Tuesday, 5 November 2024

2014 . . . Race Sport 250 cc Koq Arahnya disinyalir balik ke titik nadir?

26Juli_banner

CBR250_ART#6

Bro sekalian, Tahun depan 2014, Sport 250 cc yang dari awal sudah kita elu elukan sebagai momentum kebangkitan olahraga motorsport roda dua karena paling tidak ada kelas penjenjangan motor full frame yang pas sebelum masuk ke kelas kelas full frame selanjutnya seperti super sport 600 cc seperti kembali ke titik nadir . . . Belum ada Kepastian keikutsertaan Tim besar Honda ART di kejurnas sport 250 cc tahun depan membuat kejurnas ini semakin kehilangan greget

uk460x110_dec13_2

gp-banner-460x110

R25#1

Honda di beritakan akan ambil keputusan untuk bersikap tegas apabila PP IMI kembali mengubah peraturan soal bobot motor untuk race tahun 2014. Kayak apa model “sikap tegas” honda yang di sampaikan Manager Safety Riding dan Motor sport AHM Pak Anggono Ariawan pada edisi cetak Motorplus no 770 belum terungkap jelas karena sifatnya tentu multi tafsir PP IMI sendiri menurut selentingan kabar kembali akan menaikkan perbedaan bobot antara CBR 250R dan Ninja 250 dari tahun 2013 sebesar 21 kg menjadi sekitar 10 kg saja di kejurnas 2014 nanti.

Ninja 250R#30

Wah Gimana nih? Kalo ART Mundur .  . bila tahun kemarin aja kabarnya cuma ada 7 starter pembalap, tahun depan mau berapa lagi starternya? Nunggu Yamaha Siap dengan R25 nya? kemungkinan masih lama, paling cepat prediksi tmcblog 2015 baru yamaha ikutan di kejurnas 2015 menggunakan R25 nya. Padahal Race 250 cc di indonesia punya potensi jadi role model race 250 cc terbaik di dunia jika digarap baik . . . wong bagi beberapa brand seperti Kawasaki pasarnya terbesar di dunia . ..  terlebih lagi jika kedepan Yamaha Rilis R25 dan AHM yang katanya siap menganti platform mesin CBR 250R menjadi … (classified-butuh kunyah kunyah dulu bro) . . . so, bagaimana pendapat mas bro sekalian?

Taufik of BuitenZorg

btw  . . . koq bisa barengan sama HRC ya yang bersikap tegas jika dorna mengubah regulasi tentang ecu motogp tahun depan ? :mrgreen:

157 COMMENTS

  1. di 2014 R25 kan rencananya mau di turunkan di tengah” kompetisi kang sekalian uji coba
    tahun 2015 baru ikut full race

  2. Hore Honda ga ikut Race….(Klo ga berani jangan ikut….jualan metik ajah sana… !!!! )
    Biarin ajah yg race Yamaha vs Kawasaki…. Honda kelaut ajah…

  3. IMI emang ga pernah serius majukan balapan nasional dari dulu….dana banyak tapi enggan bikin sirkuit internasional yang layak…kapan majunya..?

  4. ngahaem pengen menang sendiri, menurut ane ini balapan dagelan, masa ninin disuruh bawa barbel atau karung pasir? yg bener aja bos

  5. Biar adil…..semua hrs pakai 2 cylinder….ya….biar nggk ada palu gada nempel dikawasaki……hkhkhk….jika masih ada yg pakai 1 cylinder…dipastikan ribut mulu…..

  6. AHM yang katanya siap menganti platform
    mesin CBR 250R menjadi ..

    ==============================

    Menjadi aph mas??

    Beritanya setengah2 nie, bikin penasaran ..

    *tepok jidad ..

  7. awasss….kompor meledukkk lagi..
    mungkin kl selisih bobot antara honda dan kawasaki hnya 10 kg, jadinya cbr ga juara lagi…

  8. ya kalau memang professional sih, harus dbuktikan, kalau peraturannya memang bkin gak fair. jgan cuman ngancam ogah ikut doank, bisa saja CBR250 ttp bisa menang kan? itulah tantangannya. kalau cuman soal aturan gini aja udah ogah2an ya udah berarti gak professional

  9. cbr twin cyl dateng belakangan, setelah mengamati kekurangan N250 dan R250. jadi intinya jagoan dateng belakangan, kayak di pilem2 hollywood 😀 😀 😀

  10. mantab 21 kg..besok ane mau lomba lari sama kmbaran ane ..tar kmbaran ane di suruh bawa tong gas 21 kg….semoga aja kmbaran ane bisa lawan ane

  11. honda takut kalah…namba beban itu bisa membuat ninja kehilangan keseimbangan jd sulit bikin manuver di belokan….kalau ingin menang jangan curang dong honda…kalau ga mau kalah jangan tanding…

  12. gak papa koq.. peraturan diubah2 supaya balapan tambah seru..

    di motogp ato di F1 juga begitu.. paling2 tim partisipannya yang ngeluh2.. ini sich wajar..

    intinya..
    kalo mo balapan ikut aturan gua.. kalo gak mau.. kelaut aje..bikin balapan sendiri aje sonooo…

  13. kalo bobot di kurangi mah sambil boncengan juga menang

    bukan 6 detik lagi, tapi 3 kecamatan sambil boncengan

    makanya jangan JOMBLO!!

  14. tggu aja r25. yamaha bikin motornya pasti ga asal2an. basenya pasti racing. honda emang ga dimana mana mau nya pengin menang sendiri. 21 kg ya jelas ngerusak balance si ninin. jelas aja masuk tikungan kelimpungan. keluar tikungan akselerasi ketahan. gmn ga menang itu cbr. uda di indo kejurnas e r25vs n250 aja. itu honda mau ikut kaga terserah. yang jelas no weight penalti

  15. Ya gitulah.. harusnya ga usah ada aturan berat motor!! biar keliatan siapa pemenang 250cc sebetulnya!!! klo motor 2 silinder suruh manggul barbel 1 Ton biar kalah sama motor 1 silinder ya sapa yg mau..

  16. hahahaee…..

    bobot ninja lebih berat dengan alasan 2 silinder powernya lebih besar, tapi torsi yang lebih nampol di cbr kompensasinya untuk ninja apa…?
    disitulah liciknya honda, dengan bobot seperti itu pwr mungkin imbang, tapi honda tetap dapat keuntungan di torsi yang lebih nampol tanpa konpensasi apapun….

  17. tukang_gorenganon Desember 31, 2013 pada 11:07 am

    cbr twin cyl dateng belakangan, setelah mengamati kekurangan N250 dan R250. jadi intinya jagoan dateng belakangan, kayak di pilem2 hollywood
    ………………………………………………………………..
    Bener bro, soalanya insinyur honda terutama insinyur ahm g bisi bikin motor yang wah, bisanya nyontek kanan kiri dulu (new blade, cb150, menyusul new revo fi dan nanti cbr 250 dan 150). Itu juga alasanya kenapa new tiger 250 g nongol2 karena nunggu new scorpio 250 dulu untuk d contek.

  18. kawasaki si raja motor sport mau aja dikadalin sama honda si raja matic … kalau ga salah penempatan beban itu musti dihitung lagi geometrinya … apa semudah itu?

  19. Dual piston ninja 250 tnagax brp sih?
    Single piston cbr 250 brp?
    Apa kyk Superbike aja yg pke 2 silinder tp dksh kompensasi 200cc jd 1200cc kyk ducati..
    Yg lain (honda,yamaha,suzuki,kawasaki) 4 silinder cukup 1000cc aja ya??
    Regulasine WSBK piye se rek? Ga paham aq..

  20. CBR 250 ikutan kelas bebek ajah….
    Masa cm lawan ninja 250 aja takut….
    Dasar mental motor pecundang…
    parahnya lg blm balapan udah menyerah…

  21. klo menurutku kan biar adil bro…
    dmn2 juga 2 clyn vs 1 clyn ya ga adil lah… menang 2 clyn kmn2..
    mending klo mau rame bikin peraturan seadil2nya toh kmaren si kawasaki mau aja tuh di kasi barbel…
    klo mentok2 ga adil juga peraturanya,ya tinggal bikin kujuaraan yang spek sama aja biar ga ribet ( asumsi ) toh motoGP aja masi ribet aja padahal dah sama… si dorna juga dongo masa ECu mau di ratain terus tar masing2 pabrikan mau jualan apa klo juara?? toh speck sama rata rasa kacang ga ada yang bisa di banggain dari motornya….tujuan pabrikan kan jualan.

  22. Klonengan fby, coba lihat saja regulasi di WSBK. bandibgin ducati yg 2 cyl vs yg lainya yg 4 cyl. Baik kapasitas ato bobot mongtornya. Di IRS sini cbr hanya dapat untung bobot. Kalo mengacu dan di setarakan spt di WSBK akan tambah sulit yg 2cyl menang. Krn kapasitad 1cyl berarti boleh upgrade hingga jd 300cc…

  23. …cbr paling jadi 300, klo jadi 2 sil kayaknya ngak mungkin, klo jadi 300 kan cuma ambil dari line yg di jokul di amrik, rebes… 😀 .. klo itu baru adil… nah masalah kawasaki mau ngak begitu..???… klo kalah lagi alesan nya beda CC… klo begitu ya tepuk jidat wae sambil bilang : tape dech…

  24. wkwkwkwkwkwk
    giliran CBR250 menang dikejurnas 250cc, yang namanya perbedaan kelas pembalap serta oprekannya tidak diributin.
    Tapi giliran CB150R kalah laptimenya sama sport SOHC, baru dah pada ngeles perbedaan kelas pembalap serta oprekannya….

  25. katanya CBR motor paling kenceng se alam semesta, tapi kok takut balapan? wakakakak…
    padahal lawannya semua pabrikan gurem.

  26. 80. jaos pada – Desember 31, 2013
    Klonengan fby, coba lihat saja regulasi di WSBK. bandibgin ducati yg 2 cyl vs yg lainya yg 4 cyl. Baik kapasitas ato bobot mongtornya. Di IRS sini cbr hanya dapat untung bobot. Kalo mengacu dan di setarakan spt di WSBK akan tambah sulit yg 2cyl menang. Krn kapasitad 1cyl berarti boleh upgrade hingga jd 300cc…
    —————————————————————————————
    tapi berat nya sama om…
    kalo regulasi berat dipertanyakan berarti kudu berkiblat ke SBK…

  27. Yaudah ambil jalur tengah aja ngikutin rule WSBK yg 4cyl 1000cc 2cyl 1200cc, nah ninja kan 2cyl 250cc cbr 1cyl bore up 300cc, adil donk jgn ngebacot lagi soal bobot kalo peraturan bobot udah diilangin, tar nyerocos soal kubikasi lagi emng pada kgk ngotak nih penboy smart yg dongok

  28. Jaringnya rapet

    Yaudah ambil jalur tengah aja ngikutin rule WSBK yg 4cyl 1000cc 2cyl 1200cc, nah ninja kan 2cyl 250cc cbr 1cyl bore up 300cc, adil donk jgn ngebacot lagi soal bobot kalo peraturan bobot udah diilangin, tar nyerocos soal kubikasi lagi emng pada kgk ngotak nih penboy smart yg dongok

  29. Saya kira sekarang 8kg ternyata masih 21kg next jgn dicampur dah ninja sama r25 dengan cbr balapan di irs bisa dizholimin terus

  30. di moratorium aja balapnya nunggu r25 siap. soalnya honda paling cocok balapan omr doang. tinggal dilihat aja laptime-nya.
    biar honda ngirit juga coy. nanti cuma oprekan piggyback sama knalpot.

  31. Deltabox bolong juga masih mending coy dimaklumin pemakaian udah bertahun – tahun , lah Cibi baru 3,5 bulan udah rompal mesin nya wkwkwk

  32. 73. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – Desember 31, 2013

    ikut aturan superbike ajah….
    CBR jadi 300cc n ninja tetep 250cc, TB sama, smua spek sama, dan berat juga sama.
    😀
    ……………………………………………………………………..
    kok kali ini ane setuju yaa 😀

  33. huuuu… kacangan….
    kalo memang mesin cb250 hebat,,, seperti yg di gembar gemborkan orang hondo…
    ngapain harus memberatkan bobot lawan…
    ya tho….

    muehehehehe

  34. hahaha….kasus lama diulang2 pada belagak bego… dari awal udah disuruh milih, cbr boleh naik cc apa kurang beban ? itu team kawasaki koplak milih yg beban dan beritung sama2 untuk posisi berat masing2 dan deal… ngeliat hasilnya diluar dugaan, kawak jilat ludah muter2 bacotannya… kata gw sih, ladenin aja kawak minta 10kg…. berih aja beriihhh…. korekan cbr jg belom maksimal kan….

  35. yang namanya balapan yaa harus ada regulasi yang di sepakati bersama…teruzz salahnya dimana ❓ team kawazaki yang ke pedean atau team honda yang smart dan atau barangkali para fb2nya yang smart operdosis ❓ plizzdehh xixixixiii

  36. ninja 250 standard dealer vs cbr 250 standard dealer adu di sentul kecil, ngga pake ngurangin berat2an dah…langsung adu…dah gitu aja…

  37. mestinya sih, yg 2 cyl bacotannya bisa gagah misal bilang gini : itu yg 1 cyl boleh kurangin beban 50kg + di voor 5 detik pasti gw libas… ini mah malah minta beban sama…2 cyl pekok…hahahahahaha

  38. 73. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – Desember 31, 2013

    ikut aturan superbike ajah….
    CBR jadi 300cc n ninja tetep 250cc, TB sama, smua spek sama, dan berat juga sama.
    😀
    =============================================
    nah ini setuju
    masalah bobot itu vital terutama untuk pengereman
    seninya balapan itu ada di Late Braking
    jelas yg bobotnya lebih berat dirugikan kalo mau Late Braking
    ban juga lebih cepat habis

  39. cbr buat balapan ga ekonomis lawong ms sak emprit,cbu dari thai lagi
    tekor bandar lah ahm
    wong peraturan ga diubah aja honda mo keluar dari irs abis gada yg beli cbr

  40. 115. scnk – Desember 31, 2013

    yang namanya balapan yaa harus ada regulasi yang di sepakati bersama…teruzz salahnya dimana ❓ team kawazaki yang ke pedean atau team honda yang smart dan atau barangkali para fb2nya yang smart operdosis ❓ plizzdehh xixixixiii
    ==================

    kalo niru kata-kata FBH sih yg penting MS 😀

  41. Paling mungkin naikin kapasitas mesin
    Paling HEBOH ya ” platform 2 cylinder” entah itu konfigurasi “V engine” atau “inline 2”
    Paling GOKIL ya 4 cylinder inline
    aduh pusiiing

  42. Kalau mau adil, ahm tinggal buat motor 250sese 2 cyldr.
    Kan bs pakai basis mesin supra 125 galon in, tinggal gabung diikat lakban atau rafia, kalau mau rapih pakai double tape, kan jd cbr 250 2clyd.
    Ekekekeke

  43. Salam 6 detik, klothok2, konde, karat & tutup tangki njendol…..

    Mending ngAhaem bikin ajang balap karung aja sambil sebar brosur matic paling irit 1 lt 100 kilomoncrot…

    Ngoooaaahhhhh…..

  44. pernah baca d warung nya si mbah dukun,dgn tekhnologi yg sama,ninja sulit buat mengalahkan cbr,trus apa yg d takutkan ahm sbnr nya 🙄

  45. Di MotoGP, Dengan beban Tangki Penuh BBM aja Rider udah sulit untuk handling Motornya, Ini dikasih lagi 21Kg untuk motor 250cc lagi. Yang jelas pengaruh itu Handlingnya yang berakibat juga ke Umur Ban yang lebih Cepet Habis karena Traksi Roda jadi ga Balance, Apalagi Motor itu sudah dihitung Titik Gravitasinya dalam keadaan normal untuk kestabilan handling, dengan handycap 21kg yang ga tau ditaruh dimana, jelas merubah titik gravitasi motor yang juga merubah karakter motor secara signifikan.

  46. Yang di adu standaran pabrikan aja.. Yg d jual jg standart.
    Giliran bwt race d oprek2, kenceng bo’ongin publik, teknologi motor2 balap Gp.mana yg nurun d pasaran yg sama kencengnya? Giliran yg d jual gigi startr rompal lah,

  47. emangnya yamaha punya motor 2 silinder ya?
    bangun woy! itu masih mimpi!
    yg ditunggangi rossi juga gak ada bukti r250 bisa jalan mandiri. hoax tuh.
    bisa jadi masih hrs nunggu 1 2 tahun lagi.

