jump to navigation

Kegunaan Dari Super Electrofusion Cylinder . . . ( melapisi Liner silinder dengan lapisan yang Bersifat porous ) December 29, 2014

Posted by Taufik in : Kawasaki , 51comments

460x110

460x131-dec11

silinder-ninja150

Bro sekalian, di artikel artikel terdahulu kita sudah membahas teknik penguatan bagian liner silinder dari ruang pembakaran Yakni Spiny Sleeve, Diasil Dan SCEM/ Nikasil yang dipakai di beberapa Brand Motor. Namun ada banyak Pengunjung setia tmcblog minta tmcblog juga sekalian membahas tentang teknologi yang pernah dipakai di beberapa varian dua tak nya Kawasaki Yakni teknik penguatan liner silinder dengan nama Super Electrofusion Cylinder . . . Seperti apakah teknik ini sob? (more…)

Kegunaan Dari SCEM cylinder . . . ( Coating Super keras Dinding Liner Silinder dengan Nikel – silikon ) December 23, 2014

Posted by Taufik in : Suzuki , 81comments

460x110

460x131-dec11

SCEM

Bro sekalian, kebutuhan akan semakin kerasnnya kerja mesin telah kemarin kita bahas dua kali dan membuat pabrikan terus berinovasi menemukan cara dinding liner silinder ruang bakar semakin durable, mendisipasi panas dengan baik, plus ringan. Dua Inovasi otomotif yang telah kita bahas kemarin adalah Spiny Sleeve dan DiASil silinder . . . nahh kali ini kita akan membahas kajian tematik khas tmcblog ketiga mengenai inovasi liner dinding silinder ini . . . namannya SCEM ( Suzuki Composite Electrochemical Material ) Yap memang namannya berbau pabrikan Suzuki  . . . Namun ada sebenarnnya nama paling umum dari teknologi SCEM ini . . . yakni NiKaSIl (Nickle-Silicon-Carbide) 1 . NiKaSil adalah trademark untuk proses pembuatan coating part mesin dengan cara electrodeposited lipophilic nickel matrix silicon carbide . . . Kayak apa sih si NiKaSil/ SCEM ini dibuat? apa kegunaannya ? . . . Cekidot mas brooo . . . tmcblog jelasin pelan pelan nih (more…)

Kegunaan Dari DiASil cylinder ( dinding liner Alumunium dengan Hardness Silikon ) December 22, 2014

Posted by Taufik in : yamaha , 133comments

460x110

460x131-dec11

pic_001

Bro Sekalian, karena di awal pagi kita sudah ngobrolin soal Liner Silinder yang mengunakan Baja Plus Spiny Sleeve, sekalian aja Kita sekarang membahas soal Bentukan Liner silinder lain yang ada di muka bumi ini yakni DiASil cylinder Yang telah dipatent kan Oleh Yamaha. Mungkin salah satu basis pemikiran dari DiASil cylinder adalah gimana carannya biar nggak repot repot menggunakan dua material berbeda di blok silinder. Seperti Kita ketahui Alumunium ( babet ) itu sifatnnya Lunak dan Abrasif banget bila bergesekan dengan gerakan naik turun Piston. Penambahan Baja pada liner ( lihat artikel sebelumnnya) jelas akan menambah bobot pada blok silinder karena berat jenis baja > berat jenis ALumunium, dan Juga daya disipasi panas kalah sama disipasi alumunium .  . so yamaha pengen tetep menggunakan alumunium tapi nggak abrasif . . . itu ide utamannya . . . solusinnya . . . Ya alumuniummnya di perkuat sehingga sifat disipasi dan konduksi panasnya yang tinggi nggak hilang tapi materialnnya tetap durable  . . . lahirlah DiASiL (Die Cast Aluminum Silicon) cylinder (more…)

Kegunaan dari Silinder Spiny Sleeve ( dinding liner silinder yang seperti Jeruk purut ) December 22, 2014

Posted by Taufik in : Honda, Ngoprek motor , 70comments

460x110

460x131-dec11

spiny-sleeve7

Bro Sekalian, Beberapa Pabrikan Pabrikan kendaraan bermotor sekarang menggunakan Sistem Spiny Sleeve pada dinding silindernnya. Apaan Sih spiny Sleeve itu? Pada dasarnnya spiny sleve itu adalah bentuk permukaan luar silinder yang berbentulk bintik bintik kecil jadi mirip permukaan Jeruk Purut. Kisah Spiny Sleve bermula dari sini , Biasannya silinder konvensional menggunakan bahan dasar Almunium Alloy ( babet ) sebagai bahan dasar pembuatannya. Nah Almunium kan  punya sifat yang riskan terkikis jika kena goresan/gesekan. Bro Tahu sendiri kan piston itu gerakannya naik dan turun, Bila bertemu dengan dinding silinder yang terbuat dari material Almunium pasti akan cepat haus itu dindingnnya. Oleh karena itu di bagian tengah silinder ada lapisan silinder lagi ( Liner ) dengan sifat Material yang lebih durabel misalnya baja. Namun tetap silinder luarnya Almunium, Tinggal bagaimana metoda mempertemukan antara silinder bagian dalam ( liner) yang material nya durable dengan silinder bagian luar yang terbuat dari Almunium . . . (more…)

Mindset Konsumen R2 Indonesia masih berkutat di Masalah 'Kuantitas' – Sebuah Opini November 8, 2012

Posted by Taufik in : manajemen, Marketing , 223comments

Bro Sekalian, selama tmcblog menulis artikel artikel di tmcblog telah lebih dari 300 ribu komentar masuk mewarnai artikel artikel tersebut kadang tanpa disadari komentar komentar itu dapat ditarik garis opininya yakni berkutat masalah Kuantitas. Artinya apa? Masalah kuantitas ini telah menjadi semacam ‘mindset’ konsumen Motor Indonesia terlebih konsumen di segmen Mid-bahkan sampai masalah Hi-end . . . lho apa maksute mas bro? Kuantitas disini dapat diartikan ‘Jumlah’ . . . ‘jumlah’ kadang menjadi  ‘sesuatu’ yang penting yang bisa membuat konsumen yakin untuk memilih . . . (more…)

Motor-motor Multi silinder August 2, 2009

Posted by Taufik in : Tentang Motor , 65comments

Motor Multisilinder? Ninja 250R, ducati monster, ER 6 mah cuma 2 silinder. Triumph speed triple cuma pake 3 silinder. Bandit, R1 cuma empat silinder. masih ada motor-motor yang memiliki lebih dari itu semua . . .

7radial_motorcycle

:roll: motor 7 silinder 110 hp

———————————————————————————————– (more…)

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: