TMCBLOG.com – Di artikel ini Kita akan mencoba Membandingkan Penjualan Sepeda Motor Indonesia VS Eropa 2010-2018. Selain itu Kita Juga akan mecoba Melihat seperti apa tendensi penjualan Sepeda motor di Eropa dan seperti apa perbedaannya dengan Indonesia.

Dari Grafik di atas sobat dapat melihat pergerakan Penjualan Sepeda motor di Indonesia dibandingkan dengan negara negara di eropa jika disatukan. Terlihat, data keroyokan Eropa Pun Masih kalah sama penjualan Total sepeda motor satu negara Indonesia per tahunnya. Dalam 9 tahun terakhir penjualan paling besar sepeda motor negara eropa jika digabung hanya 1,6 Juta pertahun ( 2010 ), sedangkan di Indonesia bisa mencapai 8 Juta Pertahun ( 2011 )

Dari penjualan Sepeda motor di atas, sebagai contoh 2018 terjual totalΒ  1,27 Juta Jika di bagi bagi menjadi data Negara diperoleh bahwa Italia merupakan negara terbesar penjualan yakni sebesar 219.694 Unit Per Tahun. Yaaa angka ini pernah dilewati oleh penjualan satu Jenis varian Motor dalam 1 bulan saja di Indonesia, betul. Setelah Itali hadir Prancis (177.460), Spanyol (159.946),Jerman ( 156.108 ), Inggris raya U ( 100.439 ) dan Yunani (32.575) .. Bagaimana soal jenis motornya ?

Sobat Bisa lihat di Grafik atas, Eropa membagi jenis Penjualan motor menajdi tiga yakni Motor standar ( Motorcycle ), Scooter ( Moped ) dan Motor Quad. Namun di data atas tmcblog tidak memasukkan data Motor Quad. Sobat bisa lihat di Grafik penujualan Moped ( scooter cc kecil ) di Eropa tidak terlalu seksi. Secara umum dari 2010 sampai 2018 penjualan Motor standar ( Motorcle ) lebih tinggi dari penjualan Jenis Moped. Hal ini jelas berbeda dengan Indoensia ya sob

Yap data penjualan jenis sepeda motor di Indoensia dari 2010 sampai 2018 bisa sobat lihat di Grafik atas. Di Indonesia Moped dinamakan Motor bebek dan dapat dilihat bahwa umumnya penjualan Motor standar kalah dibandinkan dengan Scooter. Yap beda negara benda Pula karakter dari konsumennya ya

Taufik of BuitenZorg

 

54 COMMENTS

    • yakin moge marginnya lebih besar? bisa aja lebih rendah. contohnya supersport 600 cc. biaya pembuatan mirip superbike 1000 cc, tapi harga harus diset lumayan jauh di bawahnya

      Guest
  1. Disono yang moped itu yg mobilitasnya jarak pendek, dan pembeli motor (moge) cuman penghobi. Dan motor bukan pilihan utama membeli alat transportasi. Pilihan utama tetep mobil

    Guest
  2. Orang Eropa yang dikejar properti. Rumah, barang elektronik, furniture dll. Untuk kendaraan mereka sekedar asal bisa sampai, kerja paling naik mobil/bus, liburan kereta/pesawat. Sementara orang sini motor nomor 1, anak SMA nabung dan sibuk bikin kontrn yutub biar bisa kebeli ninja, helm, aksesoris helm yang lebih mahal dari helmnya, dll. Di Eropa gengsi dan pride itu lebih ke properti, sementara disini kendaraan jadi ajang gengsi. Sampai ada yang koleksi motor tua brand tertentu saking cinta-nya sama brand itu.

    Guest
    • karena sarana transportasi belum memadai. masih banyak pemukiman/kampung yang jauh dari jangkauan transportasi yang “mahal” (jika dibandingkan dengan fasilitas yang didapat, contoh bergelantungan/nggandul kalau penuh, atau malah duduk di atap). maka motor merupakan transportasi logis yang paling murah.
      setiap orang berusaha punya sepeda motor. lama2 yang tadinya sekedar bisa jalan, manjadi gaya hidup. seperti jaman dulu, kuda merupakan gaya hidup. sekarang digantikan oleh motor.
      jangan salah, di eropa pun kendaraan juga ada yang jadi ajang gengsi. bahkan ada juga orang yang gk punya rumah tapi mobilnya super mewah.

      Guest
  3. kalau di yunani pasar sepeda motornya lebih unik dibanding negara eropa lain,karena disana motor bebek(underbone) jauh lebih eksis dibanding negara eropa lain yg umumnya untuk motor kecil paling laku adalah scooter atau disini umunya disebut motor matic

    Guest
    • Bisa jadi karena disana termasuk negara berkembang, bukan negara maju seperti umumnya negara Eropa lainnya. Transportasi belum modern, orang terpaksa menggunakan kendaraan pribadi, & karena penghasilan yang rendah, lebih realistis memilih motor kapasitas kecil yang murah & praktis

      Guest
  4. Kira2 mengapa ya disana motor matic kalah sama motor standard? Padahal,saya yang pernah memiliki beberapa jenis motor akhirnya menyimpulkan bahwa tak ada yang lebih nyaman dan kaya fitur selain skutik.
    Ada laci kecil,bagasi besar,jok lebar,hp charger,idling stop,starter senyap,parking brake,side stand switch. Mana ada jenis motor lain dengan fitur selengkap ini?

    Guest
    • biasanya mereka beli motor bukan buat mobilitas sehari2 tapi menyalurkan hobby,entah Turing atau track day,sedangkan sehari2 palingan pake mobil pribadi atau transportasi umum

      Guest
  5. Tinggal bandingin ama benua yg lain wak, plus negara yg paling tinggi penjualan sepeda motornya..indonesia urutan brp??

    Guest
  6. penjualan motorcycle ternyata dari dulu gak pernah lebih besar dari scooter maupun moped. tapi pabrikan cukup gembar-gembor nerapin teknologinya di motorcycle

    Guest
      • ahhsiyappp
        mungkin maksud dia moped itu motor pedal alias sepeda listrik dan scooter itu mainan anak anak kaya teletubies.
        ekekek

        Guest
      • maksudnya itu Motor= mesin cycle=kayuh jadi sepeda kayuh yg ada mesinnya,sepeda listrik gitu kali ya
        scooter=ya skutik, sedangkan moped= motor Pedrosa jadi motor2 kate gitu
        jadi maksudnya padahal penjualan sepeda listrik gak lebih banyak dr skutik dan motor kate,tapi pabrikannya yg biasanya didominasi China kebanyakan gembar gembor teknologi nya
        begitu lah kira2 yg saya tangkep 😎

        Guest
    • wkwkw masih bingung antara motorcycle, scooter, dan moped πŸ˜‹ udah dijelasin sama wak Haji masih bingung πŸ˜…

      Guest
  7. kalo melihat tabel data domestik, secara agregat dapat diambil kesimpulan bahwa tidak pernah ada yang namanya shifting demand dari sport ke matik.

    analisis:
    1. pada akhir 2009 sport terjual 500 ribu unit dari total market hampir 6 juta unit. 9 tahun kemudian, yaitu april 2018, sport terjual 500 ribuan unit dari total market 6 juta unit. alias tidak ada perubahan yg signifikan.
    2. ada expanding market sport dari april 2013 hingga april 2015 hingga mencapai 1 juta ++ unit per tahun, tetapi lebih merupakan trend sesaat. hal ini disebabkan :
    -terjadinya expanding total market dari 6 jutaan pertahun menjadi 7 jutaan bahakan hampir 8 jutaan. ada peningkatan daya beli masyarakat secara nasional.
    -terjadi penggerojogan sport model baru oleh hampir semua pabrikan, cb150, al new ninfi, cbr150, r25, all new vixion dsb.
    3. dengan hanya melihat tabel dapat disimpulkan bahwa shifting demand yang terjadi hanya dari tipe moped/bebek ke matik.
    4. apabila di break down secara khusus untuk data sport nasional, dalam 2 hingga 3 tahun terakhir, penurunan terbesar terjadi di pabrikan yamaha, dimana vixion yg biasanya terjual 20.000 hingga 30.000 an unit per bulan bahkan pernah tembus 40.000 unit per bulan, sekarang bahkan hampir mustahil lebih dari 5000 unit per bulan.
    5. dari point 1 di atas, apabila market tetap 500 ribuan unit sementara penjualan sport yamaha menderita, sebaliknya honda meningkat drastis, untuk menggenapi 500 ribuan unit per tahun tadi.
    6. nah. eh.

    Guest
  8. Tamparan buat sales yang koar2 kipas2 dollar eropa. .ehh dollarnya gak ada seujung kuku jualan dimari.

    Pake data makanya tong klo mo banggain kipas2 dollarnya

    Guest
      • Brooo situ kog bangga sama kipas2 dollar padahal .. sahamnya aja 100%japan punya masih mendingblah yg 50:50

        Aduhhhh ketampar lagi day kana kena Kiri kena

        Guest
    • App situ mo banggain Mobil esemka?? Yg katanya ygbpesen udah ribuan orang tp sampe mo gantibpresiden lg gak muncul batang koplingnya???

      Wakeup brooo .. perusahaan asing yg dimari yg kasih makan ribuan bahkan jutaan buruh dimari..
      Jangan Sok sok an benci perusahaan asing klo kenyataaannya hape you lunpegang masih merk luar . Mobil yg Kau pake masih merk luar .. bahkan sepatu yg lunch pake merk luar..

      Guest
      • Jangan lupa Noswantara campuran pendatang dari mana-mana. Ramayana mahabaratha ga asli nusantara. Cuma Punokawan yg asli indo/jawa.
        Baju kita bukan model asli indo. Sistem pendidikan n pemerintahan juga dari luar.

        Guest
    • Itulah penghematan. Jangan pernah mau berboros2an ya bro. Sesuai dengan titah vaduka vresiden, hemat pangkal kaya. Boros pangkal bangkrut. Apalagi jika kekayaan itu dimodali sama hutang, bakal jadi milyader bos

      Guest
  9. Coba aja naik motor di eropa kalau ga meriang, cuaca udah dingin tambah kena angin naik motor. Cari masalah πŸ˜€. 1.2 jt itu mayoritas psti bukan pemakai harian

    Guest
  10. Beli motor disana dipakenya max cuma 7-8 bulan setaun….kadang kurang.

    Siapa mau naik motor dingin dingin ada saljunya bisa kepleset.

    Saya waktu tinggal di negara begitu mikir asik motor murah…taunya banyak ga kepakenya.

    Guest
  11. Beli motor disana dipakenya max cuma 7-8 bulan setaun….kadang kurang.

    Siapa mau naik motor dingin dingin ada saljunya bisa kepleset.

    Saya waktu tinggal di negara begitu mikir asik motor murah…taunya banyak ga kepakenya.

    Guest
    • Tepat. Disana motor tdk bisa digunakan hmpr tiap hari seperti disini krn faktor geografis, sehingga jd pilihan ke sekian.

      Guest
  12. Kang….kayaknya enggak sebanding.sebaiknya membandingkan dg negara2 berkembang spt china,india dan thailand dst…mungkin pasar kita malah dibawah mereka?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.