TMCBlog.com – Bro sekalian, Jujur saja setelah Yamaha Janus Rilis di Vietnam, TMCBlog merasa ikutan kepo ingin tahu seperti apa sebenarnya mesin SSS 125 cc air cooled yang diaplikasikan ke Sosok Yamaha Janus tersebut. Bukan apa apa, Kalau saja mesin yang dipakai adalah mesin yang sama plek dengan apa yang pernah di patentkan Oleh Yamaha dengan pengaplikasian Generator yang berfungsi sebagai starter, maka dipastikan akan terjadi perubahan banyak ( major Change ) atas mesin Yang dipakai di banyak Range Produk Yamaha ini mulai dari Yamaha Mio Z, Yamaha Soul GT, Yamaha Fino dan Mungkin kedepan Yamaha X-ride . . . dan jika itu terjadi, akan terjadi bedol desa, rame rame ganti mesin .. cost produksi dan cost marketing pasti banyak . . Nah tmcblog baru saja menerima update info awalan yang cukup penting dari mesin Idling stop Yamaha yang disinyalir beda dengan mesin ACG Honda . . . Namun sebelum masuk ke pembahasan mesin Cekidot dulu beberapa flashback berikut ini sob
Bicara Kasus . . . Yamaha pernah melakukan hal dimana mesin di beberapa Varian mau nggak mau harus diganti karena platform berubah banyak yakni ketika pindah dari mesin 115 cc YMJet ke mesin 125 cc Blue core. Dengan Pengalaman tersebut YIMM Pasti sudah tahu rasanya terseret seret dengan banyak masalah marketing . . Gimana Nggak, silahkan bayangkan Mio udah 125 cc tapi soul GT ( secara possitioning diatas Mio ) masih 115 cc . . apa nggak mumet kala itu ? . . Honda Juga pernah ketika naik dari mesin 110 cc Dinamo starter ke mesin 110 cc ACG . . Beat sudah 110 cc eSP tapi Vario 110 yang diposisikan diatas Beat belum . . . apa nggak juga merasa tergadaikan kala itu ?
Nah balik lagi ke Info Yang tmcblog terima bahwa mesin 125 cc yang akan dihadirkan di Next Mio, SOul GT, Fino dan mungkin nanti Xride adalah Mesin 125 cc air cooled / Air Forced Cooled ( berpendingin udara ) disinyalir Tetap akan menggunakan dinamo starter . .. nahhh terlihat cukup berbeda dengan mesin Idling stop yang dipakai oleh Honda ataupun terakhir mesin iGET Piaggio series yakni menggunakan AC Generator yang berfungsi sebagai starter dan juga sebagai Generator.
Namun Info tambahan yang masuk ke tmcblog mengatakan bahwa dimensi Dinamo starter dari Mesin mesin 125 cc Air Cooled Idling stop ( SSS ) series yang akan dipakai oleh Yamaha ini akan jauh lebih besar dibanding dinamo starter yang dipakai oleh mesin 125 cc air cooled skutik yamaha sekarang . . . korelasinya dari dimensi lebih besar ke Idling stop apa yah sob? apakah untuk ‘menyimpan’ arus lebih besar? silahkan coba sobat diskusikan soale tmcblog juga kepo pengen tahu 😀
Kalau info ini benar, disinyalir memang ini adalah bagian dari rencana cerdas bin strategis Yamaha yang nggak mau pusing pusing bedol desa lagi mengganti mesin secara keseluruhan ( major Change ) . . Disinyalir tetap akan ada banyak common Part dengan part part mesin Blue COre 125 cc air cooled yang lama . .. dan tidak menutup kemungkinan bahwa mesin mesin 125 cc mio Z, Soul GT dan Fino sebelum ini ( yang sudah dibeli oleh konsumen ) kedepan bisa di ‘upgrade’ menggunakan fitur SSS dengan mengganti beberapa part seperti ECU, dinamo starter dll . . . kalo penerawangan tmcblog ini tepat . . . smart banget Yamaha . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna sob
Taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : taufiknmotorcycle@yahoo.com
- instagram : tmcblog
- telegram chanel : tmcblog
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
- blog alternatif ; http://ringpiston.com
- Video Blog : kanal Youtube TMCBlog
- Android App : Google Play Store
- iOS App : App Store
[GTranslate]
good improvement …
Intinya Ga Punya Modal
Jadi cuma setengah2
Ga All Out spt Honda
Dari dulu Yamaha ketinggalan mulu
Malu atuh sama slogannya
Sss suka stop sendiri…ssstt
pertalite di rumah wak haji ..
josss Wak Haji
Yamaha smart otak atik mesin yg ada ditambah sss,mesin blue core dimodif sss,konsumen pinter beli motor yg memang di set(dibuat khusus)idling stop yaitu mesin esp(honda)??????
@ marques : ente bener2 sales sejati HONda ???????
Yamaha selalu ketinggalan
Mungkin drpd mengganti seluruh skema mesinnya yg sudah “blue core” (ibaratnya blue core kemarin sudah dianggap sempurna oleh yamaha tp skrg dirombak lagi nanti kesannya blue core kmrn gak sempurna karena ada sistem baru lagi yg berubah total), my opinion sih mesin tetap blue core lama tp yamaha merubah desain dari dinamo sttr yg tidak berisik lagi (senyap) seperti produk sebelah, sehingga pada saat SSS dicangkokan sudah tidak terdengar pada saat start/nyala. Lebih minim cost jdnya
nyimak
Mantav
minim inovasi
sss pake dinamo
vixion pake vva matic
ntar pakai dohc d tuduh nyontek,krepmu opo to cung??????
Lucu jika motor sport pake sohc vva??????tehnologi moto jipi..
Bisanya ente apa.? Cuma mbacot aja.!
Ga juga..
Perubahan yg sederhana/simpel tapi efeknya besar. Pasti blm pernah coba nmax jadi blm tau performa dr mekanisme vva.
Ga usah pake istilah inovasi..
Semua pabrikan terus2an berinovasi kok..
sss pun seharusnya bawa perubahan yg cukup signifikan dibanding non sss..
Masih sepi…cara lain dari Yamaha..
Maklum modal cekak
Ga bisa spt Honda yg bisa bikin All new
Klo Yamaha biasanya motif dikit, msh dgn ciri khas kejadulannya
All new piye mboon…plastiknya masih iwir2 gitu…
smart kalau tolak ukurnya pengambilan keputusan akan situasi yang ada, tidak smart kalau tolak ukurnya adalah perencanaan jangka panjang produk-produk yang (akan) dikeluarkan
#SokTauBangetGakSih
Tolok ukur, bro. Bukan tolak angin. Salam BIKER.
biker opo kowe,biker ontel apa biker mongstot?
Mungkin yamaha juga gengsi ngikutin iss nya honda dan i-getnya piaggio, tp mnrut ane klo dinamo stater tambah besar secara dimensi logikanya sih berat totalnya nambah juga
Ini baru yamaha, ga ikut ikutan kaya sebelah 😀
mungkin yamaha hanya mengambil cara ringkasnya,dengan membuat generator dan starter berbentuk “modul”,tidak perlu merubah banyak daleman mesin,hanya mengeluarkan magnet pengapian dari mesin dan menjadikannya satu dengan dinamo starter dalam bentuk yg lebih besar….mungkin ya
mungkin yamaha hanya mengambil cara ringkasnya,dengan membuat generator dan starter berbentuk “modul”,tidak perlu merubah banyak daleman mesin,hanya mengeluarkan magnet pengapian dari mesin dan menjadikannya satu dengan dinamo starter dalam bentuk yg lebih besar….mungkin ya
Komenku nguap kaya pertamax plus wakaka
brarti dinamo starter tidak berfungsi sebagai pembangkit listrik sebagaimana di piaggio & ndaho, cuma berpungsi sebagai starter sj?
yang berarti masih punya spull+magnet sebagaimana matic jadoel lainnya hanya ganti dinamo starter jumbo. klo emang demikian smartnya dimana ya wak?
Setuju ma yg ini. intinya gak jadi satu kesatuan ya sob. Mugkin biar irit cost. Bener pertanyaanya? Smart nya di mana? Kan cuman kayak modifikasi.
Kl g smart..g bakal bisa buat motor..huuu
waw motor pake spul + magnet dibilang jadoel wkwkwk
Mungkin yang dimaksud smart untuk strateginya.. imho
yap saya cuma analisa soal strategynya, saya belum bisa komen soal teknologinya, wong belum ngeti jelas sob
menyimak
mantab
system beda munkin karena terkait patent.
dinamobesar=torsi besar agar lebih mudah dan lebih silent saat starting engine.
berarti nanti kaya dinamo mobil ya wak
dinamo stater lebih besar?? akan butuh arus yang gede juga kalo gitu..maaf wak dinamo stater bukan buat nyimpen arus wak 😀 yang nyimpen arus ya si AKI 😀 mungkin logis juga kalo dinamo stater lebih gede secara akan di pake buat idling stop.sehingga kekuatan dinamonya akan 2x lebih berat kinerjanya dibanding dinamo stater yang biasa di pake sekarang.
siappp, thks tambahannya
Bukannya ACG dan SSS harusnya 1 kesatuan ya wak? Dalam hal ini SSS tanpa ACG bakal bikin suara starter motor terdengar kasar ketika SSS diaktifkan..
Maaf wak saya gak terlalu paham soal tehnikal mesin, saya cuma orang awam yg kepo saja.. 🙂
Apa acg starter dah dipatenkan honda,sehingga yamaha bikin sss yg beda,walau kalah canggih sama honda??????
SSS stupid stop sistem…fitur khusus fby yg suka nyontek bilangnya beda…..bikin fitur yg lain GA bisa…apanya yg smart
penemunya juga bukan honpret bro??????
Yg smart yg g beli honda..paham?!
Bagi fbh yg smart ya yg gak beli yamaha
wak haji
tolong reviu honda navi yang lagi booming di india saat ini wak..
matik model laki ..
sepertinya kalo yamaha atau honda indonesia mau buat motor ini yakin bakalan jadi booming juga secara saat ini sudah bosan dengan matik yang ada ..
https://www.motorbeam.com/2016/06/bikes/honda-navi/honda-navi-sales-cross-10000-units/
http://bikeportal.in/news/honda-navi-crosses-10-000-sales-mark-within-5-months-of-its-launch-2315.html
http://autos.maxabout.com/bikes/honda/navi/navi-adventure
http://www.rediff.com/getahead/report/biking-and-motoring-cute-and-quirky-honda-navi-first-ride/20160429.htm
http://www.ibtimes.co.in/honda-navi-may-get-125cc-engine-india-likely-be-launched-by-year-end-680169
http://indianautosblog.com/2016/02/honda-navi-street-navi-adventure-navi-off-road-concepts-auto-expo-2016-217215
http://bikeportal.in/news/honda-navi-crosses-10-000-sales-mark-within-5-months-of-its-launch-2315.html
Mau model kayak apa juga masa bodo lah, Wak, suka-ada duit-beli… bosen-jual. Yang penting nggak bletak-duorr aja kalo dipake… Kalo buat ane pribadi sih gak penting-penting amat feature ini, cuma buat bahan jualan doang….
Bukan follower
waduh, ga ngerti gini2an dah,, hehe..
Smart atw buat kelinci percobaan si sbnrny,,sm ky ymjetfi trs gnti bluecor…intiny mngkn msh bljr krn yg lbh ngerti sbnrny????
seberapa perlukah fungsi SSS atau ISS ini di kalangan pemakai disini?
https://motorideweb.wordpress.com/2016/09/08/ktm-duke-690-dengan-teknologi-perpindahan-gigi-elektronis-shiftfx/
Dinamo besar biar bisa menghasilkan suara blethak duor yang legendaris itu kah?
Hehe…
dulu ymjet, ganti bluecore, sekarang sedikit diganti lagi…
Transportasi massal masih jauh dari harapan: http://wp.me/p7LBn5-20c
aduh..napa yamaha slalu ketinggalan….
Kl menurut saya itu langkah bingung yamaha,bukannya mengurangi bobot,part ini malah nambah…
komenku ilang..oknum ki
tmcblog selalu berusaha membuat kolom komentar sehat
jangan selalu berburuk sangka dulu kalau masuk jaringan dan harap sabar ya 🙂
Kalo lebih besar apa nanti nyedot arus listriknya juga lebih besar?? dan apa ga bikin mesin tambah beban waktu jalan, karena ikut muterin dinamo yang lebih besar, kalo ga salah info dinamo starter yamaha tetap terhubung ke mesin walaupun mesin udah nyala, sedangkan honda sebelum ACG, dinamo akan terputus setelah mesin nyala, makanya bunyi bletak karena gesekan pinion yang menghubungkan dinamo dengan penggerak kruk as pas distarter. CMIIW, jgn dibully kalo salah
Filosofi yamaha kando namanya ini.. improvement aj perlu ulang dr awal
saya pake vario yg ada fitur iss, hmmm jarang di pake, kalo macet2 jalan tersendat kurang enak juga pake iss nya, paling kalo pas lampu merah yg lumayan lama baru aktif iss nya, kalo macet banget sampe stak, ya udah matiin stop kontak… dulu sih penasaran banget ama fitur iss, tp pas udah tau oohhh kaya gini… hehehehe…
keep nyi nyi rr yang g butuh tehnology….ngumehehehehe,,,,
biar makin mantep skutik yamaha mengejar ketinggalan…
josssssss..
Update tiap hari,blog tentang teknologi,entertainment,misteri,sepak bola,sport,aneh dan unik,dan info lainnya.https://galakxi.wordpress.com/
Josalh…biar konsumen lama tdak begitu kecewa…mau sss tinggal kodif dikit jadi…
14. nipah – September 8, 2016
brarti dinamo starter tidak berfungsi sebagai pembangkit listrik sebagaimana di piaggio & ndaho, cuma berpungsi sebagai starter sj?
yang berarti masih punya spull+magnet sebagaimana matic jadoel lainnya hanya ganti dinamo starter jumbo. klo emang demikian smartnya dimana ya wak?
Reply
menyan – September 8, 2016
Setuju ma yg ini. intinya gak jadi satu kesatuan ya sob. Mugkin biar irit cost. Bener pertanyaanya? Smart nya di mana? Kan cuman kayak modifikasi.
________________________________________________________________
sek sek maksudmu opo ora ono spull + magnet, lha klo gak ada ngisi arus akimu pakai apa? sebenernya tau gak seh apa itu acg? konsepmu kebalik bro acg tuh generator dibuat bs jd starter buat gantiin dinamo starter, bukan sebaliknya
gak salah en sah” saja masih pakai dinamo starter buat iss/sss, intinya khn motor diset dlm kondisi tertentu otomatis off en tgl putar gas motor nyala, tgl liat aj klo gak efisien (teknikal maupun marketing) paling yo ganti acg
ora ngerti bab mesin… ngene iki
inovasi
—
Refrensi modif buat pengguna new vixion
http://rpmsuper.com/galeri-modifikasi-new-vixion-dengan-full-fairing/
intinya biar hemat cost produksi wak…
tinggal kirim spare part ke dealer,,colek sana colek sini tempelin ke stok yg ada,,tadaaa….jadilah sudah sss 😀
sudah seharusnya berbeda dari yg sudah ada
—
https://dk8000.org/2016/09/06/review-singkat-smart-for-two/
Wak engga bosen liat kolom komentar disini isinya cancer semua, saling serang gajelas
padahal isi blognya sangat menarik dan bermanfaat wkwk
kalo komentar yang cuma hujat2an kagak saya tanggapi dan bahkan kadang nggak saya baca, sorry ya buat yang komen hujat-hujatan
Hapus aja wak kalo gtu. Gak guna juga menuh2in kolom comen
MENUNGGU PELG KUALITAS HONDA, SOK DEPAN BLKG SHOWA…MDH2AN MESIN JG ENAK DI PANDANG…GA BULET YG GA JLS…
Mungkin konsepnya jika honda tempat stater n dinamo isi/generatornya nd satu n berporos di poros engkol/spull magnet
Sedangkan yamaha cm tempatnya dipindah/digabung di dinamo stater IMHo nd dinamo stater kelihatan besar
Hehehehe
Dinamo gede=accu gede..
Pake accu mobil kali yak!!?? (Ini baru inovasi)
Padahal yang bikin orang pindah ke honda kan stater senyapnya. Bukan ISSnya. Kalo gini yamaha bakal modiar. Matik honda bakal melenggang sendiri.
Persaingan akan semakin seru, terlepas siapa yang canggih, namun konsumen nggak bakalan nanyain teori kecanggihan yang perlu bagi konsumen teknolgi tersebut benar benar bermanfaat baik mereka.
https://belitong.wordpress.com/2016/09/08/mencoba-hepsonline/?iframe=true&theme_preview=true
Best comment of the year..gak jelas blassssss
Team swat udah nandain nih biat bully besok klo nih produk jd kluar..meskipun nanti kluar bener2 senyap ttp aja dinamonya kna bully..
Segede apa jg blm tau, nambah brt berapa kg?
Semoga iya wak n n max jg gt biar tambah jos hehehe
Dasar plagiat.. Wkwkwk
Konsumen itu nggak usah berdebat macam macam, yang mikir kan produsen, jadi kita nggak usah sok pintar, malah kelihatan bodohnya kita ini.Kita tinggal milih mau pakai produk yang mana. Saya kira semua bertujuan untuk menyenangkan konsumen,
Pake starter mobil kang lebih gede lebih maknyossssss…
berarti nanti kaya dinamo mobil ya wak