Bro sekalian, bukan hanya Blog Owner dan Guest Blog Pilihan doang yang boleh share opini sebagai artikel di TMCBlog . . . Komentator pun juga dong . . . Jika memang ada Komentar bernas yang masuk akal serta membuat otak kita terbuka akan strategy, teknologi yang membuat banyak orang tercerahkan tentu dengan tangan terbuka TMCblog akan mengangkatnya menjadi artikel untuk kemudian kita diskusikan bersama . . . Nah Berikut ini TMCblog angkat Komentar dari Bro SPY . . weh namanya serem euuy . . Yang sedikit banyak telah menelaah secara out of the box seperti apa kemungkinan Konstelasi kode antara BG7 ( MT15) , BK6 ( Next R15 ) dna BK8 ( Next Vixion ) di jajaran produk Yamaha ke depan . . . Cekidot deh . . .
Ini cuma analisa ngawur yg mungkin ada benernya (mungkin). Yamaha disini seperti main catur, apakah ada yang menduga kalau BG7 atau yang digadangkan sebagai MT15 . . . Jangan Jangan sebenarnya merupakan varian dari Byson, yakni Super Byson atau katakanlah kerennya FZ15. Ini utk decoy NCB, mengingat BG7 ini sama sekali enggak ada aura MT nya yg simple, ringkas khas motard.
Nah, vixion sendirilah MT15 itu dimana nanti muncul dgn kode BK8 dgn body khas MT alias jiplak MT125 yg memang motard jalanan bajingan baget. Disini yamaha terlihat smart dengan terus membuat honda terbawa permainannya yg memang terlihat seperti latah terus meluncurkan produk2 baru yg bernuansa benturan fisik.
Oh ya, tapi mesin bg7 alias super byson mirip vixion? benar, karena supaya mudah common partnya. Nah, nanti R15 akan pakai mesin baru dan ada revisi dengan mesin NVA sekarang untuk dicangkokkan pada sang MT15. Begitu NCB kaget dgn Super Byson/FZ150, dia ada kemungkinan keluar SFA dan baammm….keluarlah si BK8 alias si MT15 sesungguhnya. Ingat, yamaha masih punya versi tracer atau half fairing Fazer kalau honda masih mau melayani umpannya terus. Artinya, kedua pabrikan ini posisinya akan begini terus sampai kiamat. Hehe just IMHO ngawur, tapi mngkn bisa jadi pertimbangan wak haji. Sorry kalo ngaco
Kalau tmcblog pikir, dengan keterbatasan Plant, Yamaha Indonesia memang harus membuat Strategy Khusus . . . dan Logis jika melihat bahwa trend Honda melakukan Strategy benturan head to head, maka Yamaha harus bisa menggunakan kekuatan Lawan dan kebiasaan lawan untuk digunakan sebagai Senjata Untuk Bisa survive . . . Bentuknya memang bisa macam macam . .. Strategy Decoy, atau mungiin strategy memukul permukaan air untuk meninggalkan riak ??
Apa artinya? Seperti yang pernah di posting oleh bro Komeng MindGenesis (1), namun kali ini fokusnnya berkebalikan antara Honda dan yamaha . . . Honda di segmen sport 150 sebagai kompetitor tentunya harus selalu mengintip segala pergerakan dan kondisi musuhnya. Nah saat Honda mengintip dasar kolam, agar pengelihatan Honda jadi tidak tajam dan apa yang dilihat menjadi semu, yaitu bukan kondisi yang sebenarnya, tetapi kondisi yang ingin kita tampilkan pada musuh, maka dipukullah permukaan Air ini oleh Yamaha. Pake apa? ya tentunya pake MT15 . . . Terjadilah Riak sehingga tujuan Yamaha agar Honda tidak lagi dapat melihat dengan jernih arah dan strategy Yamaha yang sesungguhnya.
Kalau Honda terbuai Oleh MT15 nanti, bisa jadi gelap mata dan orang kalau sudah gelap mata bisa Dengan Kalap merilis Strategy Produk lanjutan seperti Mungkin Honda Motard dengan Basis mesin CB150R . . . Namun lawan sesungguhnya adalah sang BK8 alias penerus dari Vixion ini . . . dan ini lah yang akan jadi senjata selanjutnya Yamaha Yang mungkin tidak akan pernah disangka sangka Oleh Honda
Yap ini basisnya adalah perseteruan dua pabrikan yang tak kunjung akhir . . . Kita Dari sisi Konsumen hanya bisa menganalisis dari Kulit terluarnya saja, Strategy sesungguhnya ada di bawah meja dan didalam Otak para Think Tank kedua Pabrikan . . . namun satu yang terpenting, dengan kompetisi ketat tiada akhir, yang diuntungkan jelas Konsumen . . memperoleh Pilihan Produk yang sellau terbaik . . . silahkan dikunyah kunyah, dikomentari dan semoga berguna
Taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : [email protected]
- instagram : tmcblog
- whatsapp : +62818103404 ( whatsapp only )
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
- blog alternatif ; http://ringpiston.com
- Video Blog : http://tmcvlog.com
- Android App : Google Play Store
- iOS App : App Store
Baca dulu
Kebanyakan nonton felem ga mutu hehehehe
Pemikiran yg kurang cerdas
Anda harus ke RSJ
Disuruh jgn dibaca , kok mlh baca dulu ….
Dasar gila ! Masuk RSJ sana
Wah terima kasih wak haji, sudah repot2 menjadikan komentar saya jadi artikel begini. Saya seneng bnget rasanya.. walaupun awalnya hanya mengamati dan nulis apa adanya sesuai apa yang saya tangkap dari berita2 motor ini, bahkan kemarin jg sempet diketawain sama pengunjung warung, eh tapi tidak disangka dijadikan bahan artikel. Sekali lagi terima kasih banyak ya wak haji, semoga semakin sukses.
Ngotot…..
Satu
Wuih analisanya memang out of the box. keren!
Ane kurang setuju kalo alasan keterbatasan plant.. Kapasitas pabrik yamaha tu 4 juta unit/ tahun.
Kalo AHM mau, sport Yamaha digebuk tuntas juga dari dulu bisa. Tapi akibatnya MS Honda bisa melejit diatas 80%. Teralu dominan bisa jadi bumerang sendiri.
Justru ane melihatnya sport Yamaha yg kali ini dipaksa Honda adu kuat. Honda itu Monster fish.. Dikasih decoy sebanyak apapun, fisherman-
nya yg bakal kewalahan
kalo ahm mau?…. lha dulu ahm sudah bikin apa? trs sekarang kok bikin tiruan vixion/nvl? maunya apaan sih?
Bukan tiruan, tapi kemauan pasar om, disni bukan mslah kompetisi, tp gmna cranya memuaskan konsumen, konsumen mau nya brgitu ya d ikutin, namanya juga dagang, klo d bilang plagiat, drimana nya yang plagiat? Model mirip??? Banyak yang modelnya mirip, liat aja mx bagian depan mirip sama old blade 110, ada sirip2, cma d mx king lebih lebar,
Konsep bisa aja sama tapi eksekusi desain yang bisa beda,
gue sih gak heran sama pendapat ente..terlihat dr isi blog ente…kalo AHM mau…? bukannya dr dulu ahm udah koar koar kill vixion yg ternyata gagal dan harus dirombak total ..dana berlebih bukan jaminan menang..kuncinya ada di selera konsumen…biarpun produk bagus kalo gak sesuai selera pasar yg gak laku alias hora payu…kurang apa coba antara CBSF vs Vixion..dengan DOHCnya ..tp kenyataannya belum bisa melampaui penjualan vixion..konsumen sekarang sudah cerdas..gak mudah didikte kaya jaman kakek nenek dulu.
Lho kok…
Kalau ya?
Ya kalau.
Kalo ahm mau??. Emang ahm gagal terus kok . dulu old cb apa tujuannya hanya utk medioker saja?? . kalo iya kenapa di suntik mati begitu cepat
Gampang amat ngomong gebug gebug. . aktualnya ahm malah yg di gebug
Emangnya gak ada kawasqki?? Gak ada sujuki?? . sport tulen itu ninja pak.
Debat yang keren..coba fbh fby kaya gini, trs bahas motor nasional, bahas teknologi motor, investasi pemerintah di roda dua,dll..pasti indonesia bisa maju..
Hm…blm tentu produk yang terbaik lho yg keluar…krn saling berkompetisi bisa jd hanya perbedaan kosmetik saja…
siiip ..
sayap kepak mah memang begitu wak strateginya, pengennya ngikut aja…trauma sama cs1 katanya.
‘Mesin’ foto-copy & printer jadi laris.. Tinggal cartridge nya mau kualitas KW atau kualitas mocin.. *eh
joS
Sepertinya Honda akan wait n see…
Kl dilihat dari pergerakan AHM sekarang mulai all out, tapi Ngomong2 apa yang akan dilakukan untuk Verza dan NMP ya wak..? Sampai sekarang belum ada kasak kusuk khususnya NMP mau dibawa kemana…
NPM stop produksi lur, krn market sharenya kecil dan spare partnya gak bs subtitusi dgn produk yg lain jd dianggap beban production cost….
Klo verza sih krn blm ada pesaingnya dan krn cukup laris jadi perkembangan produknya lambat…mirip kayak satria FU waktu blm ada pesaingnya, gak ada perkembangan mesin dan desain bodynya gitu2 ja, yg dirugikan kita sbg konsumen…
NMP mksudnya
Bukannya verza common part dr NMP?
yamaha seperti mencoba memukul permukaan air hingga beriak …ingat pepatah,, “air beriak tanda tak dalam” kayanya gak tunggu lama/ gak dalem permainannya.. HAJAR LARI bleh… fokus ke 250 cc ..
( sejak jaman Skorpio lawan tiger dah mulai gitu kan?) nah ini NVL dan CBISOR belum rusak aja dah pada muncul yang baru….
HIDUP SCORPIO……………….. 🙂
terlalu berangan angan komentarnya, dari sisi keuangan apakah Yamaha sanggup ?
Pabrikan sekelas yamaha jlas mampu lah,di motogp yg menghabiskan dana miliaran cm buat riset aja mampu kok,masa bikin sebuah produk ndak mampu,skrg tinggal ujung tombaknya di bagian marketing mampu apa ndak?
Wkwkwk pabrik yamaha di ngeropa dah lama banyak yg tutup dari taun2 lalu
moto gp disokong sama sponsor + pabrikan
jangan samain pabrikan dan team balap ah elah. soalnya hampir independent team balap.
masih bawa merek dan teknologinya
Honda gak akan bisa bangkrut…
AHM yg bangkrut tong…
yahh good lah analisanya yang katanya ngawur
yamaha fino blucore 125 hadir akhir tahun, dana da 1 metik misterius, selangkapnya di goozir.com
Josss
this is not my cup of tea…
but who knows
time is thicking…
sing penting kapan mbrojol e bae lah
kalo BK8 keluar pake model MT125 yowes Honda mau pakai apa? sport yang mana? yang sekarang kan pake model moge nya.
sedangkan Yamaha masih pake model sendiri.
ngoahahaha
Jos penerawangannya wak, sepertinya insider tuch, btw apa yg dikatakan bro SPy (mata-mata) sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh YIMM di blog Mas IWB,
sejatinya memang susah kalo sudah kudung jadi follower, bikin produk sendiri pastinya aneh, au ngikut selalu dimaenin, sepertinya memang Yamaha megang kartu ace dalam hal ini, makanya ngggak panic
smart!
gak ada abisnya
lah yg kmerin beli cb150, eh bru 2 tahun dah disuntik mati ama ahm, bikin hati sakittt…
terlihat Yamaha tdk pede dgn klan Vixion nya…
Coba yamaha berkaca dgn dari honda dengan Tiger nya ( walaupun dgn tengki bocor nya ya ) … kurang apa kelebihan Scorpio waktu ( CC besar , Tenaga mumpuni , Monoshock ( walaupun suka ambles )
Tetap tidak bisa mengalahkan penjualan Tiger
Jadi Kl Yamaha merasa si Vixie adalah motor Superior, buat apa buat motor 150 CC dgn model yg bermacam macam
simpan aja dananya agar tidak ada PHK massal di Yamaha
itulah kesalahan yamaha pd scorpio, r25 sama xeon, tenaga bukan segalanya…. lah kenapa honda pake ilmu itu di cb150, …. tampang lbh menjual dgn power secukupnya: ninja250, vixion, vario contohnya
wuidih,, kalo di jembrengin disni dah bukan rahasia lagi dong?
tapi ini cm opini aja ya?
mungkin tiap pabrikan uda memikirkan hal ini..
tungu motor bapak2 harga abg aja dah…(xMax harga Mio… hehehe…)
Honda beat diserang dengan Klan MIO,SOUL,Xride,dll tetap saja penjualannya Beat melenggang jauh
jadi yamaha harus dgn Vixenya , penj NCB tidak akan melampaui Vixe
Inget dp 0%…
entah kenapa motor jepang sekarang kebanyakan overprice
banyak pilihan tapi overprice semua buat apa?
ga masuk akal motor 150cc dikasih harga 23 juta keatas
mungkin bener ada kartel kali ya?
Kalo dah laku keras duo atau 4 pabrikan itu….kira2 duitnya lari kemana ya????? Barang bekasnya kemna?jadi sampah???!!! Siapa yg nanggung? MIKIRRRRRR!!!!!!!!
pantesan NVA di obral mau keluar jadi MT15 to
pagi gaes, ijin share ya sambil sarapan
http://orongorong.com/2015/09/28/ini-dia-lawan-yamaha-mt15-dari-honda/
loh bukannya itu jurus ahm kala di bebek?
ymh ikut juga toh?
mal jamal jok ngentut ae le…
Analisa ngawur tp mungkin saja terjadi… 😀
Sedahsyat apapun pertarungan honda & yamaha yang penting jgn lupakan konsumen..banyak varian baru,siklus motor yg pendek jgn jadikan alasan demi konsumen agar banyak pilihan,tp kemudian kualitas diabaikan krn kejar tayang,sparepart harus inden,meski lokal karena mass prod sedikit jatuhnya mahal..
Dengan seringnya benturan antara yamaha & honda,siklus motor pendek,konsumen akan bisa beradaptasi mungkin sekarang masih latah,tp nanti pada akhirnya lebih bisa menahan diri hanya akan mengawasi perkembangan kedua pabrikan tsb.
Masak beli motor bulan januari,maret keluar all new,masih mending klo hny facelift,klo all new ya apes.
To Jamal
Jadi Kl Yamaha merasa si Vixie adalah motor Superior, buat apa buat motor 150 CC dgn model yg bermacam macam?
———————————————————
Mesin kudu diupgrade bro, body juga, diferensiasi model-lah ada versi motard, versi tracer, supermoto dll
O ya kenapa Ya AnHaeM nggak pernah kepikiran untuk diferensiasi seperti ini? malah mesin DOHC-nye di cangkokin ke Ayago and next contekannya MXkingkong, belum move karena YIMM belum Move?disinilah ketahuan bagaimana followernya Hondbul, nggak pede dengan potensinya sendiri
Trauma NMP dan CS1?
bahasanya serem!
entahlah
selain perang pensboy pekok, mungkin sekarang merambat perang antara owner warung.
33. sad – September 29, 2015
======
yach mampir aja ke om mario devan,
khan satu sepeguruan
Honda bsnya ngekorr
wkwkwkwkwk… honda dilawan… jangan salah. mindset di negara kita masih dipegang mayoritas “motor = honda”. mungkin didunia maya bisa bikin semacam psywar. tapi didunia nyata berat untuk menghapus mindset “motor=honda”.
monggo bandingkan saja orang yg melek internet sama yg gak.. pasti masih banyak yg gak ngeh internet dkk…
tapi lama kelamaan yg tua tua bakal mati..dan berganti dgn yg lebih melek informasi…lama kelamaan motor =honda juga akan punah
Analisis ny keren…pancingan yimm ngeri…
Komentatornya terinspirasi gaya bahasa om Leo nih, beliau bilang MT-09 bajingan UFC, hahaha. Good, good.
Itu betul mas bro, saya suka sekali dengan sebutan om leopold ttg MT09 si bajingan UFC hehehe
31. M16 – September 29, 2015
malah mesin DOHC-nye di cangkokin ke Ayago and next contekannya MXkingkong, belum move karena YIMM belum Move?disinilah ketahuan bagaimana followernya Hondbul, nggak pede dengan potensinya sendiri
Trauma NMP dan CS1?
———————————————————
Ente ngerti tentang Cost Reduction gak ?
Saya adlh pecinta yamaha sejak era f1zr, kalo beli motor pokoknya pilihan pertama jatuh pd yamaha krn sdh ngerasaain kebandelan mesin sma bodynya yg gak asal2lan. Namun gk menutup kemungkinan milih merk lain klo memang itu lebih baik.
Tp sebenarnya mesin dohc 150cc dr yamaha lh yg paling saya tunggu2. Kalau cuma disungguhi dohc honda yg performanya 11 12 sma old vixion sy, itu gak bakalan bisa bikin sy berpaling kelain hati. Tolong dong wak haji bujukin yamaha supaya bikin mesin dohc 150.
Klo memang pada mau jor-joran produk ya silahkan, asal jangan sampai kebanting..
Bagus artikelnya
dengan strategi seperti itu produk yang menjadi decoy sepertinya tidak akan laku keras dipasaran wak mengingat yang menjadi fokus adalah produk yang ditutupi oleh decoy. imho wak
Betul sekali, tapi tidak ada ruginya bagi yamaha. Laku syukur, enggak pun no problem karena awalnya memang hanya untuk umpan, toh berdasarkan analisa tpt wak haji jumlahnya memang tidak banyak
Halah kakean model, malah bingung milihnyo
Kancil lawan buaya! Kancil sedikit,buaya banyak! Tetapi buaya lebih banyak piaraan dari pada yg bebas di habitatnya!
Konsumen tentu yang bebas akan memilih motor yang mau diangkut.
Ada temen di PhP in Honda waktu mau beli CB150R masih harus indent. Yang ada di dealer hanya warna hitam. Merahnya kabarnya ada problem di production nya
analisanya mantab kang
—
https://dk8000.wordpress.com/2015/09/29/3762/
Super sekali
yang ada yaMaho juga Panikkkkkkkk….. Solusi mentok cuman maen Decoy Kode kodean mengalihkan perhatian konsumen khas yaMaho.. maklum keterbatasan pabrik produksinya mampet.. standard pabrikan modal Cupet…. nah perseteruan bagi yaMaho Ngaku ngaku Global seheboh ini tk laen buat tandingi Produk AHM Pabrikan Abal abal tangan kiri Honda…
pontang panting panik gk ketulungan… ngalor ngidul templok lipstik Maho kanan kiri buat mengalihkan perhatian dari mesin jaman Batu Jiplakan Honda GL MAX tahun 80an SOHC Operstruk Jadul aka komuter Bapak bapak gigi ganjil…
8 tahun gak bs njungkelin vixion itu dibilang mampu ?? Anda tahu gak hukum supply & demand ? Mindset orang itu dr dulu udh terbuai sama mesin powerful DOHC sejak jaman CBR150 thailand. Tp apa yg trjadi ? Status CBU & ketidaktersediaan spare part jd kendala hingga ahm ‘sadar’ maka dilokalkan. Itulah yg sebenarnya trjadi..
Yg dilakukan Yamaha itu out of the box, system SOHC minarelli series unggulannya dipakai GLOBAL.. Ingat, kualitas global. Tp apa yg dilakukan honda ahm ? Jual mahal bro.. Gengsi & terbuai nyanyian kode fansboynya..
Intinya ini adlah strategic point, percuma menurunkan banyak satpol PP kalo melawan sniper unggul ya bakal kojel-kojel..
Lha bukanya versa sudah berhasil ngacak2 kelas sprot … panic
klo mnurut ane, berdasarkan opini Mr. SPY bolehlah jdi acuan tpi disisi lain strategy ini sudah pernah diterapkan oleh H dan berjalan cukup sukses, nah yg jdi pertanyaan adalah apa memang Y sudah siap pakai strategy H utk spotnya? pda dasarnya jg udah dikupas oleh kang MG klo strategy H bisa dibaca tpi susah utk ditiru..
https://mygoldmachine.wordpress.com/2015/04/13/copy-strategy-cara-yang-tidak-disarankan-pakar-strategic-marketing/
https://mygoldmachine.wordpress.com/2010/07/18/belajar-dari-grand-strategy-honda-ahm/
So jika utk kajian diatas tentunya akan sangatlah mudah terbaca, krn mnurut ane dri grand strategy H sekarang lebih memilih ke emotional & hitech, nah tinggal trend marketlah yg bisa menentukan berdasarkan proposition product & strategy lanjutan
Wwkwwkwkwkkw Maho yaMaho buat lawan CBR sama CB lokalan aja Gullung kuming Panikkkkkkk hora Ketulungan… Kode sak Kranjang Borot di keluarkan… trauma Metiknya nyungsep di kepretin AHM Abal abal… Lontonggggggg lontonggggggg
kesalahan honda untk new cb adalah tidak memakai shock USD dan banana swing. untk mengejar jarak market share yg jauh memang harus modal fitur melimpah untuk bersaing. deltabox nvl pesonanya sgt kuat memang. mau di model ke arah manapun akan sporty. tidak ada pilihan lain revisi desain memang perlu. menurut saya entah mau namanya mt15 ato vixi. ketika tidak teraplikasi usd ato banana. tak kn jadi nilai tambah. tgl PR honda nyari sesuatu yg tidak dimiliki vixi.
Duh, komentar udh kena terasi eh malah loncat-loncat. Komen terakhir ane u/ nickname Blog fifauzi
Decoy mendecoy hal lumrah. cuma memang di ranah roda dua mindsetnya beda dengan roda empat. kalo roda dua dikekepin, coba kita berkaca waktu Nissan mau brojolin Evalia, malah teaser disebar2 duluan. brosur keluar duluan, spek mesin dll nya udah keluar malah produknya launching belakangan. tapi yang terjadi adalah, calon buyer udah punya pegangan apa yang akan mereka dapatkan kalau beli mobil tsb.
kalo dimotor, yang masih dilihat orang adalah desain, desain, desain, baru kualitas. mungkin karena 90% mindset konsumennya begitu makanya seluruh desain baru dikekepin erat2. takut kalo bocor bisa disikat pabrikan lain. padahal pabrikan lain juga tunggu2an mau ngelaunch produk barunya. toh OCB waktu brojol juga gak sukses2 amat, bukti kalo produsen lain juga bisa salah strategi.
kalo kejadiannya kaya sekarang, yamaha seperti berusaha mengaburkan pandangan intelijen honda. ane pikir cuma masalah waktu aja sebelum nanti kelas sport disundul honda. karena money makernya honda bukan sport, yaa kalo ane sebagai businessmen ngapain ngabisin duit 110% di ladang yang (mungkin) cuma menghasilkan 40% duit. gak imbang effort sama incomenya wkwkwkwkwk….
goreng tahu dulu aaaahhhhh……
ane puas punya vixion th 2011, perawatan gampang gak ribet, mesin bandel awet, asesoris racing melimpah. harga jual stabil. smoga sparepart’y tetep mudah dicari walau udah banyak perubahan dgn vixion yg sekarang
wah, mantap wak
iklan fino bluecore
http://www.ariforza.com/2015/09/jannine-weigel-jadi-bintang-iklan.html
Memang salut buat Yamaha selalu terus berinovasi dan Honda yang menyempurnakan dan Yamaha lagi bikin inovasi kekuranganya dibuat lagi sama Honda.. Ibarat kata Mereka berdua saling membutuhkan dan kita tanpa sadar Terus kecanduan produk mereka dan nggak pengen bikin sendiri
ambisi & gengsi mungkin tidak memandang 40%. KANZEN merupakan produk lokal. tp gagal. karena memandang membuat motor untuk bisnis. untuk mencari untung. motor sebenarnya adalah masalah rasa. perjuangan. proses dari bawah. history. bukan sekedar punya uang dan modal lalu buat motor.
babak 1 kasus nya sama seperti kasus vixion lawas vs mega pro..
mega pro berubah total buat meng hantam vixion eh yamaha malah ngelawan pake byson..
babak 2 honda keluarin cb150r yg power full bodi di benturin sama vixion n dengan banyak kelebihan kayak dohc,6speed, rem belakang cakram..
eh ternyata yamaha keluarin NVL yg gambot dan bikin kesan cb150 ketinggalan jaman..
babak 3 sekarang nih.. yamaha bikin pancingan dg NVA.. honda kembali total all out dg bodi di benturin sama NVL plus segala kelebihan, ban gambot,lampu led, body bohai. dohc,6speed, speedo full digital. tau nih wajib di tunggu motor Yamaha buat bikin ncb150 keliatan jadul..
makin lama makin rame..
salut sama wak haji yang prediksinya selalu tajam,bro rdy commentnya inspiring banget…thak you all,yang jelas di blog ini asyik asyik orangnya.
57. tukang_gorengan – September 29, 2015
==========
karenaa nda bussines man, maka anda mengerti itu,
tapi anda juga ngerti khan 40% pendapatan ymh dari kleas itu,
yach mereka akan keluarken biaya 110% itu untuk mempertahanken pendapatan yg 40% itu
yaMaho Rhoembeng15 RRRRRRRRijekan India mengikuti jejak Rhoembeng Plastik25 Pengetar biji bijian… kelamaan numpuk di gudang bantar gebang sampe bulukan selaen promo diskonan gede gedean sisa produk tahun kmren… solusinya di preteli jadi Mat Thuolol15 SOHC operstruk gigi ganjil 5 biji…. wkwkwkwkwkwkw..
45. Yadi – September 29, 2015
Saya adlh pecinta yamaha sejak era f1zr, kalo beli motor pokoknya pilihan pertama jatuh pd yamaha krn sdh ngerasaain kebandelan mesin sma bodynya yg gak asal2lan. Namun gk menutup kemungkinan milih merk lain klo memang itu lebih baik.
Tp sebenarnya mesin dohc 150cc dr yamaha lh yg paling saya tunggu2. Kalau cuma disungguhi dohc honda yg performanya 11 12 sma old vixion sy, itu gak bakalan bisa bikin sy berpaling kelain hati. Tolong dong wak haji bujukin yamaha supaya bikin mesin dohc 150.
—————————
Ngarep DOHC di 150cc, mau nyari selisih power berapa DK dengan SOHC? Sudah terbukti kalau mesin 150cc DOHC-SOHC cuma 11-12 saja alias sami mawon powernya.
Kalau benar2 serius mau powernya DOHC, belilah yg 250cc. Sudah disediakan R25 atau MT-25. Mesin DOHCnya asli dan 2 silinder pula. Sama2 kondisi standar dengan Ninja250 saja selisih 4DK-an. Kecuali memang daya belinya cuma sanggup di kelas 150cc saza. 😀
Bukan cuma daya beli yg mentok dkelas150, tp juga motor 150 memang lebih enak(ringan) dan efisien kalo dipakai harian. Sy berharap yamaha ngeluarin motor dohc itu bkn cuma ngarep power doang, tp juga soal gengsi n tampilan mesin yg terlihat lebih padat. Intinya ane nunggu motor yamaha dohc150cc (gk kalah sma honda) yg bandel kayak piksen.
gengsi?? hahahahaha
kelas 150 kok mau dpt gengsi
150 honda sm yamaha ga ada gengsi nya mas bro motor kebanyakan ini
Gengsi disini mksudnya gak lebih inferior dr cb.
Opini saya adalah honda terlalu nafsu untuk memukul kelas sport 150.
Mindset dr dulu honda itu friendly, nyaman ramah, nggak ada tenaga jambakan dimotor.
Kelas honda ya moped yang skrng beralih ke matic. Penyimbang angka moped dulu sekarang beralih ke matic.
Kalo penikmat sport honda ya itu2 aja. Swing voters juga gak terlalu banyak.
Jadi memang tujuan honda mnurut analisa saya hanya mau buat gaduh situasi di internal YIMM sehingga tidak konsen thdp penyajian produk2 yamaha.
Masih jelas kita ingat untuk melawan mio lawas series, brapa varian yg sekaligus dikeluarkan honda. Dan terbukti jatuh lah lenjualan mio series hingga sekarang.
Hal ini juga yang mau dilakukan oleh AHAEM. Sberkeyakinan segmen sport honda akan begitu banyak varian dan pilihan.
Dan itu yg diaiapkan Yimm skrng yaitu memperbanyak varian Sport sebelum direbut oleh honda untuk jumlah varian ato pulihan.
Dulu rumor CB adalah model SFA tapi ndak jadi, senjata disimpan dulu, bgitu kata AHAEM.
Slamat berjuang buat YIMM selamat membuat kejutan dari AHAEM.
Nggak cuma SFA bro..di infia msh ada utk kelas 150cc yaitu CX-01 dan hornet 160cc yg bs bwt ganti NMP. Blum lg di klas matic ada remix concept.
So sngt memungkinkn produk global india di produjsi di ind spt kasus R15. Stok melimpah, jurus banyak..tinggal mana yg mau dikeluarkn dulu.
air beriak tanda tak dalam ekekekeke
Honda mah tenang aja…sebelum Yamaha mancing, Honda sudah punya motor konsep SFA dan CX-01, belum lagi CB190 yang baru di-launching di China, bisa aja model ini disematin mesin 150/200 cc, belum lagi klan Tiger yang masih jadi legenda, tambahan lagi Honda sudah punya Versa (sport murah), sementara Yamaha hanya punya MT-15 dan (kalau bener) Super Byson. MT-15 bisa dilawan sama SFA/CX-01 sementara Super Byson dilawan pakai CB190/New Tiger. Ane yakin Honda punya stamina dan modal lebih untuk diajak main2..
Tenang bgmn om, lha wong ayago aja di petak an di kelas sport kok,
Itu namanya ambisi, ya gpp ceh …hahahaha
?
Justru menurut saya dengan YIMM mengeluarkan MT15 akan menjadi bomerang buat YIMM sendiri..kenapa?
MT15 sudah pke USD, tapi MT25 msh pke TELE (bs membunuh pasar MT25/R25 itu sendiri)
Sedangkan Honda sudah siapkan CBR250 yg sudah USD. Jadi Honda sudah ancang2, sudah pasti nantinya penyuka kelas 250 akan memilih new CBR250(USD). Dan jika YIMM berhasil dgn MT15nya sudah pasti penyuka kelas 150 akan memilih MT15 (dari pada Vixion mending nambahin dikit dpt yg USD) itu jika tidak ada pesaing, CB190 misalnya. Berarti boomerang buat Vixion, MT25/R25.
# entahlah… (kq jd ngurusin dagangan orang lain :D)
yamaha belajar dari pengalaman di matic dahulu kala..hahahaha
dibuntutin..ditusuk dari belakang era mio di 2004..sampe sekarang ,honda terlalu fokus ngejar di kelas matic…sekarang udah diatas kelupaan kalo di kelas sport 150 dah ketinggalan jauh sama yamaha..hahahaha …sekarang mau ngehajar suzuki dengan sonic nya…tapi ga ada yang sanggup kelawan premium class sport 250 kawasaki…
udah bagi bagi jatah… suzuki spesialis bebek hyperunderbone..honda spesialis matic..yamaha spesialis sport 150 ….kawasaki spesialis 250 cc…kanzen spesialis motor roda 3.. viar spesialis motor offroad…nah kan jadi ga pusing tuh RnD nya tiap semester mikirin inovasi..ganti striping ..ganti model ..minor change major change ..dsb…
Ohhh g bisa bro, dasarnya sifat manusia itu serakah, misal dikasih 1 bukit emas, pas dia akan minta 2
To Jamal
terangin dong detailnya cost reduction….
terus terangin juga ya kenapa NgoAHM demen banget Copasdari segi estetika, marketing dan teknis
sorry ane baru lulus SMA nih, masih banyak yg belum ane tau
Melu melu analisa ngawur ah ekekek
Kalo menurut ane sih ahm kemungkinan paham wak yg menjadi fokus utamanya vixion, tetapi ahm gak boleh meleng juga terhadap sepak terjang BG7, berapa harga BG7 dan bagaimana penyerapan dari konsumen, kalau harga bersaing dan penyerapan positif bisa jadi BG7 bisa di support penuh oleh yimm dan kartu utamanya si ext generation of vixion tetap digengam oleh yimm dan menunggu pergerakan ahm, karena sekarang yimm berada di depan dan mengendalikan strategi pasar semprot 150cc maka strateginya elastis, kalo BG7 penyerapannya seperti R15, maka fokus utama yimm kemungkinan tetap ke ext generation of vixion
Kalau BG7 penyerapan seperti R15 kemungkinan akan di ganggu oleh ahm yg denger2 mau ngeluarin cb190 yg kemungkinan bisa iya bisa tidak, akan di cangkokin mesin dohc, kalo bertahan sohc 190cc ya wasallam
Kalau ext generation of vixion keluar dengan model lebih ganteng dari pada BG7, ahm kalo bisa ngeluarin honda SFA itu kalau ahmnya di ijinin principal honda japan, kalo kagak yo angel arep nyaingin yimm, pelurune model le akeh yimm, tetapi segi negatifnya buat yimm, model montornya banyak tetapi plan nya tetep, ya berarti harus ada yg di suntik mati, kalau gak mau menyuntik mati, ya harus pinter pinter mengatur produksinya tiap model, karena penyerapan konsumen tidak di indo saja tapi luar juga.
Kalau ada yg mau menyanggah atau menambahi monggo monggo saja
Kayaknya penjualan New Vixion Advance (NVA) bakalan naik deh. Lihat saja wong konsumen rep indent Cb150R disemayani kon nunggu suwe kang.
Unit rung siap ning dealer wis dilaunching
Bro SPY mestinya izin ama saya kalo ngembangin analisa saya. Seperti yang ane koment kemaren di blog ini. Siapa berani memastikan spyshoot itu MT15. Boleh jadi itu Yamaha Street Fighter (Ntah Byson 150, atau Xabre 180cc) yang akan ngisi tempat yang ditinggalin Scorpio dan Tiger (harga di atas NVA). Sementara The Real Vixion aka MT15 itu sendiri masih dikekepin sama YIM (kalo kliaran takut buru-buru ditiru desainernya AHM). Tapi gak apa-apa gak izin juga. Udah ta’ ikhlasin !
Komentator kali ini waras semua ya wak kaji, kecuali bro bruud yang belum sehat
Makin banyak varian yang muncul makin banyak pula pilihan buat buyer, tapi kalo jarak launchingnya kurang dari 1 tahun yakin deh buyer bakal banyak yang wait n see
hahahaha kl bruud dah bawaan lahir ga bisa move on
honda itu fokus jualan..dan dia udah nguasai cash cow/keran duitnya yaitu di metik, justru yamaha musti hati hati dimetiknya klo cuma ngandelin sport mah bisa dedel duwel YIMM, istilahnya buat tarung di sport AHM tinggal nyari subsidi dari penjualan metik, sedangkan klo metik yamaha ke jungkel, masa sport musti subsidi line produksi metiknya ga akan sanggup terus hidup itu YIMM.cash cow itu yang utama..selama cash cow dikuasain ma AHM tetep bahaya buat yamaha. ane lebih tertarik klo yamaha nemplokin VVAnya ke pasukan metik dia, imej kenceng dari yamaha bisa tetep terjaga, secara efisiensi bahan bakar dapet. klo nmax mah mana mau emak emak make metik yang ada bonenya gitu.. ga bisa bawa galon. saatnya yamaha ngeluarin buat saingan vario 150 tentunya dengan VVAnya
Kalo motor Street Fighter Yamaha yang di spyshoot keluar, AHM juga udah siap dengan Honda CX-01/160cc. (lebih pas ketimbang SFA yang desainnya terlalu aneh menurutku). Cuma kalo The Real Vixion aka MT15 yang brojol …. dengan desain, mesin dan harga all out penuh kejutan seperti brojolnya NMax…. aku gak bisa bayangin kleyengannya Tim RnD AHM !!!
jozz yamaha bs mainin honda…??!!jadi siapa yang pinter..??
” namun satu yang terpenting, dengan kompetisi ketat tiada akhir, yang diuntungkan jelas Konsumen . . memperoleh Pilihan Produk yang selalu terbaik”
lho?? bukannya konsumen rugi secara psikologis ya wak?
Jadi konsumen selalu menunda jika kompetisi antar pabrikan ini berlanjut tanpa akhir. Disatu sisi yg udh terlanjur beli justru jadi barisan ‘sakit hati’ gitu.
Kayak contoh kasus old CB dan NCB. Lebih sakit lagi ketika tau bahwa NCB tidak common part dgn old CB.
Demikian analisa ngawur saya hhehe
sangat berguna wak infonya. analisa yng masuk akal…
tiap pabrikan sllu berkompetisi dlm mnelurkan produknya, dngn strategi yng berbeda pula…
tiap pabrikan jelas mninginkan yng trbaik buat komsumennya, trgantung dri kac mata konsumen, yng penting “money” mewakili panpilan & fitur yng ditawarkan, langsung sikat….
gd job lah buat pabrikan kita, moga saja produk2 yng di luncurkan punya tempat di hati konsumen…
@Neutral
justru di untungkan. tapi life cycle motor jadi makin singkat. dulu 5 tahun baru revisi sekarang 2-3 tahun dah di rombak. 6 bulan sekali ganti stripping.
beli sesuai kebutuhan aja.
kasihan yg msh minta sm ortu mas roy, kl beli sesuai kbthn biasa nya orng sdh ngerasa kalo harga beras itu mahal
intinya tinggal konsumen yg pilih sesuai keinginan… karena banyak penawaran yg menggiurkan sesuai dengan isi celengan masing2..
Hondut lama kalo rilis produk baru… Voting, riset, tetek bengek…
Kenalan sama Gulfstream G650, si super cepat: http://wp.me/p1eQhG-1ny
Imho… Kalo mt15 dijadikan penerus vixion rasanya masuk akal. Soalnya kalo gak begitu, misalnya mt15 dikeluarkan mendampingi vixion maka vixion yg akan kalah kena kanibal produk sendiri (mt15), varian nambah tp market share stuck.
Alasan yang masuk akal, karena Trend dan Pasar saat ini, itu sudah dari jaman dulu sampe sekarang Wak, contoh sederhana, masalah cakram belakang, di Roda dua, Tutup tangki yang njendul, jadi rata, Velg jari-jari ke velg CW, yg lg rame Naked, dan full Fairing. disini Kawasaki yg paling berani keluar dari jalur.
ane yakin setiap pergerakan kompetitor ahm pasti sudah tau wak,dan yg pasti ahm udah punya cara buat ngadepin strategi yamaha.
membaca ada terselip kata-kata ‘bajingan’ diatas sepertinya gak asing deh.
seperti kebiasaan fby salah satu owner blog yang punya moge yamaha: ‘suara knalpot bajingannya nya, mpruummpp..
muehehehehe
Kalo pinter knp mio bisa dipecundangin beat.. R15 digaplokin cbr.. Sekarang bisa ga vario diambil alih.. .sama gt 125..fby dongo.. Kl pigson mah masalah waktu aja
ga mau ah semua nya merk honda
wah emg kg ad abisnya..
konsumen bs d untungkan n bs jg d rugikan..
br bli motor.. eh br 1thn dah ad lg versi update nya..
konsumen bisa tekor klo bgtu terus.. hehehe..
orng bijak bilang.. “bli sesuai dengan kemampuan n kebutuhan..”
tp sifat manusia kan ingin dapat yg paling baik..
akhrnya konsumen galau lagi..galau lagi..
knpa pabrikan ngga bikin versi ultimate aj langsng..
jd mis.nya gni.. untuk 150cc spek yg ampir smua konsumen mau:
– desain keren..
– mesin DOHC..
– sasis twinspar..
– USD..
– banana arm or pro arm..
– ban gambot..
– irit bs kenceng boleh..
skrng kan kesan nya pabrikan main kucing2an am konsumen..
pdhal yg konsumen mau mrka dah tau..
n ane yakin mereka bs bikin ky spek d atas..
bkn d kluarin sdikit2 ky skrng..
jadi inget tetangga ane.
beli mio j brp bulan kluar mio m3. dijual mio j anjlok, lifecycle pendek.
bener kata mang kobay. persaingan produk membuat lifecycle motor pendek (5 tahun dah new engine aje)
Yamaha benar” tidak ingin tahta sport nya di gulingkan honda, makanya berbagai cara di lakukan tuk mengelabui ripal nya . . . Bisa jadi Wak . . .
Memang lebih masuk akal klo liat dari look bg7 ini lebih ke arah byson atau super byson yang mana pembelinya segmented. Tar ujung2nya part bg 7 ini jadi Part modifan ncb atau vixion :p ya byson bgtlah hehe.
Jadi dengan kata lain menurut bro spy ini bg 7 buat smoke screen Mt 15 sesungguhnya biar rnd Honda gak punya persiapan cepat untuk nangkal The new vixion or Mt 15 sesungguhnya ini? Seru sih klo bener.
Dan semoga bener biar dua pabrikan ini lebih kreatif dan clash antar produk sport 150 cc smakin ketat. Imbasnya ya pabrikan mau gak mau harus cari cara untuk kasih produk dengan kelebihan yg gak dipunyai kompetitor either y atau H. Ya yg untung konsumen. Klo fb mah biar aja bekoar bumbu clash yg kadang gak sedap :p
menurut saya pabrikan jepun ituh kalo nelurin produk harus liat pabrikan lain. bisa bunuh yg lain ato enggak
contoh, ahm bisa aja nelurin motor trail 150cc misal crf, cukup ambil mesin verza dan bodi crf 150 dah bisa kok. tapi bakal makan market kawak yg jualan klx.
ituh udah bertahun tahun kok. kliatannya aja musuhan, sebenernya saling membantu satu negara yaitu jepun. makanya saling membantu.
tapi kok bisa aja ya sonic kluar? kan kasian suzuki. ntah lah
cumicumi on September 29, 2015 at 11:01 am
Bukan tiruan, tapi kemauan pasar om, disni bukan mslah kompetisi, tp gmna cranya memuaskan konsumen, konsumen mau nya brgitu ya d ikutin, namanya juga dagang, klo d bilang plagiat, drimana nya yang plagiat? Model mirip??? Banyak yang modelnya mirip, liat aja mx bagian depan mirip sama old blade 110, ada sirip2, cma d mx king lebih lebar,
Konsep bisa aja sama tapi eksekusi desain yang bisa beda,
—————————————————————————-
blade sama mx duluan mana ya, tinggal siapa yg jadi first mover..kalo ada desain mirip yg datang belakangan wajar kalo dapat cap njiplak/ copy
misterius? gak juga siy..dan cukup gamblang line up nya
Seharusnya Honda all out saja, bknnya honda brmodal lbh baik..mmg tdk cukup cuma hanya modal saja untuk meraih pasar..
Klu mau ttp kuat ya jgn trlalu byk untung yg mrugikan kosumen, pasti kompetitor pusing tujuh keliling..
Konsumen dimari jgn disamakan dg eropa,,disini tampilan dan kualitas No 1, stelahnya baru performa n teknologi..
Klu dieropa teknologi n kualitas no 1 Stelahnya performa n untuk tampilan belakangan
dari dulu honda itu buat bapak2 yamaha buat mas mas
bapaknya pake honda anaknya pake yamaha.
emang dari dulu sudah gitu
ya sudah takdir mungkin>
udah kayak Ibu2 arisan aja loe semua .. sama2 ngga mau kalah
Mau jualan sport yg banyak dimari ga susah. Lw bikin motor desain macho, kualitas joss, mesin gampang dioprek dan HARGA GA MAJALAH yg penting murah. He he
penting jangan korbankan kuwalitas! bnyak produk banyak pilihan! jos…
masih ada br5 hayo apa itu
Ada trend positif nih untuk konsumen dikarenakan LIFECYCLE jadi semakin pendek jadi motor apapun yang dibeli pasti harganya jatuh jika second jadi Konsumen lama2 berpikir akan membeli motor yang dia suka tanpa mikir nilai jual kembali… Kecuali kelas 250 mungkin
Suzuki maenlah yang seriuss tuuh dah dibukain moment biar motor ente dibeli karena Kwalitas tanpa mikir harga jual kembali
Setuju, pada akhirnya mereka akan pada jalur’y masing-masing, sebagai konsumen apa yang seharusnya kita ambil? itu yang penting (kualitas, harga, selera, fungsi)
Sebagai konsumen patut diingat, kompetisi tetap penting, dari sana akan lahir produk legendaris, bukan untuk saling mematikan.
Yamaha ama Honda lagi bersaing ketat nawarin sport 150cc di range harga 23-26juta, tiba-tiba Suzuki & Kawasaki ikutan main diharga 21-23 pasti bakal lebih rame. Isinya jepang semua gak ada merk lokalnya :'(
klo emg gt hmmmm keren amat strategi ymh dg mengecoh lawan untuk terjebak dlm permainanya.. udh kyk taktik perang z nih… tp yg disinyalir mt15 ternyata the next byson tuiuanya ap cm mengecoh lawan semata bukan untuk konsumen?
wes mumet tenan ki
Mantap bner wak analisanya,klo ane sbgai konsumen justru seneng,biar honda terus ngeluarin sumber dayanya,soalnya ane termasuk fansboy honda
seperti kata om Komeng Verza penjaga pintu belakang kalo2 musuh coba2 lari dr pertempuran lwt pintu itu. coz dikelas bebek dan sekutik yamaha sudah stress dan kehabisan akal untuk menjungkalnya…maka yamaha mulai panik setelah honda mulai merealisasikan ucapannya yakni akan fokus di kelas semprot….. intinya singa itu sudah dilepas dikandang yg sama lewat pintu depan dan mulai mencabik cabik mangsa yg ditemuinya…mau lari kemana lagi? pintu belakang udah dijaga si perza…… adanya lawan tinggal umbar dan teriak2 ini itu padahal aslinya sudah gemetaran dan panik tingkat dewa……..
Pokoke intinya yamaha selalu menang, padahal penjualan yamaha separonya, hmmmmm….
matiiiiccc..
Disini sayap bkan mau jiplap garpu…dri pda dia bkin divisi khus langsung komunukasi ke konsumen ap mau nya konsumen, mending duit nya dbikin riser mdl bru langsung ga usah tya2 konsumen mau ya ap…liat aj hasil penjualan lawan penjualan nya bagus bkin dah ngikitin lmayan kan bisa hemat and riser mdl bru lbih cepat contoh mio:keluae beat, jupiter: keluae blead, vixion:cb150…satria fu: sonic…dan ad kemungkinan kedepannya akan ngikut juga pcx, yah klo divisi pantau lwannya sayap meliat n-max penjualannya bgus gila pasti dbikin lokal…dan kemungkinan yg lainnya ( klo ane liat komunikasi ahm kekonsumen maunya konsumen ap kurang knapa ane blang seperti itu contohnya satu aj, tutup tanki jendolnya,,,nah ktika jdi kenfala dlm penjualan bru di rbah intinya ahm bkan diliat ap maunya konsumen dlu tpi keuntungan bgi dia dulu klo tdk untung bru opsi kedua ngikutin maunya arah konsumen…bda ama merek sebelah brani ngikutin arus maunya kondumen walaupun beberapa pahit yg didapat…
Secara ga langsung Yamaha belajar dr strategy Honda dulu donk..
Strategy buat motor bebek dterapkan pd motor sport.. Pintar,cerdas,salut.
Skrg posisi Honda sama kyk dlu dmn Yamaha yg ngikutin strategy Honda…
Dalam kurun wktu 5thun tg llu berhasil dterapkan secara sempurna oleh Yamaha…
Bearti senjata utama Yamaha bukan lah sang Vi-xion yg skrg ni,,tp V-ixion Gen-4..
Spyshoot yg skrg ni bukan MT15 atau V-ixion.. Melainkan Byson..??
Hahahahahha… Skrg siap2 lah Honda termakan strategy mereka…
Salut buat Yamaha. Bisa belajar dr strategy yg dlu membuat jajaran bebek Yamaha tak berkutik skrg mnjadi seranggan balik…
Yg jd pertanyaan,,apakah Honda tau strategy Yamaha skrg ni..???
Pokoke intinya honda itu selalu di belakang yamaha Gitu ya, padahal kenyataanya penjualan yamaha separonya, hmmmmm….
analisa yg super keren….mirip2 ketika old cb meniru old vixi,dan saat old cb kluar dorrrrr kluar lah nvl yg lbh cakep.setuju ne ma opini ini.
Ikut nimbrung diskusi…
Honda-Yamaha
Sebenernya strategy mereka sama (menurut saya)
Saat ini Yamaha punya prioritas menggemukan pasar, di asia honda dah lama berkuasa,di eropa pun honda cukup bagus penjualan dari yamaha imho ya..
Honda ngeluarin allnewcb bukan masalah benturan produk,tapi lebih masalah ke peningkatan kapasitas produksi,secara garis besar AHM pengen jadi pusat..selayaknya YIMM,berbeda dengan YIMM banyaknya pabrik yang tutup bikin yamaha ga punya pilihan,harus pindah haluar.dmna kira2 pangsa pasar yg gemuk nah disitu jadiin RND atau pabrik,disini kita kiat aja jumlah penduduk… Kalo YIMM kekeh mikih thailand,maka pangsa pasar yg duku pernah direbut 50 persen lebih oleh YIMM di indo bakal hangus,bukan haangus oleh saingan tapi pajak! Motor cbu bakl kena pajak sana sini,sedang di thai sendiri pasar honda lumayan gemuk jumlah penduduk ga banyak..dan indochina rata2 lebih ke skuter. Dr sini mau ga nau pihak iwata jadiin YIMM manufaktur yg mumpuni,dilain sisi pasar yg bagus..juga mengurangi pajak.
Sedang Honda ada banyak pilihan,mau stay concern di pabrik masing2 atau mau membagi kue jaatah dari masing2 regional untuk produksi dan riset. Sayang honda pusat kurang mengerti alur proyeksi konsumen, disaat pabrikan lain jor2an dengan sportnya honda malah santai dengan desain yang itu2 saja. Kalo sekarang honda keluar pakem di sportnya,berarti pihak pabrikan jepang lain kufu waspada,karena ini ada indikasi perubahan struktur planing ke depan, belum lagi masalah emisi. Honda keliatan.lebih maju kedepan soal ini. Mengingat kampanye Green global honda di mobil F1 nya…(sebelum krisis global)
Masing2 kekuatan pabrikan Y dan H diatas kertas sama, ga beda kayak Suzuki yang di mobilnya laba bersih triliunan di seluruh dunia,di sport rugi,tapi masih bertahan.
Kawasaki sebagi kuda hitam bisa fokus ke sport… Gampangnya… Ducati,aprilia dll masih bisa kok bertahan,walau pangsa pasar sport itunganya kecil.. Disinilah pinternya kawak..mereka bisa fokus dengan image “sport+kencang”
Ini hanya opini semoga membantu..kapan2 ikut diskusi lagi wak..trims
Enta mengapa,dari dulu saya kok kurang bisa menerima yang namanya DECOY.
Apa iya…sebuah motor dimana untuk merisetnya saja butuh waktu 5th-an kok diciptakan hanya untuk sekedar DECOY? Ga rugi besar tuch pabrikan?
Gimana kalo AHM keluarin mesin 150cc Unicam.
yang jelas pabrikan lebih pinter daripada konsumen apalagi komentator..mau dibantah ya silahkan,la wong mereka(pabrikan) tiap hari kerjanya ngurusi riset dan produksi serta market share gak kayak penikmat blog yang hanya sambil lalu saja,ninggalin jejak,BC-BC-an..
ingat ya, sekarang ini hampir semua spareparts motor disuplai oleh vendor,gak kayak dulu misal Honda bikin pelek sendiri,bikin piston sendiri,begitu juga dengan yamaha, beberapa vendor mereka itu sama, (misal house kopling made by Exedy,piston by Izumi) dari sini saja sudah bisa saling intip produk apa yang akan keluar..
hanya saja konsumen melihatnya sebagai hal yang ‘istimewa’, dibuat heboh oleh para netizen,sehingga pembaca terhanyut dan heboh,ingatlah tak semua info dari blog akurat contohnya K56F digadang-gadang super underbone 150 dohc,njekethek sing metu kode supra helm in 125 ..hihihii….mangap lu..
mungkin…
Perang sengit antara ahm & yimm harusnya ada penyusupnya #kawasaki/suzuki/tvs hellooo….
07. ♥♡ MICHELIN NGESELIN ♡♥ – September 29, 2015
=========
oh dah pasti itu om,
kalupun beda , mungkin produksi awal 1,
mungkin msh impor dari mana gitu,
setelah laku banyak, yach pesen dari mareh aja, biaya lebih murah
kalo ngomong soal strategi mah, pabrikan kaya ahm dan yimm, udah gak bisa main decoi sembarangan gini, spy shot mah cuma kulit luar
new produk katakanlah produk merek x dengan prototype a yg bentuknya gak di ketahui bloggerpun pabrikan kompetitor udah tau kok wujud aslinya
bahkan speek prototype ini udah tahu
terus responya bakalan di lakuin saat itu juga, bisa di bilang kalo mau mah produk baru sama lawanya bisa cuma beda 1 tahun paling lama, karena dari prototype pabrikan sebelah udah tahu, gak perintilan, tapi nyaris 70% dari speek, kualitas dll
jaadi wajar ncb keluar yamaha udah respon dengan nvl yg baru, honda pun udah tau produk ini
jadi decoy macam gini gak mempan buat atpm
cara bikin decoy ya bikin spy atpm ( bisa jadi petinggi salah satu atpm/team riset malah) yg kasih spy palsu,
biaya tukang spy ginian mah gak cukup 100-200 juta, bisa milyaran lebih,
ngoahahhahahha
mantau ji
————-
http://kobayogas.com/2015/09/29/first-drive-ford-fiesta-ecoboost-boost-yang-menghilang/
Serem analisanya, tapi yg penting konsumen jadi dapat banyak pilihan2 produk bagus.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling
setuju, sangat keliatan sekali komentator masih otah TK ko ngakunya sarjana yang sok tau strategi marketing…
TOYOTA ada saham di YAMAHA, ahampret mau ngobok2 yamaha, eit tunggu dulu, pingin di bantai lagi kaya di F1 ! (mobil jepang)
So, pendapat boleh saja, tapi ya tolong sok tau nya itu lo di ilangin, heheee.
Salam Cibo150ker keox maning
isu mt 15 cuman desperate attempt dari yamaha menahan laju penjualan honda cb 150r, karena kalo sampe kalah di kelas motor sport yamaha udh ngga ada pijakan lagi
skutik dan bebek dikuasai honda
sport mahal kawasaki
kalo sampe sport murah juga tewas bisa bisa yamaha melorot pelan pelan menyusul suzuki, bisa juga mt 15 ini untuk menebus kesalahan strategi di r25 dan mt 25 yg bisa dibilang mendekati gagal dipasar dlm negeri
110. julian
============
kapan om toyota bantai honda di F1 ?
F1, si oonda abis dana buat riset, eh malah kambing hitamkan ferari.
ahampreet itu cuma jadi pengemis honda jepang, ingat !
Analisa yang bikin konsumen penasaran…..
Sedikit tambahan mungkin aja yamaha mt15 gak murni 150cc bisa 155+VVA,180cc atau isu terbaru 200cc wak haji…..
MUNGKIN…….. 🙂
Komen anda nggak mutu….sdh jelas Honda ini senang ngekor. anda mungkin nggak percaya jika saja Vario techno bukan merk Honda kemungkinan di pasaran nggak bakalan laku, hanya krn label honda jd laku. coba dilabel kawasaki atau suzuki pasti banyak sekali yg mengatakan modelnya amburadul, jelek. saya pribadi berharap bahwa generasi muda memilih motor bukan krn imagenya saja, tapi mampu keluar dari tempurung tersebut shg mampu mengapresiasi produk lain yang efek kemudian hari tentu adanya keseimbangan penjualan dr merk2 yg bertempur di pasar dlm negeri. jika pasar antar merk sdh berimbang tentu kompetisi harga menjadi menarik dan menguntungkan kita sebagai pengguna. harga nggak sering nail dan melambung krn tdk dikuasai satu merk saja…..
nah lo, kan ketauan otak udang nya ! gue jelasin ya sales oonda, gini,,
pabrikan jepang siapa aja yang ikut ?
yang nyerah duluan siapa ?
bisa mikir dong bro….
gagal ya gagal, mau bilang peraturan di pegang ferari lagi yg berkuasa ?
nah motogp ? honda udah bukan siapa2 lagi coy….
Menurit gua inovasi honda apapun cuma buat nguber yamaha.
Kualitas dll yamaha 3kali lebih baik dari produk honda.
Gampang aja. Jejerin beat fi sama soul gt. Beat sangat sangat sangat menyedihkan.
Lagi pula beat fi ambil model mio soul. Lampu depan sampai lampu belakang, tapi pesek.
Masalahnya kenapa honda lebih laku (sebenarnya barang numpuk lebih banyak honda, yamaha stok deler cepet habis) pabrik honda 4, yamaha 2.
Dan masyarakat masih gampang dibodohin pakai mindset sok otomotif.
Produk baru honda cuma kejar tayang imbangi yamaha..
Fakta!
siplah ,
jadi ribut
115. ediser – September 29, 2015
==========
om lupa yach domba garut ngak laku?
trus bebek kirana ngak laku?
semuanya merk honda loh
om julian saya agak2 bingung nih, Toyota punya saham di Yamaha, oke ngarti dan tau…
ahaem pengen obrak abrik Yamaha (dalam hal ini Yimm mksdnya lah ya?) .. ahaem punyanya Astra, Astra juga pegang saham Toyota di Indonesia.. jadi Toyota Astra bakal bantu Yimm nih? hmmm…
Atau Toyota Jepang bakal bantu Yimm? trus Toyota Astra gimana? Conflict of Interest dong?
http://kobayogas.com/2015/09/26/pojok-opini-efek-pasar-yang-dinamis-usia-produk-jadi-lebih-singkat/
honda nyerah duluan wajar,
waktu itu lagi krisis di erofa,
kekuatan finansial toyota jelas lebih kuat, lahirnya aja beda generasi
toh sekarang honda di F1 balik lagi, walu babak belur, wajar
ferraari sempet juga babak belur ama renault 4 thn berturut-turut
produk bagus harga murah pasti banyak yg beli
para sales ngak perlu ribut,
hukum alam itu
tambah om….revo AT jg gatot.persis kyk lexam….
“vendor mana tuh? yg bikin sparepart yamaha dan honda jadi satu.
kayak LG gak mungkin satu vendor sama SAMSUNG”
—————–
Temen saya sebelum join di perusahaan skrg adalah Manager LG (pabrik) selama 3 tahun lebih.. pernah cerita hampir semua produk (terutama TV) bikinnya di LG, termasuk SAMSUNG…
hohoho… penjualan Sonic aja biasa2 aja tuh.. munculnya New CB150R membuat OLD CB150R yang lama harga pasarnya terjun bebas…
Disuruh jgn dibaca , kok mlh baca dulu ….
Dasar gila ! Masuk RSJ sana
124. rosidin – September 29, 2015
tambah om….revo AT jg gatot.persis kyk lexam….
===========
terima kasih,
inilah produk gagal dari honda yg plg parah,
selain lek lexam dari yamaha tentunya
123. tempe – September 29, 2015
=============
.NMax dan MX150. Yakni master rem sang kuda besi. Kalau sampeyan teliti, desain pangkal tuas beda dengan produk Yamaha pada umumnya. Dan setelah diteliti….betul mzbro…..confirmed menggunakan merk Nissin…..
=================
nissin biasa dipake honda
126. pasien – September 29, 2015
========
lah om sendiri baca , gimana sich???
SPY? wah nickname yg sy pake tuh. apa bro spy ini komentator sebelum saya yak?
Hahaha cuma kebetulan bro
Apapun itu konsumen yg diuntungkan.
Njekethek yang keluar Mesin GL MAX SOHC Operstruk jaman batu cuman ganti baju sama Lipstik.. yaMaho jadinya wkwkwkwwkwkwkwkw
Super sekali wak
Analisa yang sangar, tapi AHM juga akan bimbang soalnya musuhnya 3 (kawasaki, yamaha, dan suzuki)
Tapi asik juga kayaknya
MAKIN BERDARAH DARAH DI KELAS 150CC
Dan banderol All New CB150R merupakan blunder terbesar Honda, karena ternyata Yamaha menahan banderolx, belum lg klo Suzuki membanderol di angka 23jutaan
masih banyak kejutan kok buat sport yamaha…
untuk clan vixion series masih bertahan dengan SOHC nya tp tar tgg kejutAN”NYA
NVA (cuman beda headlamp) memang pancingan untuk newCB150R utk kdepan mgkn strateginya
vixion sohc 6 speed (new desain)
vixion sohc 6 speed +vva (new desain) +arm banana
Vixion dohc 6speed (new design)
Vixion dohc 6speed + vva (new design) +arm banana
masih ada 4 tahap
MT15 sohc 6 speed arm banana +usd
MT15 sohc 6speed +vva + arm banana +usd
MT15 Sohc 6speed + vva (new design) +arm banana +usd
MT15 Dohc 6speed arm banana + usd
MT15 Dohc 6speed +vva (new design) arm banana +usd
Byson bakal ikut strategi diatas
berbeda dengan cb150r streetfire yg sudah awalnya salah strategi 6speed (new design)
new cb150r DOHC deltabox?
new cb150r DOHC armbanana? pdhharusnya awal muncul masih pake sohc tp new design,bukan copy paste
cb150r DOHC overbore 6 speed (suntik mati)
new cb150r DOHC nearsquareal vixion blm kluarin mesin dohc n desain” baru mereka
apa iya bkin mesin sohc lg setelah dohc ggal kill vixion series?
cbstreet udah mentok mesinnya dohc
diatas adalah varian atau diversivikasi dari Vixion dan MT15 . . . dan ada beberapa klan sport 150-an cc baru yang saya tahu mau masuk namun belum mas bro NearSwat masukkan . . . nanti kita kunyah2 bersama ya
Betul, ini dia yang ada dibenak saya. Yamaha sayapnya masih bisa terbentang luas untuk eksplorasi mesin. Tidak dengan honda yang seperti ngubek2 disitu saja, sepol-polnya mungkin dikasih vtec di dohc. Atau kalau ngawur lagi bisa sampai ke unicam. Jenjang peningkatan teknologinya bakal lebih mantap yamaha, peningkatan dari sohc ke sohc vva saja valuenya sudah sangat menampar sekali buat honda. Honda masukkan vtec, yamaha masih punya dohc dan gimmick paten2 valve timing lainnya. Ngawur lagi, tapi mungkin inilah sport 150 cc tahun 2020.
136. NearSWAT
=========
banyak amat om, ms sport 150 khan cuma segitu-gitu aja,
plg bagi-bagi kapling doang
Jangan lupakan.. Ahm juga lagi riset buat memboyong cb190r ke indo, entah mo di cbu atau di lokalkan.. mngkn buat di benturin ke yg disebut super byson ini.. Dan masih punya nva concept jg mungkin buat ngehadang mt15.. Megapro juga masih lowong.. Bisa aja mengganti emblem hornet 160? Belum lg kalo cbr250rr jadi keluar, si engine cbr 250 single juga masih bisa di kembangin..
Masuk akal ….
Nyambung artikel lek iwan yang pengembangan mesin DOHC yamaha, sempet beredar vixion pakek DOHC, meneur pak maskur di artikel lek iwan butuh 5 tahun untuk riset mesin, so kalau nex vixion dan facellift r15 dateng triwulan 2016 bisa aja pakek mesin DOHC, terus mesinnya turun ke varian, mx king, byson dll atau mau pakek Sohc dengan VVA ( artikel lek iwan) atau yang lebih wow DOHC dengan VVA, booom ibarat air dipukul sekeras mungkin oleh yamaha, sasis deltabox + Dohc + VVA kelar deh Honda ?
♥♡ ™ MB@H D@RMO Zlub ™ ♡♥ on September 29, 2015 at 9:09 am
Ekekekekek
Klo pun ahm dijual ,yimm akan
Memborongnya …
Zlub.
——————————————————————
Sampeyan punya tetangga orang YIMM gak, Coba tanya, tunjangan kesehatan di sana seperti ap?
Coba bandingkan denga yg kerja di AHM,
Kaya gt mo borong AHM?
MIKIR
SALAM 30%
sayangnya kebanyakan komentator isinya BC, appreciate buat si akang yng punya ide menaikkan pemikiran cerdas dari komentator sebagai artikel….
ampuuunnn masa hampir sama dgn tuhan bos..
parah ah candaan ente
Nunggu byzon versi half fairing dulu ah..sembari nunggu agk lama bisa nabung dulu 😀
Hmmm…..kayaknya wak haji yang terbawa permainan yamaha vs honda….wkwkwkwkwk…
buruan bikin varian motor sebanyak mungkin sebelum Indonesia memasuki era transportasi massal yang serba praktis & nyaman terinterkoneksi dengan baik , at least sekitar 5-10 thn era kejayaan kendaraan pribadi sebelum migrasi ke transportasi massal.
#Berharap_Indonesia_menjadi_negara_maju..!!!
kenapa yamaha ga main 250 jomblo ya, enak bgt tuh mono sendirian
sekalian menancapkan sebagai raja nya sport
Membaca artikel di atas, kalau itu benar strategy yg akan diambil Yamaha agak riskan. Beberapa hal yg saya dapati 1) Yamaha mencoba melempar rumor, dengan unit tes yang tertangkap kamera secara sistematis di sana-sini. Dengan harapan Honda akan segera mengambil tindakan mengantisipasinya. 2)Agak terlalu riskan mmerilis beberapa line sport baru dengan basis mesin motor yang sama (150cc) saat ini. Jika ini dilakukan berarti Yamaha mencoba strategi kanibalisasi di sektor sport 150cc-nya sendiri, dengan MT 15 sebagai gongnya.
Jika Yamaha tetap melakukannya, perlu nafas yg sangat panjaang untuk mendukung kegiatan produksi, pemasaran dll. Apa hal ini akan dilakukan? Agak bunuh diri namanya dengan estimasi USD akan mencapai 15-16rb sampai akhir tahun.
Inti dari pertempuran ini adalah market tes antara top line Yamaha (MT-15) & Honda (CB190/CBF190), dengan segala rumor2 di sekitarnya. Honda sudah punya produknya, sedangkan Yamaha akan berusahan keras agar CB190 tidak menjadi menjadi produk yg ditunggu-tunggu masyarakat. Selain itu kedepan “190cc” menjadi equilibirum baru di kelas <250cc.
IMHO mending tunggu & bersabar, sampai kuartal pertama tahun 2016 produk2 facelift yang akan muncul dari kedua brand ini, ditambah rumor2 di sana-sini. Kalaupun jadi MT atau CBF terbaru paling cepet kuartal kedua, baru ada unitnya (kalo gak meleset lagi dollarnya).
Btw gak ada yang mengharap sport matic dari Kawasaki ya? 😀
Pret!! ojo jeru jeru lah wak,, nggone mikir,oh ia emang ini sawah ladangnya ya sbg bloger ya,hehe..
berlomba2 bermegah2an urusan duniawi ini lah salah satu tanda akhir zaman. Yg ada d hati hy dunia sehingga byk yg lupa hakekat hidup yg sebenarya
Manusia sangat konsumerisme tp kikir klo urusan akhiratnya.
Ma’af ni jd nyimpang dr taufik eh topik maksudny a
jangan jangan nanti namanya vixion mt15,soalnya nama vixion udah melekat.
hmm.
Maaf semuanya pada debatin apa sih?? Saya heran knp kita bangga hanya jadi user sih, pabrikan orng lain kita dewakan…kalo di pikir” prodak mereka selai manjain konsumen tp juga ngerusak lingkungan kita tinggal loh. Makin banyak prodak baru makin banyak yg pake makin ancur juga kualitas tempat kita tinggal…anak cucu kita mau di tinggalin apa klo kita begini terus?? Masa kita mau warisin macet, polusi, minyak bumi yg abis. Liat deh sekarang sekitar kita kayak apa?? Macet di mna”, udara dah ga sehat, minyak bumi di bakar setiap harinya buat anter badan nyari duit…tolong bijak n pikirin masa depan keturunan kita nnti gimna!!! #Salamgowesrodadua
Emang lho kerja pake apa,?? Angkot? Gak usah munafik lah.
Saya nyari nafkah pake sepeda tua saya mas…maklum cuma bisa gowes
Maklum sang produsen ga mau berak di tempat dia makan
Jadi dia … dinegera orang, untungx bawa pulang, dlm negri kasi yg 50cc saja lbih ramah lingkungan
Trus ngapain jepun malah impor r25 dan r3 dr yimm ke negrinya….
Pekok ente…
Disaat Yamaha honda saling perang justru suzuki yang mematikan bisa bunuh keduanya.liat aja tar gsx150r & gsr150 naked brojol
Apakah Socknya segede Gaban Masih Gampang Patah Pateng Pecotot keluar pernya Wak Haji.. udah gitu atosnya gk ketulungan mak Glodakan…
Jangankan yamaha suzuki aja mati-matian mempertahankan tahta satria FU. Disini akan terlihat sumbar dana akan berbicara sekalipun yamaha membuat benteng pertahanan dengan mengeluarkan berbagai varian di 150 cc.
yang dingin yang dingiiiin……..yang dinginn..
koka kola,siprit,,mijon,pokari swit..teh manis..
yang dingiin yang dingiiin
@ndoro
Lo goublok ya,….
Sdh jelas si YADI pingin motor 150cc dohc dr yamaha,itu harapan nya sebagai fby…
Lo malah suguhin motor r25/mt25,dan berani menerawang hanya sanggup beli nya motor 150cc saza,gak semua org mau beli motor Yg 250cc.
Byk faktor org gak ambil motor 250cc,malah byk faktor org ambil motor 150cc.
Walaupun 11-12 performa nya sohc dan dohc.tp image dohc lbh hitech dr pada sohc….
Lo kayak ternakan si juragan uban aja,agak memaksa sesuatu itu harus banggain performa r25 aja….”
@kudumikirr
Saya suka komentar lo,ini harus nya juga jd pertimbangan kita semua,tp sayang disini disibukan dgn mendewakan merk motor masing2,diluar negri aja org bukan banggain motor yg siapa yg juara tiap balap moto jipi,org disono lebih nge fans ama pembalap nya,berbanding terbalik ama kita disini.juara motor nya,bakalan laku tuh motor disini.ujung2 nya mengikis sumber daya alam kita…..
Miriiissss sekali…..”
Yang komen di mari kebanyakan orang kampung semua, yang sok tahu padahal dia belum pernah lihat proses produksi dari casting crankcase, body-cilynder, head-cilynder hingga proses perakitan motor Jepang baik dari produk Y, H, Saya ato K,
Ngawur semua dan terlalu Pede sama tagline yg ditawarkan sama salah satu pihak yg sedang jdi raja MS midsport 150cc,,,
Satu Vendor yg suplai ke bnyak pabrik itu banyak mas Bero,,
Ada Chemco, KYB, FNI, Federal Izumi, Stanley, dll,
Kalo yg gag suplai ke Y!mm itu ad Showa, Enkei & Musashi,
Searching ajj, soal nama2 yg saya sebutin, itu bisa jdi gambaran kualitas antara H vs Y,
Okeh,,
Konsumen untung drimna wak? kan beli juga harganya psti naik trus tiap tahun gnti model, nyesel klo udah beli yg prtama kali.
jadi stragei head to head buat yamaha sudah ga bisa di pake di jaman sekarang ini ya wak? sepertinya Honda masih pake strategi head to head,yamaha strategi bagus banget klo gini, membuat lawan bingung arah sebenarnya, ini Mirip strategi perang Jaman dahulu.
*Pintar juga ini ternyata Pak Maskur membuat permainan mindset buat loyalis FBY,
katanya dia, mesin dohc 150cc gag penting,
Canggih bener cara marketingnya Pak Maskur, jdi dia bisa jual motor sohc jadulnya dengan harga oper-press, dan yg akan lahir masih sohc +usd dari GuangZhao mepet 30jt,,
Mahal bener,,
Padahal yg dohc ajj cuman 25jt,
NCB 25jtan nd Next GSX150 suzuki jg gag jauh dari 25jtan,,
Terus siapa fansboy yg suka ditipu nd dikadalin sama pabrikan,,??
Jgn nyombongin kualitas,,
Orang tulul nd lugu ajj yg masih mendewakan kualitas buat barang yg dibuat nd dipasarkan untuk lokal,,
*Lirik kasus pelk,
Enkei vs YPMI,,
Bukan, saya bukan om leopold. Haha, saya masih muda dan profesi saya jauh dari permotoran.
Masuk akal
Dengan kasus terbantainya sonice DOHC secara keji oleh MX King SOHC , ane dan jutaan konsumen kini mulai sadar bahwa BENAR bahwa mesin DOHC hanya permainan mindset dan terbukti itu membodohi konsumen… sepertinya kalo sudah DOHC itu sudah nggak ada yg bisa ngejar. Nyatanya?????????? , Fakta berbicara, fakta nggak mungkin bohong, kalo data itu mah bisa dikadali SWAT , percuma unggul data diatas kertas/dyno… kalo ternyata faktanya dijalanan/trek kejurnas SOHC Yamaha milik Mx King sukses mengasapi sonice sampai kesulitan sesak dan DNF.
Waktu cb150r DOHC mesin anyar racikan 2015 dites VS mesin SOHC Vixion (mesin racikan lama), nyatanya cuma unggul tipis sekelebatan mata nggak terlihat kata wak haji.
Jadi DOHC itu mesin yg banyak kekurangannya terutama saat cornering. ANE PRIBADI JELAS PILIH MESIN SOHC MX KING & NVL (soalnya ane susah kena kibul & susah kemakan pencitraan)
MASIH ADAKAH ORANG YG GAK PERCAYA??
178/KPJ 20DK
..MAU BUKTI?????
coba ingat….motor apa yang di bantai abis2an di kejurnas????
orang yg menang sonice….
(dagelan buat hondadu)
DNF
NGEBUL
KARATAN SANA SINI
PASTILAH SONICE
Padahal hondut sendiri sdh ada contoh di matic sekupi … Kenapa ga CB 100 di reborn aja pake mesin verza tp namanya pake CG 150 model yg plek jadul sampe detil detilnya? Lupakanlah CRF lokal,klx biar busuk kadung menang nama yg pertama main di kelas ini,garpu karat knp juga ga bikin RX-King reborn pake mesin sohc 21 dk ? Toh ada basis mesin anakbabi yg bisa di upgrade powernya ? Jangan jangan mmg yg satu dungu yg satu idiot ?? Ngaku turunan mocingp tp klo banjir ya modhiar ??
HONDA di kadalin Mulu..gk NGEH dia.. hahaha..
nanti saya cek, makasih sob . . . pada dasarnya sama blog nya iwan setingannya haruse sama
Mungkin kedua pabrikan sekarang kiblatnya sudah ke global product,jadi bikin produk nggak hanya melihat perkembangan di Indonesia aja,bisa aja dari luar negeri kebutuhan serta pasar roda dua nya seperti apa. Tapi tetap ada kemungkinan ada yang cuma produk local tapi mungkin nggak sebanyak sebelum sebelumnya. Bisa aja pertarungan CB150R sama Vixion tetep abadi sampe masyarakat bosen sama persaingan kedua pabrikan. Bisa juga ternyata suzuki atau kawasaki nelurin sport 150 yang bisa jadi lebih joss dibanding vixi dan chibi,sehingga peta persaingan seperti yg bro SPY sampaikan bisa saja berubah,AHM sama YIMM lebih konsen ngatasin produk bikinan kawasaki ato suzuki itu,daripada persaingannya sendiri (antara AHM sama YIMM)…
Lah itu dah di buka gamblang semua mas, trus nanti kalo vtr250 keluar, honda bukan cuma ngintip air beriak tapi bakal nyemplung trus ngobok2 tuh ember…hehehe,just opini ?
sidiq mx : Dengan kasus terbantainya sonice DOHC secara keji oleh MX King SOHC , ane dan jutaan konsumen kini mulai sadar bahwa BENAR bahwa mesin DOHC hanya permainan mindset dan terbukti itu membodohi konsumen… sepertinya kalo sudah DOHC itu sudah nggak ada yg bisa ngejar. Nyatanya?????????? , Fakta berbicara, fakta nggak mungkin bohong, kalo data itu mah bisa dikadali SWAT , percuma unggul data diatas kertas/dyno… kalo ternyata faktanya dijalanan/trek kejurnas SOHC Yamaha milik Mx King sukses mengasapi sonice sampai kesulitan sesak dan DNF.
Waktu cb150r DOHC mesin anyar racikan 2015 dites VS mesin SOHC Vixion (mesin racikan lama), nyatanya cuma unggul tipis sekelebatan mata nggak terlihat kata wak haji.
Jadi DOHC itu mesin yg banyak kekurangannya terutama saat cornering. ANE PRIBADI JELAS PILIH MESIN SOHC MX KING & NVL (soalnya ane susah kena kibul & susah kemakan pencitraan)
Lha ndi? Jare honda wes launching All New Honda CB150R, kok ning dealer ora ana unit e? Yamaha malah durung launching wes ready ning dealer
kalau ahm dan yimm terus terusan buat motor baru lama lama konsumen juga bisa jenuh meladeni mereka dan akhirnya penjualan motor bisa turun drastis,ingat harga motor itu mahal, gak semudah beli pakaian.
yamaha ke dohc…..skarang honda sedang ngejar verza untuk kelas sohc dan cb untuk kelas DOHC, saat yamaha maen ke DOHC apakah gak telat wak, saat itu dohc adalah CB, inget walau banyka punya kekuatan dan terus berkembang, apakah midset 2 silinder serta merta milik yamaha yang full power lebih….bisa memecah belah ninja, begitup[un sebaliknya apakah sport 150 vixion bisa di pecah belah oleh cb yg lebih punya nilai plus….inget kita bicara midset yah….
imho cmiww
mo gw copas juga ke mind geneis ah…
makin mantap saja diskusi kita hari ini wkwkwk…
Power honda nggak selalu lebih kencang… simak tuh kata marc marquez MOTOR HONDA KURANG CEPAT DARI MOTOR YAMAHA
Pembalap Tim Repsol-Honda, Marc Marquez, mengatakan performa motornya kalah jauh dari Yamaha.
Pembalap asal Spanyol itu menilai saat memulai balapan, motor Yamaha yang dikendarai oleh Lorenzo selalu tampil lebih cepat.
Iya betul Marquez jujur ki, bakan doi udah berapa kali kalah lawan rider gaek 14 thn lebih tua VR46, RCV mudah sekali dikejar sama M1…, dalam skup lokal bagaikan sonice mudah dkejar sang Master MX KING ( ini fakta bukan BC… ane benci BC )
Hadehhh…..
Kirain sdh pada cerdas para fansboy di mari…ternyata malah makin nyungsep wawasannya.
Secara langsung, gak ada hubungannya SOHC & DOHC in terms of perbedaan potensi performa.
Yang menentukan itu jumlah klep (termasuk ukuran & sudutnya) yg digerakkan oleh sohc/dohc tersebut.
Jadi sohc 4 klep vs dohc 4 klep, potensinya ya 11 – 12.
Perbedaan performa justru akan muncul dari ukuran & sudut klep, bore x stroke, crank shaft, intake & exhaust system, firing system, ECM, etc…
Kecuali SOHC 2 KLEP alias 2 VALVE vs dohv 4 VALVE, itu baru bisa beda banget potensi performanya.
Karena yg menentukan performa itu adalah efisiensi volumetrik yg bisa diraih dari jumlah & ukuran port inlet & exhaust + pengaturan valve nya.
Di sini ada tambahan catatan: pengaturan valve.
Jadi selain jumlah, ukuran, & sudut valve, pengaturannya juga mempengaruhi.
Teknologi yg ada saat ini salah satunya vvti & vtec.
Yg di atur bisa timing buka-tutup, bisa tinggi bukaan, atau kombinasi dua2nya.
Yang diatur bisa inlet saja, exhaust saja (jarang), atau keduw2nya.
Kalau sudah bica pengaturan, barulah dohc & sohc berbeda signifikan.
Tentu saja dohc lbh baik (in terms lbh luas ruang oengaturannya) daripada sohc.
Contoh paling mudah teknologi honda: vtec.
Untuk vtec standar yg cuma mengatur tinggi bukaan klep inlet, sohc seperti di jazz sdh cukup.
Tapi kalau sdh vtec yg juga mengatur waktu buka tutup + tinggi bukaan inlet valve, digunakanlah dohc.
Apalagi untik mengatur inlet & exhaust valve, sdh pasti dohc.
Tapi kalo fix seperti dohc cb series vs fix sohc vixion….ya sama saja.
Itu dari sisi potensi performa.
Tapi kalo dari sisi gimmick marketing & tampilan mesin terutama cylinder head….ya memang harus diakui mesin cb series lbh diuntungkan 😀
Tambahan yg terlewat tadi….
SOHC Versa vs DOHC CB150R beda jauh performanya padahal basic mesin sama.
SOHC Versa vs SOHC Vixion, lebih unggul Vixion.
SOHC Vixion (over stroke) vs DOHC CB150R (nearly square alias slightly over stroke) performanya 11-12.
See?
Versa kalah karena 2 valve, bukan karena sohc.
Vixion gak kalah dari CB150R karena sama2 4 valve.
Yang masih ngeyel beralasan karena Versa itu downgrade..silakan ke bengkel balap…mau dicangkokin part racing seperti apapun, selama valve nya masih 2 ttp tidak bisa bersaing dg motor 4 valve untuk besar2an extract power.
Yg menarik itu menunggu langkah Yamaha apakah akan menerapkan teknologi pengaturan valve milik NMAX ke Vixion atau sekalisn ganti ke DOHC untuk memuaskan kedunguan konsumen….wkwkwkwk
Kalo menurut ane,DOHC berpotensi lebih bisa dimaksimalkan performanya karenya pengaturan kem dan buka tutup bisa diatur lebih rinci dan leluasa,nggak kayak SOHC yang cuma 1 kem,sehingga pengaturan harus bener2 pas dan dihitung secara matang dan detail.
Ane disini bicara potensi yang dihasilkan melalui korekan bengkel lho ya,kalo default pabrikan sih ane kira kalo vixi n chibi itu nggak beda jauh lah performanya.
Soal MX king dan Sonic,Bisa disebabkan karena mekaniknya kurang bisa memaksimalkan si DOHC,bisa juga karena belum ada pengalaman yang lebih jauh soal sonic (baru sebentar juga diluncurkan), bisa juga emang ya udah maksimal segitu doang abilitynya,kalah sama MX,yang jelas kondisi di lapangan sekarang sudah bicara…
Klo AHM mau??? sebesar apakah AHM jadi seakan mudah melahap pabrikan lain?? tinggal berkehendak dan langsung hap!!!!.. AHM juga punya keterbatasan meskipun yang terbesar di Indonesia, boleh jadi modal terbesar tapi kadang langkah yang diambil jadi salah karena arogansi “terbesar”.. ….jadi inget kasus cs1 the mx killer 1.. lewat blog disebut sebagai killer di performa dan design (jago di blog)… tapi.. konsumen yang menilai..kenyataan berkata lain…
mudah-mudahan AHM lebih respect sama pabrikan lain..jangan anggap remeh.. ini bisa jadi pelajaran..
sekarang ada FU killer.. coba kita lihat hasilnya nanti
@spy
bagus analisis ngawurnya bro,,,ane juga buat kualitas yang sama,,,,#sama ngawurnya hehe
klo utk super byson apa bukan proyek kesusu itu bro?, kan bysonnya sendiri masih aktif? btw-imo, yg dimaksud “super byson” adalah proyek yamaha utk ngelawan cb190, sementara sfa/cx-01 mungkin gak bakal keluar kecuali mt-15 juga sudah muncul,,,
nah begitu pula dengan urut2an klo yamaha masih punya sederet stok amunisi mulai dari sohc-dohc pengembangan vixion/byson/mt15, maka honda juga masih punya amunisi dari hornet 160, cb190, sfa, cx 01 sohc dan dohc,,
masalahnya seberapa kuat pabrikan akan mengeluarkan sederetan motor dengan klan sama tapi teknologinya terus diperbarui?
yah kita tunggu saja dimana kebenarannya…
* Pingin gonta-ganti motor, tapi budget terbatas? Apa caranya yang fair? *
http://goo.gl/ArrGYT