  48. Berat ninja 250fi: 172kg
    Berat cbr 250: 161kg

    Berat beda 11kg doang tapi minta dispensasi sampai 21kg.. 10kg lagi nya kemanaaaa… Ketauan curangnya

  49. @ 141. Gaban – Desember 31, 2013
    Berat ninja 250fi: 172kg
    Berat cbr 250: 161kg

    Berat beda 11kg doang tapi minta dispensasi sampai 21kg.. 10kg lagi nya kemanaaaa… Ketauan curangnya.

    ======================================================

    Itu kan berat standar Bro… Setau saya yang namanya handy Cap saat scrutineering itu, Berat kering setelah aksesoris kaya headlamp, standar, sein dan lain-lain dilepas ditambah cap 21kg. jadi kalo berat standar Ninja 172kg dikurangi aksesoris dsb kira2 5kg Netto sekitar 167 + 21kg total 188kg.

    Begitu juga CBR250, 161kg dikurangi aksesoris sekitar 5 kg beratnya jadi sekitar 156kg tanpa handycap.

    tapi yang paling penting adalah handling yang jauh berubah, kalau balap Mobil, untuk mobil yang terlalu mendominasi juga ada handycap semacam ini bahkan handycap bisa lebih dari 100kg, tapi mobil banyak kompartemennya, jadi distribusi bobot mobil lebih mudah diatur daripada di motor. dengan keterbatasan ruang pada motor,

    jadi di motor handycap 21kg meskipun hanya berbentuk logam dengan ukuran 20cmx20cmx10cm tetap akan sangat berpengaruh ke handling.

    urusan dengan Power, Torsi dan akselerasi itu lebih mudah diatasi oleh para tuner, tapi urusan Geometri rangka, titik gravitasi dan traksi roda itu perlu waktu lebih lama dan lebih sulit untuk mengatasinya.

  50. kl selisih di irs udh smp 20 detikan antara cbr sm ninja, aplg yg menarik buat di tonton? yg jelas imi hrs tegas lah, mo balapan y ikutin rules, kl g, y silahkan aja out! toh tujuan adanya irs 250 bkn cm buat bgn image kenceng motor pabrikan tertentu n jualan aja, tp jg buat majuin balap n pembalab Indonesia spy lebih kompetitif.

  51. R15 dan R25 datang siap2 motor2 sport honda abal2 semakin dipencudangi di sirkuit.

    Salam 6 detik perlap dari Sohc overstroke teknologi mocingp

    Salam DOHC itu pararel engine bukan Monokotil berbiji satu

  52. Kalau NVL yg cuma 5 speed vs DOHC 6 speed. Terus panitia IRS kasih beban 21kg untuk si dohc pasti para fbh komplain mewek nangis guling2 ngak fair dan ngak mau ikutan lagi

    Salam 6 detik per lap dari sohc overstroke teknologi seruling mocingp

  53. 148. Pugman – Januari 1, 2014
    Itu kan berat standar Bro… Setau saya yang namanya handy Cap saat scrutineering itu, Berat kering setelah aksesoris kaya headlamp, standar, sein dan lain-lain dilepas ditambah cap 21kg. jadi kalo berat standar Ninja 172kg dikurangi aksesoris dsb kira2 5kg Netto sekitar 167 + 21kg total 188kg.

    Begitu juga CBR250, 161kg dikurangi aksesoris sekitar 5 kg beratnya jadi sekitar 156kg tanpa handycap.

    tapi yang paling penting adalah handling yang jauh berubah, kalau balap Mobil, untuk mobil yang terlalu mendominasi juga ada handycap semacam ini bahkan handycap bisa lebih dari 100kg, tapi mobil banyak kompartemennya, jadi distribusi bobot mobil lebih mudah diatur daripada di motor. dengan keterbatasan ruang pada motor,

    jadi di motor handycap 21kg meskipun hanya berbentuk logam dengan ukuran 20cmx20cmx10cm tetap akan sangat berpengaruh ke handling.

    urusan dengan Power, Torsi dan akselerasi itu lebih mudah diatasi oleh para tuner, tapi urusan Geometri rangka, titik gravitasi dan traksi roda itu perlu waktu lebih lama dan lebih sulit untuk mengatasinya.
    ———————————————————————————-
    nah makanya mw gak mw CBR pake mesin 300cc, berat, TB smua sama jadi adil kan…

    kalo di SBK bukannya begitu?

    CMIIW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP