TMCblog.com – bro sekalian di MotoGPsering kata dengar spesifikasi Naturally Aspirated Engine . . atau Mesin Naturally Aspirated. … Nah Naturally Aspirated Engine Pada dasarnya,  adalah mesin yang dipakai pada mobil/ motor secara umum. Sesuai namanya, mesin ini mengisap udara secara normal sesuai daya hisap piston mesin, dengan tekanan atmosfer biasa, tanpa tambahan turbo atau supercharge . . . Nah Kali ini kita akan mencoba sedikit mengenal dasar dasar dari mesin yang tidak Naturally Aspirated Engine . . salah satunya adalah Mesin Supercharger . .

Seperti yang bisa sobat sekalian lihat di video, pada dasarnya cara untuk membuat mesin kendaraan lebih bertenaga adalah dengan menambah asupan bahan bakar agar power dan torsi hasil ledakan pengapian makin besar. Namun bahan bakar yang banyak saja belum cukup, butuh asupan udara  dan setingan pengapian yang pas pula . . Ingat 3 syarat dari ‘bakar bakaran’ adalah . . ada udara, ada api, ada bahan bakar  . . nahhh

Kali ini kita akan mebahas bagaimana caranya menginduksi udara dari luar agar masuk ke dalam ruang bakar lebih banyak  ( force Induction ) . . Caranya ada dua : SuperCharger dan Turbocharger . . . nah supercharger sendiri ada 3 jenis yang paling sering di dengar yakni Root Supercharger, Screw Supercharger dan sentrifugal Supercharger . . .  dan Kali ini kita akan bahas dulu mengenai root supercharger  . .

nah seperti gambar diatas lah bentuk umum dari root supercgarger . . note itu hanya penampangnya jika dibelah . . penampang 3 dimensinya adlaah sebagai berikut sob

Balik lagi ke gambar pertama

Nah Jika salah satu bilang baling baling turbin ‘diputar’ maka bilah kedua akan pula ikut berputar dengan arah putar yang berkebalikan. Dan kombinasi kedua gerakan bilang baling baling turbin ini akan membuat udara di jalur masuk akan seakan akan ‘terhisap’  . ..  dan hisapan ini jauh lebih tinggi dari pada hisapan akibat kompresi mesin . . .hasilnya udara yang lebih banyak dan berdensitas lebih banyak akan masuk ke dalam ruang bakar mesin . . dan hasilnya akan membuat pembakaran akan lebih besar dan power/ torsi yang dihasilkan lebih besar . . .

Namun note lagisalah satu kalimat yang tmcblog tulis diatas . . ” satu bilang baling baling turbin ‘diputar’ ”  . . kata kata diputar . . pertanyaannya siapa yang mutar ? yang mutar adalah mesin kita sendiri . ..  so selain memperoleh tambahan energi dari sistem Supercharger, namun untuk mengaktifkan sistem root Superharger, ada power dari mesin yang dipakai pula di awal dan ini adalah salah satu efek negatif dari root supercharger

Contoh dari efek ini adlaah dapat dilihat di mesin 155 cc sohc VVA yamaha Smax di atas yang dileburkan sisten supercharger diamna turbin supercharger digerakkan mengguankan putaran dari mesin yang disalurkan dari CVT nya sob . ..  nahhh udah nggak kepo lagi kan ??

jika sobat ada yang ditambahkan atau ditanyakan silahkan tambahkan di kolom komentar . .. semoga berguna

taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

49 COMMENTS

    • teknologi supercharger diatas (mirip supercharger tahun 80’an) beda sama teknologi supercharged Ninja H2… Coba deh dipasang bersampingan!!!

