Sunday, 22 December 2024

[Share] AHM dipercundangi YMKI . . . Menurut pembaca Blog kira-kira kenapa siy?

taufikSeperti yang dapat dilihat pada laporan Kompas oto dimana Yamaha (YMKI) 2 bulan yang lalu  dapat melewati Honda (AHM) bukan Hanya dengan nilai penjualan perbulanan, akan tetapai sudah mencapai jumlah penjualan Akumulatif.

Salah satu yang menarik, dari rekap penjualan, persaingan ketat menduduki peringkat teratas penjualan secara nasional terjadi antara Honda dan Yamaha. Per Juli 2009, merek berlambang garputala ini berhasil menjadi juara baru setelah membukukan penjualan total 1.424.524 unit dengan market share 45,73 persen atau lebih besar 1,17 persen, menyingkirkan rival utamanya Honda yang hanya 1.407.957 unit (45,20 persen).

Kalau menurut sampeyan (pembaca Blog) kra-kira kenapa bro? Share your Knowledge 🙂

*biarnggakdisangkamacem2,gambarnyaNinjaajaaahh hi hi hi 🙂

145 COMMENTS

  1. desain lebih baru/fresh, tapi tetap mengutamakan kecepatan. oh ya ternyata sama awetnya pula dengan kompetitor plus fakta-fakta di arena balap (moto gp, wsbk).

    finally,,,, pertamax…. cihuyyy…

  2. menurut saya,

    yamaha : desain yang lebih berani. image motogp (rossi). identik dengan anak muda

    honda :desain cenderung polos(menyasar keluarga)

    apalagi ntar klo yamaha FZ jadi meluncur, pasti honda akan smakin di pecundangi…

    knapa honda dan yamaha ga melirik trail ya?

  3. Tren dan selera pasar berubah, tidak bisa lagi di dikte dengan jargon irit dan awet-nya honda. di daerah terutama sumatera booming harga komoditi pertanian membuat orang tidak lagi sekedar berpikir fungsionalisasi sepeda motor tapi sudah mengarah pada pemenuhan aktualisasi diri dan gengsi. Awalnya cukup dengan megapro/supra/revo sekarang berganti dengan v-ixion/jupiter/vega yg dianggap lebih keren dan cepat. Faktor lain meningkatnya pasar skutik dan yamaha menjadi 1’st mover yg berhasil membangun image skutik terbaik adalah yamaha.

  4. Belum tentu juga sih, karena pertempuran belum selesai…
    kita liat aja sampai akhir tahun, karena sudah biasa jika YMKI bisa menyalip satu atau dua kali saja, koar2nya sampai ke jagat….

  5. Sekarang AHM telah berubah dari pakem nya, justru keliatannya YMKI yang menjadi katro alias jadul produk2nya sekarang-sekarang ini, liat aja MIO dan Vega JR sangat jadul sekali bila dibanding dengan bebek dan matic keluaran AHM yang sekarang ini.

  6. bingung aku. kalo data di blog maz 3 itu sampe augustus 09 honda mazih memimpin. makin bingung nih. mana yang benar ya ? data dari aisi atau data yang dari kompaz ya yang benar ??. ya kalo ahm menang ya bagus , ya kalo ymki yang menang juga ngak pa2x. hanya zaja kalo main tipu2x data udh ngak jamannya lagi. time will telll the truth lah.

  7. Hehehe numpang nyampein uneg2 ya..
    Jujur aja sebelum ada Vi*ion saya fanatik ama Merk Ho*da, semua teknisi bisa betulin nih motor, harga jual juga tinggi. Tapi bagiku itu jadi omong kosong saat ATPM lain bisa menyajikan produk yang benar2 fresh. Tepatnya saat aku tergila-gila pada value Vi*ion, teknologi cakep harga cuma 17jutaan (CMIIW @ pertama keluar).

    Langsung aja deh
    Ho*da : Silahkan diterusin ganti cat motornya + nambahin embel2 “New”. –> Keluarin donk CBRR biar penjualannya merajai lagi 🙂
    Ya*aha: Produknya bener-bener baru, tapi teruji & harganya masuk akal dengan value yang ditawarkan.
    Asal saat Ya*aha sudah jadi raja jangan tiru strategi Ho*da ya (Facelift doank).

    @Mas Taufik boleh delete comment ini bila terlalu vulgar.

  8. @Lae
    Mungkin karena . . .data di atas hanya berlaku sampai Juli saja karena katanya Kompas . . . mereka dapet juga dari AISI tuh :

    Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperloleh KOMPAS.com,

  9. hmm…

    1.Mio & Soul vs Vario cs & Beat?
    2.Vega cs vs A.Revo?
    3.Jupiter z vs Blade (HSX 125?)
    4.Jupiter MX vs CS-1
    5.Vixion vs Megapro?
    6.Scorpio vs Tiger?

    kalau menurut saya sih selain nomor 5 Yamaha-Honda imbang lah soal kekuatan (untuk nomor 1 memang jadi fenomena alam yang aneh). Yang overpriced: CS-1 sudah bisa dibilang naif untuk menandingi penjualan MX, Megapro yang seharusnya dihargai 16 juta dinaikkan 4 juta…

    itu aja sih imej Honda sekarang memang mahal, yang rasional itu Yamaha. Yang ngebohongin orang itu Honda, yang jujur itu Yamaha. Yang pantas dicela itu Honda, yang pantas dipuji itu Yamaha…

    gitu aja sih sebenarnya, bener atau ga imej itu ya…tergantung orang yang melihat antara Honda-Yamaha… Dan menurut saya sih imej seperti di atas (Honda jelek-Yamaha keren) bisa-bisa sama kayak jaman dulu (Honda bagus-Yang lain jelek)…

    konsumen yang bagus bisa berpikir rasional soal produk yang dibeli, termasuk imej baik-buruknya…

  10. Yang pasti konsumen tidak hanya melihat irit dan awet buktinya minerva yang mirip CBR aja laku…
    konsumen milih tampilan yang menarik, apalagi anak muda sekarang punya motor buat nampang..
    sedangkan AHM identik dengan motor bapak bapak

  11. menurut saya pribadi sebagai user honda & yamaha .., sepertinya inovasi ada dibalik ini semua.. baik inovasi desain , inovasi teknologi ,dan harga..

    dan disini juga harus ada trendsetter..Yamaha..dengan injeksi dan sasis deltabox di vixion,,lalu liquid cooler di MX..juga Honda dengan spido digital di CS1..dan rear disc brake pada CS1 dan tigi Revo..

    sepertinya ATPM perlu menjadi trendseter deh.bukan trendfollower.. :)..

  12. kalo mau jujur, AHM kurang berani untuk berinovasi lebih daripada YMKI…
    beberapa kelemahan dan kelebihan yang terlihat dari AHM (ini menurut pandangan saya ya).
    Kelemahan AHM:
    1. Kurangnya inovasi
    2. Puas dengan hasil yg sekarang
    3. Seolah2 memakai kacamata kuda, jadi hanya melihat ke depan dengan tidak mempertimbangkan faktor dari sisi kiri dan kanan
    4. Kekuatan motor tidak sebagus buatan dahulu (jaman 1990-an)

    Kelebihan AHM:
    Jaringan yg luas, baik bengkel dan vendor => seharusnya ini memotivasi AHM untuk memproduksi sepeda motor yang lebih baik kualitasnya. Dan juga dengan adanya jaringan/network ini, untuk memproduksi suatu sepeda motor yang benar2 fresh (baca: BARU) sangatlah gampang.

    Kalo dr sisi YMKI:
    Kelemahan YMKI:
    1. Jaringan bengkel dan SDM yang belom sebesar AHM
    2. Pabrik produksi yang masih terbatas => kalo ingin terus memimpin pasar harusnya membangun lebih luas pabrik produksi.

    Kelebihan YMKI:
    1. Dengan segala kekurangannya, mau memaksakan diri untuk terus berinovatif dan mengeluarkan jenis motor baru (walaupun secara pasar belom tentu terserap dengan baik).
    2. Built quality yang masih lebih baik daripada AHM.

    >> Itu semua diatas hanya pendapat ane pribadi ya…..peace 😀

  13. hmmm…..
    masih ingat selisih market-share AHM & YMKI 2 thn lalu masih 9% , dan setahun lalu 6 % , dan penjualan akumulatif thn 2009 s/d Agustus selisih 0.5% artinya tiap tahun pencapaian penjualan produk YMKI mengalami kemajuan yg pesat.
    Yahhhh…ada 4 alasan
    1.Konsistensi pembuktian produk.
    2.Konsistensi harga
    3.Kapasitas produksi yg sudah setara
    4.Adversting

    peace

  14. Rasional dr sisi harga kali yha,?!
    krn mnurut gw
    utk produk yg d keluarkan honda ga ada masalah tuch tp harga ny itu yg buat masalah
    (over price) trutama di kelas premium ny
    benar kta bung fanderlart
    mega pro harga 20 jt tuch ga rasional (trlalu mahal n ga sesuai dgn produk yg d tawarkan) hrs ny yha 16 jutaan..
    Beda ma yamaha
    harga ny lbh rasional..

    Jdi solusi terbaik adlh memangkas harga produk honda
    contoh mega pro mnjdi 16 jt, CS one 15,5 jt, Tiger 21 jt n CBR klo jdi keluar 25 jt..
    Psti bs mmbalik keadaan n menjatuhkan yamaha..

  15. Terlepas dari siapa yg unggul saat ini karena selisihnya tipis n masih salip2an dan apakah data2 tsb valid ato nggak, harus diakui brand image Yamaha di mata masyarakat saat ini makin kuat terutama sejak peluncuran MX dan Vixion yg memberikan perspektif baru ttg sebuah motor. Selain berdampak pada meningkatnya penjualan juga semakin bagusnya resale value produknya. Saya masih ingat tahun lalu saat hunting Jup Z seken saya ditawari edisi CW 2007 dengan harga cuma selisih 1jt dari versi SW yg gress dari dealer, ga bisa kurang. Akhirnya saya pilìh yg lain aja.

    Bahkan di tahun 2006 pencapaian Yamaha di luar dugaan Yamaha sendiri, apa yang mereka peroleh jauh lebih besar dari apa yang mereka harapkan.
    Hal tersebut tentu tidak diperoleh secara gratis. Selain faktor MX dan Vixion yg memberikan “kesegaran” yang baru serta efek domino terhadap type lainnya, juga didukung kegiatan promosi yang sangat massif. Hampir setiap acara populer di TV disponsori Yamaha, belum lagi kegiatan2 bersifat outdoor kayak Bazaar Yamaha Funtastic dan tablig akbar. Bahkan sampe Bazaar masak ibu2 dan festival Band juga ikut ditongkrongin juga, ampunn dahh.
    Promosi yang begitu massif mau gak mau “memaksa” image Yamaha tertanam begitu kuat di benak konsumen. Saya melihat ini tidak beda dengan indoktrinasi secara halus, lha wong liat kiri-kanan ada banner Yamaha melulu. Inilah implementasi tagline “Touching your Heart” yang tidak hanya diimplementasikan dalam produk tapi dalam strategi marketing yang langsung menyasar segmen konsumen yg dituju. Betapa ZR gak jaim menggelar test ride di pasar atau kelurahan karena memang disanalah konsumen yg diinginkan. Miss Universe n Putri Indonesia pun udah dikavling karena YMKI sadar cewek2 yg jadi pasarnya paling interest ama segala sesuatu yg berbau kecantikan. Pesannya jelas, kalau mau tampil cakep kayak Zivana gak cukup modal kosmetik tapi musti nyemplak Miyo juga. Belum lagi dukungan terhadap komunitas yg lumayan besar.
    Dan jangan lupa prestasi yg kinclong di dunia balap baik ajang dunia maupun lokal berperan menyumbang makin kinclongnya penjualan Yamaha. Dalam teori MSDM, Ada proses yg disebut imitasi atau peniruan terhadap idola si konsumen. Ada rasa kepercayaan diri tersendiri di benak konsumen jika memakai merek yg sama dengan jagoannya meski motor yang dipakai tentu saja berbeda.
    Nah strategi yang sedemikian agresif ini yang tidak dilakukan kompetitor selama ini. Tapi sekarang AHM pun sudah mulai agresif dalam berpromosi. Posisi sebagai market leader yg terus diusik dalam 4 tahun terakhir memaksa mereka bekerja makin keras, gak cuma memaksa berinovasi dalam produk dan pricing tapi juga dalam strategi marketing n promosi. Mereka sudah berusaha keluar dari pakem berpromosi secara konvensional yang cuma mengandalkan iklan media atau nemplokin SPG di mall.
    Kita sebagai konsumen tentu memperoleh berkah dari perang ini yaitu produk yang makin berkualitas dengan harga yg kompetitif.
    Punten kang Opik, kepanjangan komentarnya hehe..

  16. @ gary
    gw kurang se7 bro ma loe
    AHM kurang inovasi gmna,??
    Dr desain AHM dha berinovasi dgn CS One n lampu tiger picek,
    Dr mesin dha injeksi (supra 125 Fi)
    Dr fitur dha DOUBLE DISK (tiger n CS one + Spido full digital) Combi brake system (Vario CBS) standar switch n kunci rem (vario & beat)

  17. konsumen masih dibola-bolain dengan mitos harga jual kembali honda lebih tinggi makanya masih milih honda..
    saat semuanya mulai sadar dengan semua kekurangan honda, pasar akan berbalik..
    semoga ahm cpt sadar..n tidak hanya mencekoki konsumen indonesia dengan produk mahal, model jadul, n teknologi yg digadang2 tinggi n safety tapi kenyataannya sederhana bgt n mahal dibandingkan dengan teknologi yg dibawa merk lain..

  18. @ Mr_longs:
    AHM kurang inovasinya di sektor mesin…..jadi gak hanya ganti casing aja….DOUBLE DISC itu bukan inovasi…..Ninja R dan RR aja udah pake DOUBLE DISC….itu merupakan standard safety….

  19. Hampir smua produk honda kayaknya kmahalan, kcuali supra series(karna hgnya dah pernah diturunkan) n absolut revo
    yg laen dg fitur ndak bgitu wah tp dg harga selangit misal cs1 (kalo ini fitur ok cm tampilan yg aneh), megapro maupun tiger revo (bener” standar dg harga tak wajar)
    kalo matic (vario series) nya paling sipp fiturnya dibanding kompetitor tp hgnya jg kmahalan toek kbanyakan konsumen kita.

  20. wooowwwww..kayaknya semua brader yang komentar diatas udah cocok kalo jadi Blogger . . .komentarnya asik2 dan cukup berbobot . . .makasih bro untuk sharenya . . .brader yang lain monggo, ditambahi pendapatnya 😀

  21. @Mr Long
    menurut saya, AHM udah on the track dalam sisi inovasi produk. Yg harus dibenahi tinggal disisi promosi n marketing, dan lagi2 saya lihat AHM sudah mulai bergerak ke arah ini. Inilah yang harus dikelola dengan baik. Apalagi AHM masih tertolong dengan kentalnya mindset merek Honda di mata konsumen.
    Trus Peran komunitas juga jangan dianggap sepele coz dari pengalaman saya yaaah AHM cukup pelit dibanding merek lain.

  22. image honda udah buruk dan traumatis bagi beberapa bikers kek gw yang ngrasain make motor bebek baru 3 bulan bodynya dah geter2….

    semuannya salah ahm.. semoga penjualan ahm makin terpuruk.. biar gak sombong dan melupakan konsumen.. and memperbaiki kualitas produk..

  23. @z3tm3n
    kadang hal2 yg terlihat sepele n sederhana justru bisa jadi berharga di mata konsumen. Saya pernah iseng survey kecil2an tentang kurang suksesnya Blade, MX dan CS1. Jawaban konsumen awam pada umumnya adalah simple sekali “susah buat gantungin belanjaan dari pasar”. Nah lho, hanya gara2 kresek sayuran aja bisa ngalahin inovasi bodi n mesin yg ciamik

  24. gengsi kayaknya om. terbukti dah banyak anak muda pake Yamaha, mereka bilang kerenan modelnya yamaha, pokoknya ada kebanggaan klo mereka pakek produk yamaha, studi kasus ada di produk mio sama MX yang buanyak banged peminatnya. klo pun ada diantara anak muda yang pakek Honda pasti karena ‘racun’ ortunyah yang bilang “honda ajah, irit, harga jualnya tinggi”…. . Kedua karena konsumen sekarang dah pinter, barang bagus, dari desain sampe fitur tapi harga murah, kasus di MX sama Vixion. Nah tahu sendiri Honda, harga produknya lebih mahal wlo sekelas.
    Coba aja om tanya temen ato tetangga om opik….

  25. bener sie AHM banyak jugag inovasinyah, tapi alih2 inovasi fitur itulah yang bikin AHM ngebandrol produknya tinggi, coba bayangkeun awal MX keluar, dengan desain fresh mesin baru dengan cc lebih tambahan TPS dan Radiator harganyah sama bahkan dibawah dikit supra X, nah trus baru dah inovasi rem belakang sama injeksi ditanam di supra…

    coba bayangkeun, masak vario di bikin desain bodi baru secuil plus remnya pararel ajah harganya 15 juta lebih?!
    Tiger ganti body sama model lampu eropa? trus CS-1, masih keren kemana2 satria dari segi mesin sampe bodi, apa gag kmahalan?
    satu lagi nie produk AHM yang ga rasional, MegaPro mask 20 juta?!!! what a hell?!!!, coba di urutin satu-satu, desain, fitur, mesin ko yah Vixion yang desain sporty (laki tulen!), radiator, injeksi, rangka deltabox cuma 19 jutaan…. nah lhooo!!!

  26. @ gary
    Nah Lohh,
    loe yang bilang yha double disk itu merupakan Standar Safety. berarti produk YMKI ga ada yg memenuhi Standar Safety donk,??
    coz rem blakang ny tromol semua..
    Ha.Ha.Ha

    lagian dsini qta semua lg share Yamaha Vs Honda jdi Kawasaki jgn di bwa2 krn ga nyambung n gw tau knp u ambl contoh mtr brfitur double disk dr ninja series krn d mtr yamaha ga ada kan yg bs u buat jdi contoh,?!

    Soal inovasi di mesin,
    emank yamaha berinovasi apa sehingga AHM/HONDA u blng krng berinovasi,??
    Mohon pencerahaan ny spya gw ga slh faham ma statement u.

    @ moncer
    gw se7 bro ma loe
    comment u brBIBIT, BEBET, BOBOT bngzZz..

  27. @ mr iong

    inovasi mesin pake klep keramik…
    trus pake setang piston titanium

    oh…ini ngomongin mesin apa ya…??
    (mikir sambil megang mesin bubut buatan cekoslowakia)

  28. ah blm tentu, saat ini bisa aja yamaha menang, paling besoknya honda menang lagi, ntar yamaha lagi trus honda lagi trus begitu trus…..

    bahkan mereka kompak pake tagline bernada superior seperti yamaha “selalu di depan” dan honda “bagaimana pun juga honda selalu lebih unggul”, di luar negeri juga begitu.

    kartu as mereka juga selalu jadi unggulan seperti yamaha dengan kecepatannya dan honda dengan futuristiknya. tapi bagus juga sih kita jadi bisa menikmati beragam pilihan yang disodorkan, itulah PERANG H-Y!

  29. kata2 “dipercundangi” pada judulnya bisa buat jualan petasan gw laku nih..

    tinggal tunggu aja sehari pasti komen gontok2an antar fansboy, oknum, sales, dedengkot atpm, pada bertumpuk dimarih..

    kalo disini data yamaha yg menang.. di tetangga sebelah data honda yg menang..
    tanya keun-apa ?????

    setau gw data aisi itu penjualan dr pabrikan ke dealer.. bukan penjualan dr dealer ke konsumen..
    demi mencapai gengsi angka data penjualan aja, pabrikan langsung jor2an produksi motor.. (biar dibilang laku mungkin) sukur2 kalo banyak yg beli tuh barang, nah kalo bertumpuk di dealer ga ada yg beli.. utang modalnya bayarnya gimana ?????

    ya ujung2nya kluar dana lagi buat advertising gede2an.. ujung2nya lagi harga motor dinaikin, atau dengan cara strategi nakal pembelian dengan kredit yg ga masuk akal menurut gue.. lha wong bisa bayar cash, masa disuruh ngredit yg ujung2nya harganya jd lebih mahal.. (entah buat balikin modal kali, cuma mereka yg tahu)..

  30. @sampah…
    judul awalnya kan ( Share )…
    biarkan saja komen gontok2an antar fansboy, oknum, sales, dedengkot atpm, pada bertumpuk dimarih…
    ntar juga cape sendiri….
    apa ndak malu debat kusir mulu……
    komen2 yg menjelek2-kan ndak usah ditanggapi…

    di paragraf terakhir Mas Taufik cukup jelas kok pertanyaannya “Kalau menurut sampeyan (pembaca Blog) kra-kira kenapa bro? Share your Knowledge ”
    Nah komen2 yg sudah diatas-atas juga 90% berbobot kok….
    aja kwatir lah…hehehehehehehehe….

    peace

  31. @All

    Mohon dimengerti yang dimaksut ‘mempercundangi’ disini mengacu pada nilai penjualan (share market) . . . tapi apakah hal ini berkorelasi pada kualitas mutu, layanan purna jual, dan lainnya . . .? itu biar sampeyan semua para pengunjung blog sebagai konsumen, pengamat serta pemerhari R2 Indonesia yang sampaikan . . . dan untuk diperhatikan lagi . . . judul ‘mempercundangi’ disini dipersempit dengan Obyek AHM dan YMKI . . . belum bisa meng-Generalisasi Honda dan Yamaha secara Global he he he he . . . so monggo, ayo share knowledge.
    Sampaikan pendapat pribadi kalian . . .

  32. rame….. rame ..makin seru aja nih
    milih motor sesuai selera bro…
    mau irit dan jadul ya honda
    mau kenceng dan boros ya YAMAHA

    anak kecil juga tau..
    pisssssssssssss ah..

  33. 20. gary
    kok dibandinginnya sama kawasaki, kenapa gak dengan produk YMKI, karena produk Yamaha ompong semua alias gak ada yang double disk pada sepeda motornya

  34. Judulnya bikin sara euy….terlalu keras mas, mas kan tau sendiri kalau bicara R2 palagi masalah H dan Y pengunjungnya banyak yang panatik, tidak sedikit mereka menjadi bersilat lidah alias perang kata2.
    moga penggunaan bahasanya bisa lebih diterima oleh kalangan biker. karena lidah itu sangat tajam bahkan ada pepatah lidah itu lebih tajam dibanding pedang. inikan blog yang umum dan begitu terbuka.
    mohon maaf jika terlalu menyinggung yang punya warung dan biker2 sekalian.
    Peace

    Taufik:
    ndak apa2 . . .aku legowo kok terhadap kritik dan masukan, maap bila sense kata “mempercundangi’ terlalu ekstreem 🙂
    wah masak iya terlalu keras . . .he he he he . .. tapi maksutnya tidak sekeras itu, mudah-mudahan brader sekalian mengerti . . . bahwa yang saya maksut mempercundangi adalah kejadian saat YMKI sempat melewati share market penjualan AHM
    kira-kira kata apa ya yang lebih pas? he he he he

  35. otak ane lagi rada hang, daripada komen trus salah mending nyimak aja sambil nganalisis tar kalo otak udah mendingan baru deh ane komen.

  36. seru juga nih…
    semoga semakin sengit persaingan, harga motor bisa turun…
    apalagi kurs dollar juga turun… harga komponen impor bisa jadi lebih murah…
    tapi harga motor kok malah naik… aneh…

  37. Hehe..sulit ngarepin harga kendaraan turun, ada aja alasannya. Pas BBM naik, harga ikut naik dgn alasan ongkos produksi n transportasi, ntar giliran BBM turun ga mau ikut turun dengan alasan komponen BBM persentasenya dikit thdp biaya produksi

  38. Ho*da memang inovatif kok, buktinya lihat tuh di luar negri.
    Buat Indonesia cukup mata picek, double disk, mesin injeksi (bebek).
    Sayang semua teknologinya dicicil!!!! Skrg ganti cat, bulan depan ganti lampu, tahun depan ganti velg, 2 tahun berikutnya ganti rem. weleh-weleh.
    Masih berharap Ho*da keluarin CBRR & ga rela dilibas Ya*aha!!!

  39. menurut saia mutlak karna strategi marketing dan promosi ymki jauh lebih agresif dibanding atpm lain, bahkan dibanding ahm sendiri..

    Taufik:
    hmm Interesteing point of view

    harga? ndak terlalu masalah!
    tiger lebih mahal dibanding scorpio, mana yg kelelep?
    jupiter z lebih mahal dibanding blade, mana yg tenggelam?
    mio cw/sporty hanya selisih 65rb dgn beat, siapa rajanya?
    mio soul jauh lebih murah dari vario, sapa unggul penjualan?
    knapa harga ga terlalu berpengaruh signifikan? leasing rules! 80% pembelian kredit..

    inovasi? duh!
    dimulai dari 2003, ymki mulai mengisi slot2 pasar yg kosong.. dan mengisi segmen dgn produk yg seblmnya ga ada, itu namanya inovasi?
    dulu blm ada skutik, ymki memulai.. dan ternyata boom..
    dulu ndak punya mongtor yg bs ngelawan supra x, dibikinlah mx yg wajib punya kelebihan buat bersaing..
    dulu blm punya sport cc kecil, muncul vixion dgn injeksi krn harus punya nilai lebih juga dari kompetitor..
    dan seperti kita ketahui, slot yg kosong udah diisi semua.. akhirnya skrg harus merefresh produk yg udah ada..
    silakeun liat gerakan ymki..
    facelift mio? recoloring mio soul? inovasi?
    vegazr itu produk lanjutan new vega r?
    dan fz16/byson itu inovasi dari vixion?
    akhirnya gerakannya sama dgn ahm beberapa tahun lalu?

    sorry 2 say, peaknya udah lewat dan vixion (2007) merupakan hal baru yg terakhir dari ymki..
    skrg tinggal ganti/refresh produk yg udah ada..
    dan judulnya sama aja dengan ahm yg ganti/refresh..

    hmm, masih ada harapan sih krn slot premium 250cc blm ada..
    tinggal nunggu aja antara 2 atpm ini..
    slot lain? ya gitu lah..

    jadi? ya two thumbs up buat divisi penjualan dan promosi ymki..

  40. dari atas mpe bawah baca berurutan..

    satu hal yang pengen tak tanyain..
    kenapa sih honda selalu aja overprice padahala inovasinya gak seberapa ?? apa betul gaji para mekanik honda dengan yamaha lebih tinggi honda.. ato ada yang lain ??

    inget dulu honda C70 bener2 melegenda di taunnya..
    cos selain pricenya gak begitu mahal i banding kompetitor pada saat itu.. dia punya keunggulan mesin yang ramah linkungan n bersahabat ketika kendaraan lain berlomba2 dengan 2 tak tentunya..

    nah jaman sekarang apa yang menyebabkan honda jadi overprice ya ?? kita ambil contoh suzuki.. harga bebek2 125nya gak terlalu mahal.. tapi rata2 udah cast wheel n tentunya rear disk brake.. sebenernya suzuki pinter baca peluang.. yaitu rear disk brake..

    nyatanya produk2 yang di pake buat rear disk brake sekarang add on dari model2nya suzuki semua.. baik made by cina maupun thailand ato lokal..

    beda dengan honda..
    spoke wheel pake rear disk aja beda harganya udah jauh kemana..
    n mau gak mau menuntut kastemer tuk keluar uang lebih misal ingin tampil lebih.. begitupun yamaha.. kenapa fenomena sederhana seperti rear disk brake belum terlakasana mpe hari ini ??

    sebagai pengguna kendaraan dari ke 4 merek tersebut..
    kadang mikir2 juga..

    cuma kawasaki yang bener2 berani dalam mengembangkan sayap n bener2 berani dalam mengambil keputusan..

  41. Kayaknya karena konsumen udah mulai Smart. Sekarang Internet udah menjangkau banyak daerah, nah orang-orang awam mau beli motor sekarang cari komparasinya via Internet. Di internet ini gak bisa bohong, ketika satu Artikel/komen yang gak sesuai fakta, langsung dihujat massa.

    Kalo antar saudara kan bisa jadi dipengaruhi keluarganya dari Buyut punya motor satu merek semua, terus mereka bilang merk lain jelek, padahal belum tentu mereka sudah coba.

    Nah kalau liat di Blog kayak mas Taufik dkk ini kan mereka jadi mengerti, Dan kalau Blogger kebanyakan Netral, kalo gak Netral, yah ditinggalkan pengunjung. Trus liat komen yang makin memperlengkap Artikel bikinan Blogger, maka makin pintar lah konsumen.

    Makannya sekarang ada pabrikan yang mulai menyentuh kalangan Blogger(pasti tau kan).

    @Mr_lOng’S
    Itu tuh mesin Mega pro dari tahun kapan ya sudah didirikan, eh di Luncurkan.
    Kalau Double Disk udah dari jaman Satria 2 tak udah dipake Suzuki, jadi gak bisa dibilang Inovasi, oke lah kalau memang Yamaha belum pake, tapi tetep aja kalau sudah ada yang buat, maka tinggal diikuti, tanpa perlu lagi berinovasi, kalau Combi brake, baru itu Inovasi. Kalau Spido Full Digital ,kalo gak salah FXR150 udah pake.

    Inovasi mesin kurang soalnya, neh Supra x 125 pertama sama yang sekarang, cuman beda Body aja, mesin sama rangka sama. Bandingin sama Shogun FD 125 sama FL 125, Mesin udah ngalamin beberapa perubahan, desain juga berubah.

  42. @Shoguner
    suerr dah aku demen banget ama kalimat shoguner yang ini :

    Trus liat komen yang makin memperlengkap Artikel bikinan Blogger, maka makin pintar lah konsumen

    betul banget .. . apalah artinya sebuah Blog tanpa pengunjung . . .Blog menjadi besar salah satu faktr pentingnya adalah karena pengunjung 😀

  43. ya yg penting sekarang kita liat aja antara ke-2 ATPM tersebut apa aja yang bisa mereka telorkan….sekali peace yak buat semua 😀

  44. @Mr_longs & Real_Injektion:
    itu semua gw tulis hanya pendapat gw, kalo kalian punya pendapat lain…ya silahkan….gak ada yg ngelarang toh….. 😀

  45. @kang opik
    leres pisan Kang Opik, diskusi yang saling melengkapi seperti ini menjadi terasa lebih bermanfaat n bermakna ketimbang cuma gebuk2an. Kita dipancing untuk mencari jawaban kenapa bisa begini, kenapa bisa begitu. Yang ngerti urusan teknis bisa berbagi wawasan dalam hal teknis, yg ngerti urusan manajemen bisa pula sharing ilmu atau pengalamannya dst.
    Mangga ah dilajengkeun

  46. @ shoguner

    sory yha bro gw cm mau klarifikasi aza,!!
    gw tau double disk itu bukan inovasi lg tp alasan gw blng double disk di fitur itu brtujuan agr klo ada petinggi YMKI yg baca jdi tersindir n memasukan real double disk di mtr produk YMKI ke depan ny..

    Soal mesin
    di Blade n ABS REVO jga udh ngalami beberapa perubahan dr generasi sblm ny sperti type kopling yg d gunakan (gw lupa nama ny), CC jdi 110 dll..
    Utk Tiger n mega pro c emank mesin jadul yg cm Face lift tampang doank..

  47. kalo aku,ymki manajemen pemasarannya lebih bagus daripada ahm.sedang ahm,penginnya sih mau habis2an tapi ketahan ama imej nama besar honda yg harus main jujur dan elegan plus lebih fokus ke safety..

  48. @4 adul, sumatranya belahan mana ya.. kebetulan 6 hari ini saia keliling perkebunan di sumatra selatan : bengkulu (manna, rejang lebong, bengkulu), sumsel (palembang, ogan komering) dan lampung (mesuji, kota gajah, metro ) dan iseng iseng survei kecil kecilan…
    bagi yg pernah pakai honda trus pakai yamaha, sebagian menyesali kenapa ganti merek, posisi ridingnya ga nyaman buat jalan jauh (cepat pegal) dan lebih boros, kecepatan tidak dibutuhkan, krn kondisi jalan yg tidak memungkinkan gas pol. yg diinginkan adalah motor yg kuat, irit dan nyaman, cuma bisa ditemukan di honda. di rumah om walikota yg lg open house, iseng buat statistik motor orang yg datang. dari sampling 100 motor bebek : 82% honda, 10% yamaha, 4 % suzuki, sisanya kawak dan mocin.
    ada yg menarik, mocin kloningan revo gen 1 warnanya bagus bagus, candy tone !

  49. kalau yamaha memang bentuk body manis sekali kalau cewek cantik n sintal enak di bawa ke mana mana yg jelas di modif apa aja ngikut body sangat fleksible ,, tapi kalau honda bener sangat minimalis nggak kaku kaku amat sih masih ukuran anak muda n ortu juga ok gitu ,,,, but kawasaku kaku habis bro toufik umpamanya di modif susah buanget ,,,,,

  50. Well, terlepas dari urusan di atas. Ada satu hal menarik perhatian sy terkait pricing & varian produk AHM, saya melihat di segmen bebek dalam satu type terdiri dari banyak varian. Liat aja abs revo n supra x 125 aja lebih dr 2 varian (cmiiw). Sehingga secara overall Honda memiliki varian terbanyak dibanding merek lain.
    Di satu sisi itu memberikan banyak pilihan bagi konsumen tapi di sisi lain akan menyulitkan produsen sendiri. Dengan terlalu banyak varian dalam 1 type, maka rentang harga antar type satu sama lain akan sangat rapat sekali. Kemungkinan buruk yang bisa timbul ialah:
    – kanibalisme terhadap type lain
    – pabrikan tidak bisa lincah dalam memainkan harga.
    Dengan rapatnya rentang harga maka produsen cenderung tidak leluasa saat harus menaik-turunkan harga, misalnya saat type A harus dilakukan penyesuaian harga maka mau gak mau type lain harus ikut menyesuaikan juga agar tidak “saling bersenggolan” padahal type lain sebenarnya belum perlu berubah harga.
    Ingat kasus turunnya harga Supra X125 dkk tahun lalu? Penurunan harga dilakukan bersamaan launching CS 1. IMHO, langkah tersebut “terpaksa” ditempuh tidak semata-mata hanya karena faktor desakan kompetitor tapi juga untuk memberi ruang gerak bagi CS1 di antara Supra Injeksi dan Megapro. saat itu harga Supra Injeksi mepet banget ama Satria FU sementara di atasnya ada Megapro. Kalo gak dilakukan penyesuaian harga di type lain maka CS1 bakal terpaksa berhadapan langsung dengan FU yg lebih superior, atau bahkan Vixion yg artinya juga berhadapan dengan Megapro.
    Selesaikah urusannya? Tidak, CS1 tetap terjepit dengan harga yg tinggi karena tidak mungkin menekan harga type di bawahnya (Supra Injeksi) lebih rendah lagi. Sementara Megapro juga gak mungkin dipaksa naik harga terlalu jauh karena saat itu lagi gelut hebat dengan Vixion. Ditambah desain yang rada nyleneh maka lengkaplah “penderitaan” CS1.
    Seandainya saat itu tidak ada Supra Injeksi, AHM bisa leluasa memainkan harga CS1. Toh teknologi injeksi di Supra bisa “dihibahkan” ke CS1.
    Mungkin hal di atas bisa menjawab kenapa CS1 n Megapro dinilai overprice oleh sebagian orang. Selain karena Brand Image Honda yang kuat, juga karena terlalu banyak varian di type bawahnya sehingga rentang harga satu sama lain terlalu rapat dan menyebabkan kurang leluasa dalam memainkan pricing. Jual motor gak sama dengan mobil, perbedaan aksesoris dan fitur bisa menyebabkan perbedaan harga yang sangat signifikan. Sementara di motor hanya bisa mengotak-atik angka ratusan ribu rupiah saja.
    Tapi sekali lagi ini cuma opini sederhana dari sudut pandang awam. Benar atau tidaknya biar om Johannes Loman yang jawab hehe..
    Sakali deui punten kang Opik, komentarna panjang pisan hehe..

  51. yang begini nih yang bikin mumet….
    lebaran belon lewat seminggu, baru ajah maap-maapan…. eh udah cela-celaan …. apa sih untungnya ?….

    yang pake tiger monggo, yang beli scorpio silahkan
    yang naik jupiter oke-oke ajah, yang bawa supra enggak masalah ..

    mau analisa silahkan… itu juga kalo didenger…..

