TMCBlog.com – Bro sekalian, hasil MotoGP Silverstone 2017 yang lalu buat Yamaha Movistar sungguh merupakan suatu angin segar yang mereka terima dengan lega. Yamaha M1 menghadirkan Karakter yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan M1  di seri seri sebelum silverstone. Karakter Yamaha yang bikin Rossi dan Vinales struggle sebelum ini sampai sampai ada gap sekitar 7,4 – 8,9 detik dari Juara redBull Ring adalah masalah spin ban belakang yang mau nggak mau akan mengurangi grip roda ke asphal dan memperlambat laptime . . Namun di silverstone, ada Improove . . jarak keduanya dengan Dovi  kurang dari 1 detik

Namun jelas ini bukan karena soal Mesin yang baru, karena 6 mesin sudah di label dan di segel di awal Seri qatar, sanat tidak mungkin dikarenakan mesin baru. Namun ada dua Part/ setingan Motor 2018 yang mau nggak mau dicoba lebih awal oleh Vinales dan valentino Part tersebut adalah Setingan elektronik ( software ) dan Sasis  . ..

Yamaha adalah pabrikan MotoGP yang memiliki pola kerja pengembangan berbasiskan Sasis sehingga memang akan sangat jarang kita melihat yamaha mengubah secara signifikan Mesin Yamaha M1 dari tahun ke tahun, sehingga Mesin 2018 nanti pun disinyalri Kuat akan punya Platform, dimensi dan Karakter dasar yang biasannya nggak jauh beda dari karakter mesin sebelumnya ( 2017 ) ..

Ini artinya Gambaran mesin M1 2018 nanti gak akan jauh berbeda dari mesin M1 2017 ini. Sehingga Logikannya Sasis 2018 yang sebelum ini dirumorkan sudah dicoba di 1 hari masa test Privat Misano akan cukup singkron baik dengan mesin 2017 dan mesin 2018. Dan menurut tmcblog kesuksessan Yamaha Menghadirkan Sasis 2018 di pertengahan Musim 2017 adalah keputusan Smart karena sebenarnya di masing masing PitBox Vinales dan Rossi ada dua motor yakni Motor bermesin 2017/ Sasis 2017 dan mesin 2017/ Sasis 2018 . . dan di Race day kduanya memilih kombinasi Mesin 2017/ sasis 2018 . .

Pebalap berkata, dengan sasis baru ini, Pebalap bisa lebih comfort . . dan Bahkan saking Comfort dan Percaya mati sama durabilitas ban, Vinales sampai berani menggunakan ban Soft saat race dan berhasil finish di P2 . . . Kalo Nggak merasa COmfort,Mana Mau Vinales ambil resiko pakai Ban soft . ..  jadi githu deh, so menurut logika tmcblog, diam diam Yamaha memang sudah memakai beberapa Part Prototipe u tu 2018 nanti

taufik of BuitenZorg

38 COMMENTS

  1. emmmm…seperti itu ternyata sasis 2018, improve bagus berarti soal durability ban.
    bisa jadi tiap race di sirkuit dengan karakter mirip silverstone, akan ban belakang soft jg atau mentoknya ya di medium

  2. Tapi kenapa Rossi masih pakai Hard dan keabisan ban Wak? Apakah hanya soal beda riding style atau memang keduanya pakai sasis yang beda?

  3. Karakter sirkuit juga ngaruh banget Wak,,
    Itu yg buat M1 kompetitif kemarin,,
    Dimana Silverstone punya 18 tikungan,
    salah satu terbanyak dalam kalender MotoGP,,.

    • Di sirkuit yg pusing’annya banyak pasti Yamaha kompetitif Wak,,
      Tapi ngeri juga sieh Ducati yg powernya liar gitu bisa juga delivery powernya bagus banget di sirkuit yg bukan habitatnya macem Silverstone kemarin,,
      Imorove di fairing nd developt dari sang Legend Casey Stoner berasa banget impact-nya buat Desmosedici GP17 ini,,
      Ngeriii Ducati,,
      Berani modal gede ini pabrikan,,
      Semakin unpredictible MotoGP sekarang,

      ?

  4. Sebenernya Yamaha itu bukan gag bisa buat mesin V untuk motor prototype MotoGP nya , cuman trauma , dimana dulu YZR500 V4 nya dikepretin Mulu sama NSR500, 12tahun cuman menang 2X (1990-2001) ,, miris,,
    Makanya di ere MotoGP 4 tak, Yamaha cari aman concern ke sasis,,
    karena kalo mau bandingin Honda soal mesin pasti kalah,,
    Faktanya seperti itu Mas_Bero,,
    ???

    • Lalu Wayne Rainey, Kenny Roberts itu gimana kang ? Kan mereka juga pake YZR500, dan mereka juara.

      Menurut saya bukan masalah trauma atau gk bisa buat. Tapi memang hasil RnD sesuai dengan karakter utk membuat motor smooth, maka pake mesin inline.
      Gini deh, tau Lexus LF-A, MT 01 ? Itu mesin V buatan yamaha

    • Coba pahami dengan seksama statemen ane,, itu bukan BC tapi itu fakta,
      gag tertarik bukan berarti tidak bisa buat,
      Bener tow’,,
      ?
      Nd concern Yamaha itu di sasis bukan engine Boss Iwata langsung yg bilang gitu,
      Soal engine Supercar,,.
      whatever lah, tapi Please jangan bahas R4 kalo gag mau tambah parah explain dari saya,,.
      ??
      wkwkwkwk

    • Ymha bukanny gak bisa atau gak mau bikin mesin v4-engine, tpi mereka lebih “sreg” dan lebih “cocok” dengan mesin I4-engine(inline),….
      Seperti halnya honda,….. Honda itu lebih “cocok” dengan mesin V-engine, mkanya d WSBK mesin inline honda itu hanya mampu memberi 1x jurdun saja, selebih ny d sumbang oleh V-engine,…

      Filosofi dri kedua pabrikan ini dlam mengbangkan mesin:
      1. Yamha= tidak mau ambil pusing untuk menciptakan mesin fantastic, mereka cenderung mengoptimalkan mesin yg sudah mereka pahami,… Mkanya jangan heran mayoritas motor masspro ymha itu wlaupun standart pabrikan klah ma yg lain tpi “oprek dikit” langsung josss

      2. Honda= selalu “all out” dlm menciptakan mesin dan selalu mencari jln yg sulit, bahkan honda sering menciptakan mesin yg “fantastic” sperti era gp250 yg lain konsen sma mesin 2t yg terkenal dengan powerny yg beringas honda mlah melawan dengan mesin 4t tpi dengan spek yg “ediaann”,….. Mkany jangan heran mayoritas motor maspro dri honda itu yg walaupun secara standart pabrik unggul dri kompetitor tpi klah d ajang blap karna susah buat oprek mesinny.,,,,, kasarny, jauh lebih susah mengoprek mesin drpda ymha..,..

      #my opinion

    • Ya bicara fakta memang gitu kang, tapi bukannya pabrikan itu gk bisa lah apalagi trauma. Yg bikin saya nge reply komentar mu itu adalah statment “Trauma”, make sense please lah haha. Kesannya kang Alex seperti mendiskreditkan suatu karya gitu aja. Kalo lebih lengkap tuh penjabaran kang Naghasima bisa jadi bechmarknya.
      No hard feelings.

    • Bicara fakta, fakta ini yaa.
      Kan kang Alex tuh fans Honda.
      Dulu Honda saat menjadi pabrikan Jepang yg paling pioneer juga sempet jadi bulan bulanan pabrikan lain. Keputusan Honda mengambil jalan yg sulit membuat mesin 4T utk melawan mesin 2T gagal total dan jadi bulan bulanan pabrikan lain. Balik lagi deh ke 2T.

      Btw jangan anggap saya Fansboy pabrikan lain or whatsoever, saya cuma berusaha jadi fans otomotif.

    • Buset dah, apa yang diucapkan dan diketik seseorang, mencerminkan isi kepala org tersebut.

      Salamgaktau, coba baca di wikipedia, BACA BACA, Lexus itu adalah anak dari perusahaan Toyota, dan Yamah salah satu anak perusahaannya juga.
      Trus apa saya salah mencatut mesin LF-A buatan Yamaha ? Emang Yamaha ngaku2 wong Lexusnya sendiri yg ngaku.

      Disini konteksnya dari kang Alex perkara mesin konfigurasi V, anda bawa2 mesin jet dsb. Saya cuman admirer otomotif bukan Fansboy macam anda yg ber sumbu pendek tanpa tau etika ber diskusi.
      Haters gonna hate.
      Im laughing at you m8

    • Perasaan yg BAPER hanya ente doang,…..
      Mudah2 ente segera mendapatkan perjaan yg layak,, kasihan plus “ngeness” sya melihat nasibmu cung, d kasih “pikiran” mlh d pergunakan untuk mem-BC,…..

  5. tuh contohnya nick rider netralonthe beha
    17 ps nya ngenes nge BC vva trus Recik v nya ngebul nge BC M1 ngiahahahahaha ????????
    kasian kamu tong pake nick baru ntar ngilang lg ngumpet dizuamban ngiahahahahahahaha

    • Kemaren siaran trans7 ganti satelit palapa brow, kemaren pas siaran gp gua program ulang chanel trans 7, trans tv, antv dan net tv yg biasanya pake satelit telkom pindah pake satelite palapa, gua taunya juga pas siaran gp udah mau tayang, tapi sekarang ngilang lagi tu tv dari satelit palapa gsk tau apa udah balik ke telkom lagi atau pindah frekuensi aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here