460x110-maret2

IWB-TMC-Banner

tmc-sukamart-april2

winner

Bro sekalian, seperti sudah banyak di beritakan oleh rekan rekan Jurnalis dan Blogger bahwa dua hari yang lalu AHM menyelenggarakan kegiatan Yang bernama Kontes Layanan Honda Nasional 2015.dan Di hasil akhirnnya terpilihlah Mbak Diah megawati sebagai Pimpinan Cabang Terbaik, Mas Eko Cahyono sebagai Delivery Man Terbaik dan Mas Khairil Anwar Siregar sebagai Front Line People Terbaik . . . menarik untk melihat Apa Yang membuat mereka Menang?

440x100-loop

MBtech Riders-APR

Sebelum analisa mengenai penyebab kemenangan, tmcblog mau bicara dulu soal Kontest ini sob . . .  Kontes Kontes Layanan Honda Nasional 2015  menilai keterampilan layanan untuk 42 orang Front Line People (FLP) yang terdiri dari Sales Counter, Salesman, Front Desk Officer, Kasir, Petugas Administrasi dan Sales Counter Part. Juga 27 petugas Delivery Man yang biasa mengantarkan motor ke konsumen dan 27 orang Pimpinan Jaringan yang merupakan penanggung jawab di showroom, AHASS, maupun Honda Exclusive Parts Shop (HEPS) . . .

Nah dari total 96 peserta ini pada hari Babak Grand Final tersisa 12 orang saja Yang maju ke semacam Sidang terbuka di depan 6 orang juri, 5 dari Internal AHM dengan level General Manager seperti  Ibu Istiyani GM HC3, Pak Agustinus Indra Putra, Pak Wedijanti, Ibu Kurniawati, dan Pak H Dodi sebagai Komandan Plant 3 AHM . .. 1 orang juri lagi berasal dari Ekternal AHM, yakni seorang Blogger bernama Taufik Hidayat ( ya tmcblog )

Menjadi Juri membuat tmcblog bisa mengetahui kenapa alasan ketiga orang pemenang tersebut menjadi pelayan Terbaik Honda 2015. Mbak Diyah Megawati misalnnya . . . sebagai pimpinan Cabang wakil dari MPM Motor Ponorogo. Salah satu yang membuat Ibu diah terbaik adalah beliau pandai memetakan waktu dimana pembelian motor itu growth di Ponorogo . . . Misalnnya bulan mei- juni menjelang puasa saat ini, menurut bu diyah .. .  TKI sudah mulai transfer dan sudah menjelang Puasa/lebaran sehingga tingkat pembelian motor pun naik. Cabang yang dipimpinnya langsung membuat program kredit khusus di bulan bulan ini. Selain itu Ibu ini pintar juga membuat gimick gimick  yang membuat orang orang mau datang ke dealernya seperti misalnnya seperti membuat Gathering konsumen ekslusif menyediakan JAMU gratis untuk semua tamu yang datang ke dealernya . . . wah siapa yang nggak mau nnih Jamu gratis

eko-cahyono2

Mas Eko Cahyono sebagai Delivery Man Terbaik ini juga memang special. Pembawaannnya memang riang . .. walupun dalam artian cuma berlaku sebagai orang yang mengantar motor dari dealer sampai ke Rumah, tidak jarang konsumen konsumen TDM Raden intan Lampung berubah dari konsumen biasa menjadi Konsumen Repeat order dan menreferensikan orang lain membeli motor honda di dealer beliau gara gara keramahan, kecakapan dan dan ketepatan waktu Delivery man yang satu ini . . . kadang kadang, untuk menghangatkan suasana, Mas eko ini sampai membawa badut saat pengantara motor.

eko-cahyono1

Oh ya Mas eko ini juga yang membuat semacam Slogan dan gerakan yel yel salam Honda di daerah  Lampung ( TDM  lapung ) kalo nggak salah bunyinya gini sob : ” Salam Satu Hati, Honda Smart tehnologi ” dan slogan ini menjadi slogan dan gaya ucap salam resmi disana . ..  mantaeebb

Mas Khairil Anwar Siregar sebagai Front Line People Terbaik . . . Ia ini sebenarnya orang denga talenta Banyak . . . bayangin aja mas bro, mantan pengamen dan waiters restoran ini bahkan ditunjuk bermain stand up commedy . . .  selain pembawaan Mas Aril ini juga punya perbedaan di soal strategi dan Kualitas Layanan. Yang pertama ia lakukan adalah menggunakan strategy Cross Selling dimana selain sebagai agen penjualan H1 ia juga tetap memperomosikan pelayanag H2 dan H3 nya seperti misalnya penulisan reminder service di kartu nama dan lain lain.

Mas Khairil/ Mas Aril ini juga ngerti banget gaya dan kebiasaan konsumen di daerahnya yakni daerah Mojosari yang terkenal suka sekali ‘Ngewarung’ yakni kong kow kongkow di warung misalnya setelah sholat isya. Nah di acara kongkow malam di warung kopi tersebutlah ia membangun jaringan konsumen, menjelaskan produk secara soft marketing sehingga bisa lebih masuk  .. .

Nah demikianlah yang bisa tmcblog ceritakan berasarkan apa yang tmcblog lihat langsung sebagai salah satu dari 6 juri Kontes Layanan Honda Nasional 2015 ini. Terimakasih kepada AHM karena telah mempercayakan blogger sebagai wakil Konsumen sebagai juri kontest bergengsi layanan tingkat Nasional ini . . . semoga Para pemengan bisa menjadi role Model pelayan pelayan terbaik bukan hanya bagi Honda , Juga bagi semua pemain bisnis sepeda motor Indoensia

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

22 COMMENTS

  1. Andai ymh bikin acara serupa biar oknum sales/dealer nakal bisa diminimalisir. Terutama oknum yg suka upping price dan menolak cash

    • Stater bletak kok di bilang keluhan, kl itu keluhan harusnya ga ada konsumen yg beli,kan bletak emg ciri khas metik honda sblm datang era stater mak ces alias hampir tanpa suara…

    • Yakin body yamaha lbh.baik dr honda? Cb teken body nya mio j,kaya krupuk gan,masa gw masang skotket ane teken pake jempol buat ngratain skotlet body bs krepek alias retak..

  2. kenapa honda laku, karena harga sesuai dengan yang tertera di brosur.. tanpa biaya siluman malah dapet potongan..
    pas beli NVL as ambil barang dimintain uang tambahan alasanya untuk mempercepat surat2 (nama penjual disembunyikan)..
    #pengalaman beli NVL buat adik sma pengalaman beli BEAT buat istri

  3. gara2 gak dapet penghargaan dari lembaga terkait, akhirnya bikin penghargaan untuk diri sendiri…

    wkwkwkwk

  4. saya puas dgn pelayanan di dealer honda indostar medan. pelayanan ramah dan setiap tanggal utk service selaku di ingatkan dgn sms dan service motor ditangani oleh mekanik yg berpengalaman. utk yamaha yg bagus pelayananya di alfa scorpi h adam malik medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.