  52. @ Bro semua, mongtor yg saya pake smp:honda win-yamaha box(?) sma:ymha f1-rxking-rxs-honda grand-suzuki A100 kuliah:hnda cgn125-supra sekarang:old megapro. jadi malu kalau mau fanatik ke salah satu merk, tapi saya berusaha objetif memang yamaha lebih inovatif, worth it, cuma teromol belakangnya aja yg kagak nahan :p

  53. @49 shoguner, tahukah kalau sh**** 125sampai beberapa kali ganti desain piston karena engine noise ?

    masih yg terbaik menurut saia sih masih mesin shogun 110 cc.

    kalau mesin dah terbukti handal dan efisien trus mo dioprek gimana lagi…

  54. apa ya…
    mungkin ymki berhasil dalam penanaman image, dan pas dengan market mereka,..
    ahm belum pas kali..bikin blunder
    kaya blade sama abs revo yang saling bersaing juga ada oknum sales..
    segment pasarnya gak jelas

  55. #Moncer 60

    weks . . .komentar lebih panjang dari artikelnya 😆
    kalo baca komentar dari bro .. . apakah megapro yang dianggap sebagai pengganjal keleluasaan AHM bermain harga? dengan asumsi bahwa sang megapro sedang berjibaku dengan Vixi, memang seperti buah siimalakama . . .kalo harga diturunin . .. bentrok sama CS1 . .. kalo harga dinaikin . . . semakin semakin sulit berhadapan dengan Vixi . . . solusinya . . . megapro harus diganti dengan sesuatu yang Revolusioner . .. dalam artian..sama sekali baru .. . baru deh bisa mainin harga lagi .. .cmiiw

  56. balapan terus malah nabrak babak belur ….
    saya mo berbagi info BISNIS yang LAKU TERUS dan MENJANJIKAN…
    …. yaitu BISNIS PULSA ELECTRIC….!!!!

    cocok dijalankan untuk bisnis utama maupun sampingan, baik pebisnis handal sampai dengan ibu rumah tangga, bisa jualan di toko, kantor, maupun rumah.

    bagi pemula maupun senior kalo mo beli deposit pulsa dealer yang murah di HPCPULSA.CO.CC

    bisnis pulsa memang enak, kalo ga laku ga basi, bisa dipakai sendiri juga

    tiap hari orang pakai HP butuh pulsa seperti butuh nasi
    kalo habis pasti isi ulang lagi

    selamanya laku terus

    lihat di web HPCPULSA.CO.CC

  57. @Kang opik
    dalam opini saya sih yang terlalu padat rentang harganya itu di segmen bebek, terutama Supra injeksi yg jadi penghambatnya. Meski berinjeksi tapi Dengan tampilan umum yg standar saya rasa gak worth it. Hanya bikin sempit span harga aja, selain itu kalo qt ngobrol ama konsumen mereka ga gitu ngeh apa sih bedanya supra biasa ama injeksi selain harganya yg lebih mahal padahal bentuk sama (ini tak lepas dari promosi yg minim juga). Kalau misalnya Supra injeksi ini dihapuskan, CS1 bisa bernafas longgar kalau mau turun harga biar makin kompetitif dengan MX atau FU. Selain itu teknologi yg premium (injeksi) akan lebih pas jika disandingkan dengan motor kelas yg lebih premium jg dalam hal ini CS1, bukan di motor berdesain konvensional. Toh kalo supra injeksi dhapus gak terlalu rugi coz kontribusinya kecil. Gmana kalo CS1 aja yg dihapus? Rugi dong, CS1 belum balik modal n dah gitu masih berpotensi dikembangkan, hanya masalah desain aja kok. Eces buat AHM mah lah. Sementara kalo Supra injeksi cost-nya udah ketutup oleh Supra karbu, ga rugi2 amat kalo dihapus.
    Gmana dengan Megapro (New maupun Old)? Jika supra injeksi hapus kemudian CS1 turun harga, Megapro bisa leluasa bertarung lagi versus Vixion maupun (Insya Allah) Byson karena jarak dengan CS1 udah aman.

  58. terus terang aku nggak kaget kalo yamaha mempecundangi honda… karna sebenarnya hal ini sdh bisa terjadi di tahun 2007 kalo saja kapasitas produksi yamaha saat itu sdh seperti skr ini.

    yang justru sangat disayangkan itu tindakan AHM kala itu … sdh jelas2 kekalahannya karna produknya bahkan hampir semua dealer kasih masukan tp AHM tetep aja kukuh pada pendiriannya, shg ‘cuman’ dilawan dng jurus kredit murah proyek pns dng uangmuka 375rb & pemotongan harga 1jt HSX125 jg tindakan2 lain senada.
    langkah ini secara instan manjur tp efeknya pembeli honda akhirnya ‘manja’ beli hondanya nunggu kalo ada program, bahkan sampai skr msh ada masalah yg blm terselesaikan (tuntas).
    kondisi serupa terjadi skr ini bedanya AHM dah lebih terbuka dng mengeluarkan produk2 yg ‘fresh’ meski beberapa dng desain yg ‘nyleneh’. bedanya lagi kapasitas produksi yamaha dah siap bahkan andai pasar mampu menyerap dia siap dng produksi 3jt unit /thn.

  59. bener juga memang honda baru ber jibaku melaean yamaha ,, sek sek tapi kalau di liat liat , dari dua kubu sama sama menghasilkan dalam arti mereka punya senjata masing masing ,,bener nggak bro semua ,,, kalau begitu kita serahkan pada konsumen saja n hasil dari semua penjualan gitu loh

  60. @fik, setuju sama pendapatnya arif #1, plus mungkin hasil balap di MotoGP ada pengaruhnya kali yach, secara ngak langsung itu kan iklan juga. Plus motor Honda (selain yang bebek yach) akhir2 ini kayak Alien semua bentuknya.

  61. Artikel paling ramai dan paling keren di Blog ini 😀
    tetap setia menyimak…! Ayooo YMKI pecundangi lagi AHM
    kompor mledUggG 😀

  62. faktor yang tidak bisa ditawar adalah semakin membaiknya brand image yamaha di mata para konsumen berkat beragam inovasi yang dilakukan sejak 2006(walau sekarang rehat sebentar he,he,he!). brand image dalam dunia perdagangan mungkin merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap penjualan produk. konsumen lebih merasa aman dan tertarik plus bangga membeli barang yang branded. selain itu kembali kembali merajanya yamaha di pentas balap moto gp plus peforma konsisten yamaha di sejumlah ajang balap lain(wsbk, mx1, motorprix dan indoprix dll) semakin melambungkan brand image yamaha. dan keunggulan di pentas balap inilah yang benar-benar dimanfaatin sama yamaha buat meraup banyak konsumen, dengan mencitrakan motor produksinya ialah motor pemenang sama seperti di pentas balap.

  63. @nick69…
    yg paling lebih disayangkan adalah komen2 yg hanya bisa menjelek2kan poduk lain…
    dibilang jadul , katrok , norak , dibohongi / korban iklan , buta , dan kata2 berkonotasi negatif dan yg tidak ada ukurannya samasekali.
    TAPI…..giliran dimintai pendapatnya / urun rembug / brainstorming / saran yg membangun dan bertujuan baik malah ndak punya..no idea…..
    mudah2-an cepet nyadar..bahwa pendapat lebih banyak orang masih lebih baik dari pada cuma segelintir orang…
    hehehehehehe….kirain masih capek..awak poklek-poklek pho..?

    @anton & moncer…
    ahm baru sadar setelah selisih market share-nya sudah dekat…
    seandainya segera setelah ymki merilis klan MIO thn 2003 dan contra strategy trhdap MX thn 2005 dan Vixion thn 2007 ceritanya bakalan lain…
    Pertanyaannya adalah kenapa ahm malah berkutat dgn bebek New Revo dan Blade padahal Revo 100cc masih bagus penjualannya ?
    Kenapa bukan malah memperbaiki segment skutik atau sport-nya ..?
    dan yg paling ironis yg paling sering sy tulis adalah kenapa in-konsistensi di dunia balap antar merek tanah air..? cmiiw….

  64. namanya market share, akan dibagi rata oleh pemain2 seiring jalannya waktu, produsen akan belomba2 membangun image/brand melalui iklannya,konsistensi mengeluarkan new product,active melakukan program CSR,membangun community, mahal menjadi murah jika bisa mengkomunikasikannya dengan baik dan bisa menonjolkan value dari sebuah produk,so disini yang bermain adalah marketing stratetignya…..kalo saya masih suka honda lebih irit…..

  65. @ moonraker 57

    wuih keliling sumbagsel naik motor apa mobil bro? sendiri or rombongan. terus terang sejak beberapa tahun yang lalu ane pengen ke palembang dari bengkulu naek motor via linggau tapi masih mikir masalah keamanan. jalur sumatera kan relatif rawan kejahatan. bisa tolong share pengalamannya.

  66. disinilah klo marketik ymki keliatan jago-jago! saya akui marketing ymki amat lihai mengkomunikasikan produk ke konsumen. nah bagi ahm untuk menyaingi ymki tampaknya tidak cukup hanya melakukan inovasi pada line up produk tetapi perlu juga perombakan di sisi marketing! sebab sejauh yang saya lihat produk ahm gak jelek-jelek amat di bandingkan dengan ymki! dan begitu pula ymki produknya gak bagus-bagus amat dibandingkan dengan ahm! nah tinggal kita lihat saja dua atpm ini akan adu jontos penentuan di pasar motor sport, pasar motor sport merupakan pasar yang sedang berkembang akibat mulai tingginya animo masyarakat pada motor sport. sedangkan pasar bebek cenderung stagnan bahkan bisa dibilang akan mengalami kemunduran. sedangkan untuk pasar skutik yang sekarang lagi booming merupakan sapi perah bagi para atpm. ahm sudah leading di bebek sementara ymki menguntit gak jauh-jauh amat, leadingnya ahm di pasar bebek ini sebetulnya bisa dibilang “maaf” agak sis-sia soale pasar sudah jenuh, tidak mungkin berkembang. sebaliknya ymki sudah leading di skutik sementara ahm menguntit gak jauh-jauh amat, leadingnya ymki di pasar skutik amat mengatrol penjualannya. bila dilihat sekarang ymki sudah leading sementara di pasar motor sport.nah inilah sebenarnya yang membuat ymki leading total penjualannya di bulan juli 2009. nah di 2010 nanti bisa diprediksi bakal ada perang gelontoron motor sport antara ymki dan ahm untuk memperebutkan siapa penguasa sejati pasar motor sport.

  67. singkat aja….
    krn faktor harga dan promosi,
    image sparepart dan harga purna jual honda udah luntur sama era dan kondisi saat ini

  68. Walaupun Ada yg bilang produk YMKI Katro/jadul tapi dengan produk yg ada YMKI bisa menyaingi honda dlm penjualan, apalagi jika ditingkatkan lagi dalam segi desain/technologinya pasti lebih jauh lagi meninggalkan honda.dipecundangi karena kualitas motor dan harga murah dibanding honda menurut saya selain faktor Rossi juga tentunya dan rata2 motor YMKI lebih cepat dibanding Honda, tapi bagaimana ya klo gak ada rossi?

  69. sependapat sama mas XB sisi marketing dan promotion dr YMKI tu top markotop,,,
    inovasi bukan hanya dari segi produk,,,tapi juga promosi dan strategi,,,,
    emang si AHM juga udah gencar banget promosi,,tapi menrut ane,,promosi mereka masih terlalu bnyak yg eksklusif,,kayak city tour,,ato apalah,,kbnyakan hanya berkutat pada user honda,,
    liat YMKI yg jor2an,,,wktu ramadhan berapa puluh event coba,,,Honda????,,,,mgkin temen2 yg di kota pada g tau,,kegiatan YMKI di daerah cukup gencar,,,kayak ngadaen konser2 musik,,promosi mio anyar kemaren,,
    mngkin emang ga pngruh lgsg sama penjualan,,,tapi citra pabrikan di mata msyarakat cukup bisa untuk ndongkrak imej masyarakat,,
    marketing says bahwa yang paling sulit adalah branding,,,,ato nancepin nama besar merk di mata masyarakat,,,

  70. heboh..eh mas,besok2 bikin artikel=apa sih kurangnya pabrikan sini*ahm,ymki,kmi,imni,mmi,kanzen dll*biar para petinggi pabrikan itu benar2 melek apa yg dimau konsumen.gimana bos?

  71. kalo bicara masalah harga, mungkin saat ini bener harga yamaha masih masuk akal tapi coba lihat beberapa tahun yang akan datang kira-kira masih masuk akal gak ya. contoh aja deh harga mx or vixy sekarang dengan waktu pertama keluar bedanya udah berapa juta? tapi okelah aku masih bilang harganya masuk akal tapi coba lihat mio, cuma ganti strippring koq harga naik? masuk akal? bandingkan dengan beat yang selisih harga beda dikit tapi fiturnya boleh kubilang jauh cuy. masuk akalkah harga mio? kelakuan ymki sekarang tuh bisa dibilang mirip2 ahm dan kelakuan ahm sekarang justru udah ngikutin ymki yang mulai aktif segala macem. ane setuju sama komen xb no 46 “sorry 2 say, peaknya udah lewat dan vixion (2007) merupakan hal baru yg terakhir dari ymki..
    skrg tinggal ganti/refresh produk yg udah ada..
    dan judulnya sama aja dengan ahm yg ganti/refresh..”

  72. gw pemakai produk AHM (bukan honda loch.. klo honda di luar sono bagus2..) dulu di bilangin sama orang2 katanya lebih bagus honda alasannya : Irit, Mesin halus, perawatan mudah harga jual tinggi dr pada Yamaha katanya boros, mesin berisik harga jual murah… tapi semua itu tidak terbutkti tuh.. yach terima aja gw dulu kena rayuan seperti itu..
    Setelah 4 tahun pake AHM yg gw rasain motor serasa ngebut padahal jalan di tempat.. lemooot kayak pentium II.. yg bikin kesel Body nya itu bunyi di mana2 dan bahannya tipis mudah patah.. yang bikin gw malu body sayap motor brodol jatuh beterbangan kejadiannya 3 minggu yg lalu masih terbayang2…

  73. ralat lagi megi di tempatku udah tembus angka 22 lebih cash itu teh gila gak tuh…
    keponakan kemarin baru ngambil bulan juni 2009

  74. maksude 22 jeti lebih… tigi picek udah melewati angka 25 jeti hemmmm… jadi naikin prestige ga kira2 naik motor H***A kan mongtor mahal tuh..

  75. @All
    kalo Korelasinya denganprestasi Valentino di MotoGP gimana…
    kalo nggak salah tahun 2006 waktu vale sering jatoh..agak megap2 juga prestasi jualan YMKI di marih . .. nah Tahun ini di pentas balapan Motor2 yamaha cukup kenceng juga baik di MotoGP, WSB, WSS sampai di Indoprik/motoprix . . .
    Soale 12 bulan belakangan ini YMKI sempet ngegarap kedua rider Fiat…Vale di Iklan2 Jupiter dan Lorenzo di pelunzura Vega ZR

    korelasi balap terhadap brad image gimana ?

    @Lekjie

    siap kerjakan he he he eh 😀

  76. kalo menurut saya sihitu karena AHM hanya pake mesin tua,,orang indonesia sudah pada pinter,,gaj mau ketipu sama bodi baru,,,kayak tiger,,megapro,,apalagi supra yang mesinx jadul bgt,,,bhkn revo 110 dan blade yg mesinnya sama kn juga hanya pembesaran isi silinder dan ganti desain blok mesin,,,

    liat donk yamaha udah canggih abis,,,V-ixion tampan, hi-yech,..
    jupi mx keren mesin ok
    vega zr baru mesin 115 trus model lebih beerani,,,

    kalo fz 16 alias byson yang keren maknyus itu..bakal jadi masuk AHM bakal mati…

    AHM yg kreatif dong,,bawa teknologi baru dan desain berani,,,jangan cuma ganti baju,,,AHM parah..

  77. AHM produknya dilirik masyarakat karena brand image’a
    YMKI produknya dilirik masyarakat karena inovasi’a yang mengena di hati masyarakat.
    memang AHM sekarang udah berinovasi “tapi” bukan’a mengena malah kea nyeleneh tampilan’a
    ex: CS one

    peace!!!! ^_^v

  78. Kalo mau menilik lebih jauh, titik awal kebangkitan yamaha itu ya Jupiter generasi pertama, yang diplot untuk menambah segmen bebek 4T selain crypton. dengan “model” yang pada saat itu termasuk fresh ditambah vega yang body-nya jelas2 turunan F1ZR, konsumen udah mulai melirik. tengah tahun 2000-an, muncul mio yang dihususkan untuk perempuan dengan segala kepraktisan dan desain motor disesuaikan pada demografi di Indonesia, hasilnya..moncer ampe sekarang. Jupiter terus diupdate meskipun hanya facelift aja, dan dengan mbrojolnya MX dan Vixion, seolah brand yamaha sarat akan fitur teknologi, apalagi dengan garansi n embel2 teknologi lainnya, rival Honda hanya pake “Irit”.

    Rasanya percuma kalo pake embel2 irit, lha wong masyarakat Indonesia pada pinter semua, namanya CC sama ya enggak jauh beda, tergantung riding behavior aja.

    Ya, saya juga sudah menbaca tulisan di kompas sesuai postingan sy sebelumnya, jika tend ini tetap dijaga, jangan heran kalo untuk pertama kali dalam sejarah permotoran di Indonesia, Honda akan tersaingi. Dampaknya???hmm..ibarat bola salju, jika hal ini dipublikasikan (dan pastinya) oleh YMKI di berbagai media (meskipun baru pertama kali), ditunjang walau secara enggak langsung Rossi dan Lorenzo+ Yamaha berakhir manis akhir tahun..PLUUSSS..info keluarnya Byson, Fazer, Jupiter, YZF-R15…Yamaha akan diuntungkan. Lihat saja hasil respon pasar terhadap launching produk baru nanti…

    Sudah saatnya Honda membuka mata terhadap produknya, jujur, harga dengan barang enggak sebanding, alias terlalu mahal. Honda identik dengan awet, tetapi itu dulu saat hampir selruh komponen masih produksi Jepang, sekarang…kita juga tau kualitas plastiknya gampang jebol (pengalaman pribadi).

    Sekali lagi, saya rasa Honda akan berusaha sekuat tenaga untuk tetap menjadi the massive selling di Indonesia, persaingan bukan hanya besar2an angka penjualan per bulan, tapi udah hitungan siapa the best seller in the end of this year.

    Setiap ada ulasan H vs Y, pasti comment-nya pada panjang panjang yah…seruu

  79. naah, baru juga ngomongin body pas gw scroll comment ada beo 87. Харченко yang comment body..

    Jadi keinget dlu pas masih kul di Surabaya, Sepupu gw pake Astrea Impressa ngebonceng adek gw skul…pas turun, body samping kanan kecantol sepatu langsung “PRAAAKK”…sumpah, itu pas pulang sekolah anak2 muhammadiyah pucang, tengsin banget liat body kanan motor terhambur ke jalan, hanya kesisa patahan kecil body di deket tangki..

    Just share aj, bukan men-judgement suatu produk

  80. dengan tidak bermaksud mengdiskreditkan satu merek, memang benar salah satu kelmahan mongtor H***A terletak pada bodynya. mudah bergetar, keluar bunyi, baut body cepet rusak atau longgar, mudah pecah/patah. bahkan bagian atas stop lamp sering terlihat pecah, atau kepala juga sering liat yang pada di lem.
    maaf sekali lagi maaf, aku bukan fans boy, aku ngomong gini soale aku juga pengguna H***A. bukan berarti di poyok dilebok (di hina tapi di makan), bukan aku cuma mau menunjukkan fakta salah satu kekurangan dari produk ini. mdh2n pihak AHM bisa memperbaiki salah satu kekurangan di sektor body ini.CMIIW
    maaf kalo tulisanku ini terlihat berlebihan boleh kok kang taufik kalo mau di delete jg….
    tapi aku juga pengguna mongtor ini jd pingin ada perbaikan begitu….
    mohon bagi yang pernah atau pengguna motor ini tolong koreksi seandainya apa yang aku tulis ini salah, benar tidak kekurangan pada sektor body di mongtor ini…
    sekali lagi maaf….

  81. pengalaman pribadi gw nih.
    2007 lagi ada project di jatim, terdamparlah di sidoarjo, cari makan jam 7 malem, eh ada panggung di GOR sda, pas dideketin eeeh ada kerispatih,, gratis…. mantab… secara gw fans bgt sm band ini.
    gw langsung merasa berhutang budi sm ymki,
    jadi beli motor yamaha deh stlh itu (kalo pilih yg laen jadi merasa bersalah he he).
    sblmnya, belom pernah punya yamaha.

  82. Wah…. jadi seru neeeh, komentnya bagus2. GW sendiri pake Produk AHM pertama kali jaman GL100 keluaran 79 (operasi tahun 90an)- punya bokap.
    Setelah itu loncat ke Force1, RX-King 2000 lanjut ke F1ZR, nyambung ke shogun 125R, VegaR, trus FU125, karena buat harian boros, gw ambil VegaZR. Bener kata broders, kalo body dari AHM kurang bagus, karena selain GL100, semuanya ok, walau jatuh paling yang patah dudukan sepion doank.Kecuali nabrak dan benturan keras, so pasti hancir bodynya, shogunku nabrak pantat suprafit, sock kiri depan melengking, tapi body lainnya utuh.dari sego body… AHM ketinggalan satu point.
    Slogan irit – itu tergantung riding behaviornya, contoh, gw pake vega R ke lampung dari jakarta. karena bisa kenceng, gigi 3 bisa tembus 90 lebih dan getaran masih wajar dibanding suprafit di gigi4 lari 80 dah kayak mau rontok, gw da coba punya ipar. Karena dia coba vega gw kok larinya enteng. nah vega gw tadi karena lari di gg3 90/h ya lumayan bensinnya, tapi, kenceng kan brooo. di pake pelan juga bisa. jadi fenomena irit bukan jadi acuan. terus terang gw pake vegazr dah 7 bulan. 60km / hari untuk rutinitas jalur rambutan kebayoran lama gw isi 10 rebu perak untuk 2 hari. speed average 80-90. tinggal di ukur sendiri irit pa ga. masalah harga… ini gw kurang tahu persis setiap varian nya, tapi setelah baca koment broders2 ternyata memang AHM terlalu mahal, dan cenderung ke motor babe2. kecuali matic. untuk teknologi dan inovasi…. semua orang tahu, AHM ninggalin model mesin kels c begitu keluarin revo dan teman2 nya. YMKI dah jauh di depan. apalagi kelas sport …. YMKI makin jauh kedepan…. belum lagi brand image, YMKI pinter banget menanamkan Brand image ke masyarakat luas. pokoke, slogan “yang lain ketinggalan” itu klop ditambah “YAMAHA semakin didepan” wah… makin kenceng ajah niiih.
    Dan secara umum, marketing division YMKI lebih bagus mengelola segment-segment pasar yang mau di tuju. Semoga pihak R & D YMKI juga tidak menutup mata dengan semua keluhan dan keinginan masyarakat INdonesia pemakai dan pengemar YAMAHA. Gw usul buat YMKI adakan YAMAHA reward atas loyalitas konsumen kepada merek YAHAMA. seperti jaman TOYOTA kijang dulu.

  83. sekali lagi brand image amat berpengaruh. bagi ymki brand image yang sudah membaik bisa digunakan untuk berleha-leha berhenti melakukan inovasi, masak ya inovasi terus bisa tekor bisa-bisa. sedangkan buat ahm yang brand image tersaingi harus mulai banting tulang berinovasi agar bisa leading lagi. saya berharap agar persaingan atpm di indonesia akan semakin ketat, bukan cuma didominasi ahm ama ymki tapi klo bisa yang lain ngikutin juga supaya konsumen di indonesia disuguhi produk2 inovatif

  84. ediaaan …. threat mas taufik kali ini luar biasa semuanya seakan mengeluarkan ‘ilmu’nya komentarnya panjang2 kayak sepur.
    selamat mas taufik!

  85. @ 100. anton_ks
    yang patut diacungin jempol, komennya tidak ada unsur sara, hanya menyuarakan opini pribadi demi kebaikan bersama..
    Mudah2an ada orang YMKI ato AHM, syukur2 bagian R&D serta Marketing

  86. YMKI punya motor sport V-ixuon dengan design yang oke dan terjangkau.
    AHM punya motor sport CBR150 dengan design yang kurang oke dan ga ada pantes-pantesnya alias kerempeng (krempeng mana keren) dan harganya tidak berbanding lurus dengan tampilannya.
    Hati-hati buat AHM, apalagi kalau YMKI ngeluarin Yamaha R4nya dengan harga Rp.30jutaan bisa tewas semua kelas sport AHM.Motor sport AHM designnya jadul bikin monoshock aja ga bisa. Orangkan beli cewe juga liat body baru tes mesinnya.

  87. @ dedi…..
    kalo aku gak salah CBR bukan punya AHM ya kan masuknya lewat IU…CMIIW
    iya suasana lebarannya masih kental banget mneski head 2 head antara 2 ATPM tapi komennya bikin adem.
    jika melihat analisis penjualan diatas dari beberapa tahun kebelakang, ada kesempatan YMKI untuk jauh meninggalkan AHM. dengn catatan AHM tidak tanggap dengan fenomena penjulan ini.
    dan YMKI bisa mempertahankan bahkan meningkatkan penjualannya. yah apa lagi jurusnya kalo bukan byson seger di lepas di pasaran (ngarep mode:on)

  88. Kalau nggak salah …Honda (sepeda motor) Indonesia menerapkan teknologi Kaizen (perubahan gradual yang sedikit-sedikit). Dugaan saya :
    1.Honda membidik pasar dengan pola Pareto (fokus kepada 20% pasar
    yang menghasilkan 80% market).
    2.Mengakomodir rata2 sebaran penduduk Indonesia sehingga semua
    orang bisa “ngebengkel” motor Honda yang berteknologi 70-an.
    3.Daya beli rata-rata penduduk indonesia.
    4.Kebiasaan rata2 orang Indonesia membawa beban lebih (Honda sulit monoschock)
    Kasus:lihat bebek absolut revo. Versi jari-jari kelihatan makin banyak bersliweran (terjangkau,muat beban lebih,irit), namun mesin generasi baru (tidak terasa karena nggak digembar-gemborkan).
    Dampaknya : Honda Indonesia kesannya itu-itu aja (kesannya seperti sudah berada di “confort zone”). Kadang-kadang berfikir saya tidak dibikin ikut kemajuan teknologi. Honda Indonesia harus lebih agresif, konsumen indonesia berubah menjadi haus teknologi dan perubahan.

    Yamaha : berubah dari 2 tak dan sekarang melibas “jagoan” 4 tak. Teknologi Yamaha & Honda di Jepang pasti beda tipis. Tapi untuk di Indonesia, Yamaha membuktikan keunggulannya dalam hal meraih pasar. Tahun 70-80 an Yamaha jagonya (versi LS,L2G,LS3, RS,Rx-K dan akhirya menguasai dengan RX-King-nya). Mutasinya tergolong cepat. Sekarang menjadi vixion (dengan harga dan teknologi yang memuaskan). Kayaknya mas Taufik sampai generasi LS3 belum lahir deh….he..he..) Generasi underbone F1Z bermutasi menjadi MX. Yamaha pandai memanfaatkan populasi pasar anak muda dengan menggelar balapan (Honda mah belakangan). Promosi iklan dengan imej mendunia (Rossi Vs Komeng) dengan frekuensi yang sering. Produk Yamaha yang modifable (after market part yang melimpah). Event modif contest yang berkesinambungan, membuat Bussan Auto Finance (BAF) yang modalnya langsung dari Jepang untuk mempermudah “kredit” Yamaha. Semua itu menurut saya yang menjadikan Yamaha unggul. Saya pernah berkesempatan berkunjung ke pabrik Yamaha di Bekasi, suasananya terlihat disiplin Jepang banget (anehnya para pekerja yang orang Indonesia pun kelihatan didiplin banget deh..:). Terinformasi bahwa semua komponennya meskipun dibuat di Indonesia tapi vendor2nya dibawa dari Jepang (jadi cuma pindah tempat aja ke Nusantara). Itu cerminan ambisi Yamaha untuk menguasai Asia Tenggara. Demikian….Balik lagi permisi..mau nyuci dulu honda astrea ah….hio…hi…..hi……
    (mari kita berdo’a untuk para mudiker yang pulang ke Rahmatullah untuk “jihad” silaturahmi, semoga diterima di sis-Nya). Amin….

  89. Kalo saya melihat dari sudut pandang AHM, sebetulnya dia cukup kelimpungan juga menghadapi sepak terjang YMKI. Berdasarkan data AISI, YMKI ini dari tahun-ketahun selalu ” naik kelas” , dari ranking kesekian ..sampe sekarang sementara hasil ujian semester 1 Tahun Akademik 2009-2010 meraih juara kelas sementara. Belum sampe cum laude siy. Segala upaya pasti akan dilakukan oleh AHM untuk menjaga prestasinya agar dia tidak “tinggal kelas”, ya minimal IPKnya masih 3,0 lah.

    Usaha AHM dalam mempertahankan prestasinya, ditunjukkan dengan rajin membuat motor2 baru dalam beberapa segment, walaupun pada akhirnya dengan banyaknya jenis motor yang diproduksi ini, menciptakan cost marketing yang kalo digarap semuanya bakal sangat besar. Berikutnya, AHM telah dipersiapkan dengan kapasitas pabrik yang lumayan besar untuk menjaga prestasinya dia itu. Kasarnya, dgn kapasitas 300rb lbh / bulannya, cukup membuat dia “diatas angin”, terlepas dari habis atau tidaknya jualan yg segitu banyaknya. ATPM manapun sampai saat ini mungkin belum ada yang bisa menyamai line produksinya AHM.

    Selanjutnya, AHM ini memiliki banyak massa konsumen yang loyal dan fanatik. Terlepas dari stigma miring tentang mahalnya harga produk AHM, nyata2nya toh tetap aja masih banyak konsumen yang membeli. Hebat ga ? megapro yang bandrol 20 juta tapi orang masih mau beli ? hehehehehe…

    mengenai fenomena harga mahal produk AHM, kalo saya menganalisa, AHM akan menggeserkan pencitraaan dirinya dari YMKI dengan membuat jarak . AHM sangat sadar bahwa akan sangat sulit dan perlu kerja keras dalam menaklukkan YMKI saat ini, maka dari itu dia perlu merubah citranya menjadikan merek motor honda yang prestise, mahal, dan berkelas. Sedangkan YMKI dibuatkan citra, motor yang murah, dan kurang prestisenya. Sepertinya akan digeser kearah situ. Sok tau banget gue ye ? hehehhehehehe…

    Nah nantinya akan terjadi begini, saya kasih perumpamaan dua ATPM sebagai swalayan yaitu matahari dan ramayana. Saya mau beli sempak yang merek GT MEN, pilihan tempat membeli ada 2, mau ke matahari atau ramayana ? Tapi saya malah memilih beli nya di matahari saja. Kenapa ? Matahari imej yg sdh terbentuk cukup prestise dan berkelas. Sedangkan ramayana imejnya kurang prestise dan cenderung kurang classy. Padahal kan barang yang mau dibeli sama ? diramayana GT MEN juga dijual kan ?

    dianalogikan, saya mau beli motor matik, tapi mau di yamaha atau honda ? AHM ingin menambahkan brand image baru terhadap motor2nya. Monggo dilihat2 dan dibanding2kan iklan televisi antara AHM dan YMKI. Yang AHM dikesankan classy , vario dianalogikan fashion eropa, vario cbs dianalogikan untuk orang2 yang sukses, middle-up , dan tambah penekanan dengan kata2 ” yang lain jadul ah !” dengan bahasa indonesia yang ga becus ! Kalo orang jawa bilang “CEDAL”.

  90. Gue amati iklan BeAt di TV… ada penampakan motor yg disebut “ YANG LAIN JADUL AHHH ! “ oleh si cedal meskipun dah di samarkan tetap aja ketahuan bahwa itu motor dari competitor.. Hrs nya AHM dah jaman Yohannes Loman yg smart di Toyota, jgn pakai iklan model gitu laagh..dulu dah pernah dilakukan jaman Yohannes Hermawan yaitu Yamaha V75 (yg meskipun disamarkan msh terlihat sosok V-75) … ngebul berlebihan dari knalpotnya … ya pantes wong masih 2 tak… dibanding 4 tak… pembodohan kan ???..Coba lihat Honda Tena ato Honda NSR-150 … apa ga ngebul juga krn ada oli samping ???…Contoh bus kota yg merk Mercy yg sering disebut penyebab polusi terbesar ibukota apa ya salah mesinnya pdhl Mercedes lhoh , yg salah ya bagian maintenance nya …Kayaknya AHM hrs belajar cara promosi yg baik.. sbg jagoan / raja motor puluhan tahun jgn pakai promosi yg murahan.. Di Amrik pun ada pelakunya klo gak salah saingan WD-40 yg klas bawah, …en toch WD-40 sbg pangsa terbesar tdk pake cara yg sama untuk menggapai sukses… AHM cari cara yg lebih elegant dong…jgn membabi buta krn gak bisa ngejar Mio …Bikin iklan BeAT pakai pakaian / dialog seluruh provinsi yg ada di INA (dulu 27 provinsi skrg berapa ya … ga ngikuti)… meskipun bukan idée ori tapi setidaknya re fresh drpd usulan niru yg sdg dipakai competitor meskipun dg berbagai polesan…..peace..

  91. Bujug pada panjang2 neh komennya. Sono mending bikin blog sendiri2 aja gih hahaha..
    Mending gini daripada komen pendek2 tapi isinya cuma makian hehe..
    Terlepas dari apapun mereknya, saat ini produsen di era modern tidak lagi semata2 mengejar kepuasan pelanggan saja tapi juga kesetiaan/loyalitas pelanggan. Caranya dgn membangun komunikasi dan ikatan emosional sehingga pelanggan merasa jadi bagian dari brand tsb. Contohnya ya kyk mudik bareng, nonton bareng, bazaar/konser/tablig akbar, jumpa fans (pembalap, miss universe) dsb

  92. @ Moncer’..
    jumpa fans (pembalap, miss universe)…
    wadoh ada miss universe segala, tapi bro klo ada pembalapnya pasti harus ada UG nya… mau… mau… mau….
    OOT…..

  93. Saatnya iklan

    -Frustasi dgn wajah anda?
    -Apakah anda sering ditolak cewek?
    -merasa kurang pede bergaul?
    -atau wajah anda kurang hoki?
    Jangan khawatir..
    Solusi tepat bagi orang milenia..,
    Minumlah
    ”GANTENGIN JRG” telah terbukti khasiatnya..
    Ampuh merubah wajah sial anda…

    (wkwkwk…

  94. @*HM=CHM
    Gimana kalau ‘motor Matahari’ itu ada di Dealer Kecil yang sumpek. Sedangkan ‘motor Ramayana’ ada di Dealer yang megah? Tebak konsumen pilih yang mana hayo?
    @4all
    Kesimpulannya, JUALAN itu kan gimana pintar2nya ngemas barang dan promosiinnya. Makanya Y punya 3P (Product, Price, Promotion). Ini yang digarap secara cerdas. Product berkualitas, harga pas, tapi promosi gak cerdas… ya gak laku (kasus Blade)! Produk pas-pasan, harga pas, tapi promosi cerdas… dagangan laku (kasus Vega ZR). Product dan harga pas, lalu didukung promosi cerdas, ini yang banyak terjadi pada motor Y. Product dan harga kurang pas, serta promosi kurang cerdas, ini yang banyak terjadi pada motor H.

  95. Mas Taufik & all,
    “Minal Aidzin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin”

    Liburan kemarin ta’ usahain gak nengok2 blog…
    Ternyata bisa juga tapi akhirnya gatal juga. Janjinya senin depan baru mau nengok, baru hari sabtu ini udah gak tahan…hehehehehe…

    YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN!!!

  96. good analysis…..
    salud sama bro2 semua komennya berbobot terutama bro nick69 sangat membantu bro bisa di coba….
    ckckckckckck……..

  97. Hmmm…topiknya rada “provokatif” Mas Taufik…hahahahaha…
    Apalagi dengan judul agak nakal: “dipecundangi”… 🙂
    Tapi gw suka dengan caranya Mas Taufik.
    Beberkan fakta dan kondisi sekarang, analisanya biar para komentator yang beraksi…

    Tanggapan rekan-rekan…wuihh..hebat-hebat…euy..
    Gw jd gak PD mo komen kayak gimana… 😉
    Gw analisa dari sudut yang beda dikit aja deh…

    Dari pengalaman gw & mengingat kembali masa-masa dulu saat cuman Honda yang bermain di motor 4T, sebenarnya kebesaran Honda di Indonesia dulu karena “gak ada saingan” !
    Ibaratnya saat dulu apple to orange tapi sekarang sudah apple to apple.
    Dulu walaupun sama-sama buah (sepeda motor) tapi yang satu apel (4T) yang lainnya jeruk (2T).
    Karakter (selera) konsumen jelas beda.

    Artinya apa?
    Karakter 4T yang kaya torsi di putaran rendah, gak berasap, knalpot gak berisik, lebih irit, komponen mesin lebih awet secara sistem pelumasan lebih bagus, merupakan titik-titik keunggulan AHM sebagai pemain lama di 4T. Imej di benak konsumen, Honda irit dan tahan lama.
    Sebaliknya karakter 2T yang berasap, knalpot berisik dan terutama lebih boros (baik bbm maupun butuh oli samping) merupakan handicap yang harus dihilangkan oleh YMKI (dan juga Suzuki Indomobil) untuk menghapus imej negatif di benak konsumen.

    Dari titik start yang sudah sangat pincang ini saja jelas menurut gw, salah satu buah keberhasilan YMKI mengalahkan (untuk sementara) AHM adalah hasil kerja keras tim marketing dan promosinya menggarap pasar dan membentuk mindset konsumen.

    Mengenai inovasi produk.
    Yamaha dari 2T ke 4T jelas harus sangat berinovasi dari sisi mesinnya. Cerdiknya YMKI gak mengikuti jejak AHM dengan jargon irit, tapi lebih ke mesin kencang dan bertenaga. Bersinergi dengan tim sales & promotionnya, pasar yang dibidik adalah generasi muda yang tiap tahun makin tumbuh.
    Sedangkan AHM karena terlalu lama gak ada saingan jadi “malas” berinovasi. Untungnya tahun-tahun belakangan ini mulai menggeliat. Tinggal momentumnya bakal dapat apa nggak…

    Mengenai kualitas produk.
    Produk Honda dari jaman kuda gigit besi udah gampang oblak bodinya, mesin cepat berisik. Cuman karena yang lain lebih berisik knalpotnya khas 2T, kekurangan itu gak diperhatikan.
    Produk Yamaha dari dulu udah kokoh bodi & sasisnya, juga terkenal dengan kelincahannya. Saat pindah ke 4T, karakter tsb tetap menonjol.
    Makin jelaslah kekurangan Honda dari sisi bodi.
    Cuman menurut gw, dalam soal mendisain keseimbangan torsi dan power sampai sekarang masih bagusan Honda daripada Yamaha.
    Sangat terasa dari respon mesin terhadap bukaan throttle. Sayangnya bagi pengendara agresif khas anak muda, keunggulan tsb terasa sebagai “lemot”. Bisa begitu karena kapasitas mesinnya kecil. Seandainya kapasitas besar dan karakternya tetap sama, konsumen pasti lebih senang pake motor Honda.

    Kesimpulan gw, YMKI sukses karena bekerja lebih keras dan cerdik daripada saingannya.
    AHM bisa terlampaui karena “malas” memperbaiki kekurangannya. Bayangin aja, benerin bodi yang mudah oblak sejak puluhan tahun lalu saja gak niat amat!!!
    Memang belakangan AHM mulai berbenah. Apakah terlambat atau belum sampai momentumnya saja…waktu yang akan membuktikan.
    Kondisi seperti sekarang bisa berubah dengan cepat.

    Yang jelas gw masih heran kok bisa tahun ini YMKI bisa menyalib pencapaian AHM ya? Apa peta konsumen di tanah air sudah demikian berubahnya?

  98. hihihii…dari awal komen sampe terakhir saya baca…jadi banyak manggutnya 😀 … ada yang sales, ada yang curhat ada juga yang maki-maki dan ada juga yang ngeluarin sejarah masa mudanya (@hampura) …top lah Mas Taufik…blognya jadi pencerahan penikmat roda dua. Emang rada susah sih kalo ngejaga fanatik salah satu atm, tapi di blog ini rasanya gak ada yang gontok-gontokkan -walaupun ada, tapi kecil….

    Terakhir…saya agak nyengir juga pass H***A mengeluarkan iklan motor beat yang secara langsung menyindir mio. Walapun tuh motor diblurin hehehehe…dari situ aja saya dah nilai -gak perlu data-data rahasia deh- H***A emang udah kebakar jenggot ama pesaingnya…pissss

  99. @masdiisya

    yah mas, memang saya ngalamin make (he..he…jadul banget saya yah…:). SMP saya udah ke pangandaran pake motor Jawa (2 tak 350 CC)..makin jadul aja…. hampura ah ama bro-bro yang masih muda seger buger… maklum 2wheel lover, susah mau dihilangkan… Pisss (Peace !!!)

  100. Smoga para pembesar AHM & YMKI baca ini… apa seh yg dimaui oleh masyarakat pengguna kendaraan roda2 di tanah air…
    Sekarang pilihan sudah semakin banyak… selera tak bisa dipaksakan dan brand image sudah bukan jaminan lagi…

    Btw, OOT dikit… untuk saat ini Hidup Bajaj Pulsar!!!
    Karena Honda bukan AHM, dan Yamaha bukan YMKI…

  101. @ 118. ben piss
    gw harus panggil bro ato babe nih??manteb banget ulasannya, lengkap dengan detail asal mula (pendahuluan), pokok permasalahan, analisis, terus kesimpulan…kayak skripsi aja…wkwkwk

    Soal Iklan Beat, yang mana ya???rasanya sering mentengin TV (metro,TvOne), kok ndak ada yah?

    Lanjut…lanjut, tambah lama opininya bisa dibikinin buku nih

  102. @122. cuxx,
    Panggil bro aja, Bro…
    Gw masih muda kok, belum juga kepala 3.
    Gw masih ingat saat SD dulu cuman Honda yang beda suara motornya. Suzuki & Yamaha berisik banget! Mengganggu banget kalo lewat depan rumah.
    Maklumlah, besar di lingkungan lorong. Depan rumah langsung jalan kecil. Tiap motor 2T lewat, suara dari tv udah gak kedengeran…hehehehehe…
    Mana asapnya bujubuneng…mambu ne… 🙂
    Mungkin itu salah satu alasan kenapa bokap gw fanatik banget dengan Honda.

    Gw aja yang “berkhianat” jadi penggemar Yamaha.
    Soalnya gw paling rewel kalo ada suara-suara sumbang dari mesin & bodi motor. Bikin gak nyaman saat berkendara.
    Apalagi kalo getaran mesin sangat terasa di footstep. Biji jadi geli, Bro! 🙂

    Ojo lali…
    YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN!!! 🙂

  103. Jaman doeloe,
    kl kpengen irit, kgk berisik, kgk berasap, kalem, murah, ya pilihlah honda..
    blom lagi kl mo dijual lg, wuih, pasti kgk rugi bo..
    Tp kl kpengen gagah-gagahan, kuenceng, oprek sana sini, pilihlah yamaha..
    jadi wajar, jaman doeloe, image honda kuat bgt..

    Jaman mulai berubah, mesin 4 tak udh universal, bkn honda aja yg pake 4 tak..
    Ini dia, mempertahankan lebih sulit drpd merebut tahta penjualan..
    Sbenarnya, honda n yamaha sama2 punya inovasi yg bagus, namun sektor mesin honda masih kurang.
    contoh yg udh jelas bgt, MX bener2 unggul, udh cc gede, harga terjangkau, yg pasti, mesinnya ok.
    Jaringan yamaha pun udh dimana2, sama kyk honda.
    Mereka berdua bagiku udh rata2 sama, soal desain, harga, purna jual, bengkel, aksesoris, dll,dll…
    cuma satu aja, honda harus berinovasi di sektor mesin, itu aja…

  104. deen… Saya pikir lokasi kumuh atau elit tdk akan jadi persoalan besar kalo brand image suatu produk sudah terbentuk. Kasi contoh brand mobil ferari, dibelahan bumi manapun mau di new york yg elite atau di ethiopia yg kumuh, tetap orang memandang bahwa itu mobil mahal dan classy, prestise tinggi. Seandainya AHM mampu mencitrakan diri seperti ferari, baik dijawa maupun dipapua konsumen akan mengatakan bahwa motor honda mahal dan berkelas, dan membuat bangga konsumen yg menggunakannya. Dan 1 lagi, kiblat honda dalam hal mode dan design untuk produk otomotifnya baik itu r4 atau r2, banyak berkiblat ke eropa.

  105. Gara2 komen2 yg menarik semua sampe2 bikin ane lupa makan malem nih (bayangin aja gara2 uda gag langganan speedy jd manteleng+in dari hape baca komen satu persatu butuh waktu 1,5 jam..)

    Bwt kang taufik salam kenal, br ini saya isi komen.. Gara2 kalo dulu ane baca blog+nya sampean g sampe selama ini.. Hehe.. ;D

  106. @mas taufik
    Menurut aye topik/artikel plus komen terbaik jatuh pada trit ini..
    Curahan hati begitu masuk n konek dgn topik yg dimaksud
    PERFECT !!!
    Kec. komen gw yg suka ngaco hehe
    5 thumbs up..!
    😀

  107. @ nick69
    justru komen kamu memancing komen lainnya…hehe
    @ 126. martin
    terlihat di STNK kok, mesti kodenya GL-xxx
    @ 123. ben piss
    ok bro..lam kenal. tapi jujur, ampe sekarangpun motor yang masih bikin jengkel ya Yamaha FIZ, masih banyak berkeliaran..kalo lampu merah pas dibelakangnya, ampun deh, ilang semua wangi parfum di badan, belum lagi bibi penjaga kantin di tempat aku kerja, kalo nyalain motor FIZ item legendarisnya, suara TONG..TONG..KROOONG..bedelan kopok, ga ada matinye…

  108. @ nick69..
    betul bro saya aja jadi malu mau komen… yang lain analisisnya bagus2 banget sangat tepat sasaran.
    kang maaf ya mungkinsaya yang paling cupu masalah R2, ngomongin mesin gak becus, ngomongin market strategi opo maning, managerial ataupun teknologi yang diterapin pada R2 pun gak ngertos sama sekali. bahkan dari blog ini lah saya mulai ngerti sedikit demi sedikit. jadi maaf ya kang kalo koment2 saya dari dulu gak ada yang berbobot, paling tidak ingin ikut berpartisisapi untuk meramaikan warung anda.
    makasih banget lho mas informasinya mudah dicerna walau oleh orang tercupu seperti saya pun masih bisa ngerti walau sedikit.
    wah dadi curhat isin aku… mangtur nuwun kang, hatur tangkyu…

  109. kondisi seperti sekarang dimana yamaha & honda mulai bersaing ketat bagus untuk konsumen tapi jika salah satunya memimpin maka dikhawatirkan akan terjadi dejavu. sekarang saja dimana yamaha belum menjadi market leader perilaku yamaha sudah seperti honda yang hanya main stripping tapi harga naik. makanya tidak sedikit orang bilang yamaha semakin honda sementara honda semakin yamaha. bukannya saya apatis atau skeptis dengan kedudukan yamaha yang sekarang (unggul) saya cuma khawatir pada akhirnya yamaha justru mengulangi kesalahan honda.

  110. udah…udah…
    gampang kok…
    kalo mau yang irit dengan desain manis dan fungsional, pilih honda aja.
    kalo mau bertenaga dan sporty, tinggal pilih yamaha…
    selera masing2 tho? ada yang suka sayuran tapi gak suka buah, adapula yang sebaliknya, adapula yang suka dua2nya semuanya kembali “tergantung rejeki dan selera” lagi khan?
    tinggal share aja apa yang udah dirasakan dan keluh2annya, gak perlu menjelek2an hasil buah pemikiran manusia lain karena diri sendiripun belum tentu bisa membuat motor (piss)
    gitu aja kok freeport? xixixi

  111. @Nick & All
    Yah . . .saya rasa juga begitu, dari sekian artikel saya . . .artikel ini yang benar2 saya sukai isi komentarnya

    mudah-mudahan benar-benar menjadi bahan masukan yang bermanfaat bagi semua

  112. @129. cuxx,
    Salam kenal juga Bro…
    Yup! Sepakat, motor 2T emang sangat nyebelin kalo asapnya tebal + suara knalpot berisik banget.
    Tapi kalo mau pecicilan emang paling enak naik motor 2T deh… 🙂

    Btw, kalo dibilang Yamaha makin ke-honda2-an & Honda makin ke-yamaha2-an seperti yang dibilang Bro Lordubay, saat ini gw belum ikut2an aminin…

    Soalnya baru tahun ini saja Yamaha BELUM ngeluarin produk barunya.
    Tapi geliatnya udah keliatan banget.
    Yang paling MUNGKIN bakal bertelor adalah New Jupiter Z (mesin dan tampilan totally new) dan Bison (disainnya betul2 baru, bukan cuman dijajaran Yamaha tapi untuk pasar tanah air).
    Kalo di segment skutik belum ada geliatnya ya..gw maklum banget.
    YIMM gak mungkin sanggup produksi motor baru langsung di 3 segment sekaligus. Kebetulan saja strategi YMKI untuk saat ini adalah memperbaiki jajaran bebeknya dan menambah kekuatan di jajaran motor sportnya.

    Kalo dari life cycle, Jupiter Z belum juga berumur 10 tahun udah dilakukan inovasi baru. New Vega R malah baru beberapa tahun udah diganti jadi ZR dengan mesin dan disain yang benar-benar berbeda.
    Kalo Honda mesin c100 nya dari era Honda Prima sampai Revo 100 gak diganti2! Bayangin, nyampe 20 tahun lho!

    Kalo Honda makin ke-yamaha2-an bolehlah kalo diliat dari sisi kecepatan penyegaran produknya. Juga dijajaran bebeknya udah ngekor Yamaha pake setang yang lebih menekuk… 😉

    Uppss, Yamaha juga udah mulai nerapin cara Honda dalam mendisain karakter tenaga & torsi untuk Vega ZR nya tuh…
    Udah lebih smooth kayak Supra. Sesuai dengan segmentasi pasarnya.
    Tapi gw yakin untuk New Jupiter Z yang bakal keluar, karakternya tetap garang khas Yamaha…

    Honda makin ke-yamaha2an dan Yamaha makin ke-honda2an menurut belum berlaku untuk masalah life cycle produk & gonta-ganti stripping. Baru sebatas poin2 yang gw sebutin di atas…IMHO

    YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN!!! 🙂

  113. perang ahm vs ymki sebenarnya baru dimulai, bagus lah !
    sebagai penikmat honda, biar honda semakin meningkatkan kualitas produknya dan terima kasih untuk ymki yang telah membangkitkan kepongahan dan keteledoran ahm.

    tapi untuk ymki mohon mangap, saya belum pernah beli produk motor yamaha kecuali alat musik, lain kali ya..kalo takdir menentukan

  114. @ben piss…saya cuman mau sedikit koreksi aja mengenai mesin yamaha, terutama mesinya vega ZR, apa yakin mesinnya bener2 design baru ? kalo anda yakin berarti anda termakan iklannya yamaha donk. setau saya tuh mesin vega zr masih basic dari mesin mio hanya perubahan pada bagian cylinder comp dan beberapa part lain, jadi bukan mesin baru, FYI saja untuk ngembangin mesin yang benar2 baru butuh biaya yang tidak sedikit, untuk mesin v-ixion juga merupakan pengembangan dari mesin jupi mx ditambah sistem injection, jadi bukan mesin baru dan yang disebut oleh yamaha lover sebagai “INOVASI” cuman jargon iklan semata, saya bukan honda lover maupun pembenci yamaha, saya punya vega, vario dan revo 100 di rumah, kalau dibandingkan antara vega r dan revo 100 sih jauh lebih unggul vega r, tarikan enak, konsumsi bensin yang cukup irit, dan model yang bagus (mirip F 1 ZR), tetapi produk baru yamaha yang dibungkus dengan jargon teknologi baru Vega ZR dibandingkan dengan Revo 110, saya rasa masih jauh deh, winker lamp kuning, foot step belakang dari pipa yang finishing kasar dan bahan plastik yang berkesan murah plus speedometer yang kaga banget deh..dibanding revo 110 yang punya mesin baru, shutter key automatic, plus design yang lebih fresh apa konsumen rasional tidak memilih honda ??? kenyataannya masih banyak orang yang memilih vega zr,,,tanya kenapa…semua ini berpulang pada marketing yang pintar membungkus suatu produk yang pas2an namun seakan2 punya nilai lebih dibanding kompetitornya…salut buat marketing YMKI. Untuk produk yamaha yang saat ini punya nilai lebih dari produk Honda kalau saya lihat dengan rasional dari fitur maupun design, maka yang unggul hanya jupi MX dan V-ixion, dibanding produk honda (supra x 125, megapro maupun tiger), kalau di matik. sory2 saja saya tidak pernah tertarik dengan produk yamaha, karena saya rasa mio saat ini overpriced mengingat investasi dies maupun toolsnya sudah BEP, lagipula fitur safetynya kurang sekali. Menyorot soal iklan, saya bingung dengan orang2 yang menyerang honda dengan iklan Beat “yang lain jadul ach..) yang sedikit banyak menohok mio. apa tidak ingat dengan iklan yamaha yang dulu menjelek2an Honda dengan segala macam kekurangannya…mungkin bagi sebagian fans honda ini saatnya “it’s payback time”…tapi overall dengan segala kelebihan maupun kekurangan masing2 merk…kita sepatutnya bersyukur karena dengan adanya “perang” ini satu2nya yang diuntungkan adalah konsumen dengan semakin banyaknya pilihan produk bagi konsumen. Sory kalau kepanjangan komennya…makasih bung taufik..

  115. @138. C5W,
    Yup setuju Bro…
    Mesin yang diusung VegaZR adalah bawaan Mio yang disesuaikan.
    Makanya gw cuman bilang mesin dan disain yang berbeda, beda dari Vega R…
    Seperti juga mesin Blade & Abs. Revo yang adalah bawaan Vario & Beat yang cuman ditambah strokenya 0.1mm…tipis banget…
    Mendisain mesin baru bukan perkara gampang.
    Bukan dari sisi teknologinya tapi lebih pada sisi logistiknya ke depan.

    Justru gw lebih senang kalo makin banyak common part, harga bisa lebih murah, juga makin mudah didapat.

    Mesin V-Ixion menurut gw tetap aja inovasi. Walau basisnya secara kasat mata mirip dengan MX, tapi lebih banyak perbedaannya.
    Bore x Stroke beda, sistem karburasinya beda, gearbox beda, crank shaft beda, camshaft beda, so kenapa gmana bisa dibilang sama?
    Kalaupun ngotot dibilang sama tetap saja mesin MX baru seumur bayi saat V-Ixion didevelop.

    Inovasi gak perlu tiap tahun totally new, tapi kalo udah diatas 10 tahun gak juga dilakukan inovasi jangan salahkan kalo banyak yang mencap jadul… 🙂
    Taruhan deh, mesin 110 milik Honda baik di Vario, Beat, Abs. Revo & Blade gak bakalan diganti dalam 3-5 tahun ke depan.
    Mesin 125cc Supra-X juga gak bakalan dilakukan perubahan walaupun sudah berumur 6 tahun lebih sejak era Karisma & Kirana.

    Kalau bicara fitur, emang kemana-mana unggul Honda dibanding Yamaha. Cara cerdik biar rada inovatif.

    Soal iklan, gw malah gak pernah liat iklannya. Tapi kalo emang menampilkan wujud produk kompetitor, disitulah perbedaan cara “mengolok-olok” ala AHM dan YMKI.
    Seingat gw, iklan Yamaha gak pernah menampilkan wujud produk kompetitor secara visual.

    ojo lali…
    YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN!!! 🙂

  116. menurut pendapat cupu ane sik harga g menjadi patokan, kalo harga murah lantas laris. apa lagi kredit skarang gampang dengan uang muka dikit uda bisa bawa pulang motor baru. secara sekarang yang penting tampilanya keren (ninja 250 aja laris tuh). kalau sampai nurunin harga jual sepertinya g ada sejarahnya deh, itu g mungkin terjadi lagi pula cara seperti itu hanya akan menjatuhkan image aj. cara yang lebih masuk akal mungkin bisa make promo yang lain misalnya ngasih bonus yang “wah” ato dapet potongan dengan cara pembayaran tertentu.

  117. mas taufik gw suka neh baca tread ini…sekalian menyinggung ahm yg pelit…hahahaha..ahm skrg gak pelit yah..biar gak overprice dech…yah segala kekurangan dia biar di rvisi lagi…toh bagaimanapun walau di bolak balik di hajar ama komentator..eh kompentitor..dia tetap yg terbesar…
    buat yg disni gw suka baca coment2 nya tapi tetep kepala dingin dan rasional oke….biar enak bacanya

  118. 20. gary
    kok dibandinginnya sama kawasaki, kenapa gak dengan produk YMKI, karena produk Yamaha ompong semua alias gak ada yang double disk pada sepeda motornya

    klo gakada model baru kayak jupi mx ato z, revo ama blade juga gak bakal keluar,, liat aja revo yang pertama, agak aneh, baru deh dibetulin setelah ahm terpojok dengan angka penjualan, liat realita napa,

  119. keberanian menelurkan produk dan keagresifan promosi…

    Liat Vixion, sport murah yg super canggih… sedangkan pesaingnya Megapro “cuma” motor 80-an yg bodynya 2000-an.

    Jupiter MX sang bebek perkasa yg head to head dgn supra 125. siapapun konsumennya selain ibu2 pasti lbih milih beli MX.

    Ngomongin matik? ya Yamaha ini biangnya matik jepang disini. Padahal dulu pake matik dicibir motor banci, nyatanya sekarang siapa yg gak keenakan naik matik? Ya Mio dan Nouva-lah pionirnya…

    Keagresifan promosi? liat deh di koran-koran, tabloid, majalah, isinya selalu aja liputan even-even bikinan Yamaha! bahkan semua balap roda dua aspal siarannya di TV diembat sama dia, MotoGP ma Superbike sponsornya di Trans7 siapa lg kalo bkn Yamaha…
    segala acara rame2 bikinan yamaha gak pernah putus-putus…

  120. kl dr data resmi penjualan ke konsumen masing2 unggul di kelasnya masing2..
    honda unggul di cup(bebek) jauh dr yamaha dr kls 100,110cc dst
    yamaha unggul jauh di kelas skutik
    utk kelas sport 150-160 yamaha unggul melalui v-ixion vs megapro yg mulai tergerus… kelas sport 200cc keatas honda tiger menang jauh dr scorpio…
    tp kl dr data yg pernah saya baca di tabloid otomotif.. dr keseluruhan kelas dan diakumulasi honda masih memegang tahta, memang di motogp dan wsbk honda lg ketar-ketir.. hanya megang di supsport 600cc… tp disini kt berbicara penjualan dan kekuatan kedua kubu di indonesia bkn motogp.. itu hanya image aja… tp bicara fakta maka kita bicara angka data dan statistik…
    peace

  121. kl dr segi penjualan mx sm supra 125 jauh menang supra bos, kita bicara data dan fakta… kl diadu kekuatan ya jelas jauh mx,scr kapasitas CC beda.. tp kl diadu irit jauh menag supra.. msg2 ada kelebihan..
    v-ixion super canggih, yg trend setter pertama supgra pgm-fi. dah lama diterapkan pd bebek.. hehehe… msg2 merk ada kelebihan dan keunggulan serta ciri khas masing2.. tp bicara fakta… ya yg diadu statistik, angka, bkn omongan… ini urusan org statistik bkn pengacara yg menang adu argumen… hehehhee peace

  122. klau saya jujur aja, dari dulu kala jaman bapa saya, saya suka banget sama produk yamaha. dan kebetulan keluarga tercinta saya pengguna setia produk yamaha. selain tarikannya yang bagus n kuenceng, barangnya juga awet. tidak seperti merk sepeda motor yang lainnya. masalah harga, saya rasa yamaha mampu bersaing dengan kualitas yang bagus. bahkan saya perhatikan dan suka saya bandingkan produk matic punya saya dengan punya tetangga. jika yamaha cat motor dan tarikannya bagus, terbalik yang saya dapatkan dari matic lain yang catnya gampang terkelupas jika terkena sinar matahari lama dan jika mau tarik gas tiba2, matic yang lain itu lambat respon, hingga mudah tersalip, berbeda dengan yamaha matic jika di gas tiba2 pun, tanggap mesin terhadap tarikan sangat cepat.. dan pokoknya I love U full Yamaha

  123. aku gak yakin data tu akurat…………………..paling2 juga ntar honda ngularin motor baru lagi buat hadang yamaha…………strategi yamaha eamang mantep……..disain motor2nya juga asik……gak kayak honda buat bapak2……kalau yamaha buat anak muda……….

  124. aku sudah pernah tuh ngendarai yamaha mio,,kalau di jalan ramai kestabilannya kurang,,aku seperti orang baru belajar naik motor aja seperti main balet aja,,,hehehehehe
    tapi kau ngendarai honda vario gak pernah turun2 kaki aku,kestabilannya pas,,bagi aku kenyamanan yang diutamakan..AHM memang selalu memikirkan kenyamanannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP