TMCBlog.com – Bro sekalian,  . . Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama  . .  Nggak tahu deh seperti apa Perasaan Mr James Atkinson jika sekarang Masih Hidup jika mengetahui ternyata desain dari Mesin yang dipatentkan tahun 1882 Yang dikenal dengan nama Mesin siklus Atkinson ( atkinson Cycle Engine )  ternyata menjadi ide utama desain Banyak mesin mesin canggih di Otomotif abad ke 21 ini sebut saja teknologi di Honda jazz 1.3 dohc Selangor baru atau toyota Prius sampai ide awal dari Teknologi Skyactive yang kini dipakai Oleh Mazda . . Memang sih saat ini teknologi Sepeda motor masih belum masuk full ke teknologi Hybrid, namun bukan Nggak  ungkin kedepan akan masuk kesana dan Kita akan menemukan ATkinson Cycle Engine di sepeda motor  . . namun sebelum itu Mari kita  Kenalan Dengan Atkinson Cycle Engine . .

Untuk awalan kita semua mengetahui ada 4 siklus dari Mesin Otto standar Yakni

  • Siklus Ekspansi/ Intake dimana Klep Input terbuka dan membiarkan udara bercampur bbm masuk ke ruang kar
  • Siklus Kompressi dimana campuran Udara dan bbm di tekan/ di kompress sedemikian sehingga memperoleh angka Tekanan yang lebih tinggi lalu di akhiri dengan peledakan/ pembakaran
  • Siklus Power dimana hasil pembakaran akan mendorong piston kembali berekspansi sehingga ujungnya akan memutar torak dan Via sistem transmisi akan memutar ban agar kendaraan berjalan ,
  • dan Siklus Exhaust dimana klep output/ exhaust dibuka sehingga gas hasil pembakaran bisa di buang Via Saluran gas Buang

Nah Atkinson Cycle Engine merupakan modifikasi dari mesin yang diciptakan tahun 1860-an oleh Nikolaus Otto atau mesin Oto 4 tak diatas yang kita kenal luas sekarang ini  . .  Ide dari Atkinson Cycle engine adalah ‘ MENUNDA ‘ tertutupnya Klep Input sampai saat siklus Kompressi sampai piston naik sekitar 20 % sampai 30 %  ..  artinya kalau naiknya piston saat kompresi sudah mencapai sekitar 20% atau 30% baru deh klep intake tertutup sempurna . . Cekidot contohnya di bawah ini :

Saat intake tidak ada perbedaan mesin otto dan mesin atkinson sama sama misalnya menuju ekspansi intake 12.0:1

namun karena ada penundaan penutupan klep misalnnya klap pada siklus atkinson baru tercapai setelah kompresi mendapai 11.0:1 . . Dan Karena ada ‘ penundaan tertutupnya ‘ Klep Intake maka ada pula campuran dari Udara + BBM yang kembali masuk ke saluran Intake dan dapat digunakan untuk proses pembakaran selanjutnya . . Note dulu sementara, bahwa campuran udara + bbm yang sedikit dibalikan ke intake manifold udah kayak ‘ Tabungan ‘ atau ‘lumbung’ . .

hasil ledakan dari mesin Otto dan mesin atkinson sama sama menghasilkan arsio  ekspansi 12.0:1

Siklus exhaust pun tidak memiliki eprbedaan sob

Lalu setelah itu proses siklus seterusnya boleh dibilang sama dengan siklus Otto Biasa . . . dimana setelah itu ada siklus power dan siklus exhaust  . .  sampai sini dulu . .  apa yang bisa diperoleh infonya ? Dari penjelasan bahwa siklus kompresinya ditunda sampai 20-30% naiknya piston . . Maka Logikanya Rasio Kompressi nya lebih KECIL dari Rasio Ekspansi . .

Nah dari sini kita akan melihat dengan kecilnya angka stroke dari Kompresi tetap akan menghasilkan langkah ( stroke ) ekspansi Power Yang lebih besar . . . Modal Kecil namun hasil besar . . Itu Logikannya adalah EFESIENSI . .. disitu Kunci Utama dari Atkinson Cycle Engine . . itu belum bicara soal pumping loss lho . . kalo mau lebih jelas soal pumping loss, nanti sobat bisa simak di Video/ VLOG nya tentu  . .

Atkinson Cycle Engine sekarang ini secara luas banyak di aplikasikan ke Mesin mesin Hybrid  . . . Kelemahan dari Atkinson Cycle Engine dibandingkan dengan Otto Engine adalah karena jumlah campuran udara + bbm yang diledakkan kecil maka umumnya power dan torsi nya lebih kecil dari Mesin oto . . . Namun ‘ kehilangan power ‘ yang terjadi terutama di low speed ini dicover biasannya oleh Mesin Listrik atau sebelumnya dengan sistem turbocharge / supercharge. . . Bicara Atkinson Cycle Engine adalah bicara efesiensi, modal pas namun hasil lebih maksimal . . mau lebih jelas, silahkan sobat simak Video Tech Talk VLOG nya ya . . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

68 COMMENTS

    • “Namun ‘ kehilangan power ‘ yang terjadi terutama di low speed ini dicover biasannya oleh Mesin Listrik atau sebelumnya dengan sistem turbocharge / supercharge”
      _tapi ingat wak haji, gejala kehilangan power(di rpm rendah awal) / lag / turbo lag pada mesin berturbo. gak akan pernah bisa teratasi dengan sistem turbo, lag tenaga di putaran rendah hanya bisa di atasi dengan super charger / penambahan NOS / motor listrik untuk mendongkrak tenaga di rpm rendah. sedangkan turbo charger “kebanyakan” kinerja nya hanya maksimal di putaran tinggi

    • E36@ coba deh searching mesin vnt turbo ny toyota,,bisa mengatasi kelemahan mesin turbo pada rpm rendah?????

    • maksud nya bilah yg bisa di atur secara variabel kan? gue dah paham, dan yg saya tekan kan “kebanyakan” di komen diatas memang teknologi turbo konvensional lawas. sehingga saya menyikapi tulisan wak haji dg penjelasan tersebut, bahwa turbo charger itu sendiri gak bakal mampu menutupi minus turbo lag nya pada low speed/rpm rendah. kecuali dengan penambahan NOS / dual sistem charges(+super charger)/ memasangkan motor listrik tambahan utk menutupi torsi awal yg buruk(pada mesin turbo). klu sudah bicara teknologi yg sejenis VNT ya gak bakal ada lagi acara pasang alat2 tambahan.

    • Maaf pak Haji Taufik, kalo mesin Daihatsu (2NR-VE dan 3SZ-VE) serta Suzuki (G15A, K15B atau K15C) itu menggunakan siklus Atkinson tidak krn mesin2 itu menggunakan VVT-I? Terima kasih sebelumnya.

  1. Selamat Pagi Wak

    Jadi campuran udara+bahan bakar yang sudah di awal langkah kompresi tadi sebagian balik lagi ke intake manifold ya wak ?

    • Btul itu, tpi kalo bisa sih ya rombak masal aja sluruh kndraan di kota jdi kendaraan bermotor yg memakai hidrogen, jdi itu yg paling plong, ga buat polusi malah buat seger

  2. Maaf mas kaji, setahu saya hampir semua mesin motor menggunakan siklus Atkinson. Coba cek aja profil noken as nya.
    Ini juga yg membuat mesin jadi jauh lebih boros bbm saat filter dilepas, karena sebagian campuran udara+BBM yg ada di manifol ikut terbuang/menguap karena dilepasnya filter.
    Efek bagus dari siklus Atkinson setahu saya adalah dapat mengurangi gaya gesek, memperbaiki torsi dan menaikkan rpm.

    • Boros mungkin kalo katup ex sama2 terlambat menutup, tapi di gambar meski katup ini masih terbuka katup ex dah 100%mnutup. Kalo soal BBM kembali menyembur keluar mungkin di kasih tampungan tambahan lewat lubang manipold mungkin sejenis tabung yeis di motor 2tak, ato mungkin dibikin desain manipold yang berbeda dari mesin konvensional (imho lho y)

  3. atkinson cycle based on cam timing.
    kalau atkinson cycle sebenarnya, bukan dari cam timing, namun dari penambahan panjang langkah buang. ketika isap dan kompresi stroke standar (misal 60 mm), ketika langkah usaha dan buang, stroke menjadi panjang (misal 80 mm).
    jadi dengan modal stroke 60 mm, tapi diperoleh power dengan stroke 80 mm. sayangnya konstruksinya besar dan berat, hingga tidak diaplikasikan (bisa cek di wiki atau site lain). versi yang lebih simpel, bisa dilihat exlink engine honda (excentric linkage engine). konstruksi lebih sederhana dari buatan pak Atkinson. tapi tetap saja konstruksi lebih besar dan berat dibanding engine biasa. makanya buat kendaraan lebih memilih menggeser timing katup daripada menggunakan ex link. sejauh ini lex link digunakan untuk generator yang lebih hemat energi karena gesekan piston juga jauh berkurang dengan adanya offset ketika poros eksentris bekerja.

    • broo..udah ditunggu ‘pengamat’ tu…kpan debat lg ma ‘pengamat’..ekekeke..gue suka kalo lo debat sma ‘pengamat’…josSss.

  4. jd alasan saat gl di selah dan tidak nyala bikin bensin muntah dari karbu lagi.. pantes kalok di kasih manifol lbh enak ktmbang open filter full se manifol nya..

  5. “Tetep masih kalah sama Honda, karena Honda itu (sesuai kata buku manual matic mBit nyokap dirumah) mengklaim bahwa mereka punya injector yg sangat canggih yg mampu menghasilkan semprotan partikel BBM terkecil/paling kecil di dunia, sehingga membuat pembakaran menjadi optimal, hasil akhirnya Konsumsi BBM jadi semakin irit”

  6. Toyota prius wak haji..bukan honda..

    Klo versi fansboy akut honda yg ciptain teknologi 4 tak dan 2 tak itu adalah honda.
    Yg juara balap pertama kali kelas raja itu honda. Wkkwkwkw

  7. @pengamat
    bukankah sohc 2 klep punya honda ga semua pke durasi panjang ya Bro? soalnya ada yg pke klep kecil ada jg yg lebar walau cuma 2 klep..
    misal punya verza yg in 30mm bukankah msh lbh luas dr pd punya nvl in 19mm walau dkali 2??
    koreksi klo saya salah

  8. Aplikasi atkinson dihybrid toyota yg paralel artinya baik mesin & listrik bisa berpuatr bersama terutama saat akslerasi atau deselerasi sehingga dibutuhkan mesin yg torsi tdk tinggi dan efsiensi bb karna lkh kompresi yg singkat .dan putaran lbh ringan pd deselerasi jg dibutuhkan utk mengisi listrik pd hybrid pd msn hybryd toyota kode msn atkinson pd type msnya ada huruf Xnya misal prius gen 1 1 NZ-FXE

  9. brooo..’pengamat’,udah ditunggu ‘din syam’ nohh,kpan debat lg ma ‘din syam’??..ekeke…kalo loe berdua debat,josss dehhh..gue nyimak ajah.

  10. Wak Haji kalo dah bahas teknologi bgini pasti nanti muaranya ada kejutan di teknologi roda 2…nah mesin siapa itu yg akan nyerempet dengan ulasan ini?..hehehehe

  11. Informatif bgt Mang. . .kalo tak d bkin artikel macam ni, mngkin ane mengira ini mesin’y Mr. Bean. . .hehehe

  12. mesinnya Supra C-100 udah pake Atkinson kayaknya, itu ada fitur auto decompression biar klo dislah gak berat, yg mirip2 atkinson kinerjanya

  13. Next R25, fork warna gold terbesar di kelasnya sudah usd, vva, traction control, suspensi dapat di stel manual seperti ohlins, tangki besar dan bentuk mirip R1, muka menyerupai R1 dengan full led lamp speedmeter full digital dengan 3 mode dan fitur warna speedo dapat distel 3 warna, tanpa kabel gas……

    *kalo ga percaya silahkan .. Tapi catet ya
    kang topik info dari ana

  14. Kalau di mesin multi silinder ini sangat membantu… Karena bisa menekan efek ledakan yang terganjal kompresi silinder lain…arane opo y rek lali..hahaha

  15. hoooo… ternyata ini ya kang, yg bkin mazda skyactive bsa di kompresi 12.. bahkan katanya tuh mesin di desain utk kompresi 14.. tpi utk masal di turunin jdi 12..

  16. Biasanya mengaplikasikan teknologi baru di sepeda motor lebih menantang dibanding di mobil,karena emang motor ukurannya kecil dan komponennya tentu dibikin lebih kecil dan ringan dibanding di mobil.kita bisa melihat fitur yg ada di motor jaman sekarang kaya ABS,traction control,stability control,cruise control dan fitur teknologi canggih lainnya itu duluan ada di mobil dibanding di motor

  17. Artikel bermutu dan mendidik,jadi bisa mencerdaskan para pembaca disini,bukan blog tempat ribut yg saling berantem soal keunggulan mesin sohc dohc dan kelebihan kekurangan produk yg dibela fanboy

  18. Nek menurut ku cocok buat hibrid karna tekanan kompresi kaya di dekompresi karna klep.belum nutup sehingga kerja motor listrik ringan jika ganti ke mesin bakar….

  19. Nah ini Kelebihannya Kang Taufiq TMCBlog..
    Hajar terus kang.. biar kita jadi pinter 😀 😀 😀 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here