas ditengah …

    Guest
      • dari pengalaman kerja saya dgn dokumen2 paten

        lebih baik beberkan KLAIM patennya, di situ poin2 pentingnya kalo bicara apa yg dipatenkan, gambar hanya ilustrasi yg tidak mengikat riil produknya, produk rill sengaja tidak 100% sama dgn gambar biar ga terlalu sempit perlindungan patennya

        lebih baik lagi juga tampilin apa yg tertulis di BACKGROUND+SUMMARY (opsional + ABSTRACT) paten nya, biasanya dijelasin tersirat/tersurat perbedaan mendasarnya dari paten2 sebelumnya

        meskipun pada akhirnya tetap butuh “ahli” utk memahaminya karena salah satu syarat paten ya harus “tidak boleh gampang diduga orang lain”

        Guest
      • Saya jg pusing.. Baru tau jg Honda pny Unicam..
        Tp intinya ini lebih sekedar variasi pengembangan SOHC utk menggerakkan 3 atau 4 katup kah? Atau utk tujuan beda profil bukaan katup?

        Guest
    • jiahh nih orang setiap ada artikel mesin unicam sama gak sih mesin unicam & vixion ?.
      kemarin yg diartikel mesin unicam honda padahal udah dijelasin panjang lebar eh ada artikel mesin unicam suzuki ditanyain lagi pertanyaan yg sama.
      garis besar dari pertanyaannya, mereka ini menyontek mesin vixion kan maksud ente ?

      Guest
  7. menurut saya part no.43 kerjanya sebatas menstabilkan lengan ayun, bukan membantu menutup valve seperti desmodromic.

    Guest
      • @Widhy980 Coba cek part no 43 itu berkaitan dengan bubungan cam no 44.
        Guna lengan No. 43 itu supaya roker arm kembali ‘mengangkat’ dirinya sendiri agar tidak membebani per klep untuk mengembang/kembali kepanjang semula sebelum kena beban dorongan kem.
        Sepertinya tujuan Suzuki merancang sistem seperti ini yg nantinya akan menggunakan per klep dgn spring rate tertentu supaya tidak terlalu keras, juga sekaligus meminimalisir gejala valve floating disini (dgn part 43 dan 44). Mengingat mesin di patent ini peruntukannya untuk produk Suzuki RMZ Special Engine, bukan motor untuk harian.

        Jadi No 43 dan 44 itu BUKAN berfungsi untuk menutup katup seperti Desmodromic.

        Editor
    • Gegara vanessa angel nominal 80 jeti jd terkenal .dikit2 80 jeti . . Hihi btw lum lebaran harga daging kok mahal amat yak ?!

      Guest
      • Aduh ketik nama artis, blog motor jdi kebagian klik berita hot nih. Lumayaaaan naikin trafficπŸ˜‚

        Malah ada tuh portal motor sengaja bahas Vanessa Angel, dihubung2in sama motor biar sekedar kecipratan klik.

        Guest
  8. asli bingung banget liat gambar patent okay unicam, lah itu part no 43 kaya sistem desmodromic valve, tapi kalo saya berandai andai ini bisa jadi desmodronic valve dengan per supaya pas tarikan bawah gak loyo dan baliknya klep lebih cepet lagi seperti spring mungkin begitu kalo memang begitu wah asli mesin jenis baru

    Guest
    • Secara konsep ya sama. Unicam kan 1 cam buat naikin lebih dari 1 klep alias rockee arm nyabang. Keuntungannya komponen yang berputar lebih sedikit, beban mesin lebih sedikit, efeknya ya akselerasi lebih responsif. Cuma klep rawan floating makanya motor yang butuh rpm tinggi pasti dohc dan 1 cam cuma ngurus 1 klep. 1 cam maksud saya 1 tonjolam noken as, kalau noken as kan camshaft alias keseluruhan.

      Guest
  9. Desain UNICAM memang paling cocok diaplikasikan ke motorcross dengan pertimbangan pengurangan bobot dan ukuran yang lebih compact dibanding mesin DOHC tapi tidak mempunyai parasitic loss sebesar mesin SOHC konvensional,karena pada desain UNICAM biasanya noken IN langsung duduk diatas klep IN seperti mesin khas DOHC murni,sedangkan untuk Klep EX baru digerakan semacam aktuator/mekanisme seperti RRA/tappet,sedangkan di mesin SOHC konvensional posisi Noken cenderung di tengah antara klep IN &EX,dan diaktuasi menggunakan RRA/tappet.sehingga secara efisiensi valve train agak lebih inferior dibanding UNICAM.

    Guest
  10. Mesin Vixion itu sama kayak mesin Pulsar 200NS, LC 4V eS Oo Ha Ce , beda ma Unicam , Unicam lebih Canggih,
    Yamaha itu gag buat mesin Vixion, yg buat mesin Vixion itu Minarelli Itali,,,

    Guest
  11. Mesin untk balap dohc =oke
    Mesin motor buat ke kantor ..sekolah..pasar ..ngojek .dan yg pake masih mikir irit bbm..ngapain harus dohc.unicam ..apalagi desmo.!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.