Tuesday, 12 November 2024

Honda RCV Marquez pake Ride By Wire Khusus ?

460x110_ok

440x110_9

marc_throttle

Bro sekalian, akhir akhir ini Marquez jadi bahan sorotan . . . 6 kalo Pole possition dan 6 kali Podium satu di 6 race MotoGP buat marquez adalah sebuah kegemilangan karir di awal musim ke duanya di MotoGP. Sampai sampai di Sirkuit dimana sebelum ini Jorge Lorenzo selalu kuat yakni Sirkuit Mugello marquez dengan berjibaku melawan Kondisi ban depan yang nggak sempurna bisa mengatasi Sang Juara dunia MotoGP 2012 dengan beberapa kali mengadopsi teknik slipStream di straight Mugello . . . banyak pertanyaan dan Skeptisisme muncul . . . Itu yang keren Marquez apa Honda Nya? apa bener Motor Honda RCV marquez dibedakan dari Motornya Pedrosa? Simak deh Pembicaraan TMCblog dengan david emmet Jurnalis Motomatters.com . . .

banner-440x100 (5)

banner-460feb14

emmet

TMCBlog : Hi David, Banyak fans MotoGP di negri saya membicarakan mesin Motornya Marquez. Apakah benar RCV nya Marquez menggunakan teknologi Ride By wire ( RbW) Yang Khusus? Maksud ku RbW yang khusus bahkan dibandingkan dengan rekan satu timnya , Pedrosa.

David Emmet : Tidak, Itu tidak benar. Ada 2 hal Yang Pertama adalah Sensor Torsi. Honda Sudah menggunakannya dari tahun 2011 atau mungkin lebih

David Emmet : Throttle Marquez dan Pedrosa keduanya menggunakan Ride By Wire, Untuk Marquez Sensornya berada di handlebar, sedangkan Untuk Pedrosa berada di fairing

David Emmet : Perbedaan antara Keduanya hanyalah masalah ‘ feel’ . (seperti juga inti dari Ride By Wire) Cara kerja throttle nya nggak langsung ( betottan gas langsung ke bukaan throtel body) namun bukaan gas di deteksi oleh software ( lalu diukur/dihitung/ didasarkan parameter lain )

David Emmet : Yamaha dan Ducati Memiliki Sistem YANG SAMA PERSIS , tapi tidak sensor di handlebar

TMCblog : Sensor di handlebar? maksudnya sensor yang langsung membaca push atau pull dari Throttle? atau hal lain?

David Emmet : Persis seperti itu, Ketika Rider membetor throtel buka atau tutup, sensor akan mengukur berapa bukaan atau tutupan nya

TMCblog : Dan bagaimana Sensor itu nggak ada di Motor Pedrosa, apakah Pedrosa Nggak menginginkannya? a

David emmet : Pedrosa Tidak menginginkannya, Rasanya agak sedikit beda. Model lain dengan ‘cable to Fairing’ (tmcblog masih mencari tahu bentuknya kayak apa) lebih terasa seperti throtel konvensional

David emmet : Ini hanya masalah ‘rasa’ tidak lebih

Vale_throttle

Saat pertama kali tmcblog dengar rumor bahwa Marquez seperti diberi Motor beda dari yang lain yakni Ride By Wire . . . jelas tmcblog bertanya dalam hati . ..  Mosokk iyahhh . . . Ride By Wire kan bukan barang ekslusif lagii?? Motor jalanan Sekelas MV Agusta Brutale 675 aja sudah menggunakannya. dan ternyata bener . . . patut dicatat . . . Semua Motor Pabrikan Sudah menggunakan RIDE BY WIRE . . . jadi tidak ada kekhususan motornya Marquez saja yang menggunakan Ride By Wire semua pakai Ride By wire . . . bahkan Motornya valentino Rossi sendiri

jadi sebenarnya kayak apa sistem yang dipakai Oleh Marquez ini? Oke yang pertama kita harus setuju dulu bahwa Marquez, Pedrosa, Lorenzo, Rossi, Dovizioso, Cruthchlow semua pakai Ride By Wire . . . Ride By wire sendiri artinya adalah bahwa pengendalian bukaan/ penutupan klep kupu kupu pada throttle body tidak lagi langsung seketika saat kita membuka atau menutup grip gas. Bukaan gas akan diukur oleh sensor dulu lalu hasil pengukuran diolah oleh ECU beserta parameter sensor lainnya ( tekanan, suhu, dll) yang hasilnya akan berupa berapa bukaan throttle body dan berapa semprotan bensin yang di semprotkan Injector . . . jadi nggak langsung

pedrosa_throttle

yang kedua yang membedakan antara Marquez dan Pedrosa (juga Lorenzo-Rossi-Dovi) nya adalah sistemnya . ..  jadi gini . . . Kalau Motornya marquez Sensor Throttle nya di handle bar. sedangkan di Motor Pedrosa-Rossi-Lorenzo-Dovi  . .. dari handle bar tetap pake kabel gas . . dan kabel gas itu ujungnya barulah nempel di sebuah sensor (biasanya berupa gauge) yang fungsinya SAMA PERSIS seperti sensor pada Motornya Marquez . . . intinya adalah mau Motornya Marquez, Pedrosa, Lorenzo, Rossi, Dovi . . . sama  . . . pake sensor ini juga, cma letak dan sistemnya doang yang beda

Oke yang kedua adalah Coba kita dulu dudukan masalah ini ditengah  . . . Saat Umum menemukan perbedaan jenis kabel throttle di Motor nya Marquez, memang Manusiawi akan curiga . ..  namun Setahu tmcblog setiap kali race dilangsungkan dan bahkan pernah tmcblog saksikan langsung di Losail dulu, ada yang namanya petugas teknis dari Dorna yang selalu mengecek semua parameter motor. Logikanya Para petugas ini punya kekuasaan untuk mengetahui segala hal printilan yang menempel di Motordan Sangat Nggak Mungkin kalo mereka nggak tahu hal hal semacam itu. . . . Lagi Pula Motor baik pedrosa dan Marquez kan di seal . . . dan harus identik !! ( silahkan baca artikel tmcblog yang dulu soal open class- factory class)

hehehe 6 kalo pole possition, 6 kali juara memang kadang bikin orang bertanya tanya . . . koq bisa mudah gitu marquez? hehe  nggak heran Bukan di Indonesia saja koq . . . coba cek deh tulisan bernas kevin Cameron saoal orang orang yang mensinyalir Hanya Motornya Marquez yang dipasangi Torgue Sensor . . . hehehe di jawab juga tuh sama kevin Cameron . . . bahwa Barang macam Tourque sensor juga bukan barang baru lagi . . .  yap memang tarik ulur soal kecanggihan dan elektronik, banyak yang beropini bahwa MotoGP sekarang sudah nggak Murni balap, elektronik bekerja begitu dominan . .  menurut tmcblog itu mungkin dikarenakan ada khusus terhadap faktor keselamatan dari rider .  . Kita tahu Motor prototipe ini cenderung makin kenceng aja tiap waktu . . . kehebatan Manusia untuk mengatasi kecepatan motornya bisakan terus mengatasi?

menarik mengcopy tulisan Kevin Cameron : Do I hear the usual complaint? “Hey, when you let the computer ride the bike, it’s not racing any more. They should just rip out all the electronics.” The factories would answer this by asking, “When your sportbike encounters wet slippery pavement mid-corner, would you like its control electronics ripped out?”

Taufik of BuitenZorg

http://www.cycleworld.com/2014/06/02/torquemeters-and-motogp-racing/

http://www.gpone.com/en/2014050313446/Marquez-from-the-throttle-to-the-joystick.html

 

 

190 COMMENTS

  1. udah baca artikelnya..!
    6x juara beruntun kalau menurut sy skill anak alien lebih maknyuz.. dibanding motornya, terbukti pedrosa motor identik sama masih 11-12 ama team yamaha..!
    kalau marques menang 10x beruntun atau ladecima maka wajib motor marques harus diperiksa teknis bukan hanya dari pihak dorna saja..!

    • mgkn MM93 bakalan mengulang kesuksesan MC doohan kala it mas bro so emang skill & feeling rider sangat menentukan disini selain teknology pada motor yg digunakan

      • Mc Doohan?
        jauh bray, Mc Doohan waktu jadi rookie di tempelengin ama Rainey, Schwantz, Lawson n Gardner.
        sedangkan McDoohan undisputed setelah mereka semua pensiun. lawan paling berat paling Criville n Barros.

        Kalo MM langsung nabokin, Stoner, Pedrosa, Rossi n Lorenzo sekaligus.

        😉

      • Sejak kapan MM tabokin CS?justru MM suksesor dr CS bahkan CS sndr yg merekomendasi nya sndr pd HRC..jd tlg sekali lg kata2 yg krg perlu ga usa di lebih kan,tls secara sepesifik mksd “tabok” yg di tls?ckckck..

      • No name – June 9, 2014
        Sejak kapan MM tabokin CS?justru MM suksesor dr CS bahkan CS sndr yg merekomendasi nya sndr pd HRC..jd tlg sekali lg kata2 yg krg perlu ga usa di lebih kan,tls secara sepesifik mksd “tabok” yg di tls?ckckck..
        ———————————————————
        Liat rekor nya mas bro,.. rekornya sang powerslide di acak2 ama MM93. realita nya pan begitu. sekalian liat laptime nya MM93 dengan CS27.

        *27 = nomor Mike Doohan waktu jadi Rookie di GP500.

      • tdk heran jk MM bisa mmecahkan rekor2 CS, jk gk bisa jusru naif krn kubikasi motornya brbeda CS masih 800cc sdgkan MM sudah 1000cc..jk saat ini ada CS baru bisa dbandingkan krn dg motor yg sama..iya gk bro..

