460x110_april

uk460x110feb

with_puig_nakamoto

Bro sekalian, seperti Kita ketahui, tahun 2014 ini adalah pertama kalinya Alberto Puig lepas dari anak didik kesayangannya yakni Dani Pedrosa. Lepasnya Pedrosa dari Puig terlihat sudah efeknya ke Pedrosa, Nih Pembalap Repsol Honda No 26 jadi sedikit banyak ada sense of Humor nya, sering terlihat relax dengan tertawa, senyum dan lain lain . . . emang segitu streng nya Puig ? . . . Cekidot deh wawancara tmcblog dan rekan rekan jurnalis yang bersama Shell Advance mewawancarai secara keroyokan Super Coach Gelaran Asia talent Cup, Alberto Puig yang dilaksanakan persis setelah race Pertama Usai di Losail Qatar beberapa pekan yang lalu . . . bagaimana impresinya setelah race pertama ?Β  ya gini deh hasil kerja keras ngertiin apa yang puig katakan, englishnya english spanish githu deh ..mumet πŸ˜€Β  . ..Β  . .. cekidot

banner-440x100 (5)_mar

banner-460feb14

SAATC_race_001 (2)

tanya : Apa yang ada dapat pelajari dari Gelaran Seri Pertama SAATC 2014 ini ?

AP: Mereka harus lebih . . . Kau tahu, Orang asia harus mengubah mentalitasnya sedikit, Mereka itu terlalu ‘sopan’ kadang kadang, mereka harus bisa lebih agrresive seperti rider Eropa. Mereka (rider SAATC) mesti tahu itu dan mereka harus mengubahnya di sini (SAATC)

Tanya : Maksud mu harus lebih berani?

AP: Bukan Bukan berani, Tapi mentalitas, mereka harus lebih kuat dari dalam diri mereka sendiri, mereka harus memiliki semangat juang

puig

Tanya : Bagaimana tentang pembalap (SAATC) jepang?

AP: Karena Jepang memiliki banyak pengalaman dan tradisi balap yang lebih dibandingkan Indonesia, Malaysia, china . . . Mereka selangkah lebih di depan

Tanya : Bagaimana tentang pembalap Malaysia

AP: Well, Mereka harus terus mengembangkan/ memperbaiki diri, mereka harus kerja keras, mereka harus mengerti bahwa mereka memiliki potensi, jika mereka menggunakannya (potensi) mereka bisa, Jika mereka nggak menggunakannya mereka akan pulang

hammar1

Tanya : BagaimanaΒ  tentang riders Indonesia

AP: Cerita yang sama (dengan Malaysia) seperti yang telah saya kasih tahu kamu, mereka harus mencoba memiliki semangat juang, mereka harus lebih sering menggunakan motor, Saya menganggap setiap mereka mengendarai Motor (NSF250R) mereka sedang belajar. Akan tetapi Mentalitas hanya mereka yang bisa ubah sendiri. Mereka harus kuat dan mereka harus sadar bahwa Balap adalah Olahraga yang keras, (Balap) bukanlah Guyonan. Jika mereka mau lebih Kuat dan menjadi pembalap yang baik mereka harus (punya spirit berjuang) seperti Hewan. Jika Nggak mereka nggak akan bertahan

Tanya : Apa yang kau lihat dalam pencarian pembalap bertalenta

AP : Kau melihat Potensi, talenta dan semangatnya

Tanya : Bagaimana bisa melihat Potensi dan talenta

AP: Jika Talenta dan potensi ada kau akan dapat melihatnya, sangat sulit untuk menciptakan talenta dan potsnsi dari nol. Jika Kau menemukan talenta danpotensi kau dapat mengembangkannya dan membuat menjadi lebih baik. Jika nggak ada talenta dan Potensi, Nggak ada yang bisa kita lakukan

Tanya : Bagaimana tentang Pembalap SAATC, Siapa menurutmu yang paling bertalenta?

AP: Untuk sekarang terlalu dini untuk membicarakan hal itu

Tanya : Pada akhir musim, kemana pembalap akan pergi?

AP : Saya Nggak tahu, kita sedang dalam awal musim, mungkin saja mereka akan pulang ke rumah

Tanya : akan kah ke red Bull rookie cup?

AP: jika mereka nggak siap, mereka akan pulang kerumah, Jika mereka tidak melakukan performa yang baik mereka nggak akan pergi ke(sana)

Tanya : Jika mereka perform?

AP: Kita nggak akan pernah tahu, mereka harus menunjukan potensi dulu, jika nggak baik mereka akan pulang kerumah dan melihat balap dari TV. Jika mereka bagus, kuat, sangat kuat . . MUNGKIN saja mereka akan mendapatkan kesempatan itu (red Bull rookie cup). Ini nggak bakalan jadi sesuatu yang mudah Bagi mereka. ini bakalan sulit

SAATC_race_023

Tanya : bagaimana tentang Pembalap wanita Dari Thailand

AP: Ya, sangat sangat Impresive

Tanya : Jika saja, ia perform bagus, apakah motogp siap untuk pembalap wanita?

AP: Percakapan ini nggak ada artinya ( weks galak amat om). Saya nggak tahu apa yang akan terjadi pada akhir musim. Sya nggak tahu akan kah ia akan perform bagis. Yang saya Lihat sekarang hanyalah jadwal balap SAATC selanjutnya di Indonesia untuk melihat apakah mereka akan bisa lebih baik. akhir musim adalah akhir musim

Bisa kita lihat betapa tegasnya Alberto Puig dalam menjawab setiap pertanyaan kami, nggak ada ruang untuk ber-polite polite ria :mrgreen: . . . sungguh buat tmcblog adalah sebuah pengalaman berguna sekali bisa mewawancarai seorang hebat seperti alberto puig . ..Β  dan tentunya ada banyak pesan dan lesson learn dari pernyataan pernyataan tegas alberto diatas tentang pembalap pembalap asia, kenapa jarang yang punya prestasi mencorong seperti para pembalap dari benua lain . . . semoga wawancara diatas dapat menginspirasi, memberi lecutan semangat dan berguna

Taufik of BuitenZorg

English version

—————————–

Casey : What do you learn about SAATC

They have to be more, You know what . .Β  Asian People they have to change the mentality a little bit . . . They are too polite some time, they have to be more aggresive like european rider, they must understand and they must change here ( SAATC)

TMCBlog : You mean have to be more Brave?

No . No Brave . . . Mentality, They have to be more strong Inside, they have to try to have a fighting spirit

Casey : what do you think about japanese rider

Because japanese have more experience and have more tradition for racing than indonesia, malaysia, China so they are a step ahead

Casey : what do you think about the malaysian Rider

Well they need to improove,they need to work hard, and they need to understand that they have any potential. If they take it its ok, if they dont use it then they will go back

GT : about the Indonesian?

Same story, as i’m telling You, they have to try to have a fighting spiritm, and they have go on the bike, have more races, and i call every time they rode the bike they were learning. But the mentality is something that they can only change. They Have to be strong and they have to understand that racing is a though sport. Its not a joke. If they want to be come strong, and good riders, they have to be animals. If no they will not survive.

Casey : What do you look for when do you search for a good talented rider?

You look for potential, you look for talent, and you look for spirits

Casey : How Doyou look for potential and talent

If the talent is there, the potential is there, you will see, if not its very difficult to create talent and potential out of nothing. If Ypou find talent and potential, you can work with it to make it better. but if there is no potential and talent . ..Β  nothing to do

TMCblog : What about the (SAATC) Rider, which one do you choose for most talented asian rider?

for this moment is too early to talk about

GT : At the end of the season, where will the riders go after this?

I dont know, we are the begining of the season, may be they will go home

GT : I meant they will go to Redbull rookie cup?

if they not ready they will go home, if they dont perform correctly they will not go

GT : If they perfect?

we will never know, they must show potential, if they not good they will go back to house and they will see the race from the TV. If they are good, they are strong, but very strong, MAYBE they will have that Chance. Its is not going to be easy for them. Its going to be difficult.

Philipine Journalis : The Thai Female Rider ( Muklada Sarapuech )

Yes Very very Impressive

Philipine Journalis : Lets say she does well, motogp ready for female riders?

This conversation have no meaning, I dont know what will happen in the end of the year, i dont know if she will perform well, I Only thing for next race in Indonesia to see they Can Improove. end of the year is end of the year

 

 

 

 

 

 

64 COMMENTS

    • Bule : profesional
      Asia : personal

      Pengalaman kerja dengan expat Bule dan expat Asia.

      Bule : mental profesional. Kalau ada permasalahan di kerjaan tidak akan berpengaruh di personal.

      Contohnya : ane pernah kerja di perusahaan Perancis. Bonus ane pernah tidak dibayarkan lebih dari 6 bulan. Di bulan ke-7 ane bilang sama Boss ane (orang Perancis) kalau ane mogok kerja sampai bonus dibayar. Boss ane ngerti tapi tetap kalau makan siang makan bareng, ngobrol-ngobrol, dan kalau pulang kantor tetap pamitan (ane tetap masuk kantor tapi nggak mau ngerjain kerjaan kantor).

      Kalau Asia … wuuuu, permasalahan kerjaan jadi ikutan merusak personal.

      Kembali ke balapan, yang kelihatan di media adalah ngototnya para pembalap di lintasan bahkan mungkin komentar mereka terhadap lawannya di lintasan.
      Tapi kalau sudah lepas semua atribut balap, semua jadi teman ….

      Guest
  1. Pembalap “Sopan” kalo d overtake monggo mas duluan aja… Ora apa apa kula mah ning guri bae jeh…

    Guest
  2. Tipikal bule, amat logis. Bener sih Kang, percakapan diatas ga ada artinya kalo dari sisi dia, toh kita ga ada yang bisa menebak masa depan. Coba liat jurnalis bule kalo nanya hanya pada hal hal logis, motomatters misalnya. Tapi tetep, thumbs up buat kang Taufik!

    Guest
  3. Galak ya…

    Kalo menurut saya bukan masalah kesopanan, tapi lebih kebiasaan. Orang Indonesia belum biasa bawa sport apalagi prototype. Keseringan bebek, makanya kalo balap bebek bisa beringas banget. Saya juga berani deh pegang orang Indonesia kalo balapnya pakai bebek biarpun diadu sama orang Eropa juga πŸ˜€

    Guest
  4. kalo dirumah mereka kebarat2an lho, tapi begitu diluar negeri kok malah agak ketimur2 an, diluar sono memang barat beneran, mental pembalap memang garang dilintasan, wajib!

    Guest
  5. bukan nya jagoan pembalap indonesia ya?
    lamer aja di tabrak,,
    naek trotoar,,
    lawan arah,,
    ada celah dikit antara bus ma truk,, terobos terus,,
    belok mo masuk gang aja dah rebah2..
    apa lagi ? ada yg bisa tambahin?

    Guest
  6. byuh…pantes dani pedrosa ma stoner gak banyak bacot….puluhan tahun dididik ma orang “anyep”…ngoahaha!!!!!

    Guest
  7. AP sepertinya salah analisis data tentang arti “sopan” bagi rider asia tenggara khususnya Indonesia!…ini semua bukan soal Sopan dan tidak sopan tapi lebih soal kesempatan dan kesempatan!!! soal mental mungkin faktor kebiasaan, anak bule lahir dan besar di sini mentale yo katut wong kene tho ya :)…., tapi soal spirit dan talenta…rider Indonesia kalo dapet kesempatan mirip rider eropa…jo takon!…lebih bringas dan sangat “tidak sopan” πŸ™‚

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.