      Guest
      • sperti yang sudah di jelaskan di video, ada 3 jenis supercharger dan yang digunakan di Kawasaki H2 dan H2R adlaah sentrifugal supercharger, nanti kita bahas juga ya, thks

        Administrator
    • Maaf wak, koreksi.. Rumus segitiga api itu ada 3 tapi udara yang lebih spesifik adalah O2 kalau udaranya berisi Nitrogen, Argon dan CO2 dan O2 kurang dari 15% juga tidak nyala. Lalu ada panas bukan api karena panas adalah sebab sedang api adalah akibat dan yang terakhir memang bahan bakar baik cair, padat maupun gas. Itu dari training safety Dupont maupun safety training lain yang pernah saya ikuti.

      Guest
    • diluar kecanggihan nama supercharger
      pada dasarnya memang untuk mengerti sueprcharger, dasarnya adalah bagaimembuat masuk anginnnya lebih banyak
      cuma memang caranya itu yag menarik dibahas sob

      Administrator
    • Supaya lebih mantap tolong bahas juga mengenai Turbo Stratified Injection / TSI Engine nya si VW-Audi group Wak..
      Menurut saya sangat menarik, menyatukan Turbo dan Supercharger dalam satu engine terlebih untuk control perpindahan dari Supercharger di low rpm ke turbo di high rpm.

      Guest
  1. Udara yg di hasilkan oleh root suoercharger bersih tidak.. kalo langsung masuk ruang pembakaran atau melalui air filter dulu nih wak haji. Selain di gerakan oleh mesin motor kita sendiri bisa tidak kalau di gerakan oleh arus listrik dari accu atau dari sistem kelistrikan sepeda motor.

    Guest
    • uadara yg terkompresi pasti panas..
      makanya sekarang banyak dipasangi intercooler antara turbocharger/supercarger dan intake manipol…
      tujuannya selain mendinginkan udara, juga untuk menambah kerapatan udara(o2)..
      cmiiw….

      Guest
    • Tentu panas klau di turbo.. Makanya ada intercoolernya.. Udara didinginkan sebelum “di dorong paksa” ke dalam ruangbakar

      Guest
    • Kalo yang panas kayaknya yang gerakannya di hasilkan lewat lubang buang kayak di truk2 makanya ada inter cooler, kalo yang model kayak yang di bahas waktu haji ini seharusnya lebih dingin. Kan udara bertekanan menghasilkan embun( imho lho ya)

      Guest
    • Udara yg di kompresi menghasilkan panas bro, udara luar yg dipaksa masuk ruang bakar bakal terkompresi di intake manifold karena di paksa masuk oleh blower walopun tekanannya ga begitu besar

      Guest
  2. teknologi supercharger diatas (mirip supercharger tahun 80’an) beda sama teknologi supercharged Ninja H2… Coba deh dipasang bersampingan!!!

    Guest
  3. supercharger – buat muter turbin didapat dari putaran mesin lewat belt
    turbicharger – buat muter turbin didapat dari daya dorong output dari exhaust

    Guest
    • ane sempet mau beli supercharger aisin, harganya 900ribu bekas singapura, banyak di fjb, tapi takut susah jetting,
      mesin yang masih berkarbu lebih cocok menggunakan supercharger dibanding turbo… itu kenapa ya wak?

      Guest
  4. Klo ga salah namanyan cyclone om, fungsinya supaya udara ygvmasuk karbu jadi muter kaya tonado, biar lebih pas buat buat pengabutan bahan bakar ama udara..

    Guest
  5. boros bgt tuh pasti…udara bnyk…bnsin harus ngimbangi .biar AFR normal…
    klo knceng yaa resiko boros..klo irit knceng itu cm tipu tipu sales honda.

    Guest
    • nahh itu kita bahas di lain tempat nanti ya sob, sistemnya sendiri2, nanti bagaimana pengapian juga . . sippp, thks

      Administrator
  6. saat kipas S.C berputar, udara yg kesedot akibat isapan mesin di kompresi oleh baling2 yg berputar berlawanan tadi.
    celah antar baling2 sangat2 sempit shingga udara yg masuk terkompresi sehingga ‘air pressure’ bertambah (ibarat 1x1cm ruang di isi udara lbh padat ktimbng yg tnpa kompresi)
    karna udara jdi lbih ‘gemuk’ ditmbah semprotan bbm yg bnyak, BUMM.. jadilah ledakan mesin lbh bertenaga

    Guest
  7. biasa nya sih klok ktmbahan intercooler brtujuan udara panas di dinginkan pendinginan ini mmbuatbpartikel oksigen yg ad semaki padat efeknya ya ledakan api yg lbh besar.. api butuh oksigen kan.. nah itu jga alasan nya saat kita ridding di malam hari atau saat hujan motor serasa lbh bertenaga .. ktanya asupan udara dingin yg partikel nya oksigennya padat bisa beda kisaran 1hp pada sepeda mtor. .. jika tdk ada intercooler ya hanya pemadatan udara aja dan pasti kompresi mesin nya di turun kan.. matrial piston pun jga harus bagus.. kita tnggu turo yg lain dr wak haji

    Guest
  8. gmn kalok turbin kipas di taruh fi nken as wak. kyk di CB 100 rumah platina nya di buat keong nyalur ke box filter udara supaya debit udara yg masuk ke ruang bakar lbh bnyak.. berpengaruh kah?

    Guest
  9. supercharger/turbocharger mahal solusinya ram air intake 😀

    bukan pakai ban cacing, filter lepas ngakunya recing hahahaha

    Guest
  10. Nek supercharge membebani mesin tapi dari putaran bawah udah dapat….
    Turbo tidak membebani mesin tapi ada batasan minimal putaran.mesin baru bekerja
    Di bahas juga bi turbo ya wak…
    Yang memadukan supercharge dan turbo
    Yg di pakai audi mercedes bmw
    Swun

    Guest
    • pake turbo & supercharger dlam 1 mesin namanya twincharger om, kalo di vw namanya TSI, bi turbo itu 1 mesin pake 2 turbo, 1 turbo utk putaran bawah, 1nya lagi utk putaran atas, kalo twin turbo 1 mesin pake 2 turbo yg identik yg kerjanya bersamaan

      Guest
  11. Supercharger apapun jenisnya bakal membebani mesin karena sumber tenaganya dari putaran kruk as mesin. Ditambah turbin didalam supercharger punya batasan rpm (kira2 50.000 rpm) sedangkan turbo bisa lebih.

    Apa untungnya pake supercharger? Yang pasti torsi dan hp bakal naik drastis, gak perlu bikin jalur lubrikasi oli dari mesin (supercharger punya lubrikasi sendiri, sistemnya mirip oli transmisi), akselerasi instant (nggak pake lag macem turbo), matiin mesin bisa langsung (turbo butuh jeda waktu untuk mati), dan modifnya anti ribet (gak banyak printilan macrm turbo)

    Hati2 kalo ngegas mesin ber supercharger. Colek gas dikit udah njengat.

    Guest
  12. Kalau mau lebih efisien bisa pakek aliran udara exhaust manifold buat muter turbo
    Dengan catatan Afr setau saya 1gr fuel=13,5L udara(cmiiw)
    Janngan lupakan juga fungsi intercooler untuk mendinginkan udara yg masuk,karena udara akan lebih padat saat kondisi dingin

    Guest
  13. Supaya lebih mantap tolong bahas juga mengenai Turbo Stratified Injection TSI Engine nya si VW-Audi group Wak..
    Menurut saya sangat menarik, menyatukan Turbo dan Supercharger dalam satu engine terlebih untuk control perpindahan dari Supercharger di low rpm ke turbo di high rpm.

    Guest
  14. yang sampean jelasin itu dasar dari supercharger kang…
    tapi yang nanya dan komen malah udah 2 atau 3 tingkat di atasnya…
    jadi malah bingung kalo maw ikut nimbrung komen…
    ???

    Guest
  15. pak taufik mungkin mau jelasin techtalk gini kaya channel youtube EngineringExplained?

    kalo di lihat menurt saya ada indikasi kesana hehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.