      • Daped,rossi,jolor 1 track waktu race,stoner kapan 1 balapan sama marc?marc ngalahin 26,46,99 mao blg tabok jg bole tp statement pake kata tabok ke stoner rancu,blm lg dr generasi mesin yg beda 800cc n 1000cc,kubikasi mesin naek power mtr dah beda,Alm Marco sgt menginginkan membalap di mesin 1000cc ini krn lebi bertenaga di banding 800 krn ukuran tubuh nya yg terbilang besar..
        Jd dlm konteks apa MM tabok CS?race bareng dlm 1 track saja ga pernah..
        Gw jg penggemar CS n MM,jd tdk ada mendiskreditkan 2 rider tsb cm statement maaf anda yg tdk tepat..

  2. Akhirnya jelas sudah.. Tapi kalau masih komplain tentang motor robot yah.. Baca lagi deh artikelnya pak haji.

  3. sensor ini berupa potensiometer,jaz ane dah pake tuh,hehehe,lebih baik sensor berhubungan langsung dng mekanismenya tidak pake perantara kabel lagi.suka ada jeda.dibalap OMR jazz semua dah pake modul buat ngilangi jeda itu

  4. bener masalahnya bukan karena motor yg lebih canggih, curang atau apa
    tapi karena dari awal Marc gak punya lawan seimbang, karena lawan terberatnya Lorenzo gak kompetitif bermasalah dengan motor dan ban

    • Bermasalah koq terus2an,,
      Tuh karel abraham jg brmasalah bgn motor dan ban
      Itu nama nya pembalap dan team yg letoy
      Smua org jg bisa klo cm alesan ini itu,,ga mengakui kekurangan

  5. Pencerahan lagi ……hatur nuhun wak haji …pagi-pagi sudah dapat ilmu …..jadi kangen motto gp 2 stroke …… yg dominan bukan teknologi , tapi pembalap dan skill nya … Selamat pagi selamat beraktifitas

  6. Smart…. Prsis idola mreka Si Pak Tua.
    Gembar gembor pengen pake motor ‘murni’, tnpa prlu ttek bengek pralatn elektronik… Tu kn motor dlu.
    Emg mmpu naklukkin motor prototype skrg? Ducati yg d asumsikn g bringas 100% ja letoy dy.
    Mgkn alasn dy kmbl k Yamaha adlh krn tu tmpat trbaik bgny, tmpat dmn motor paling bringas & motor paling hitech tk da.
    Pcundang y mmpu mnutupi kpecundangnny dg sgt hlus…. Smart.
    #tp akn sll da yg tw & trtwa… hehe….

    • Pak Tua yang anda bilang pecundang adalah salah satu legenda Moto GP bahkan dunia pun mengakuinya,sedangkan anda???

    • si Pak Tua itu sepakat dengan Stoner untuk menghilangkan piranti elektronik. dan akhirnya Stoner sendiri langsung pensiun kan?

      eniwei, si Pak Tua itu sekarang udah di posisi 2 klasmen dengan beberapa x podium. kalo tahun ini jadi runner up, di usia 35 tahun dengan lawan seperti MM93 itu namanya bagus banget mengingat McDoohan sendiri cuma lawang kroco ketika usia +30 thn an.

      *lawan Schwantz aja keok.

      xixixixi

  7. Hey, when you let the computer ride the bike, it’s not racing any more. They should just rip out all the electronics.” The factories would answer this by asking, “When your sportbike encounters wet slippery pavement mid-corner, would you like its control electronics ripped out

    maksudnya apa ini

    • maksudnya Rider masa lalu itu lebih hebat dari Rider masa kini.
      kalo Rider masa lalu 160-220hp on wheel tanpa elektronik. kalo sekarang ya pake elektronik.

      220hp = NSR 500
      195hp = RGV Gamma tahun 1993.
      160hp = Muz500 dan Proton KR3 tahun 1998

      • ah gak juga… kan gak secepat sekarang.. walau di bikin trial kek pernyataaan situ, dengan daya sebesar/ sama sengan GP 500 kan bisa laptime nya sama kek pake GP 500.. bosen ah koar2 era dulu mulu..

      • @Mechman

        Justru lebih rame era GP500, posisi 1 itu selalu berubah2 sepanjang race, bahkan tim satelit pun bisa maen di posisi depan. kalo sekarang sih dah kliatan siapa yang menang. itu tim CRT/Open Class juga kalo gak dibantu Dorna bakal gak ada. 😀

        kalo tim macem begituan gak ada di grid cuma ada 12 pembalap. era lampau? bisa 40 pembalap.

        xixixixi

  8. yg jd prtnyaan besar bisa gak mm99 depelop mtor kya senior²nya, krna kt tau doi digital boy. ga ada yg salah emg ini eranya digital life,

    • ngapain,.
      kembalikan aja ke definisi awal paling basic dari racer,
      utk itu fokus aj jadi pembalap,.
      seorang pembalap y trkenalnya karena brapa kali dy mrengkuh lambang supremasi kedigjayaan nya bukan bagaimana dya mngembangkan motor
      karena yg mlakukan pngembangan udah ada yg urusin sndiri
      siapapun saya kira sepakat dgn itu
      klw mw d banding2 in dgn si VR ya silakan
      asal gak ada tenensi merk garpu dan sayapnya aja yah.
      it doesn’t really matter,.
      the thing does matter is, how you make a record every time you ride the bike, be a winner and finally become a champion of the session.
      that’s all what it needs to be a legend in term of racing campionship.
      btw imho dalam periode tertentu di masa keemasannya bahkan VR pun juga nobody without J Burgess,
      VR may not be compared ~ or is incomparable
      but in the end, everybody cracks anyway..

  9. Bagus sekali om Taufik. Semuanya jadi jelas bahwa Marc Marquez bisa menang beruntun karena skill dan bakat alami. Di Mugello contohnya, ketika RC213V lebih superior tapi ban depan bermasalah, Marc menyiasatinya dgn teknik SlipStream. Istilah to the point-nya : Kekurangan RC213V ditutupi dgn skill Marc Marquez. Sempurna !!

    • rossi naik honda -> jos
      rossi naik yamaha -> jos
      rossi naik ducati -> mrongos
      stoner gak bisa jadi contoh, belum naik yamaha.

      saat rossi berjaya dulu mungkin ente bilang rossi punya bakat alami.

  10. semua tergantung skil mumpuni karena marquez punya skill alami di asah dan dapat motor paling oke dan mekanik yang di pakai musim ini adalah mekanik yang di moto 3 dan 2 jadi sudah tahu karakter marquez itu sendiri sedangkan wakktu musim pertama pakai mekanik punya casey stoner aja bisa juara walaupun kadangkala tipe seting motornya ndak sesuai tipe ridding marquez dan memakai setingan casey stoner walaupun di ubah sesuai ridding marquez

  11. walopn ada petugas yg ngecek tu motor dan aturany sangat ketat. . . Klo dah bicara duit, bisa ajakan diloloskan?
    Ato mungkin honda dan dorna ada persengkongkolan .
    Ato mungkin dorna/penyelenggara ingn mbuat tonton biar menarik. .taun yg lalu yamaha skarang honda taun dpn dukati taun yg akan datang baru suzuki jurdun.
    Ato apa mungkin ini bener2 asli honda superior?
    Tau akh? Gelap. .
    Nmy jg permainan

    • statement lo aja
      pke istilah “kan” > itu aja menunjukkan pngtahuan lo ttg GP dan tetek bngeknya masih patut diragukan,.
      mksud gw bagian yg ni :
      walopn ada petugas yg ngecek tu motor dan aturany sangat ketat. . . Klo dah bicara duit, =bisa ajakan = diloloskan?

      lha om taufik nulis ttg inspeksi dimari lu kira hasil dari ngraba2 tayangan gretongan ntuh boss
      kn pernah nonton bneran bahkan smpe sdemikian dket dgn lintasan, team garage dll dst.
      uda deh klw blm pernh prgi nonton live ke sirkuit & dikasi privilege utk liat langsung bneran dri dket,
      jangan sok pake meragukan inspeksi yg jelas2 ada dalam prosedur sbelum balap dilangsungkan.
      inspeksi yg ditujukan utk kselamatan & sportifitas kompetisi pake lu curigain ada unsur konspirasi dan itu di event besar semahal kelas premier Mo GP,.
      tanpa mngurangi rasa hormat gua ke elo
      gw mw mngajukan prtanyaan ke elo ,.
      emang elu siape boss?
      wkwkwk

  12. jadinya motor rcv dari dulu udah oke…hanya beleum ketemu rider jago walaupun ada dani belum menjiwai rcv 100% sedangkan hyden ,stoner ,marquez aja bisa jadi yang terbaik di HONDA.

  13. biar wk haji jg ga ikut bingung.
    Gampang!
    Markuez pake m1 lorenzo
    lorenzo pake rc213v markuez

    dijamin !
    Ketahuan deh itu markuez punya sikil. . Ekh skil pa tidak.
    Masalah selesai.
    Lewih penak to jamanxu. . Ekh. .idexu ding.
    Dari pd wk haji dan bloger luar negri pd ngintipi motory markuez. .

    • apa gunanya coba
      ah lu kampungan mAn
      klw uda trikat kontrak ya udah
      ngapain juga ndngerin gagasan jongkok macem yg lu koment ini?
      kalah ya kalah aje boss,.
      ngerti lu fans garpu,..

  14. TAPI MENGAPA YA KEMARIN KEJURNAS 250 CC REGULASI SUDAH DI RUBAH SESUAI KOMPLIN KAWASAKI NINJA TAPI MASIH AJA THU CBR 250 JUARA dengan mengalahakan segerombolan NINJA 250 CC

    • #zhoexyno
      karna klep ninja itu lembek, digeber 9-12rb rpm (balap tentunya gantung rpm) selama 3 lap tenaga udah drop. Itu kata mekanik ART
      regulasi= klep standar

  15. saran dan kripik.
    Stia pembaca tmc.
    Mohon berita motogp nya diperbanyak donk. . Bkn cm motor markuez yg hebat tp skarang jg lg hot2 nya masa habis kontrak dan perpindahan pembalap . .share jg donk ,jgn kbnyakan artikel pritilian dan spysoty.
    Skarang bukan jamany klik MBAH GOOGLE tp sekarang jamany klik MBAH TMC.
    HEHEH

  16. RCV terlalu SUPERIOR utk merk tetangga

    Honda RCV mmg MOTOR DEWA dg segudang teknologi
    merk lain 6x di PECUNDANGI tanpa ampun

    HONDA IS THE BEST BIKE OF THE WORLD

  17. Hiburan makhluk fbh cuma artikel motogp

    Rcv emang canggih

    Tp sayank,makhluk fbh dikasih motor cupuu2 sm ahm

    Ngoahahahahahahaha

    • Ono sih sing doyan iklan smprna kmn2.. Pokok’e Perfect.
      Metu temenn eh Jagang ae brmasalah… Preketek.
      #sskali liat d jln rya brapa bnyak motor batangn yg msh mulus brcap Garpu yg lmpu blkgny tewas (blm mslh yg lain loh)… G jauh bda.

  18. Apa yg terjadi di MotoGP juga sekarang ini juga terjadi di F1, Mercedes sangat dominan sudah 6X berturut2 menang. Tapi hari minggu kemarin di race seri ke 7 yg diatas kertas seharusnya Mercedes bisa menang mutlak dengan menguasai pole 1 dan 2 malah kedodoran dan akhirnya kemenangan beruntun itu terhenti oleh Redbull. Apakah hal ini akan terjadi juga di MotoGP? Ini balapan bung, segala sesuatu bisa terjadi hehehehe sekilah info dari dunia F1 yg teknologinya sering dicomot dipake di MotoGP.

  19. ride by wire udh ada sejak aprilia rs cube 3 silinder moto gp era pertama moto gp 4tak sejak pindah dr era gp500 2tak ..

  20. David Emmet : Tidak, Itu tidak benar. Ada 2 hal Yang Pertama adalah Sensor Torsi. Honda Sudah menggunakannya dari tahun 2011 atau mungkin lebih.

    Wak Haji, bisa diperjelas maksud dari Sensor Torsi itu? kaitannya dengan RDW di Motor Marquez? Kan baru2 ini ada isu mengenai teknologi kontrol torsi atau penambah torsi di motor Marquez. Bisa ditelusuri juga hal ini?

      • Roy.. Roy… La wong pmilik motor 2T Si Raja Sirkuit ja udh mnsiunin tuh msin d gudang & bralih riset k msin2 yg lain.
        Syg g da Xbisi bwt mgenang Si NSR… D adu ma RCV.
        Spa yg ninggalin spa?

      • Oalh… Susah temen ngoprek pmikirnmu, Roy.
        Pakh tnpa sbab Honda brhenti brmain ‘brmain’ d 2T? G ono ms dpan e…. Liat hsil putar Kiblat Honda skrg, liat pa yg d hsilkn Honda skrg.
        D adu dg RCV 211?! Oalh Roy Roy…. Jan kowe iku

      • 1 lg, Roy…. Dlu prnh da Satria Hiu & RX King d rmh, skrg emg aq suka Ninin 2T tp klw beli lg 2T? No.
        Zaman wis brubah.

  21. Mirip jaman dulu orang pada menyangsikan kehebatan doohan padahal dulu belum ada control electronic.. dulu paling pada rame bahas mengenai big bang sama screamer. Kalo ada yg hebat, pasti akan jadi kontroversi. Akan selalu begitu.. cuma nurutku faktor motor di moto gp belum sedominan kaya factor mobil di f1. Skrg regulasi berubah, vettel jadi letoy.. factor pembalap di moto gp masih dominan kok

      • betul jaman itu kontrol elektronik belum ada atau tidak diterapkan
        tapi di era doohan sedikit demi sedikit diterapakan dan belum ada regulasi kontrol elektronik yang ketat
        suzuki dan yamaha masih berkutat pada power mesin dan sasis, coba lihat dominasi doohan waktu balapan karakter motor sangat smooth berbeda dengan yamaha n suzuki begitu garang dan liar dikendarai.
        doohan yang cedera dengan balutan skrup di kaki serta inovasi pengereman pake jempol tangan (jari2 cedera) masih bisa podium, membuktikan sensor2 elektronik honda bekerja baik

  22. VR dibilang ngembangin.? hehehe…ngembangin apaan…itutu liat Dovi yg berhasil meningkatkan kinerja ducati..?

  23. apa setiap seri diperiksa nemu ssesuatu lgsg bisa diputuskan ilegal,kan sesuatu itu dibuat dengan cara pintar jg alias tak kasat mata dan harus melalui sidang.nah kalo diseal sekali lolos apa ga malah menguntungkan bisa 1 musim bebas?semoga aja ga ada yg ilegal.
    trus yg dimaksud identik tp ternyata tetap ada perbedaan itu giman wak?

