TMCBLOG.com – Bro seklaian, sejatinya Peraturan Kapolri No 5 tahun 2012 Bab 1 Pasal 1, ayat 17 Tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan Bermotor menyebutkan bahwa : Penghapusan Regident Ranmor adalah bentuk sanksi administratif bagi pemilik Ranmor yang tidak melakukan registrasi ulang atau memperpanjang masa berlaku STNK sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun sejak masa berlaku STNK habis berdasarkan data Regident Ranmor pada Polri . . . Nahhh

ini artinya Jika Kita tidak memperpanjang masa berlaku STNK ( 5 tahun-an ) sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun sejak masa berlaku STNK habis maka Nomor Registrasi dan Identifikasi kendaraan kita di Kepolisian akan dihapus  . . ini artinya kendaraan kita akan sbrsifat Bodong sob walaupun sejatinya Itu STNK dan BKPB masik ada  . . Info ini begitu Viral hari ini setelah Liputan6 melakukan melakukan konfirmasi khususnya kepada Kompol Bayu Pratama Gubunagi, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya.

Bukan merupakan barang baru, Peraturan ini sejatinya menurut Kompol Bayu Pratama Gubunagi sudah ada semenjak 2009 namun Kurang masif informasinya dan boleh dikatakan Belum dilaksanakan. Saat ini pun Polri Melalui Kompol Bayu mengatakan butuh sosialisasi yang luas ke Masyarakat sehingga mereka tidak Kaget dan Polri saat ini sedang melakukannya .. so buat penggemar dan kolektor sepedamotor klasik, mohon di cek kembali surat surat motornya ( Taufik of BuitenZorg )

37 COMMENTS

  1. Ini kejadian sama saya mas..
    STNK Jupiter gak bayar pajak dari November 2015 dan plat nomor tidak diperpanjang setelah 2016 masa habisnya.
    Tapi motor masih saya pakai, cuma di dalam sirkuit aja gak dijalan umum..

    Gak salah kan yah?

    Editor
  2. ladang duit buak oknum yg bisa buka blokir

    secara bayar pajak yg males balik nama aja masih bisa lolos dengan buka blokir

    Guest
  3. Wak mohon diperjelas informasinya, itu 2 tahun dari masa berlaku terakhir STNK atau 2 tahun tidak bayar pajak.

    misalkan masa berlaku STNK sampai Desember 2018, ternyata STNK tidak diperpanjang dari awal pembelian/ kelewat bayar pajak 4 tahun lebih, apakah masih bisa dibayar pajaknya.

    Guest
    • 2 tahun semenjak STNK 5 tahunan berakhir

      misalkan masa berlaku STNK sampai Desember 2018, ternyata STNK tidak diperpanjang dari awal pembelian/ kelewat bayar pajak 4 tahun lebih, apakah masih bisa dibayar pajaknya -> Kayaknya masih bisa diurus dan belum di hapus regidentnya

      Administrator
  4. Berarti pajak 5 tahunan ya pak?
    Semisal pajak 5 tahun gak diperpanjang atau pemutihan berarti dianggap bodong

    Kebetulan honda C70 saya mati pajak 2017 plat nomor juni 2018 kemarin
    Apa masih bisa diurus?

    Guest
  5. dan ini tidak berlaku utk motor jadul macam CB, C70, GL100, vespa. katanya sih motor2 ini udh bebas tilang mau gmn pun kelengkapannya tetap lolos hehehh ntah bener apa tidak

    Guest
  6. Kalo motor cuma buat dipajang perlu gak? Tergantung yg py ajalah.
    Mestinya bikin usulan yuk.
    Motor di bawah 100 c yg umurnya lebih 20 th gak usah bayar pajak lagi. Cukup iuran jasa raharja. Kan harganya paling tinggal brp

    Guest
    • pajak juga berfungsi pengendalian polusi dan populasi kendaraan. seandainya motor jadul bebas pajak, saya yakin sebagian besar masyarakat berbondong2 pakai motor jadul. restorasi mesin atau chassis berapa sih, apalagi ada part alternatif yang lebih murah tapi masih cukup bagus dipakai buat harian macam axxira dll.
      yang sangat terasa, jaman mobil masih karburator, saya naik bus (umum non ac, terbuka) terjebak kemacetan di jalur utama 1 jam sudah pusing dan mual, bau bensin dan HC (mungki co juga, tp gk ada baunya). sekarang, ketika mayoritas kendaraan injeksi, bau bensin dan sangit ala HC sudah tidak ada/sedikit sekali (paling dari motor modif/jadul). bau solar dari bus umum yang dinaiki masih. tapi tidak bikin pusing dan mual, masih wajar saja. cuma rasanya makin panas,
      kalau di beberapa negara maju, justru makin lama umur kendaraan makin mahal pajaknya. mau tidak mau pasti jadi barang rongsokan, digantikan kendaraan baru yang lebih ramah lingkungan.

      Guest
  7. Masih bingung wak, ini mksdnya bagi yg habis masa berlaku STNK/TNKB 5 tahunannya lebih dari 2 tahun? apa gak bayar PKB lebih dari 2 tahun? coba lebih diperjelas lagi wak atau kasih contoh biar gak miss.

    misal :
    1. PKB gak bayar selama 2 tahun tapi STNK/TNKB/Plat nya masih aktif sampe 2020. Ini bakal dihapus ga? atau
    2. STNK/TNKB/Plat habis masa aktif dari semenjak tahun 2016 (otomatis PKB pun gak bayar lebih dari itu). apa yg ini mksdnya yg bakal dihapus?

    soalnya yakin masyarakat pasti ngiranya gak bayar PKB lebih dari 2 tahun yg bakal di hapus

    Guest
    • Gini ya mas..diatas kan suda jelas peratutan dari polri..
      Masa berlaku “STNK” bukan masa berlaku “PKB”(Pajak kendaraan bermotor)…ato posisi lembarannya di stnk, yg tidak pernah diminta saat kita bayar pkb tahunan di mobil keliling samsat…masa berlaku stnk itu 5 tahun, masa berlaku pkb itu 1 tahun

      Guest
    • Yoi bener, bagi kita bisa dimengerti, tapi liat deh beberapa hari kedepan pasti udah banyak yg BC
      disosmed dan pasti pada ngunyahnya soal PKB yg telat 2 tahun, yakin deh. Karena di media besar macam liputan 6 dsb nya pun kasih infonya ngambang ga diperjelas, dan kurang dimengerti pembaca yg ga bisa bedain pajak PKB dan STNK

      Guest
  8. Itu aturan udah dari kapan tahun, tapi seolah gak pernah diterapin beneran. Bukti nyata dilapangan pemilik CB atau GL lawas yang udah mati belasan tahun dan masih pakai stnk kuning aja bisa dibalik nama dan dapet BPKB dan STNK baru. Cuma ya pajaknya memang kampret. Setahun 25% jadi kalau mati 8 tahun udah setara bayar pajak 8 tahun + 2 tahun. Itu yang ngurus sendiri lho, apalagi lewat calo yang STNK ilang aja masih bisa dibuatin baru tanpa surat kehilangan.

    Guest
  9. lha kalau yg ga bayar pajak mobil gmn itu apa ke banned juga stnk dn bpkb mobil, perasaan yg ditekan peraturan cuma motor doang, aneh

    Guest
  10. Bodong ke dalem ndelep atau nonggol ? wkwkwkwk buat offroad mah beli cuma resi tok, stnk bpkb kaga ada apalagi lampu cpion , makanya klw di jln ngk boleh di bawa ,wajib di bawa pickup / gendong, yg di bawa ke jln ya nyalahin aturan ? ma-ngap klw salah

    Guest
  11. Saya nangkepnya bgini, semisal 5 th sampai ga bayar pajak (ganti platnom baru) 2 th setelah itu hangus . Bener yak.

    Guest
  12. Dan para pengemplang pajak sedang mencari pembenaran wak … Argumentasi ,nanya muter-muter inti nya ga bayar pajak ya ga bayar aja … Nikmatin jalan nya ga mau bayar pajaknya … Beli motor jutaan , puluhan juta bahkan ratusan juta tp ga sanggup bayar pajak tahunan … Gayus dunia otomotif …

    Guest
  13. Berarti akan ada tindakan tegas berupa sanksi kurungan penjara ya kang buat yg terciduk bodong karena setau saya selama ini motor bodong sll identik dengan hasil curanmor

    Guest

Leave a Reply to Fahrian Cancel reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.