jump to navigation

Wilujeng Ramadhan 1433 H July 20, 2012

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog, Uncategorized , 63comments

Bro sekalian, Tak terasa Bulan yang dinanti akhirnya sudah berada di depan Mata, dan Bersyukur Allah masih memberikan  umur untuk menikmati nya . . . Bulan Ramadhan, di bulan yang dikhususkan bagi umat muslim untuk beribadah Shaum (Puasa)  ini memang selalu special. Bulan dimana hampir semua kegiatan ibadah dan kebaikan sangat dipermudah, baik di permudahkannya hati ini dan ditunjang oleh aura sosial yang memang mayoritas semua berbondong bondong melakukan berbagai macam ibadah dan kebaikan. (more…)

Besok Ahad Momen Penting mengkalibrasi arah Kiblat May 25, 2012

Posted by Taufik in : Blogging activity, Ngaji di Blog , 85comments

Bro sekalian, Tahukah bro jika besok ahad 27 mei 2012 sekitar sore jam 16 lewat 18 menit merupakan salah satu momen yang bisa kita digunakan untuk menentukan arah Kiblat . . . kiblat adalah arah yang digunakan oleh umat muslim dalam melaksanakan Sholat . . . Lho kenapa bisa begitu? (more…)

Semoga Allah Mencukupi May 4, 2012

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 66comments

Bro sekalian, Judul diatas adalah bait terakhir dari lagu tombo ati yang digubah oleh salah satu dari 9 wali yakni Sunan bonang dan akhir akhir ini ditrendkan kembali oleh kyai kanjeng dan penyanyi AUNUR Rofiq Lilfiradaus alias Opick. Liriknya menceritakan 5 resep penyakit hati dimana pada akhir bait di lantunkan bila kita melaksanakan satu saja dari lima resep tersebut, maka mudah mudahan Allah mencukupi . . . mari kita bahas tentang makna ‘Allah Mencukupi’ (more…)

Galau April 13, 2012

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 139comments

Bro sekalian, Berita berita tentang rencana motor baru yang akan di rilis pabrikan memang kadang bisa bikin saya galau . . . Yamaha rencana rilis Revamped dari Vixion, Honda dirumorkan rilis teralis 150 cc , Bajaj keluar TPT Pulsar 200NS . . . wah bener bener penggalauan otomotif bagi saya sendiri. Kadang kadang saya malu, karena  disuatu saat kegalauan ini nggak bisa lebih rendah kadarnya dari kegalauan akan bekal apa yang bisa saya bawa menghadapi Nya jika tiba tiba saya di panggilNya? (more…)

Sedikit Muhasabah tentang Sholat Berjamaah di awal waktu March 9, 2012

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 75comments

Bro sekalian, Saat sedang bermuhasabah terhadap diri sendiri tentang salah satu ibadah yakni sholat kadang saya merasa sangat menyesal .. . kenapa menyesal? satu alasannya . . . ada banyak Momen dimana tidak ada penyebab syar’i dan saya tidak langsung (lalai)  melaksanakan Sholat Fardu berjamaah di masjid segera setelah Muazin mengumandangkan Azan . . . saat itu bisa jadi saya hanya berfikir . . . yang penting saya tidak meningalkan sholat, yang penting saya sholat-walau telad . . .dan saya lebih mementingkan hal lain yang sedang saya kerjakan saat itu . . . fhuiih :( (more…)

Takabur on The street January 20, 2012

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 168comments

Bro sekalian, artikel ini terispirasi dari sebuah ‘cubitan’ yang saya peroleh dari istri saya pasca kami riding berdua menggunakan Vespa LX 150 beberapa pekan yang lalu. Sesampai dirumah Ujug ujug istri saya bilang kepada saya : ” Bi, (panggilan anak-anak saya ke saya) Tadi Ngapain koq tiba tiba narik gas saat ada banyak skutik skutik dan bebek lain di kanan dan kiri . . hati hati akan bibit takabur lho bi ”  . . . ” Jangan merasa kalo skuter kita itu cc nya paling gede karena secara nggak sadar, setan sedang menabur benih benih takabur dalam qalbu kita”  . . . degggg . . . satu lagi cubitan dahsyat buat saya brooo . . . terima kasih istriku . . (more…)

Hayuuuk Bersyukur :) November 18, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 65comments

Bro sekalian, kadang setelah bangun dari tidur, karena date-line ngantor yang sudah di depan mata . . .kita langsung lompat dari tempat tidur, berwudhu, sholat Subuh ke masjid . . . pulang mandi lalu bersiap berangkat mencari nafkah . .. hal ini kita lakukan saban hari. Saking seringnya kita kadang menganggapnya biasa dan melupakan bahwa ada banyak nikmat Allah di dalamnya . . . (more…)

Sst . . Awal Dzulhijjah banyak Keutamaannya Lho October 28, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 39comments

Bro sekalian, Kadang karena kesibukan kita dan karena ketidak biasaannya kita menggunakan kelender penanggalan Hijriah kita kadang nggak ngeh sedang memasuki bulan apa kita ini. Nahh termasuk misalnya sekarang (Hari ini) kita sudah masuk ke Bulan Dzulhijjah . . . Bulan yang didalamnya buanyak banget sejarah yang terjadi pada para pendahulu kita termasuk kejadian pelemparan batu oleh Ismail kepada setan di kawasan armina . . . naah ternyata 10 hari di awal bulan Dzullhijjah itu banyak keutamaannya lho, sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW (more…)

Keajaiban Shadaqah . . . sebuah kisah Nyata August 26, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 85comments

Bro sekalian, kisah nyata ini diterima tmcblog di awal pekan ini . . . jadi begini bro tersebutlah salah seorang Manager sebuah Perusahaan Kecil. Dua pekan sebelum Hari raYa Iedul fitri 2011 Ia dan seluruh karyawan perusahaan memperoleh Tunjangan Hari raya dari kantornya. Namun Ia bertekat seluruh uang THR nya itu akan di berikan ke Panitia Amil Zakat Kerena dia pikir gajinya yang akan diperoleh akhir bulan nanti cukuplah untuk biaya hidup saat dan pasca Lebaran nanti, namun sebelumnya ia harus berbicara dulu pada sang istri tercinta. Singkat cerita sang istri pun diberitahu Niatnya tersebut. (more…)

Alhamdulillah, pas ketemu jumat pas sampe di Al Kahfi August 12, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 23comments

Assalamualaikum, bro sekalian, pagi jumat ini saat menunggu syuruq di surau tmcblog isi dengan sedikit tilawah. Betapa supraisnya saya ketika bacaan yang dimulai dari awal ramadhan tahun ini sudah sampai di surat Al Kahfi padahal nggak disengajakan (lelet ya tilawahnya? Jadi malu ketauan euuy :shy:  ) alhamdulillah, bagi saya hal ini bagaikan hadiah tersendiri dari Nya, subhanallah (more…)

Sttt . . . Nih beberapa keistimewaan Ibadah Pagi Hari August 5, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 47comments

Bro sekalian, Arikel Road to tanah suci belom selesai, yang ini dulu aja yaa . . . hampir kita semua sepakat bahwa Ibadah Wajib paling Pagi Yang kita kerjakan adalah Sholat Subuh .. .  Nahh sembari menungu Waktu utama Sahur yakni sahur yang di akhirkan ( menurut beberapa informasi jaraknya sekitar 50 ayat dibaca tartil sebelum subuh ) Via artikel ringan Kita akan sedikit kupas tiga keistimewaan ibadah sunah disekitar waktu subuh tersebut . ..  mari kita mulai . . . (more…)

Bergembira Menyambut Tamu Agung . . . Ramadhan July 29, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 28comments

Bismillah, Bro sekalian, sahab kaum muslimin, sekitar 60 Jam kedepan Kita akan segera bertemu dengan Tamu agung kita . . . Tamu yang sangat di nantikan kedatangannya selama 11 bulan terakhir . . . yup Bulan Ramadhan . . . kenapa Bulan ini sangat dirindukan kedatangannya . . . Saya sendiri merasakan Bulan ini sangat berbeda auranya, maksutnya aura ibadah sangat dipermudah, hati kita diperlunak oleh Allah, lebih legowo untuk melaksanakan Ibadah (more…)

Masuk Bulan Rajab . . . Ayo besiap Jelang Ramadhan !! June 3, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 34comments

Bro sekalian, dengan berkumandangnya Adzan Magrib sore kemarin, kita semua di daerah waktu indonesia bagian Barat telah memasuki Bulan Rajab. Bulan Rajab ini menurut beberapa sumber sahih merupakan salah satu dari 4 Bulan Haram. Segala macam kegiatan dunia kita kadang membuat kita lupa bahwa sebentar lagi kita akan bertemu kembali dengan Bulan yang sangat kita nanti natikan, bulan suci penuh berkah . . . Bulan Ramadhan, Biiznillah. (more…)

Jangan Tunda Untuk Mengawali Shadaqah May 20, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 43comments

Bro sekalian, Kebanyakan mindset kita dalam bershadaqah dan berzakat adalah melakukannya di akhir waktu. Kita selalu mencoba menghitung dulu apa yang Allah berikan kepada kita, untuk lalu kita akumulasikan, lalu kita kalikan 2,5% . . . baru deh setelah itu harta sisa itu kita siapkan. Itu Juga kadang kadang dipotong potong dengan pertimbangan yang kadang kadang kita buat buat sendiri. Yup dalam kehidupan hedonis seperti ini kadang (atau bisa jadi sering) kita sering terperangkap dalam pola hidup hitung-hitungan. (more…)

Marka Kehidupan April 1, 2011

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , 28comments

Bro sekalian, di setiap Sholat jumat setiap muslim pasti akan selalu mendengarkan ajakan Khatib untuk bertakwa dan selalu diingatkann agar jangan sampai mati kecuali dengan keadaan beriman. Diantara kita tidak ada yang tahu kapan kita akan mati, dan tidak ada yang tahu dalam keadaan apa kita nanti dipanggil ke hadapan sang Pencipta . . . Khusnul Khatimah atau (nauzubillah) Su’ul Khatimah (more…)

%d bloggers like this: