Bro sekalian, Kemarin adalah momentum yang digunakan Oleh AHM untuk mempertegas rencana penggantian OMR CB150R StreetFire dengan OMR CBR150R . . . AHM mengeluarkan belasan Unit Honda CBR150R repsol Edition Race edition Buatan Lokal Plant mereka dengan mesin stock yang sebagian juga sempat di keluarkan saat peluncuran beberapa pekan yang lalu di kemayoran . . . dan hasilnya, dikualifikasi dengan kualitas pembalap pemula, tanpa ada pembalap seeded, atau pembalap nasional laptime Honda CBR150R Lokal yang menggunakan Knalpot Merk WRX dan ECU Aracer RC1 yang merupakan ECU standalone dengan spek full programmable plus Ban FDR Blaze Paling kenceng tembus 2 menit 2,123 detik (untuk gambar detail silahkan mampir di ringpiston) . . . Nahhh beberapa Pengunjung Blog sempet bertanya kepada tmcblog, : Kang bagaimana dengan hasil OMR R15 di sentul setahun yang lalu, bisa dibandingkan nggak dengan hasil OMR CBR150R kemarin ?
Wahh iyah juga Yah . . . Yamaha Indonesia sempat membawa beberapa Motor R15 dari India ( Note R15 nya bukan Produksi YIMM tapi dari Yamaha India-dapat dibuktikan dari no VIN ) untuk Race OMR dalam rangka Asean Cup race setahun yang lalu.Dan setelah digeber para pembalap jagoan masing masing negara Asean pada kualifikasi . . paling cepat diperoleh Laptime 1 menit 58,063 detik (silah cek di data lap time sheet ) . . .pembalap Gacoan Yamaha Indoensia saat itu seperti Agus setiawan sempat mencatat laptime 1 menit 58,4 dan sulung Giwa di 1 menit 59 koma sekian . . .
Spesifikasi R15 Madein India yang jadi motor OMR di Asean cup race adalah sbb :
- ECUDAYTONA
- Knalpot Sakura
- klep diperbesar ( in 22 x 2 dan ex 19 x 2 )
- head cylinder oprekan BRT
- Noken as diganti ( di set untuk race )
- sitting klep pakai bahan khusus bernama berilium
- throttle body injeksi-nya diperbesar diameternya menjadi 30,4mm
- cakram depan diganti
- ban ukuran standar merk FDR Racing Front 90/80-17 Rear 130/70-17.
Nah Cukup Head to head nggak kalo dibandingkan ? hmm kayaknya spek pembalapnya beda yaa ? cmiiw mesin CBR nya dioprek nggak sih? . . . kalo spesifikasi mesin K45 nya nggak dioprek apa adanya boleh head to head nggak bro? silahkan dikomentari nih . .. Namun untuk lebih adilnya memang kedua motor ini diadu dalam kelas Race sport Full Frame 150 cc Fairing di tahun tahun mendatang dengan spesifikasi balap yang ditentukan regulator biar sama dan adil . . . untuk sementara silahkan dikunyah kunyah dan didiskusikan bro . . . dan semoga berguna
Taufik of BuitenZorg
wedyan mepet
Hajarrrr satu lintasan dahhh biar seru… Hehhe
http://kobayogas.com/2014/09/29/test-ride-kedua-kali-cbr-150r-k45-gallery-launching-di-summarecon-mall-bekasi/
R15 SOHC
Cbr DOHC
Head to head gk pak????
Tp kok hasilnya lg2 dohc ϑ¡ kencinginn sohc
Ngoaahhahah
Nggak apple to apple sih ini
==============
Gallery Foto Model Seksi di Acara Launching All New Honda CBR150R Surabaya http://klxadventure.com/2014/09/28/gallery-foto-model-di-acara-launching-honda-cbr150r-surabaya/
misiii
Alamat kobong
spek oprekan beda
http://pertamax7.com/2014/09/29/yamaha-new-vixion-bonceng-honda-gl-max-125-karena-mogok-di-bromo-kenapa-yak/
oke, noted
good..cbr tanpa pembalap seeded bisa segitu.
ga head to head kayanya :S
noted . .
goooaalllll…uppss salah..
Wow… R15 versi balap lebih kenceng 4 detik drpd CBR lokal. Mantap…
Modifikasinya beda wak, ga bs dibandingkan kynya
Spek balap harus abis2an, walau kadang harus ngebul, XD
noted lagi
CBR DOHC lo….
3 dtik lebih 1 lap, dikalikan sekian lap ,
Ngahahaah
emang gue pikirin
lol…
heeemmm ditunggu tahun depan
Jelas ngga bisa head to head dunk mas..
Scr oprekan jg beda jauh..
oke bro noted
CBR DOHC lo….
R15 arem2 gedhang bro.. …ringan 🙂
Head to head yo harus di waktu yg sama tempat sama speck sama2 standart bbm sm pembalap sama jangan data atau diatas kertas
oo oke bro
Emberrr mana emberrrrr
hmm oke noted
mau nonton aja aaahhhh puasti rame nich….
Gk head to head ,,beda soal oprekan dan kelas pembalap.
inikah jawaban atas artikel warung sebelah yang katanya pakai data shadow race dan menyatakan unggul 4 detik dgn spek yg hampir sama?
hehehe…
kalo yg disini dijabarkan spek motor masing-masing,
nah.. yg disana, seperti disembunyikan,
mungkin yg penting menujukkan, “ini loh jagoan gw menang”
😆
Maklum bro. Mazapahit sedang ayan. Sesembahanya kalah telak. Akhirnya kasih shadow compare
Wkwkwkw
hahaha,, setuju broo
keep spiriit…coba dibikin tabel wak haji….biar orang yang males baca gak jadi acuan mentah2….kadang kan gtu…coba aja ntar…..
anggap sj head to head kn dh sm2 motor racing
kan CBR dh dohc 😀
Honda Full Fairing, Yamaha Full Fairing, tinggal Suzuki nih… 😀
http://agungherywibawa.wordpress.com/2014/09/29/modifikasi-r25-ala-panigale-style/
susuki pake thunder sarungan bore up 150cc tembus 1menit koma 00 detik pake gigi 1 doang hebat kan 🙂
gak head to head wak…. IMHO
kalo dari spek yg dijabarkan dan siapa ridernya,
ya jelas, tidak bisa dibandingkan.
apalagi belum ketahuan berat dari R15 dan CBR saat balapan berlangsung.
Kalo spek balap y invalid menurut ane kang
nunggu di IRS aja dah, bejaban gak lawan FU bebek
Nanti kalo sudah di balapan resmi..dan semua regulasi di sepakati bersama oleh semua yang bersangkutan..itu baru deal 😀
Opsi ke ll
Di adu di tempat yang sama dan joki yang setara tanpa mengubah settingan apapun alias satandar ting ting dan cukup di saksikan TMC seorang sudah cukup deal buat ane Kang 😀
Mesti geger lagi
Di sinyalir gak baca dulu artikelnya
uda keliatan siapa yg unggul saat race.. Noted haha -_-‘
Pasti R15 saya pegang ga mungkin CBR sampai fullterus rpmna
di bandingkan dgn hasil lap time terbaik OMR CB 150R kmrin brp kang?
whaaattt…whaaaat.. segala sisi r15 udah di oprek racing plus gacoan andalan dapet laptime 1.59????????????????….
i just say..this is really scooter with sah ruhkan face!!!!!
masa g bisa tembus 1.54???????
sorry.. ur bike made for daily use!!! not for RACE!!! WROTE IT!!!!!!
kalau digabung balapannya kaya motogp vs open class…
Yang open classnya si biru putih muke lele ntu ya gan?? persis babi loket..(¬_~’)>…
kan uda DOHC
tuh kan.. apapun akan diprotes klo cbr blm menang.. katax dohc bakal kenceng.. skrg sohc menang ngalahin dohc.. nyalahin beda spek.. lah kalo speknya disamain ama r15.. kyknya blm tentu menang palingan jg imbang.. n trotel body cbr itu udh 30 lo.. jd r15 cm ngimbangi cbr aja.. hah sudah lah.. pikiran aneh kalo dohc harus menang.. klo perlu kalian tau honda sohc bisa ngalahin toyota yg dohc.. msh anggep dohc adalah dewa kecepatan.. suruh balik ke jaman batu aja.. pdhl cbr udh trelis buat nikung enak.. nyatanya enaknya nikung cbr tralis msh blm bisa nyalip waktu r15 yg pake deltabox.. skrg bayangin aja r15 pke trelis ama dohc.. mungkin cbr harus TOHC bru bisa kalahin.. hehehe triple overhead chamsaft hehehe
girang amad tongs…!!! 🙂
gw asumikan lu ngrti mesin motor,
ok lah
syang lu taunya ttg dohc sohc doang tuh sbgmn yg lu post di komentar, pake sgala nybut tohc lu mw nybut tripe atau tri ovrhead cam.kah?
cbr ,cb vs nvl r15 itu lbh dari skedar itu bos
yg mnjadi hal pnting jg utk d prhatikan bahwa
klan cb,r itu overbore
klan mx nv dan r 15 itu overstroke
belajar dulu su.
baru komentar, karena mesin ga hanya ttg inlet dan ex valve. karakter mesin overstroke yg ud hampir nyntuh 21m/s itu sangat menkhawatirkan.
overstroke lu oprek sembarang ga heran berasap, bukannya lari knceng.
ah prcuma juga si kayanya responin orang yg naruh dngkul di batok kpalanya macam elu
stress motor oprekan di adu motoe standart
udahlah.. meskipun ada balapan resmi yg adil.. klo cbr kalah bakal yg disalahin ridernya.. dikatain g bisa naik dohc, g tau rpm dohc, apapun yg terjadi honda harus menang.. klo ttp kalah sales2 honda ini kyknya bakal demo.. minta balapan diulang…. gugat ke mk sekalian.. hahahaha
nyntuh podium prtama brapa kali si garpu karat elu di GP seri 2013,2014?
itu aj bnerin dulu deh
kan ada tuh balap irs, terjunin disana semua aja.
logis aja deh.. dohc harus menang ama sohc.. krna klo sampe kalah.. malu bgt pasti.. beda ama sohc tenang aja dia. kalah juga dianggrp wajar.. kan sohc.. mslhnya ini dohc kok kalah ama sohc.. note handling yg dohc katanya jauh lbh enak dr yg sohc loh.. handling superior, mesin superior dohc, dna moto GP, dan masih kalah ama motor yg cm dna r6 bermesin sohc sejenis mesin vixion.. hah sudah lah.. mending kita bahas all new ninja..
girang amad tongs…biasa aje kelless..!!! 🙂
Ga ada rumusnya bang…handling ditentuin type mesin dohc opo sohc . Handling banyak di tentukan sasis . Weelbase,.suspensi, sudut rak, ini ketahuannkayaknya ente sales ya…!
Cuma beda 4 detik ya,,cukup tambah dikit lift valve si cb saya yakin hasil udh hampir sama,,karena di sirkuit dohc akan terlihat ganas nya,,
I Like it dah bro
Lagi lagi artikel momok dintabok sama tmcblog
Ayo wak taufik. Majukan perblogerab netral. Hilangkan pengiringan opini uban ala busukers mazapahit
Om blognya mana si yg dimaksud, heheee, maaf kurang info perpustakaan blog otomotif nih ane.
Triatmono.info
Awas banyak standart ganda dan pengiringan opini keji
ga head to head wak haji
Dari penjelasan wak haji, jelas gak head to head cz beda oprekan. Cbr cm knalpot n ecu sedangkan R15 sudah banyak yg dioprek.
Beda banget sama artikel juragan sebelah (ngakunya sih juragan), tapi isinya keirian dan dengki…
Kang taufik sebenarnya yg mempengaruhi karakter mesin motor selain durasi cam, Mapping icu.,perbandingan bore x stroke .apakah dohc sangat mempengaruhi karakter motor seandainya di bandingkan sohc dengan jumlah klep yg sama dan bore x stroke yg sama.maaf kang ini perlu diperjelas soalnya banyak yg coment dohc lebih unggul di rpm atas dan sebaliknya..maturswuun kang
yo jelas dohc lebih unggul putaran atas karena cam gebuk lgsg valve melalui perantara tapet. klo sohc camnya gak lgsg gebuk valve tp melalui rocker arm dulu. maka efek valve floating lbh besar sohc
#CMIW
Jawabanya ga logis brow..kebanyakan dohc type (motor)mesinnya overbore…kalo overbore langkah pendek jadi menang tenaga.rpm lebih tinggi. Kata lainya peak powernya ada di rpm atas. Motor balap bore hampir 2 kali lipat stroke.Kalo overstoke langkah panjang menang torsi rentang tenaga bawah –menengah atau kata lain peak powernya di rpm lebih lendah di banding overbore. Kalo dohc cuman cepat bukan klepnya karna ga pake roker arm ( penghubung) kecuali mesin cbr honda thailand masih pake roker arm..tdk tau kalo yg lokal .
Permisi bro adi, menurut ane pribadi jawaban bro robby logis bgt ko. N jawaban bro adi juga logis ko, jadi kedua jawaban pas ko… logis rpm tinggi rawan floating apalagi kalo kondisi head standar,..
Nice comment bro, ga ribut ributan komennya. G saling mengujat. Tp saling ngasih pengetahuan (pahala bro, ga putus tuh)
faktor whether dy ovstroke atau ovborenya omm,
bukan hanya ttg dohc nya klw bcara engine rev di hi RPM
dohc bisa seting timing noken lewat gigi sentrik, walaupun ga maksimal, dohc murni menekan klep pake shim, walaupun agak kasar, tp sistem ini lebih simple dan sederhana
Wah MANTAB..!!
Saling berbalas artikel, gara gara R15 lokal sama CBR150 R lokal ga cuma fby dan fbh yg panas..
Antar Blogger jg saling mengemukakan pendapatnya..
Hayolah komunitas R15 lokal dan CBR 150 R lokal bikin fun race motor “standar” biar rame
yimm lum pernah ngadain omr r15 ya.
gak head2head tuh.
baca lagi tong. ada tabelnya tuh.
artikel pencerahan ..baca pahami ..baru komen…kalo ada yg anggap ini H2H mungkin dia cuma sales yahomo+pasukan kampret ngoahaha
kan uda DOHC
nah biar gak penasaran dan speknya apple to apple
mari pembaca TMCblog sama sama minta dibikinin balap sport 150 dan sport 250 tahun depan kepada IMI atau tingkat ASEANnya gitu, biar bisa balapan sama thailand malaysia fiiphine dll
dan balapan bebeknya tolong dikurangi biar rame balapan sportnya
Setuju, dan wak haji taufik jadi penghubung aspirasinya masyarakat otomotif ke atas. Sukur sukur, direkrut di divisi pers/humas balap indonesia, atau divisi lain d balap indonesia. Atau dilirik dorna sebagai penghubung dorna dengan dunia balap indonesia. Jadi kaya gresini atau puig, tapi tanpa background pembalap, cuma didasari passion,tp bisa memajukan kegiatan balap indonesia(apa ga lebih yahud tuh)… aamiin, doa baik menyertai manusia berniat baik wak haji. Jeheheeee
beda tipe mesin jadi tdk bisa disandingkan hasilnya … SOHC tidak bisa diadu dg DOHC walaupun kubikasinya sama … jadi DOHC musti lawan DOHC dan SOHC lawan SOHC dg kubikasi yg sama …
masa??
Alasannya apa yah??
Selama regulasinya jelas dan adil. Seharusnya ga masalah toh??
Kate siapa brow …honda jass (,sohc)aja menang lawan yaris(dohc) kan sama2 pake tehnologi variabel cam ( vitec dan vvti) .dalami dulu ilmu mesin mas..jangan2 ente sales yg sapatbilmu dari brosur. Wkwk
Memang gak slamanya dohc diatas angin..sbenarnya bnyak hal yg membuat mesin itu kentjang. Kalo dari kterangan diatas,jelas2 yg r15 sudah full option.
gak head to head spek ny
http://moki4.blogspot.com/2014/09/koneksi-internet-tercepat-didunia.html?m=1
internet tercepat di dunia
beda dong. oprekan pelit sama oprekan tajir. yang tajir gak takut bodi ambyar.
di oprek dengan spek yang mirip/sama baru diadu, kalo spek yang tertera diatas jelas menang R15 karena oprekan lebih banyak
kan uda DOHC
untuk sementara r15 masih unggul..!
kalau cbr mau unggul suruh aja ahm full oprek..!
kapan..??
wah.. sampe 3 detik bedanya..
ci bo kerkeooookkk lagi, hohohohoo….. body embbbeerr bocoooor
kandang ayam motor cungking bin kopong
buktikan di sirkuit resmi dengan team & pembalap pro
juara kok di balap omr, yo gak sip cak
Head to head…. Bisa tabrakan dong ??
Fbh ma fby banyakan comen ga mutu babarblas…klo mau bukti menang ya mana. fbh beli satu cbr150 lokal yg baru gres dan fby beli r15 baru gres lalu di adu disentul, nah itu baru pembuktian. klo ga gitu jg pada comen …sentuju ga mas topik…
Dohc masak takut n keokkk sm sohc
Mana nama besar dohc_nya
Ngoahahahaha
Triatmono.info????
Heee.. maklum lg berjuang buat tenar.. tp jalanya kurang pas…
waduh dohc overbore koq ketinggalan 4 detik sih
Ya ga fair. CBR dohc. R15 cuma sohc
Ya ga fair. Cbr trellis, cuma segede pipa ledeng. R15 deltabox segede balok
mana ini belum ada head to head versi blogger, kelamaan nih
Bukan hanya masalah oprekan motor dan pembalap, dari segi team, riset dan persiapan serta pengalaman mekaniknya, Yamaha tentu jauh lebih advance karena mereka sudah puluhan tahun turun balap secara konsisten sampai region Asia, memiliki banyak tim balap yang besar dan mapan. Ini adalah aspek non teknis yang sangat membantu dalam dunia balap, dan seingat saya AHM baru sekitar 7 tahun serius secara pabrikan terjun kedunia balap yaitu pasca AHM rilis Honda Blade untuk melawan JupiZ
Yamaha turun emang l
ebih dulu di banding honda .tapi kelasnya bebek bukan sport .kalo sport 4 langkah kayaknya sama2 startnya..bener ga om!
Gimana kalo yg test antar blogger aja kya kemaren
Sekalian ngasah skill 😀
http://redcs1.com/2014/09/28/galeri-honda-all-new-cbr150r-champions-red-speedy-black/
p
Gak fair lah kang ..ini td ada ♈ªϞƍ bahas di blog nya siapa gt …… Hehehe
Dibandingkan dengan hasil IRS 150 cc, juara 1 suzuki satria fu membutuhkan waktu 1.54.
Berarti R15 oprekan kalah dengan satria fu, beda 4 detik lebih
Ya semoga irs hadir head to head. 🙂
Kurang head to head, Kang. Bedanya, R15 oprek abis, pembalap senior. CBR oprek minimalis, pembalap pemula. Kalo sama2 oprek habis+pembalap sekelas baru rame, IMHO
Gk head to head wak,, soalnya dohc belum menang lawan sohc…… Hehe
kalo gue terserah wak yg kenceng yg mana.. toh kalo udh dijalan ya gak bisa gass poll n adu cepat cz jalanan skrg sering macet.. yg jelas aq milih yg fungsionalitas n enak dipandang..
R15 VS CBR 150 lokal
AKU CINTA INDONESIA
2 2 NYA APIK
Liat oprekan headnya liaaaaat….
(abaikan variabel konfigurasi camnya dulu deh)
-cam ganti
-sitting valve ganti
-valve ganti
Trus dg jelasnya, head oprekan brt
Bisa dibilang area setengah nyawanya 4tak. CMIIW
Hihiiiii, ko ada ya yg masih kekeuh mw menang idolanya.(yaiyalah, namanya juga jagoan.heheheee)
Keep peace, apapun idola kita, plis jangan sampai dibutakan sama kenyataan.(toh sebahagianya kita punya motor yg paling kuat, yg paling bahagia si jepangnya, dapet duit seabreg dr masyarakat yg konsumtif,, heheeeee)
Heheeee, ane ga punya motor yg manapun,. Cuma pengen ikut komen aja. Hehee..say no to blind fanboy
Assalamuallaikum…
kan uda dohc terus klo sama2 dohc
Kan yg SOHC klep nya 4 tong.
Bukn mslah dohc ato sohc aja! Coba anda disuruh milih jupiter mx bore up 150 cc tune up stage 3 vs satria F 150. tune pup stage 1. Pilih mana mas bro? Tpi kalo sma2 tune up stage 3, mana yg pling nampol?
nih ya buat para fansboy gak jelas.
1. Ridernya ngaruh
2. Spek mesinnya ngaruh
3. Kalo mau cerita logisnya, jangan cuma liat camshaft, tapi part bawaan lain juga
4. Mau lebih logis lagi? setelah tau part dan ukuran semuamuanya kalkulasikan output power on crank serta top speednya menurut rumus permesinan. kalo gabisa jawab ya diem aja.
5. Honda mengemas motor bagus, berat lebih tinggi, namun mesin lebih diperuntukkan untuk seimbangin sama beban. Yamaha mengemas mesin yang lebih all day riding, oversquare sohc namun pintar memotong weight sehingga power to weight ratio yang bagus.
6. Masalah design kayak tikus ato kakak beradik mirip itu SUBJEKTIF. jangan main fisik ngejeknya kayak udah kegantengan aja muka sendiri
7. Yang kelas 150cc fairing mindsetnya gak beranteman, malah jadi komunitas mempererat hubungan antar rider dan solidaritas. jadi kalo memang mau saling menjelekkan, beli sono kelereng, berantem main gundu aja karena bukan kelasnya angkat bicara soal motor 150cc full fairing
8. Kalo Honda ane gak tahu, tapi kalo Yamaha R15 ditargetkan untuk anak muda berumur 20an (kalau tidak salah dari artikel kang taufik) jadi yang tidak di target pasarnya gausa berkoar koar
9. Kalo lebih senang salah satu, buat orang lain pindah hati dengan menjagokan pilihan anda bukan menjatuhkan pilihan lain
10. yang masih sibuk berantem gegeran namanya bebal dan tidak teredukasi. terimakasih
nice comment bro… Ane aja males baca komentar para fansboy. logikanya gak jalan. yang ada di otaknya itu merek yg dipuja udah kayak dewa yg lain cuma dianggap kacung. Mendingan baca artikel aja. gak usah baca komentarnya. ntr malah jadi emosi sndr liat fanboy tolol.
Ga imbang om’. Beda spek jajanan pasar’nya om’ haji… Si R lebih banyak keluar modal jajan pasar dibandingkan jajanan pasar Si C. Laptime 1 menit 58,063 detik VS 2 menit 2,123 detik.
Sedikit OOT, Katakanlah kalopun spek diatas dipakai dijalan umum macem di jalur cadas pangeran sumedang-bdg, oleh para kaum speedlover the have aliran minta uang mamah papah. Sepertinya lebih worth it si C om’. Semoga ini bangsa gak makin penuh diisi fansboy konsumtif yang doyan hujat sesama wni, jayalah indonesia.
tunggu saja di IRS, cuma regulasi berubah dong
masa kwek-kwek masuk juga
kalau sudah level gani ECU mah cuma cari tampang doang…!!!
gini aja kang. oprekan terbaik itu bisa menempuh sekian jarak atau lap. kita lihat mesin mana yang ampuh dan tahan lama dengan catatan waktu terbaik. ya balap 4 hours gitu. ini baru skak mat!
bandingin jg dong mas ma cbr 150 thai,,
terus yg dah di oprek buat h2h ma r15 india,,
nti r15 ma cbr 150 lokal sama standar atw sama2 oprek,,
baru d dibandingin,,
nanti tuh 4 motor semua nya di bandingin sama2 standar,,
terus sama2 oprek terserah d,, imho,,
Dari awal juga nggak apel to apel,..
dari mesin standar sampe racing juga sudah apel to apel,…
masih saja dibodohin saja,…
Kalo mau bandingan itu yg sekelas bukan cuma cc tapi yg lainnya, supaya apel to apel…
Jadilah Fans boy yg smart, safety dlm riding dan care terhadap lingkungan….
Artikel ini cuma informasi, tidak bisa dijadikan patokan cuy
Ane mau nambahin sdikit kang taufik. Sbenarnya gmpang sja. Yg anda mksud dsni jelas bukn head to head! Ibarat stage, cbr ini bru stage 1(gak merubh mesin). Yg r15 ini sudah stage 3(udah mrubh noken sgala). Bukn hanya mslah mesin, untk r15 pasti weight reduction sudah diberlakukan. Jdi sngat tdk fair membndingkan stage 1 dngan stage 3. Kalo sma2 stage 3. Pasti yg dohc yg menang!
klo Dohc nya blm menang blm H2H y kan fbh…
Kenapa orang2 pada berantem ya? namanya juga OMR alias one make race, spek motor ya suka2 pabrikan dong mau kasi spek standard, setengah standard atau oprekan full race itu semua terserah pabrikan yang ngadain. Menurut saya sih klo namanya OMR gak bisa dibanding2kan karena regulasi yang dipake gak sama, waktunya juga gak samaan.
klw ane bilang si
ini FBY garis keras dan FBH garis keras
debatnya gak selesai2 klw based on record laptime begini,
enaknya si, kedua pihak nentuin yg fair itu gimana, sepakati.
tentukan lokasi dan jumlah putaran.
turunin sama- sama 5 motor misalnya
r 15 A cbr A kasi 2 jt liat ap yg bisa dilakukan
r 15 B cbr B kasi 1 jt liat ap yg bsa dilakukan
tambah 1 deh kelas C
versi stock, keduanya nya dipinjamkan pabrikan aja,,
AHM dan YIMM kaya kok.
scrutinize pre dan after race
protokol/indikator mgnai standard atau tidaknya ubahan per kelas (A,B,C ) boleh berdasarkan simulasi apa bisa dipake harian atau engga, urabilitas riding comfortability dll IMHO
jadi ntr di bagi contohnya :
A highest class
catatan misal bahwa itu adalah yg korek harian ekstrem ready to race, namun tetap bisa dipake harian asal sebaiknya sminggu sekali harus dah ganti oli dan haram premium.
B intermediate boleh lah campuran premium dan pertamax
C premium ready
IMHO itu uda akan mewakili ekspektasi pengujian pembaca yg dilakukan para blogger.
test ridernya ya para blogger dgn BB yg identik saja.
gimana,.? opini ane udah mewakili terawangan agan2 sekalian belom,./
btw kluarin 2 jt makin ngacir jauh lbh worthed daripaa 3 jt an hanya utk beli fairing lngkap dgn bracket namun mesin gak kecolek
percaya deh
Ane ga paham om itu jumlah lap nya antara R15 & CBR sama g om?
Klo menurut ane percuma ga bakalan ktm ujungnya klo banding2in trs,tau sendiri yg ribut nanti sales fbh&fby. Klo adu kenceng diatas sirkuit ya harusnya turun bareng. Spek mesin stock ganti exaust & maping ulang ECU. ECUnya jg harus merk sama,exaust merk sama juga.bongkar dulu sebelum race.
Atau..klo mau nyari riil di tangan konsumen. Ambil acak dari anak club R15&CBR ,
1. Ambil umur motor yg beredarnya sama
2. Bongkar mesin yakinkan klo spek sesuai pabrik.
3. Suruh dia geber di sirkuit & dijalanan.geber dijalanan buat review ergonomi,kenyamanan,cepet panas ga buat stop & go,kenyamanan bantingan shock,fuel consumption
4. Ambil hasil terbaik,jabarkan disini
5. Video kan.
Abaikan masalah skill seorang pembalap,minimal dia pernah ikut balap,berat badan dan tinggi badan sama. Toh kita klo dijalanan ga nanyain “tinggi & bobot elo berapa” 😀
Saya kira ini yg paling mendekati netral, bloggerpun saya rasa masih blm bisa netral 🙂 maaf ya om, krn hubungan kedekatan dg pabrikan maupun org2 disekelilingnya yg membuat saya kurang bisa memahami kenetralan blogger. Klo motor pinjaman pabrik takutnya motor udah “disetting”. meski nanti hasilnya ttp diBC para FB, bagi kami konsumen itu adalah test yg paling meyakinkan,paling mendekati kondisi dijalanan.. Keterlibatan blogger hny mendokumentasikan..salute klo ada blogger yg mau kerja keras & kluarin duit buat para penikmat warungnya,nuwun
Lawong CBR150 standart vs r15 uwis di oprek
Apakah Anda membutuhkan pinjaman? jika ya kembali ke perusahaan ini sekarang Via Email: ([email protected])