Bro sekalian, sangat menarik melihat dinamika pasar yang terjadi pada segmen sport fairing 250 cc antara Kawasaki Ninja 250R dan Honda CBR 250R . . . Pada Grafik market share yang dirilis Pak Edo, di 2 bulan pertama 2011 penetrasi CBR 250R  yakni bulan Februari dan Maret terlihat pangsa pasar Ninja 250r seperti ‘tergrogoti’ . . . di sinilah sepertinya apa yang dinamakan spike market CBR250R itu terlihat jelas. Tidak seperti respons Kawasaki negri negri tetangga seperti Australia  Yang menurunkan bandrol Harga dan juga pabrikan Korea macam Hyosung GT250R yang langsung memangkas price . . .KMI menanggapi dingin persaingan ini dan keukeuh tidak bergeming saoal ketetapan harga . . . alias pricing strategy dipertahankan.

pict : edo rusyanto

Bukan hanya strategy pricing, promosi di media yang dilakukan KMI terhadap Ninja 250R juga nggak gencar-gencar amat. Cuma emang keseriusan KMI di kancah balap nasional terlihat udah kayak orang kesetanan bro . . . gile itu ZX6R bener bener serius dipersiapkan sampai sampai mendatangkan bala bantuan dari negri matahari terbit segala, di sirkuit lawan terkuatnya praktis hanya Yamaha . . . dan Honda nggak berbuat banyak di kelas super sport nasional . ..  Mungkin kah Image itu berasal dari arena Balap? mungkinkan jargon Race today sell tomorrow bener benar ngefek mempengaruhi penjualan Ninja 250R? Hasilnya memang sungguh menarik untuk dianalisa . . . Back to grafik share market . . .  setelah spertinya ‘seri’ di maret april ninja 250R memperlihatkan  ‘potensi’ naik kembali di bukan juni-juli 2011 (lihat grafik atas).

Ataukah kekuatan ini memang benar benar berasal dari kekuatan internal dari Ninja 250R itu sendiri? bila di telisik, alasan ini memang cukup debatable . . . secara kasat mata variabel performa Ninja seperti power slightly lebih superior dari CBR 250R, namun CBR juga menghadirkan ke-hi tech-an di diri CBR 250 series . .. injeksi, ABS, konsol meter digital dll plus dukungan jaringan 3S Honda yang  lebih banyak dari S3 Kawasaki . . . apakah hal ini belum bisa mengkompensasi? atau Kah karena ketersendatan pasokan Thailand ? lha kan sama sama pasokan Thailand? monggo di share pendapat bro semua, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Update :

Yang menarik utuk dianalisa lebih lanjut adalah, sat CBR 250R masuk . ..  pangsa pasar 250 cc tetap atau bertambah ? .. .  kalo pangsa pasar bertambah, bisa jadi secara jumlah distribusi Ninja 250R nggak terlalu jauh turunnya . ..  dan yang tentu pasti CBR 250R benar benar membuat seperti ‘pasar baru’ di segmen 250 cc, cmiiw * kita tunggu jawaban data dari pak edo

157 COMMENTS

  1. ane rasa bukan faktor balap, komunitas ninja tempat ane bernaung rata2 ga tau kok kalau ZX6 dan M.Fadli itu menggila di kancah balap nasional. Faktor 2 silinder yang paling berpengaruh, dan faktor power yang lebih besar juga, dan satu lagi, faktor gengsi di mana ini salah satu dari 3 “motor normal” paling mahal.. *D Tracker X dan KLX 250 nomor 1 dan 2* IMHO

  2. @10. pbateman
    jadi menurut bro, disebabkan faktor internal?

    @14. MaS AwAn
    CBR dan Ninja memang memiliki diferensiasi dan pasar bro
    IMHO namun jadi menarik karena setelah CBR hadir Ninja grafiknya turun . . . berarti walau ada diferensiasi dan pasar yang tersendiri namun eksistensi keduanya disinyalir memang tetap saling mempengaruhi, cmiiw 😀

  3. @ mas Taufik: yup menurut saya lebih ke faktor internal dari Ninja sendiri. Dan saya setuju sama #9. wasisimmortal yang bilang image brand Ninja di Indonesia lebih besar daripada CBR. Sebab nama Ninja sudah mengakar di benak konsumen Indonesia sejak jaman 2 tak masih merajalela. Apalagi setelah pesaing berhenti produksi 2 tak, Kawasaki masih mempertahankan Ninja 150 series. Inilah yang bikin nama Ninja tetap bertahan di sini. Kalau misalnya Ninja 150 pada waktu itu dihentikan produksinya, mungkin keadaan saat ini berbalik.. atau coba misalnya dulu saat baru keluar di Thailand, CBR 150 lama diboyong AHM kemari.. mungkin brand image CBR akan sama kuatnya dengan Ninja.. IMHO

  4. klo menurut sanya sempat turunnya ms n250r pengaruh gencarnya media & promo cbr250 sebelum peluncuran
    setelah semuanya jelas, pasar kembali ke posisi sebenarnya… kembali ke kekuatan masing2 motor
    dan bisa jadi hembusan hadirnya r15 v.2 juga berpengaruh ke ms cbr150

  5. kalah gara2 2 silinder
    that’ s all
    ———————————————+———–+———
    bukan silindernya jing, tp CBR motor kaleng

  6. setujuuu

    the 2-cylinder faktor masbro masbro sekalian

    emanglah teknologi penting.. tp motor mahal dan sekelas 250cc gitu.. bunyi 2 silinder nya itu.. wuih merduuu.. gak bisa dilawan bgmnpun sama 1 silinder

    dari jauh pun samar2 kita sudah tahu bahwa suara merdu berteriak hingga belasan ribu rpm itu ninja yang akan lewat. kalau cbr250… sunyi, kalem, gak polusi suara 🙂 walaupun torsinya aduhai juga itu buat touring ke puncak ninja bakal keteteran lawan cibir 250 🙂

  7. Cbr nya sih yg tanggung, bawa nama besar honda tp spek tanggung gitu, yg udah ngerti mesin akan lebih pilih ninin, yg belom begitu ngerti mesin spt saia dan alay2 yg lain akan ragu2 krn beritanya sdh santer kalo cbr kalah lawan ninja
    Bukan ninja yg terlalu kuat, tp penantangnya belum sepadan

  8. Suara body tenaga masih menang ninja…lah, balapan ngga ngaruh di tempatku ngga ada yg tau soal sentul aplgi ttg balapan di dalamnya

  9. mau jualan laris?
    ya pasang silindernya 2(kalo lebih makin oke)
    kang sampein ke KMI dong,ganti tuh spido ninin,jangan analog aja,wagu banget,kalo mau analog ganti modelnya,desain spido kok kaku,gak menarik

  10. bisa jadi, salah satu faktornya adalah model cbr yang tidak fotogenik. banyak yang menilai hanya berdasar foto atau gambar, padahal bentuk aslinya juga bagus. ini PR buat honda agar lebih banyak orang yang liat wujud asli cbr.

  11. Pasarnya beda mas taufik, klo saya pilih cbr krn untuk harian (komuter) dan semi touring, tapi mungkin pasar yg disasar ninja lebih banyak (pasar anak muda berjiwa balap dan gengsi)

  12. CBR250 akan kuat kalo Moto3 udah jalan,kan spek paling mendekati ya CBR250,soale Moto3 cuma membalapkan 1 silinder..
    –>di thailand udah ada balap Moto3 production,spek GPMono gak boleh ikutan,kita tunggu aja dari Yamaha dan Suzuki,kalo mereka bikin spek Moto3 Production kayak CBR250,artinya N250 akan dikucilkan dari balapan mereka bertiga,dan ini bukan promosi yang bagus buat Ninja.

    –>menurutku yang beli ninja250 gak tau kalo itu motor jadul,soale mesin udah dari jaman ZZR250,malah powernya N250 dibawah ZZR250..sebetulnya kalo real racing itu ZXR250 dengan 4silindernya..
    menurutku N250 mesin jadul,udah jadul spekdown pula,cuma di kosmetik pula.

  13. dari data dynotest, selisih 2,3 dk. tolong cari info mas taufik, dua motor ini punya potensi maksimal berapa dk? untuk harian maupun sirkuit. nuwun.

  14. menurut gw sich karena kuatnya komunitas dan jarangnya tuh motor di jalan+harga yg mahal, soo orang akan milih karena prestioes tuch motor

  15. apakah hal ini belum bisa mengkompensasi? atau Kah karena ketersendatan pasokan Thailand ? lha kan sama sama pasokan Thailand?

    –> sori mas taufik,memangnya sampean tau kapasitas pabrik Kawasaki dan Honda di thailand??

    apakah sampean tau persis berapa kuota yang diberikan masing-masing pabrikan yang diberikan ke Indonesia??

    apakah sampean tau jumlah permintaan kedua tipe ini di luar Indonesia??

    –>yang saya tau,pabrik kawasaki dan Honda di Thailand ikut menyuplai permintaan motor Ninja250 dan CBR250 keluar Asean,jadi gak cuma Indonesia tok yang jadi prioritas.

  16. Bbrp faktor:
    1)Pasar motor premium adalah hobbyist, lebih ke niche. Mereka tahu banget jeroan tiap produk, apalagi dgn adanya internet, semua jd transparan.
    2)Pehobby motor kelihatannya lebih suka produk yg tdk cuma bagus secara tampilan, tapi juga spesifikasi mesin (silinder lagi nih).
    3)CBR positioningnya tanggung, performance dan spek kurang ok, hanya tampilan saja, harga juga nggak beda2 jauh. Jadi cenderung jadi stuck in the middle. Berani taruhan CBR 250 dan 150 nggak akan bisa nyalip 250R.
    4)Justru Hyosung 250 bisa jdi kuda hitam krn 2 silinder ltwin.
    5)Last but not least, habis mas taufik dulu bikin blognya (yg skrg jadi fenomenal ini) n250r.wordpress bla..bla. Coba kalo skr bikin cbr atau hyosung 😉 😉
    Keep posting pak haji!

  17. mending tahan dulu yang pada mau beli kawsaki ninja 250. ntar klo selama 6 bulan berturut-turut jumlah penjualan ninja kalah dengan cbr. IMHO kawasaki akan merombak model, spek, dan harga.

    hehehe

  18. CBR 250 kalah luar dalam!!! Daleman selisih 1 silinder trus luarnya masih kalah gagah sama N250.. Setelah ane liat, CBR250 ibarat motor sport biasa dikasi fairing, beda sama N250 yg sudah seperti moge bentuknya…

  19. kan segmennya beda bro walaupun sama 250 cc, yg paling gampang antara vixion, byson dan new megapro, cbr150… dari ke4 motor tsb sama ccnya….150. tapi segmennya sendiri2… dengan fitur dan teknologi yg dibawa serta harga yg berbeda pula… tergantung keinginan konsumen mau pilih yg mana sesuai selera masing2….

  20. Kawasaki Ninja 250R kan produk exclusive…kelas tersendiri.
    Sedangkan naik CBR250 sepintas seperti naik New Mega Pro..

  21. @39. LIVE TO RACE
    he he sabar mas . . .lha itu dia kenapa saya tanya . . . karena yang saya tahu cuma sama sama CBU Thailand . . .mengenai kuota saya nggak tahu

    @45. Mas TL (˘⌣˘)ε˘`)
    mosook iya swiiing ❓ itumah 4 silinder kayaknya bro

    @40. arif
    wkwkwkkwwk, bukan karena yang no 5 kayaknya mas bro . . . kan isinya pelangi semuanya ada he he :mrgreen:

  22. 30. Onthel – Agustus 21, 2011

    Cbr nya sih yg tanggung, bawa nama besar honda tp spek tanggung gitu, yg udah ngerti mesin akan lebih pilih ninin, yg belom begitu ngerti mesin spt saia dan alay2 yg lain akan ragu2 krn beritanya sdh santer kalo cbr kalah lawan ninja
    Bukan ninja yg terlalu kuat, tp penantangnya belum sepadan
    ========
    pan kata petingginya cibier lahir bukan buat perang dengan ninin… buktinya, market ninin stabil-stabil saja… cibier bikn pasar baru…

  23. faktor sepertinya karena honda cbr 1 silinder, mindset orang itu ya klo motor berfairing 250cc ya 2 silinder, mungkin honda terlalu pede dengan nama besarnya sehingga berani spekulasi membuat motor hanya dengan 1 silinder, toh konsumen maunya yang sebaliknya, terbukti kalah dengan N250 marketnya. Perkara di luar negeri ada regulasi batasan power untuk ridernya, toh N250R tetep laku di luar negeri ( eropa ). perkara ada ABS nya, ini jual motor bos, intinya salah mesin.

  24. Tambahin lagi ya:
    6) CBR sudah tanggung, tambah dikeluarin lagi yg 150. ini imho, sangat mengganggu cbr 250, positioningnya tambah kabur, jadi kayak 150-cc an.
    7) 250r nggak ada lawan ni so far. jadi akan melenggang terus, tapi sudah saatnya facelift nih, keburu bosan.
    8) Pasar motor premium sudah hidup dengan 250r, mestinya kawasaki percepat moge yg 100-jutaan. zx6r tertalu jauh untuk naik kelas. kenapa ATPM jepang lain nggak ngelirik pasa ini ya?? apa memang gak ada produknya?
    9) terakhir lagi, coba kalo siijo diganti, ada pengaruhnya nggak pak Haji 😀

  25. Tergantung selera kang
    orang pinter pilih ninja250
    mau gaya doang terus bawa motornya mepet ama trotoar (jalur lambat) pilih CBR250 atw byson 😀

  26. @51. wong ndeso
    itu dia yang saya kira menarik utuk dianalisa lebih lanjut adalah, bagaimana tingkat signifikansi perubahan pasar saat CBR 250R masuk? . .. pangsa pasar 250 cc tetap atau bertambah ? .. . kalo pangsa pasar bertambah, bisa jadi secara jumlah distribusi Ninja 250R nggak terlalu jauh turunnya , walaupun ms nya turun (kerana dihitung secara total) . .. dan yang tentu pasti CBR 250R benar benar seperti membuat seperti ‘pasar baru’ di segmen 250 cc

  27. live to race = honda fanboy

    ga terima banget lo cbr kalah? sori bung… mungkin honda boleh jadi jagoan moto gp atau apalah, tapi sayang bung, pasar nggak pernah boong. terima ajalah realitanya kalo konsumen ga mungkin terbodohi. motor jadul = laku.. tanya kenapa?

    dan 1 lagi, orang yg beli motor 50 jutaan ga mungkin orang yang ga ngerti spek. blanja 50 juta pasti udah pikir sana sini. elo mau bilang spek down gimanapun ninja tetap lebih laku dari cbr. sekali lagi, tanya kenapa?

  28. suara 2 silindernya itu loh kang,,kalo cuma 1 silinder mah suaranya gak begitu keliatan,walau udah make abs,injeksi,sekalipun dikasih airbag tuh cbr,tetep susah lawan ninja

  29. sebenarnya yg membuat memilih ninja yg pertama krn model, tetangga jauh ane ampe dibela2in main kermah ane kl bosen jual ke dia aj ktanya, ane suruh beli cbr yg hrga beda 10 jt ga mau, katanya modelnya bencong kurang macho, tetangga sebelah rmah ad yg pnya. Katanya msh seneng liat ninja keren. Yg kedua larinya kenceng, sekali tarik bentar aj tau2 spedometer dh 140, bahkan di sentul cm moto3 moriwaki dan moge yg sanggup lap timenya dibawah ninja 250r (1 menit 50 detik vs cbr 250 dg 1 menit 59 detik ya kl g slah). ketiga suaranya merdu khas multisilinder. Ya gt deh

  30. wak haji harusnya melihat lebih luas terhadap kue keseluruhan, apakah hadirnya CBR 250 ini menciptakan pasar tersendiri artinya kue keseluruhan membesar, atau merebut bagian kue-nya ninja 250 atau merebut bagian kuenya sesama Honda yg naik kelas seperti NMP atau Tiger, biar jelas wak haji 😀

  31. Saya rasa 2cylinder blm ada lawan, suaranya merdu men, meski gue Fbh gue te2p pilih ninja,
    Tp kalo sm2 2cylinder dngan BODY skrng, gue pasti pilih CBR, menurut gue kualitas Honda lbih ok drpd kawasaki,

  32. Knp kuat? Krn ninka emang nyaman buat harian dan turing (no siomay box ya). Makin kncang tetap minim vibrasi.
    Dan tentu saja, emang gǟƙ sepadan. Udah dari awal koq..fanboi aja masih sulit nrimo.

  33. ninja 250 bukan cm mempertahan kan harga nya,,
    malah harga nya naek,,
    dari 46,5jt,, jadi 47,250jt..
    malah makin mahal,, ckck..

  34. @arief
    7) 250r nggak ada lawan ni so far. jadi akan melenggang terus, tapi sudah saatnya facelift nih, keburu bosan. Pasar motor premium sudah hidup dengan 250r, mestinya kawasaki percepat moge yg 100-jutaan. zx6r tertalu jauh untuk naik kelas. kenapa ATPM jepang lain nggak ngelirik pasa ini ya?? apa memang gak ada produknya?
    ===========
    misal nih:
    yeemkai jualan viksen up to 24.000 unit se bulan dgn harga 21.5jutaan
    terus jual moge harga 100 juta tapi cuma laku 100 biji…
    nah lo…omsetnya banyak mana? kelihatan kan?
    dagang kan dicari duit bos…kenapa moge diatas 250cc masih perlu pertimbangan mendalaaaaam untuk hadir resmi di indonesia…

  35. Analisa gw lbh ekstreem. Saat cbr250 mau muncul, bnyk org nunggu (termasuk sy) dengan ekspektasi selangit lah, scara dr jaman iplik2 sy sbg pengguna tiger dah pengen naek kelas dengan merek Honda jg. Tp pas cbr250 keluar, ekspektasi jauh dr kenyataan. Kbetulan sy jg pake N250, klo dibandingin antara keduanya, gk banged deh. Finishing, material, getaran mesin dr cbr250 bikin ilfil. Pas sy coba, di rpm 3000-4000 getaran mesin brasa sampe setang. Visor di high speed jg goyang kena angin. Footstep kyk punya blade or megapro kualitas materialnya. Sy jd mikir, motor harga 40jt kok kyk gini? gk overprice tu Honda ksh harga? So, sy jd makin cinta sama N250 sy.
    The point is, knp Penjualan n250 bs ngalhun cbr250 lg? Ya krn cbr250 tidak sesuai ekspektasi. Di awal penjualannya booming krn euforia barang baru aja.

  36. Menurut Analisa Saya:
    1. NINJA SPORT FAIRING sedangkan CBR SPORT TOURING,
    2.NINJA 2 Cylinder sedangkan CBR 1 Cylinder.
    3.POWER NINJA Lebih Besar Dari CBR..

  37. menurut ane pembali N 250 R sudah temasuk orang yang tidak lagi terlalu terpengaruh harga alias orang yg beli karena faktor performa, tentu saja jelas sulit buat CBR 250 buat menandingi CBR 250R walaupun secara penampilan sama-sama keren.

  38. @62. masbule
    nahhh itulah seperti juga pertanyaan saya di koment no #57
    nanti saya inta datanya deh dari pak Edo . .. biar jelas 😀

    @73. cuap2x
    kan dua duanya ketutup ?

  39. menurut ane 💡
    ~faktor silinder 2 vs 1,mending 2
    ~baju,ninja lebih sporty dan racy.cbr elegan.mending sporty
    ~teknologi,cbr higtech injeksi.ninja karbu.dikota besar cbr mungkin lebih mudah dioprek karena pendukung lebih lengkap.didaerah susah*liat aja hsx injeksi*.ninja karbu,lebih mudah disetting.ninja lagee
    IMHO

  40. Ah, meskipun sy suka ninja250 yg produk kawak, sy jg suka pake tiger, beat, GL Pro, c70, n new blade yg produk Honda. So jarang tuh ada fans fanatik produk tertentu. Msg2 merek n type pasti ada plus minusnya, tgantung kita mau keunggilan mana yg kita preferred.

  41. nggak punya dua2nya… 🙁
    mau naek kelas ke n250… belom dapet lampu ijo dari mbok nom… 🙁

    *curhat.con = curahan hati mercon

  42. 85. mercon – Agustus 21, 2011

    nggak punya dua2nya… 🙁
    mau naek kelas ke n250… belom dapet lampu ijo dari mbok nom… 🙁

    *curhat.con = curahan hati mercon
    ==========
    wkkk
    anggota ISTI nih ye…
    (Ikatan Suami Takut Istri)…

  43. Karena yg 2 cyl di sini cuma ninja doang, thanks to ninja, cbr 250 masuk disini. Coba gak ada ninja sampe 2020 ahm masih bertahan pake tiger.tapi ahm skrg boleh lah, keluar produk baru terus.

  44. hmmm kalo mau dkaitkan dg prestasi balap sihh kayaknya gak pengaruh bnyak kang,mau Ninja nomer 1,nomer,2,3,4 pun Ninja 250 ttp bnyak yg milih

    yaa mungkin karena konsumen dr motor 250 itu sendiri kemampuannya adalah 40-50 juta

    ini juga mirip dengan Satria FU,motor ini kan paling mahal sendiri tuh dkelas bebek,tp memiliki konsumen tersendiri yg meminang motor ini

    nah Ninja 250 sendiri hampir mirip dengan Satria fu,bnyak konsumen tersendiri yg mau meminang Ninja 250

  45. aseeekk gak ada yang nyamain di jalan. Jadi artis terus di lampu merah, pom bensin dll. Oops 😆 menurut saya kepadatan dan faktor 2 silindernya itu. Sama model cbr yang kurang rapi. Tapi kalau performa mah tergantung yang mengemudi. Xixixixi udah di buktikan

  46. di indonesia ninja 250 seperti tak ada lawan. setuju degn brother diatas semua yg berharap lebih dari sebuah sosok cbr 250 yg digadang pertama menggunakan engine special engine cr45 yg tenaganya gajah walopun 1 silinder. konsumen di indonesia kayaknya dah bosen dgr mesin satu silinder kali ya??? apakah saatnya indonesia masukin vtr 250 hehehehe???

    ———-
    http://www.dk8000.co.nr

  47. di luar fitur dan mesin,,,,warna dan striping cbr norak, krg gagah kliatan ngga nyatu ama bodynya, knalpot terlalu futuristik cenderung aneh (liat knalpot byson futuristik tp kren)

  48. Ingat Kawasaki punya ninja RR, dah kesohor kencengnya, cuman ada selera orang yang pengen 4 tak, makanya kasih pilihan 250r dengan 2 silinder. Terlihat kan kawasaki power minded?
    Kalo 250r di kasih 1 silinder dengan tenaga pas2an ya ga memenuhi selera pasar donk. Pasar rr sampe sekarang aja masih lumayan kok.

  49. Kalau saya kang haji karena dananya terbatas ya saya ambil P220 mawon hehehe… itu saja udah kenceng amit…. gambar diatas juga ada tuh walau dibelakang gpp deh… mampunya juga beli yg itu… itu aja masih kredit 😀

  50. memang……banyak yg kecewa dg promosi yg terlalu berlebihan…….sampai ajak WSBK……motor yg cylindernya lebih sedikit,CC nya harus lebih besar….biar powernya seimbang……kalau soal design…memang depan CBR pesek,dan antena nya itu lho…..spionnya,panjaaaaaang…..jd aneh……kelebihan fiturnya,jadi gk keliatan…..saya pilih scoopy krn bentuknya yg lucu,tidak kencang dan irit…….mungkin orang pilih CBR juga begitu…he…he….

  51. coba ganti tuh desain lampu single lamp to be double lamp, ganti design tail nya lebih racy, kasi 2 cyl cbr 250 nya di jamin !
    yg ninja bannya gedein, speedo digital, plus injeksi hmm gini pertarungan seimbang 😀
    ya mungkin nasionalisme sesama jepang kali ya jd menciptakan market sendiri2 tp side effectnya anak indonesia bakar2an gara2 dagangannya *kena jajah* 😀 cmiiw

  52. Sbg pengguna CBR sy sih seneng aja CBR penjualannya dibawah ninin, biar terjaga exclusifitasnya..drpd bnyk ninin dipake pelajar sma dan alay2 pembawa sial..
    Yg penting msh keliatan ganteng dijalan, kalem dan byk yg lirik…hehee..itu pengalaman pribadi sy loh…

  53. 100. mamski – Agustus 21, 2011

    Gw tetep naksir berat sm ninja 250r, suarax itu dari jauh udah bs ketebak kalo lewat…hehe
    ======
    emang tahu suaranya ninja 250r?
    lah kalo suzuki GS500 gimana? pan suaranya gitu juga? wkkk

  54. pengen tau penjualan n250 v cbr250 di US…

    kan US, n250 dah 20 taun ga ada yang ganggu, apa juga berkurang MS nya kek n250 kek sini

  55. gw dukung genk ijo dengan N250 nya …. biar banyak yg pake ttp aja bnyk yg ngelirik, kl H**** C*R250 mah bentar lg juga koit dibunuh ma adik nya sendiri C*R 150. dengan desain sama, spek mesin sama beda cc doang.. harga lebih terjangkau…

  56. @adit-blackvixy

    Motor berfairing harus racy???? Lalu mau di kemanain tuh ninja 650 sama er-6f yang sport turing itu?

    Emang dua motor ini segmentasi nya beda, jadi ga bisa langsung di bandingin head 2 head begitu aja

    Saya juga heran knapa byk orang pengen motor fairing yg racy, tapi klo di kasih motor yg racy abis malah byk yg protes, kayak kasus nya megelli 250 yg nunduk bgt, eeh malah pada protes pegel di pake harian

  57. Cbr 250 susah didandanin, garis desainnya mirip new megapro, sampe sekarang cari aksesoris body kit yang khusus buat megapro aja susah, beda ma byson yang enak di dandanin. Hal ini kayaknya juga berlaku di cbr 250 vs ninja 250, ninja 250 lebih enak desainnya buat di modif apalagi di cutting stiker.

  58. ni om gw mau beli motor 250cc, masih bingung c*r apa n*nja. trus gw bilang aj mending n*nja kmn2, pertama suaranya itu lho … semua orang dah pd tau. klo c*r ga beda jauh ma bang tagor suaranya, kedua om gw ga suka desainnya c*r (h*nda seperti biasanya paling anti bikin body lancip2 kyk yam*ha), ketiga … 2 silinder (masa motor diatas 40jt masih 1 silinder ??? apa kata dunia). Akhirnya pilihan jatuh pada n*nja dan akan ambil n*nja 250 akhir bulan ini….asyik bisa gw pake klayapan. hehehe. Mungkin masukan buat atpm, kalo bikin desain motor mbok ya kayak moge 600an cc lah, sport tulen. klo masih mikir pegel dll jangan ambil yg full fairing lah

  59. Kalo menurut gw:
    1. Gengsi
    – Anak kecil aja tau kalo kita2 naik ninja 250r
    – Sering dilirik, apalagi ama cewe2 ababil ber-hotpants…
    2. Mesin 2 silinder
    3. Harga jual baru dan second masih tinggi
    4. Aksesoris bertebaran dimana2
    5. Modal cari cewe huakakakak… (kalo harga segitu beli cash buat beli mobil paling dapet mobil second taon lawas)
    6. Bodi, bisa disandingkan ama yang cc gede lahh…
    7. Nambah ganteng, bagi yang muka pas2an, apalagi yang udah ganteng kaya gw

    Pokoknya banyak dah keuntungannya beli ninja 250r, asli ga bakal rugi…

  60. Ya kalo mau bikin model motor jangan setengah2lah kalo sport ya sport kalo touring ya touring bukan di campur2 dan satu lagi kayaknya dulu H***A gak akan keluarin cc besar buktinya apa sekarang gak malu apa kalo motor di atas 30jt wajib pake pertamax bukan premium keliatan gak ada modal motor mahal kok isitankynya subsidi malu brooo.tetep pada komitmen N250 pertamaxxxxxxx to the win on the road

  61. @Black viper
    (h*nda seperti biasanya paling anti bikin body lancip2 kyk yam*ha)
    =========
    emang mio lancip2 yak? baru tau ane…wkkkk

    jadi ini nih yg suka klayapan pake motor om nya…
    jangan gitu donk…g baek

  62. balapan nasional sepertinya tidak ada hubungannya.

    faktor utama mesin 2 silindernya yang tidak ada lawan tandingnya.

    cbr 250 single

  63. Tadinya mo beli cbr250, liat di foto bagus, tp urung beli pas liat aslinya ternyata ramping & byk kemiripan dgn megapro, udah gitu suaranya ampun deh bebek banget, akhirnya mending nambah 6jt nebus n250, puasnya berasa & worthed 4 the money.

  64. 120. Crossplanecrankshaft – Agustus 22, 2011

    Cbr 250 susah didandanin, garis desainnya mirip new megapro, sampe sekarang cari aksesoris body kit yang khusus buat megapro aja susah, beda ma byson yang enak di dandanin. Hal ini kayaknya juga berlaku di cbr 250 vs ninja 250, ninja 250 lebih enak desainnya buat di modif apalagi di cutting stiker.
    ====================
    masa sih ,, coba cek mtr’a one3 deh ,,

    http://www.cbr250club.org/viewtopic.php?f=14&t=51&start=80

  65. 135. landak kritink – Agustus 22, 2011

    FBK ada ga sih? koq isinya FBH yg marah2 di bulan puasa? 😀
    ==========
    yang eksis FBY lg pada BC ,, bingung R25 ga nongol2 ,, xixixiii

  66. Orang Indonesia udah bosan sm Honda, gak pernah menjawab rasa dahaga bikers untuk motor sport, klo menurut saya CBR 250 belum bisa menjawab itu semua! Ninja memiliki riding experience yang berbeda dibandingkan dengan motor 250cc yang lainnya, aura sport terasa, bahkan saat throttle diputar hingga RPM 11.000, Ninja mampu memberikan adrenalin yang berbeda.. Viva Ninja 250R

  67. Saya pikir faktor tampilan, jumlah silinder dan power berpengaruh besar pada pembeli N250R. Kebanyakan pengguna N250R ogah pindah ke CBR250R, krn menganggap CBR250R lbh inferior dibanding N250R (dan terbukti di lintasan balap Sentul. Dan bagi calon2 pembeli 250cc faktor2 diatas masih kuat pengaruhnya.

  68. Setelah cibie150 muncul, pastinya cibie250 bakalan jatoh pamornya,
    coba lihat tampangnya, mirip plek.
    ya jelas lah pengguna 250 jadi ilpil dan geregetan disamain sama adeknya
    designernya gak kreatip nih

  69. TERIMA KASIH BANYAKKK… atas komentar2nya…. sangat membantu memberi masukan untuk menentukan pilihan…… akan lebih bermanfaat lagi bila dikupas lebih dalam masalah engine, secara detil ( kompresi, system injeksi, coupling, dll)

  70. ane pernah buat malu penungging ninin 250 pake karisma x ane.. gara2nye tuh ninin nyalip ane di kemacetan secara gak senonoh sampe ane mepet bakul nasgor.. mentang-mentang boncengin cewe bohai tuh ninin.. pas jalan mulai gag macet tapi tetep rame, ane uber aje tuh ninin, (motor ane dah modif racing, ex pembalap).. pas nyalip tuh ninin ane spontan belokin motor didepannya, kaget tuh pasti.. gantian skrg ninin yang ngejar ane.. pas mo nyalip, ane gas pol motor ane sampe tu ninin gak bisa nyalip ane lagi.. kejar-kejaran sampe 2 km tu ninin gak kunjung bisa nyalip ane.. malah pas ada lobang besar dijalan tuh ninin terperosok, haha makin jauh deh jaraknyo.. kalo gitu sapa yang malu? kan pasti yang nonton.. klo jalanan rame gak jaminan motor CC gede bisa kenceng.. makanya kalau pake motor keren gak boleh bertingkah sembarangan ma motor yang gak keren.. ane akuin ninin 250 keren dibanding CBR 250.. tapi ane lope banget ma ninja 150RR.. wus wus.. edaaaannnn brooooo

Leave a Reply to Black_Viper Cancel reply

Please enter your comment!
Please enter your name here