    • Motor spek identik. Tapi parameter settingan elektronik tidak ada yang sama.

      Setting mengikuti feel pembalap terhadap motornya ??

  24. Hanya JL yg bisa melawan MM tapi yamaha tetap kalah dg honda. Kalo topspeed sama mgkin lain crita di mugelo kemaren.

  25. Justru,, marquez menggunakan ride by wire yg jadul, dulu semua dipasang d handle bar, skg rata2 dipasang di fairing, mungkin karena respon ke dapur pacu lebih dekat drpd d handle bar, imho

  26. Baik motogp maupun F1 tiap musim regulasi selalu diperketat dan diperbaharui….. tapi pabrikan maupun tim saling main kucing2an maupun trik terhadap regulasi ibarat tom n jerry, selalu ada celah, selalu ada trik dan selalu ada inovasi engineering tanpa melanggar aturan, jangan lupa di dalam tim isinya orang2 pinter bergelar doktor sampai profesor
    regulasi bertujuan menghambat laju balapan tetapi inovasi engineer selalu membuat kendaraan lebih cepat
    Gw percaya tim Marquez bisa superior karena ada inovasi regulasi tanpa melanggar regulasi itu sendiri karna mesin udah freeze ter-sealing tidak ada pengembangan, ECU sama, batasan dimensi motor sama, skill pembalap hampir sama, aturan sama (pabrikan)…..
    kalau di F1 relatif mudah dilihat dari bentuk desain dan aerodinamika mobil jika tim tersebut superior, tapi di motogp sulit sekali lihat perbedaannya

    • Bener sekali..kaya taun2 kemarin yg pada bicarain diffusernya redbull. Adrian newey emang top..
      Kalo di motogp ada yg sekelas adrian newey ga yah?

      • jangan lupa Ross Brawn bro…. engineer yang bangun tim BrawnGP bekas tim Honda yang keluar, yang langsung juara konstruktor dan pembalap di musim pertama ikut F1- 2009
        bukannya brawnGP pengguna pertama diffuser yang diributkan itu, padahal itu inovasi usang yang ditinggalkan era F1 90-an

  27. josss artikele wak haji ini… jdi gamblang kenapa motoGP modern lebih banyak menggunakan teknologi dri pada motoGP jaman jadul , dikarenakan : Demi Keselamatan rider itu sendiri ,
    jdi yg membandingkan skill rossi dgn marques hanya gara2 marques tidak mengalami motoGP jaman jadul. sering kali ada yg bilang skill rossi lebih “dewa dri marques dikarenakan marques dibantu perangkat electronic pada motornya.

    • lah itu jawabannya di komen lu sendiri. dulu SAFETY itu KURANG. Tapi tetap berani sruntulan. rossi masih hidup sampe sekarang dan sanggup bejaban sama MM. padahal pake motor lemot.
      jangan fanatik banget ya tong. kasihan ente kalo salah ngomong. mm baru juara segitu aja lu mau bandingin sama yg udah jelas lebih banyak juaranya.

  28. Oww gitu…
    Sebenarnya pembalap sekarang gk seberapa hebat, karna tingal ngeGas n modal nyali aja, semua dibantu electronic..
    Beda ama zamanya Mike Doohan..

  29. hmm menarik sekali, jelasnya semuanya akhirnya ke SAFETY
    masalah “cuma adu elektronik” itu sesuatu dari jaman sekarang udah gak bisa dihindari, dan gak hanya motogp loh, f1 (lihat aja setirnya ruwet) dan balapan lainnya juga penuh elektronik, dibandingkan jaman dulu “hanya kau dan mesin saja”. Tapi ya namanya untuk “latihan teknologi” juga sih, buktinya moge sehari-hari sekrang mudah dipake daripada jaman dulu, gaannaass (DEMI NAMA SAFETY)

    barang kali seamless gearbox yang miliyaran nanti akhirnya dipake di motor sehari-hari betul kan ?

  30. logikanya kalo motor honda marc marquez punya kelebihan teknologi yang melanggar regulasi.yang protes pasti si rossi dan lorenzo (kubu yamaha).

  31. nah, sudah gamblang bahwa tidak ada yg ilegal
    kemenangan itu murni karena skill marquez yg cerdik. bukan semata2 karna honda yg superior. Itu terbukti di pernyataan marquez saat race di mugello, bahwa dia sengaja slipstream dibelakang jl99 setelah tau jk dia langsung overtake maka jl99 akan membalasnya sementara grip bannya sudah jelek, jd dia memilih saat yg tepat, yaitu saat di trek lurus & grip ban jl99 sudah jelek (strategi hemat grip ban). Ini pengalaman mm93 di mugello th lalu ketika terburu2 overtake dp26 & ahirnya ndlosor ditikungan karna grip jelek.

  32. percuma dibahas… kata2 marquez curang udh terlanjur melekat dipikiran fanspage rossi n lorenzo.. padahal, y gitu deh, semua motor udh pake, cm beda di bentuk, nama alat, n peletakan’a aja.. selebih’a y pada bae..

  33. motogp sekarang rider bergantung elektronik? Kelihatannya gampang yah naik motor motogp, serasa naik robot?

    Coba aja ikut balap motogp, pake motor mm93 deh(yg katanya paling advance), juara 10 aja udah top dah 😉

    • jangankan posisi 10, ga di overlap ama MM pake motor yg sama aja udah sukur…..
      biasa…..mereka terlalu meremehkan
      Coba aja suru mereka ngebut 340km/jam lalu latebrake hingga kecepatan tereduksi menjadi sekitar 120km/jam hanya dalam waktu kurang dari 5 detik lalu dengan cepat ngelibas tikungan cepat pake rebah 60 – 64 derajat, siku nempel aspal pake motor 1000cc dikecepatan diatas 100km/jam…….salut klo mereka memang bisa

    • MM hebat karena LEBIH mampu mengeluarkan mungkin seluruh potensi / kemampuan tersembunyi dari RC214V

      RC214V juga hebat karena kemampuan aslinya relatif “balance” dibanding motor lain yang hanya jago / sangat jago disalah satu sektor saja, (tikungan atau trek lurus saja)

      Percuma motor bagus, klo mental dan nyali ridernya gampang kendor dan tidak pandai memaksimalkan potensi motor.
      Percuma pake pembalap bagus, klo motornya sendiri ga bisa stabil pas belok atau powernya ternyata pas-pasan

  34. just my opinion;

    2010 – sekarang; perdebatan antara skil balap atau kecanggihan motor
    era lorenzo dan marquez
    2000 – 2010; skill balap atau sasis mumpuni
    era rossi, stoner
    1990 – 2000; power mesin atau inovasi teknologi
    era doohan, schwantz, rainey

    siapapun bisa menggabungkan itu bakal jd legenda

    • schwantz juara dunia cuma sekali om tahun 1993. cuma ya itu, dia merkosa RGV 500 sampe limit, jungkir balik. tapi tetep jadi legenda.

      kenapa? motivasinya ngejar Rainey, Gardner, Lawson n Doohan diatas mesin mereka. IMHO, RGV powernya paling inferior dari motor2 mereka.

      sedangkan YFR sendiri mengklaim kalau M1 generasi pertama itu powernya 5-10 hp lebih tinggi.

      kalo melihat data dari world Honda

      http://world.honda.com/MotoGP/history/RC211V/

      dengan asumsi yang sama 240ps 211V F. berarti power NSR berada di kisaran 210-220ps. dan YZR 500 berada dikisaran itu pula.

      so?

  35. Bisa jadi tehnologi Honda memang selangkah lebih maju dibanding Yamaha ataupun Ducati,,,
    Banyak faktor mengapa Yamaha keteteran di awal musim ini,,,
    Bisa karena Mesin, Sasis, Ban, ECU, Skill Pembalap, dll,,,

  36. Obrolan sing njelimet & bikin mumettt, ga bakalan ngerti wong awam, wak kaji bnr2 blogger roda 2 terbaik indonesia! Ngerti banget ttg roda 2 sampe pengetahuan ttg mesin prototype aka motogp.
    Maju terus wak

  37. saya bkn fby . . .tp fbp fans berat pembalap(rosi,marckues dan pol)
    mau mereka didukati,yamaha,honda. . Terserah.
    Saya jg seneng koh markues bisa ngasapin jolor ma rosi. Suwer.
    Cuman tp. . .honda itu aneh dan mencurigakan.
    Masa balapan pake aplikasi robot asimo(gosipy).
    Dari segi lain mungkin menjaga keselamatan krn rebahan ga ndosor. . . Tp kan jd bikin skill seseorang dikebiri gtu lho.
    Jd. .org menganggap. .wah motor honda yg hebat bukan pembalapy.
    Coba. . Xlo motor dukati,susuki,yamaha . . Jg pake aplikasi robot asimo??

    • Dikebiri ??? Pembalap bisa minta kok pengaruh elektronik di motor tunggannganya diminimalkan…., kl hasilnya positif pasti dikabulkan. Lihat aja stoner, waktu di honda. settingannya beda sama pedrosa…

      Elektronik itu kan dibuat agar pembalap bisa memaksimalkan tunggangannya tanpa membahayakan kelangsungan karir sang pembalap.

      dilihat aja nanti pas semua ECU diseragamkan…, kita lihat apa yang terjadi.

    • aplikasi ASIMO yang dimaksud itu gyro sensor kan? Di robot ASIMO gyro sensor dipake untuk indikator keseimbangan biar motor nggak jatuh… Lucunya, M1 & Ducati GP juga pake gyro sensor lho. Dan gyro sensor ini nggak cuma ada di robot ASIMO. gyro sensor umum dipake di dunia militer, untuk mengarahkan rudal. Di dunia penerbangan juga dipake untuk stabilisasi pesawat. Dan sekali lagi, Yamaha sama Ducati juga pake kok, bahkan sejak sebelum 2010 mereka sudah mengimplementasikannya.

      • ralat: Di robot ASIMO gyro sensor dipake untuk indikator keseimbangan biar motor nggak jatuh – harusnya Di robot ASIMO gyro sensor dipake untuk indikator keseimbangan biar ROBOT nggak jatuh (soalnya cuma dua kaki, beda sama robot laba laba yang kakinya 4-8)

  38. gara gara markuez pala gue jd pusing.
    Stiap koment . .ada ada ajah yg njawab.
    Ayo bicara markueZ ada apa dgn motormu.
    Biar yg koment ga pada ribuT.
    Inget bohong itu dosa.

  39. Analisa saya, mungkinkah?
    Untuk motor MM, karena sensornya langsung di deket handle bar, maka proses menterjemahkan bukaan grip gas ke sensor/komputer bisa lebih cepat sepersekian detik dari motor Pedro/VR/J.Lo yg masih pake kabel gas, baru nyambung ke sensor.
    Maksud saya, masih ada sedikit loss klo dari handle bar – kabel gas – ke sensor.. Daripada yg dari handle bar- ke sensor langsung 😀

    Tapi mbuh lah, namanya juga analisa tebakan 😀

    • Dan Inget, ga cuman RBW aja teknologinya..
      Masih ada seamless gearbox, dimana saat ini seamless gearbox Honda lebih unggul daripada yg laen.

  40. Sebenarnya barang ini bukan barang baru, jadi gak ada istimewanya prangkat ini. Kalau dimobil namanya dbw (drive by wire) sepertinya hampir smua type baru kecuali mobil niaga sudah pakai system ini, malahan di honda mobil yg dipasarkan diindonesia semua typenya sudah mengaplikasi prangkat ini. Yang buat istimewa adalah mapingnya di ecu. Sbenarnya prangkat ini digunakan agar bukaan pada trotle body bisa diambil alih oleh actuator yg bukaanya disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem seperti ini pasti memiliki sensor utk membaca bukaan pedal (mobil) selain sensor trotle position. Nama sensornya adala apps (accelerator pedal position sensor), ada app a & b, utk kalkulasi push & pull pedal gas. Jadi kalau kita betot gas tiba2 blm tentu trotle akan kbuka full tergantung berbagai macam parameter lainnya. Saat ini dbw dikombinasikan oleh vsa (vehicle stability assist) masukan sensor putaran roda, rpm, sudut kemudi, beban transmisi dikombinasikan untuk bukaan pedal gas andaikan terjadi slip pada tikungan sehingga bukaan throtle akan tertahan walaupun pedal gas diinjak. Pada beberapa kasus perubahan sistem gas konvensional ke sistem dbw sebenarnya ada kontraversi juga. Kebiasaan orang bawa mobil dgn kabel gas konvensional biasanya akan komplain tarikan loyo pada saat pindah ke sistem dbw. Yaitu tadi semuanya diatur ecu dan kembali ke masalah maping untuk harian yg pasti harus seefisien mungkin beda kalau buat balap. Saya sangat yakin kalau sistem pada motor basicnya sama dengan mobil mungkin kalau diterapkan akan jadi mahal ya motornya dan untuk motor rcv atau lainnya yg menggunakan rbw pastinya semua pake sensor pada throtlenya kalau namanya saya ga tau kalau buat motor, kalau mobil ya app itu tadi. Kalau dimobil honda dulu posisinya terpisah jadi satu sama actuator controlernya di ruang mesin, makanya masih pakai seling biasa dipedal gas. Tapi model baru sekarang Demi efesiensi tempat lokasi sensornya langsung pada pedal gas dan kabel terhubung ke ecu. Sedangkan actuator dan sensor tp di trotle bodynya. Enaknya sistem dbw/rbw bisa diaplikasi feature lainnya seperti cruise control dan vsa. Saya yakin kedepannya teknologi ini akan diterapkan dimotor premium asal kuat belinya he..he..

  41. ha..ha..pada sok tahu ni..yg jelas skill MM sama jolor mungkin sama..tapi setelah liat kemaren terlihat deh lorenzo tu kurang nyali..dia g punya prinsip lu jual guwe beli..

  42. secepat apapun secanggih apapun motornya
    gmana yg bawanya gan ,,
    masih inget kan pas bikin sim suruh bikin angka 8,
    motornya sama tp yg lulus jarang bgt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP