Thursday, 21 November 2024

Membandingkan NJKB Motor motor Sport 250 cc

Bro sekalian, Melanjutkan artikel kemarin kali ini kita akan membicarakan soal NJKB . . . NJKB adalah Jilai Jual Kendaraan Bermotor, variabel ini adalah variabel dasar pemerintah dalam Harga Off the Road yakni biasanya  . . . Harga Off the Road =  NJKB + (10% NJKB)  . . . setelah itu baru deh biacara Nilai On the roadnya . . .  Naaah Kebetulan TMCblog berhasil menghimpun beberapa angka NJKB dari Motor Motor sport 250 cc . . . yuk kita simak bersama . .

Nah, buat mas bro yang bertanya tanya berapa sih NJKB CBR 250,Ninja 250R . . . ?? diatas dah tmcblog kumpulkan tuu dan semua NJKB merupakan tahun VIN 2012 . . . dapat dilihat ternyata antara nilai Jual On the road dengan NJKB tidak ada patokan yang merata . . . rasio pertambahannya berbeda beda . . . untuk CBR 250R terlihat cukup rendah, hanya 5-6 % saja . . . Ninja 250R 18% dan sebagainya . . .

So berapa Perkiraan Harga OTR GW 250? Jika memang akan dibandrol 43 Juta . . . maka perhitungannya On the road lebih tinggi 43% dari Harga NJKB . . . naaah gimana menurut bro?

Dari fakta diatas dapat dianalisa sementara bahwa Nilai On The road bisa tergantung dari kebijakan Pabrikan masing masing . . . tapi ada yang bisa diterwang dari data data NJKB yang merupakan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) di atas . . . yakni berapa Pajak kendaraan bermotornya . . . terlebih lagi dengan pengenaan pajak progresif dimana Kendaraan Pertama 1,75 % dari DPP, Kendaraan Kedua      2,25 % dari DPP, Kendaraan Ketiga      2,75 % dari DPP, Kendaraan Keempat 3,25 % dari DPP, dan Kendaraan Kelima     3,75 % dari DPP . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

187 COMMENTS

      • masbro, NJKB adalah hasil survey dari pasar motor bekas atau perkiraan-nya. ga ada hubungan dengan harga jual motor baru/keuntungan perusahaan. demand motor honda/yamaha diperkirakan punya depresiasi jauh lebih rendah daripada kawasaki/suzuki apalagi megelli. tetap hukum supply/demand. salam!

      • @mas Rabul
        yap hal tersebut dilakukan untuk motor motor yang sudah nggak ada model barunya di pasaran . . . seperti misalnya Honda Grand 100 cc . . . samsat mensurvei harga harga pasaran OTR (bekas) lalu membuat harga reratanya . . . lalu setelah itu dilauukan pencaraian angka JNKB nya yakni lebih kecil 21,5 % dari harga OTR bekas tesb, cmiiw

        sedangkan untuk harga baru harga harga diatas saya dapatkan nggak dari survei, akan tetapi langsung dari samsat online nya DKI

    • Menurut berita motorplus yang telah saya baca dan saya kutip berikut ‘Motor yang dirakit oleh sang ATPM PT Honlei Motor Indonesia ini dijual dengan harga Rp 45 juta!’

      Kesimpulan, motor udah dirakit disini kok harga jual tinggi? semisal CBU gitu ya wajar, lha ini sudah CKD tapi harga tinggi, apakah ada yang salah?

  1. alhamdulilah….akhirnya terbongkar juga siapa yang operpretttt sejati…..dan juaraanya adalah Kawasaki ” sang Operpret “…mau bicara apa lagi kau Jaos and the gank ….

    • Yasudah tak apa, toh juga banyak yang berminat, kawasaki khan memang mengandalkan penjualannya dari motor cbu, sekalipun harganya dibilang ‘operpret’ toh keuntungan yang didapat masih sangat jauh dari honda. Honda dengan produk CBU mematok harga on the road dengan harga beda tipis dengan NJKB mestinya punya maksud tersendiri, pasar sempit jadi keuntungan juga tidak perlu besar, jadi ya fokus ke motor bebek dan matic dengan pasar yang menggiurkan serta keuntungan yang berlipat…,kalaupun motor cbu honda sama sekali tidak laku, honda bakalan tetep meraup keuntungan yang besar.

      • @karya asih

        yang jelas megipret lo diktentutin bos…. diketutin ama mesin babat rumput.. sungguh memalukan toh 😆

      • Bung, dulu di motorplus udah pernah ditulis
        Cukup dengan honda nova dash 125 cc udah cukup buat menghadapi ninja 150 cc

        Liat tuh di sentul, krr sama fu lagi drag, kok bisa menang fu?

        Lagian, membandingkan 2 tak dg 4 tak sama aja membandingkan pepaya dg pisang. Sama-sama buah tapi nggak sejenis kali.

      • mending dipake buat foging aja dah 2 tak mah … produk ngebul masih d banggain … motogp aje dah jauh2in 2 tak lah ini malah d banggain … adeeeuuuhhh …. masa lalu cuy …

      • Tar lg ada regulasinya kok?yg boleh ada tuh,cbr series,ninja250i,gw250,klx+dtraker 250,pcx,er6n/f,zx6r,hyosung,fishcer sm ducati…yg lain ga boleh jalan lg cozga sesuai euro3 lg!mpbil pun sma….minimal 1500cc…..jd ga ada lg mtr alay,siapa yg paling cepat,bnggain merk..skrg di indonesia bsa lebih bebas dr kemacetan…….syukur” ada lahan sepeda gratis!aman,cepat dan praktis…hidup dgn cara smart ya sepeda

    • Setuju bro….Produk2 Kawasaki emg harganya gila2an, entah berdasarkan apa mereka tentukan harga…KAWASAKI GILA……!

  2. “NJKB adalah Jilai Jual Kendaraan Bermotor”
    salah ketik tuh mas..
    btw kalo njkb new cbr 150 tuh berapa ya mas?

  3. dpt spik alus dr tmn gw bagian R2 suzuki (marketingnya di mt haryono) harganya antara cbr 250 non abs – ninja 250 … jd fix di angka 40 juta keatas… ga mungkin di bawah 40 juta

  4. ninja 250 dibandingin sma cbr 250 std slsih 7jt.. kwasaki overprice tu..jgn trlalu byak ambil untung dong…pdhal jg spek gk beda2 jauh….

  5. harus diakuin ninja itu overprice… tapi biar tau kenyataan seperti ini ttp mau beli tu barang…. overpricenya mungkin saya anggap sebagai biaya prestige cukup worthed hahaha…. (alasan sesungguhnya differensiasi, soalnya CBR250 da kbnykn sodara2 saya pake)

  6. lho,keliatan mana yang operpret..hehe
    nais info mas,kalo di daerah yg jauh dr ibukota,maka nilai tsb akan dtambahkan lg dngan ongkir yg di dalamnya akan dpungut juga PPN sepuluh persen..

  7. ternyata oh ternyata…….. jadi harga njkb cbrABS lebih mahal dari n250. tapi napa koq OTR nya bisa mahal n250 ya. terlalu…. terlalu jauh gapnya….. keliatan klo OPERPRESS

  8. ninka udah ga berlaku harga 47, di jakarta ada yang beli dikasih harga 50an apalagi di daerah
    kalo mau cepet ready stock upping sampe max 5 jutaan

    najisssss dah cari untungnya

  9. Kalo inazuma 43 jeti.. berarti 0,43… mirip2 ama Megelli neeh.. targetnya kecil makanya dimahalin IU Sekalee.. :p

  10. rencna pengen ambil motor 250cc bingung cbr or ninja. pgenya sih mesin injeksi tp body n suara ninja..liat price ninja…whaaaatttt…mesin standat beda 7 jt ma cbr…pa lgi injeksi…bs beda 12 jt…aje gile…mending guwa beli cbr…trus modif 12 jt..dijamin ninja dikentutin…mahal ja lo gedein…konsumen jg mau ja dikibulin ma china…huhuhuy….

      • coba cari k dealer kawak .. kali aja ada n250 velg jari2 tromolz depan belakang + fairing dijual terpisah … wkkwkwkwk

    • 12 Juta modif CBR ?! Kagak cukup oi, kalau mau di bikin alay style sih cukup, tapi kalau mau kenceng mah sama kayak harga pasang Turbo di Ninja 250, dan Ninja 250 tentunya bakal lebih ngacir :mrgreen:

  11. kenapa NJKB Megeli bisa semurah itu ya, apakah murni karena Mocin dan diproduksi diluar Thailand dan Jepang (cmiiw) ???

    hehehe sekarang keliatan siapa yang jualannya operpress
    yg dulu koar2 Honda jual CBR 250 operpress mau ngomong apa sekarang ^^

    Hmm klo CBR di produksi di China seperti GW King 250 mungkin harga OTRnya CBR 250 bisa lebih kecil juga (bisa-bisa harga OTR-nya yg ABS 35 Juta brgkali – tp dengan kualitas yg perlu dipertanyakan)

  12. Siiiiipppp……..Habis ini….coba Mas Taufik cari harga NJKB moge, kawasaki er6N bandingkan sama ducati monster…..atau motor-motor Jepang bandingkan dgn motor2 bikinan Eropa lainnya.

    Kita juga pengen tau pengaruh branding dan exclusive-nya sebuah produk terhadap nilai jual…

  13. Gileee ternyata hyosung GTR250 manteeeb yaaa, speknya paling maju dari sekelas 250 cc lainnya… opsetdown, dobel cakram depan, spido digi-analog, ban blkg lebar 150 tampang mirip GTR 650 lagi.. harga 45jt wakwaww…

  14. Biasanya, penjual yg hasil dagangannya lebih laris, cenderung ambil untung sedikit dari penjualan barang tiap unitnya. Karena secara akumulatif penjualan sudah untung banyak. Jadi maklum kalo Kawasaki dan Minerva ambil keuntungan lebih banyak, krn secara akumulatif, pendapatannya masih sedikit ( eh biasa2) saja. CMIIW

    • Gak masalah bro… iPhone global market juga produk dari China!

      Produk China kalo murah+merk gak jelas = Murahan
      Produk China kalo premium+merk berkelas = Bermutu setara pasar international.

    • itu laptop2 yang lo liat di pasar juga made in cina
      jangan2 lo ngepost komen ini jg pake produk cina.. coba lo cek dlu deh :mrgreen:

  15. wkkwkwkw… ayo di bc Honda nya… paling fanboy sakit jiwa.. wkkwkwkkw…. 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄

  16. Mas Taufik dan bro semuanya… memasang nilai NJKB itu dipatok berdasarkan apa ya??? Apakah cukup pihak ATPM/Pabrikan motor yang membuat dan mendaftarkan nilai NJKB tersebut ke pemerintah shg pemerintah tinggal mendatanya saja???………………. (semoga tdk dmkian)

    Nilai NJKB itu kan juga dipublikasikan ke konsumen, nah bisa gak misalnya ATP/Pabrik motor menaikan harga NJKB-nya kemudian mematok harga OTR tidak terpaut jauh, sehingga nilai rasionya mjd rendah.

    Tujuannya spy keuntungan ATPM tidak terlihat seluruhnya dan nilai OTR tdk dianggap overprice oleh konsumen.

    Kalaupun bisa seperti itu…maka harga NJKB itu sendiri yg patut kita cermati dan kita bandingkan antar motor. Teknologi, fitur dan velue lainnya sebanding tdk dgn nilai NJKB-nya???

    • ini yang saya belum tahu asalnya dari mana . . dari samsat atau dari pabrikan . . . akan tetapi data saya diatas dari samsat tentunya

      • setau saya njkb ud ada acuannya gan..diatur dngan undang2 ato mungkin juga perda karena pajak kendaraan ni mrupakan pajak daerah
        so,d dlam aturan2 tsb memuat komponen2 penentu njkb
        yah,mirip2lah ama penentuan njop
        misalnya,bsa aja njkb ninin 250 d jakarta bda ama njkb ninin 250 d semarang
        cmiiw

  17. kalo aku sekarang mao beli motor sebelumnya tanya temen sedaerah yg punya motor sama…liatin pajak1 dibelakang stnk totalnya berapa tuz ditambahin ongkos&BPKB 200k . .
    tuz kedeler tanya kalo ambil kosongan berapa…nt di tambah sama total stnk+ongkos td…nah biasanya ada selisih dr OnTRnya..
    kalo mo selisih banyak ya pinter ngerayu sales ae bt ngasi harga kosong yg lbh murah gt…hehe

  18. jiaahhh !!… ternyata BIANG Operpret-nya KAWASAKI. Mana tuh gerombolan si Jaos koplok…pada mengkeret sama ni artikel…

  19. Diharapkan dapat menggebrak pasar di kelas 250 cc dan Inazuma mampu menjadi icon andalan baru buat suzuki untuk menaikkan image di mata konsumen karena dengan tampilan, power mesin dan harga yang berbeda jauh dibawah kompetitor lainnya. 🙂

  20. Mas Taufik, rasanya penjelasan diatas kurang pas, NJKB itu diambil dari nilai “survey” pasar motor bekas. faktornya seperti depresiasi, jumlah penjualan tiap tahun, jadi logikanya kalo honda/yamaha jual 500ribu per taun jelas nilai jual motor bekasnya lebih tinggi daripada misalnya kawasaki ato megelli. tetap ikut supply-demand.

    ga mungkin dihitung persen seperti diatas, karena megelli/kawasaki dinilai demand-nya tidak setinggi honda/yamaha (depresiasi tahunan pabrikan “kecil” jauh lebih tinggi.)

    ini terjadi di mobil juga, misalnya bmw dibanding toyota, persen NJKB mobil eropa jauh lebih jatuh, ya karena itu diatas. NJKB tidak ada hubungan dengan overprice ato keuntungan perusahaan.

    semoga berguna.

    • setuju sama komen bro ini..makanya njkb honda rasionya paling kecil..kalo nanti gw250 keluar,rasionya maybe diatas 0,30..

  21. Mas Taufik, NJKB perhitungannya bukan seperti itu. NJKB adalah hasil “survey” dari perkiraan harga motor bekas. faktornya depresiasi, pangsa pasar, jadi masih ada hukum supply/demand. misalnya honda/yamaha yang dominan pasti nilai jualnya jauh lebih tinggi daripada kawasaki/suzuki ato megelli. jadi dilihat dari persen, pasti megelli paling tinggi karena memang demand jauh lebih kecil. NJKB tidak ada hubungan dari modal/keuntungan perusahaan. di pasar mobil juga sama, bandingkan saja merek seperti BMW vs Toyota. GBU!

    • saya nggak ngitung bro Nilai NJKB nya . . . copy paste langsung alias ngambil dari samsat
      sedangkan nilai otr DKI nya saya ambil langsung dari website resmo masing masing pabrikan

      jadi saya nggak menghitung kecuali nilai rasionya saja

      • saya rasa lebih cocok kalo % diambil dari motor suzuki saja, karena itu lebih representatif, jadi supply/demand tetap masuk. untuk motor baru, saya rasa samsat juga lihat dari “sejarah” merek tersebut. tolong dikoreksi!

        salam!

    • harga off the road ER6N 65 jt, on the road 99jt
      harga off the road ER6F 70 jt, on the road 104jt.

      operpret ngga tuh ?

  22. jadi siapa tuh yang OPERPREEETTT ??? siapa tuh yang narik untung besar2an ???? ada yang bisa jawab ?

    • KAWASAKIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIITTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

  23. tapi mas Taufik …coba di lihat lagi NJKB untuk motor2 CBU yang lain seperti PCX 125 PCX150 CBR150 KLX150 atau CBU lainnya supaya bisa terlihat strategi apa yang sedang di mainkan oleh APM

  24. ini NJKB kendaraan baru..? apa harga Faktur?
    soalnya data perhitungan untuk balik nama biasanya berarti NJKB bekasnya..

    • untuk barang belum keluar, itu nilai asumsi saja masbro, seperti asumsi harga bbm, hahaha. tapi mas taufik benar, nilai njkb bisa untuk perkiraan harga jual baru, tapi saya rasa lebih baik dibandingkan dengan “sesama” suzuki.

  25. apa maksudnya NJKB bekas tahun 2012..? bingung nih..
    kalo harga baru harusnya rationya sama karena penghitungan pajaknya sama..?

  26. karya asih – Juni 27, 2012

    2 tak dah kelaut …. bntar lg digusur … lama2 2 tak cuma d pake mwsin babat rumput doank …
    ————————————————————————————-
    makanya gaul men!

    apa karena dengung 4tak yang peduli lingkungan itu??

    :mrgreen:

  27. Yang pada komen di atas intinya bermuara pada Daya Beli … Kalo Daya Beli kuat mungkin ga begitu sensitip…mau pabrik ambil untung dikit pa banyak. Bagaimana caranya bisa beli New Honda Goldwing…??? Lha Ini baru topik yg menarik…bikin orang mikir gmn cara biar kaya raya… Baca tulisan2 Tung Desem Waringin Bro…mumpung pada masih muda…. moga2 terinspirasi….

  28. Kawasaki lebih tinggi bisa dimengerti karena mereka harus mengembangkan jaringan dulu dan butuh invest utk servis motor cbu.

    Kalo honda ambil dikit karena ini kan cuma jualan sampingan
    Lagian tinggal nitip di dealer yg udah ada.

  29. wew… jauh banget ya kang… 43% itu gede lohh..

    cbr yg 5-6% … ninja aja cmn 18%

    suzuki bisa gede gt ampir 50% ckckc

  30. cbr ngambil untung dikit karena terpaksa, dikit aja gak laku, apalagi ngambil untung banyak. coba liat biaya bikinnya: cbr non abs 38jt ninja 40jt. siapa yang mahal? bikin cbr jadi 2 silinder gak cukup 2jt. jadi cbr masih operpret, tapi ninja memang ngambil untung lebih banyak.

    • komen ko ga jelas bilang cbr operpret tapi ninja ngambil untungnya lebih banyak, jangan2 ni orang siang namanya tono malem namanya jadi tini wkwkwk

      • liat NJKB-nya om, cbr non abs 38jt, ninja 40jt, disini cbr operpret. masak selisih 1 silinder dan 2 silinder cuman 2jt?
        liat on the road-nya, cbr non abs 40jt atau ambil untung 2jt, ninja 47jt atau ambil untung 7jt..

    • klo gitu jgn dibandingkan harga ninja karbu dengan cbr injeksi dong.
      bandingkan entar dengan harga ninja injeksi
      jgn cuma silindernya aja lu itung
      klo harga NJKB ninja injeksi udah keluar, baru lu pantas komen
      (saran…….berpikirlah yg luas)

  31. Saya sebenarnya pemakai sejati ( mulai saya, bini, ipar samapi adik make “S”) karna ketahanan mesinnya… Sayang bukan motor yg laris.
    Mungkin bener juga kata orang2 kalo “S” kaya engga niat jualan motor. Kesimpulannya kira2 “KALO LAKU SYUKUR, KALO KAGA LAKU YAHHH GAPAPA DEH (PASRAH)” ya nyungsep deh penjualannya. TAGLINE suatu produk sebenarnya berpengaruh juga lho, karna bisa menjadi sugesti atau semacam do’a lho. (“H” dg satu hati, “Y” dg semakin didepan).. “S” apa…?
    Saran buat “S” ; pertahankan kualitas mesin, desain dibagusin yg penting lagi HARGA nya tuh yg jgn “OPELPLET” Bial bisa belsaing jualannya…

  32. ninja..oh..ninja…mahal amir dirimu…karburator ja pke mahal katrok boy…kasian tu konsumenmu yg pda lo kibulin..kwkwkwkwk…

  33. Liat permendagri No 23 2011

    NJKB dalam Permendagri ini adalah harga pasaran umum (HPU) atas suatu kendaraan bermotor. HPU adalah harga rata-rata yang diperoleh dari berbagai sumber data yang akurat. Peraturan ini menjelaskan, NJKB ditetapkan berdasarkan HPU atas suatu kendaraan bermotor pada minggu pertama bulan Desember tahun 2010.

  34. PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI
    NOMOR 23 TAHUN 2011

    7. Nilai Jual Kendaraan Bermotor, yang selanjutnya disingkat NJKB, adalah Harga Pasaran Umum atas suatu kendaraan bermotor.
    8. Harga Pasaran Umum, yang selanjutnya disingkat HPU, adalah harga rata-rata yang diperoleh dari berbagai sumber data yang akurat.

  35. kang taufik mohon diperjelas NJKB itu begini-begini….., jangan sampai disalah tafsirkan banyak orang akhirnya membuat BC / fitnah ( ingat lho fitnah lebih kejam dari pembunuhan, apalagi jaman sekarang banyak yang gak berpikir jauh fitnah fine-fine aja untuk mengejar keduniawian, padahal azabnya lebih kejam dari pembunuhan).

  36. berarti KMI lebih banyak ngambil untungnya disini…ane gak nyalahin KMI, sah-sah saja, toh orang jualan baju malah ngambil untung 100%…
    kemarin orang koplak mana yang teriak2 ahaem operpret ngambil untung gak kira2…
    hihihi, pura-pura lupa… dasar munaroh eh munapek…

  37. woh kok bisa ya NJKB ninja lebih murah dr NJKB cbr abs dan selisih sedikit lebih mahal dr cbr biasa… sebenernya keuntungan pabrik tu ngambilnya dr NJKB atau harga dr on the road dgn ratio tambahan yg bervariasi seprt itu… harga on the road bukannya masuk ke dealer atau gmana sih…??? ayo yg mudeng beri pencerahan… :mrgreen:

    • Hmm kayaknya sih Harga Off the road(NJKB+10%NJKB) udah termasuk keuntungan pabrikkan deh. Dan plus-plus nya on the road itu jadi milik negara. Soalnya banyak kendaraan yang dijual off the road(emang pabrikkan gak dapet untung kalau dijual off the road ? :mrgreen:). Kayak moge-moge yang masih off the road, pasti di harganya itu sudah ada keuntungan pabrikannya, karena BBN dan birokrasi lainnya bakal jadi milik negara.

      Jadi dari analisis sotoy saya diatas terbuka bahwa sebenernya bukan Kawasaki yang Overprice, tapi Negara yang bikin harga On The Road Ninja 250 jadi mahal(Dan terlihat juga bahwa CBR 250 ABS Lebih mahal sekitar 4 juta dari Ninja 250 :mrgreen:) . Mungkin jumlah silinder ada pengaruhnya di perpajakkan ? CMIIW ya.

  38. Sabar ya semua, ai betapa dulu buat meng-counter komen FBH dan cb250. Jangan ada operpret diantara kita.

    Bye bye tinja

    Salam one heart

  39. makanya, jangan asal ngejudge suatu produk itu operprett tanpa mengetahui cara menghitung patokan harga on the road nya. mana nih yg dulu bilang cbr 250r operprett? kok pada gak muncul siih? 😀

    • Sorry emang anda tahu rumus mencari harga on the road ? Dan didalam harga on the road itu emang ada keuntungan pabrikkan ? Terus kalau moge-moge yang masuk sini secara off the road emang pabrikkan sananya gak dapet keuntungan ? Kalau anda menjudge Ninja 250 overprice mohon dijawab :mrgreen: kalau lihat dari NJKB diatas sih mahalan CBR 250 ABS. kalau harga on the roadnya bukannya urusan negara ?

        • Setahu saya sih harga yang udah termasuk keuntungan itu off the road. biaya menjadi on the road itu makanan pemerintah, nah sekarag pertanyaannya tinggal kenapa pemerintah bisa bikin selisih harga polos dan layak jalan Ninja 250 agak tinggi dibanding CBR 250. Mungkin ada hitung-hitungan perpajakkan melalui berbagai faktor, jadi harga On The Road Ninja bisa mahal.

  40. Berarti HPU CBR lebih tinggi menurut Samsat.. 😀
    permenkes mendagri no 23 2011

    7. Nilai Jual Kendaraan Bermotor, yang selanjutnya disingkat NJKB, adalah Harga Pasaran Umum atas suatu kendaraan bermotor.
    8. Harga Pasaran Umum, yang selanjutnya disingkat HPU, adalah harga rata-rata yang diperoleh dari berbagai sumber data yang akurat

    • tuh HPU.. harga pasaran desember tahun sebelumnya.. Pantes harga minerva jatuuh.. tapi untungnya pajaknya jadi turun juga..
      Kalo GW250 kan blum keluar tahun 2011 berarti.. tuh sumber cuman dari Suzuki satu2nya.. ada kemungkinan berapa tuuh harganya… 😀 😀

  41. Makasih kang info NJKB-nya…
    Gpp… Ninja 250r dijual makin mahal makin exclusive… Ya yang penting mesin 2 silinder… mo overprice keq… toh banyak juga yang beli… hihihi…

  42. Kalau lihat dari NJKB memang bisa dibilang Ninja naiknya agak tinggi. Tapi buktinya yang beli Ninja gak ada yang merasa tertipu tuh, malah seneng motornya lebih mahal dibanding jagoan AHM. Hitung-hitung biaya buat meng upgrade 3S nya Kawasaki, biar makin banyak dan lengkap. Toh yang puas konsumen juga akhirnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP