TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Hari ini 22 Maret 2019 rencananya Sidang Banding FIM yang akan memutuskan status Protes 4 pabrikan ( Aprilia, Suzuki, KTM dan Honda ) terhadap Pengunaan Swingarm Deflector Ducati GP19 yang dianggap menyalahi regulasi akan di lakukan. Sidang akan bertempat di Markas FIM.

Dari Fim akan hadir tiga hakim FIM terpilih dari total 12 member. Mereka itu adalah Commission Director Anand Sashidharan (India),  Lars Nilsson dan Sakari Vuorensola. Dari beberapa tulisan media Luar, diketahui bahwa Basis Keilmuan Ketiganya adalah pengacara ( Hukum ) yang kesehariannya tidak berhubungan langsung dengan MotoGP ataupun kemungkinan basis keilmuan mengenai Aerodinamika. Ketiganya akan menilai kasus ini berbasiskan Regulasi dan Bukti seperti layaknya dalam Pengadilan Biasa.

Sidang Yang direncanakan akan dimulai jam 11 AM waktu markas FIM tersebut itu Juga akan dihadiri 5 orang wakil dari Pabrikan Yakni Massimo Rivola dari Aprilia, Davide Brivio dari Suzuki, Mike Lietner dari KTM, Albeto Puig dari Honda dan Gigi Dall’Igna dari Ducati. Ada kemungkinan hasil dari Pengadilan banding ini tidak akan hadir hari ini juga, namun dipastikan sebelum race Seri dua MotoGP Argentina.

pict : Simon Patterson

Mengenai Part yang di sengketakan sendiri yakni Swingarm deflector, Ducati keukeuh menyatakan bahwa Fungsinya adalah sesuai regulasi yakni sebagai pendingin dari ban belakang. Cara mendinginkan roda belakang ada beberapa cara dan yang paling mudah adalah dengan mengarahkan aliran udara mengenai permukaan dari ban. Cara kedua yang boleh dibilang tidak lansgung adalah membuat roda belakang selalu berada di Grip yang bagus dengan asphal dan mengurangi spin. Spin ban belakang ditengarai adalah salah satu Penyebab utama naiknya suhu ban belakang. Dan memang cara kedua ini mau nggak mau  memang menggunakan efek aerodinamika sebagai toolsnya.

Dipastikan Ducati akan diminta data mengenai suhu permukaan ban yang direcord oleh sensor dan disimpan di data Logger sebelumnya. Namun menruut Om David Emmet Motomatters cerita tidak akan berhenti di Bukti yang akan di sodorkan Oleh Ducati. Butuh Bukti yang mengarah apakah Part tersebut tidak memiliki fungsi aerodinamika atau nggak. Kalau sudah mulai begini paling tidak Wind Tunnel Test ataupun hasil full dari simulasi Computational Fluid Dynamic untuk Swingarm deflctor yang dimiliki Ducati Haruslah Juga dibeberkan dengan gamblang.

Gigi Dall’Igna Bingung sama Aprilia dan KTM

Sementara itu Via PaddockGP, Gigi Dall Igna Menambahkan kebingungannya terhadap Gugatan Yang dilayangkan ke teamnya terutama yang ebrasal dari dua pabrikan Eropa Aprilia dan KTM. “saya Nggak ngerti mengapa KTM dan Aprilia bergabung dengan penggugat. Saya Nggak ngerti apakah mereka hanya mengikuti Honda atau ingin menjadi preseden ( contoh/ pionir ) . saya tidak bisa memahami keduanya. saya cenderung memahami ini dari para pesaing langsung kita. ( Honda ) “

Aprilia : Ingin Hasil tetap, Swingarm deflector di-banned

Sementara itu Via Motosprint di infokan bahwa Masssimo Rivola yang menjadi Pionir dari Protes ini meyatakan bahwa Yang diinginkan Oleh Aprilia dari hasil protest ini Bukannya diskualifiaksi hasil race Dovizioso yang memenangkan race, Namun fokus Di Part Swing arm deflector saya. Rivola Ingin Hasil Race MotoGP atar 2019 tetap, namun swing arm defector di banned.

Kepada autosport Rivola memperkirakan bahwa Danny Aldridge hanya menerima informasi sepihak dari Ducati tanpa mengecek lagi lebih dalam mengenai Swingwrm deflector tersebut. ” . . But he didn’t check well, he trusted their explanation “ Apapun hasil sidang FIM ini, Mudah mudahan diperoleh hasil Yang tidak banyak mengubah diferensiasi serunya MotoGP dibandingkan balapan Motorsport lainnya.

Taufik of BuitenZorg

114 COMMENTS

    • Drama yg membuat motogp tahun tahun lebih ini lebih ramai,tidak hanya ramai dilintasan tpi juga diluar lintasan

      Guest
    • karena Marquez dan Dovi kalo udah selesai race saling puji2an,drona jadi gak bisa bikin drama antar pembalap jadinya bikin drama lain ??

      Guest
    • yang pasti Carmelo Ezpeleta sendiri yang memberikan Lampu hijau bagi Tim2 yang protes. mungkin dia tau outcomenya akan seperti ini, drama yang berkepanjangan. fulus ngalir terusss ???

      Guest
    • Dari awal udah aneh
      Aprilia mau pake dilarang, giliran Ducati boleh.
      Gimana petinggi Aprilia ga marah coba

      Guest
    • “Saya Nggak ngerti apakah mereka hanya mengikuti Honda atau ingin menjadi preseden ( contoh/ pionir ) . saya tidak bisa memahami keduanya. saya cenderung memahami ini dari para pesaing langsung kita. ( Honda ) “

      Mbah gigi ini gimana sih, perkataannya tendensius nih, sengaja di bolak balik. Wong yang pertama kali protes (bahkan sebelum race dimulai) itu Aprilia, baru setelah race Suzuki + Aprilia, baru setelah protes tertulis dilayangkan ke race director pihak honda & ktm yang “IKUT IKUTAN” tanda tangan.

      Guest
    • Judge’e g kompeten ndok bidang aerostatis ?
      Pdhl yo simpel loh prmintaan Aprilia, point ttp tp d banned part tsb… Da pa dg Arman? ?

      Guest
  1. Aneh jg klo gigi selalu nyalahin honad, pdhl arpilia yg ngajakin. Atau gigi tau klo sebenernya honad yg ngomporin arpilia?

    Guest
  2. Sebetulnya ini protes dimulai dari siapa seh..??
    Aprilia yg ngajak honda,suzuki, ktm… atau honda yg mengajak..??
    Kok gigi bersikeras kalo ini ulah honda..??
    Piye too..??

    Guest
    • mungkin Gigi tau dalang aslinya? who knows. cerita awalnya sih Rivola yang ngajak Suzuki, KTM dan HRC untuk protes resmi setelah race.

      Guest
    • Yang protes aslinya aprilia sama ktm..

      Alasannya logis, aprilia g boleh pakai tapi ducati boleh..
      Nah honda sama suzuki mah cuma ikutan aja..

      Guest
  3. Mohon dibaca baik2 ya…
    Rivola hanya memprotes penggunaan part yg dianggap ilegal..
    BUKAN HASIL RACE….

    Guest
  4. Bos Aprilia Minta Maaf Telah Buat Kisruh MotoGP karena Laporkan Ducati

    Guest
    • @fivaro: ketahuan klw anda kurang piknik bung….!!!!, tidak tahu alur ceritanya gmn…!! Yang maling siapa yang tertuduh siapa…….., dalam hal ini 4 pabrikan khususnya neng prillly cmn hanya mempertanyakan legalitas part tsb, klw misalkan diperbolehkan, ya semua pabrikan boleh untuk mengaplikasikannya… jangan neng prilly ga boleh, lah giliran mas ducduc gak di apa apain…..!!!!

      Guest
    • @Fivaro : Jadi makin paham nih mana yg baca cuman mentok di judulnya doang terus langsung ambil kesimpulan 😀

      Guest
    • Jangan melihat yg sekarang terjadi, lihatlah dan analisalah kejadian2 sebelumnya, contoh; ketika aturan pembalap nomor 93 yg langsung ke motogp.. Lenggang kangkung kan..?
      Jadi kesimpulannya, ketika si anak emas ingin protes / tidak suka, maka dia mengajak teman2 bergabung untuk protes.. Ya beginilah apa yang terjadi..

      Guest
      • @fivaro
         contoh; ketika aturan pembalap nomor 93 yg langsung ke motogp.. Lenggang kangkung kan..?
        ————-
        ini contoh maling teriak maling yg sudah tidak punya malu sama sekali.
        pertanyaan: ketika jorge lorenzo juara dunia 250cc tahun 2006 dan 2007, apakah ketika jorge naik kelas ke motogp tahun 2008, ia masuk tim satelit lbh dulu atau langsung masuk tim pabrikan? lenggang kangkung kah? sila dijawab.
        nah.

        Guest
        • Kalau tentang aturan rookie rule, itu baru berlaku 2009 atau 2010 gitu, khusus buat tim pabrikan yang punya 2 motor, dilarang rekrut rookie. Tapi aturan ini cuma bentar, 2013 aturan ini dihapus lagi.

          Guest
    • @darso
      intinya tentang jurisprudence, sebuah statuta hukum berdasarkan sifat, seluk beluk, sumber dasar alasan, sistem dan institusi hukum. ketika dulu berlaku dan diterima, kenapa sekarang tdk berlaku dan ditolak? padahal konteks waktu dan lingkungan hukumnya sama. amandemen hanya dapat terjadi berdasarkan konsensus. mengapa yamaha dan yg lain menyetujui amandemen?

      Guest
    • dan 93 langsung juara dunia …

      hebat kan? yang lain ja jumpalitan…..

      Hanya orang pembenci yang tidak melihat keunikan 93.. entah benci Honda, kalo ke merk sih biasa salesman yang atit atiii di tabokin sama merk..
      wkwkwjwk

      Guest
    • Ga juga ah, kakek lejen juara di atas motor tim privateer kan masih era GP500, di era itu sendiri udah banyak pembalap dari tim privateer bisa juara dunia. Kalau di MotoGP memang belum pernah ada, karena juara dunia di era MotoGP cuma dari tim pabrikan Hoonda, Yamaha dan Ducati. Mungkin nanti KTM dan Suzuki juga, tapi setelah mereka bida dapat pembalap hebat atau paling rasional setelah Marquez pensiun dan udah masuk era Joan Mir dkk yang masuk usia puncak.

      Guest
  5. ….”Saya Nggak ngerti apakah mereka hanya mengikuti Honda atau ingin menjadi preseden ( contoh/ pionir )”…..knapa yg disorot gigi kok mlh honda ya?? Pdhl yg memulai kan rivola (aprilia)…jgn2 sugigi ini udh tau siapa dalang dibalik protesnya aprilia..hahaaa..

    Guest
  6. Mbah gigi tetep fokus ke hrc meski yg protes aprilia. ?
    Btw gw juga setuju dg aprilia, podium nya dovi ga perlu di utak atik, cukup kejelasan regulasi swing arm nya doang.

    Guest
    • Tapi Gigi salah tangkap, dia ngira mereka mau gugat hasil juara Dovi. Ya mungkin sadar “curang” akhirnya resah sendiri deh

      Guest
    • sayangnya kalau alat tersebut jadi diban, hasil race Dovi, Miller, dan Petrux akan dibatalkan. itu menurut komentator2 dari Motorsport sih.

      Guest
        • ya pokoknya hasil rider yang menggunakan alat tersebut akan dibatalkan. kalau DNF gak tau deh mau diapain ???

          Guest
        • Orang ga finish yg mau dibatalkan apanya. Berobat dulu sana nak, jangan buat mamahmu tambah sedih.

          Guest
      • numpang ketawa ahh hahahahahahhahhaahahahahahahahaha
        pake bawa bawa web luar, media luar gak sebodoh lo mentega. dari kemarin masih aja kekeuh miller hasil racenya dibatalin, orang dia aja gak finish.
        hahahahahahhahahahahaahahahahahaha

        Guest
    • untuk memperjelas informasi yg ada, pihak iprilili sendiri mengatakan bahwa keputusan sidang motogp nantinya supaya tidak mempengaruhi hasil race qatar. rivola iprilili cuma menginginkan ketegasan dari regulasi teknikal directornya.
      “..Rivola will join representatives from Honda, Suzuki and KTM in making the case for it to be banned on the grounds that it provides an aerodynamic benefit…Rivola believes that the appeals court should not seek to overturn Dovizioso’s victory…”

      Guest
  7. Kalo winglet atau aero-fairing kan ada alat uji nya biar hasilnya konkrit lolos atau ga… nah alat ducati ini ada alat ujinya ga oleh danny atau lewat pengujian dulu gitu?

    Guest
    • Kalo waktu penyelidikan singkat. Harusnya ada engineering drawing part tsb. Kemudian di simulasikan di software CFD waktu persidangan.
      Tp ya kalo yg bikin drawingnya dr org ducati bs jd dimanipulasi biar gk ada aliran aerodinamisnya -_-

      Guest
    • baca lagi mass, Danny Aldridge cuma menerima mentah2 penjelasan dari Ducati tanpa adanya testing alat tersebut

      Guest
  8. kok cuma orang hukum, persidangan foto palsu atau apa gitu aja pake pakar telematika,ini yg lebih njelimet nggak pake pakar

    Guest
    • Yg digugat aturan main nya, jd org2 legalitas dilibatkan jg. Nantinya bila ada uji coba2 baru pakar2 yg expert ikut terlibat agar bukti bisa dipertanggung jawabkan oleh penggugat

      Guest
    • kan udah dijelasin diartikel sama wak haji bro bakalan ditest wind tunnel dan data CFD ducati bakalan dipinta, 2 hal tersebut udah bisa menggambarkan fungsi itu alat tanpa seorang ahli yang berteori njelimet yang bisa dibantah ducati. makanya dari kemarin itu kakek gigi uban takut kalo disuruh test di wind tunnel.

      Guest
    • Namanya juga hakim ya pasti orang hukum, tapi mereka punya kuasa untuk menghadirkan saksi ahli yang kompeten dalam bidang ini cmiiw

      Guest
  9. Kalo part tambahan nya tidak membahayakan pembalap ato lawan, seharusnya diemin aja protes dari tim yg malas berinovasi.

    Guest
    • ya udah tambahin kers,triple clutch,twin turbo, active wing kan gak membahayakan,kecuali kalo ditempelin golok,katana,depan kasih machine gun,belakang kasih alat buat numpahin oli itu baru membahayakan ?

      Guest
      • hihihi ini kok mirip darso (noolan) ya, dikit2 ngatain ??? kebebasan berpendapat selama tidak hujat2 macam darso (noolan) boleh2 saja ???.

        Guest
    • maunya sih pengembangan jangan dari sisi aerodinamika melulu. enggak bakal tuh alat2 diturunkan ke motor produksi massal seperti naked bike dan sejenisnya

      Guest
  10. Sebenernya sepak terjang Gigi udah di sindir keras oleh Puig jauh jauh taon sebelumnya. klo ga salah era pengembangan winglet dan ada di artikel tmc kok.
    kira kira sepertinya begini bunyinya :
    mereka (duc) semenjak Kehadiran Gigi mengembangkan motor berdasarkan apa yg tidak di larang regulasi, dan itu tidak sehat untuk kompetisi.

    kesimpulannya…semua team motogp sudah tahu cara tidak “sehat” yg dilakukan ducati,hanya saja tidak memblow up ke media.

    Guest
    • “tidak dilarang” oleh regulasi dan sesuai regulasi apa bedanya mas? selama mengacu pada Regulasi sih harusnya boleh-boleh saja. ya kalau bagi orang2 yang demennya nethink sih pasti bilangnya licik atau curang

      Guest
      • Contoh gampang nya dari sesuai regulasi semua pabrikan harus menggunakan ECU Magneti Marelli , yg berarti agar sesuai pernyataan regulasi pabrikan wajib memasang ECU tsb.

        Klo tidak dilarang yaitu tidak dijabarkan dalam buku aturan contohnya ya ini soal deflector swing arm ducati, di buku aturan tidak dijelaskan rinci tentang part pada swing arm hanya tercantum “tidak boleh menghasilkan aerodinamika”nya, klo menghasilkan downforce dan suhu lebih dingin ? Itu celah yg dipakai ducati dan konteks downforce dan suhu lebih dingin itu yg dijadikan aturan “tidak dilarang”

        Guest
        • klo tidak dilarang itu salah ya mas klo dilakuin?
          pabrikan punya cara sendiri buat ngembangin motornya, klo HRC fokus di elektronik dan Duc fokus di mekanik ya biarin aj, wong tidak dilarang berarti boleh kan, biasanya ide inovasi muncul dari yg tidak dilarang

          Guest
  11. alangkah baiknya bila semua tim sebelum sidang berdendang ria dulu, supaya suasana hati fresh dan menyejukkan. hehe..

    “….basah, basah, basah, seluruh tubuh
    ah, ah, ah, menyentuh kalbu
    manis, manis, manis, semanis madu
    ah, ah, ah, menyentuh syahdu…”

    Guest
  12. Dal’igna : “Saya Nggak ngerti apakah mereka hanya mengikuti Honda”

    “Masssimo Rivola yang menjadi Pionir dari Protes ini”

    Ini yg protes duluan hondut atau aprillia sih
    Bukan regulasinya aja yg gak jelas beritanya juga agak agak nih

    Guest
  13. gak ada Statement atau klarifikasi apaa gitu dari HRC ?

    biar ahli teori ehh komentator disini gak pada sotoy dengan asuminya

    Guest
  14. Mending Gigi asumsi nya berkaitan tim pabrikan yg protes deflector

    lah BeHa dimari yg terduganya Ducati…
    nyalahinnya Tim Biru dan kuning ?

    Guest
  15. saya malah penasaran sama nasib direktur teknis motogp si Danny Aldridge, sebenernya gara gara dari dia juga awalnya. menerima parts baru ducati tanpa pengetesan lebih lanjut, nah seandainya terbukti bersalah. apa gak mencoreng nama besar direktur teknis motogp ? masa balap dunia sekelas motogp bisa melakukan kesalahan sefatal itu dan sampe kecolongan

    Guest
    • Kayaknya ga juga, justru yang paling dirugikan Ducati karena semakin menguatkan opini publik mereka selalu cari cara sampai celah regulasi sempit aja dimasuki yang resikonya gede

      Guest
  16. Untuk mendinginkan ban belakang ada banyak design yg bisa dipakai, tidak harus seperti yg ducati pakai (memiliki fungsi ganda).

    Guest
  17. Makin terlihat semakin di politisi sama ducati. Dia yg melakukan, dia juga yg menggiring opini.

    Jelas diawal yg protes aprilia. Yg sekarang bingung sama aprilia dan ktm yg dibilang ikut2an honda dan suzuki.

    Wellll.. Koq komisi teknis motobiji gak sekalian disidang ya. Kalau gak kompeten ya di ganti. Kalau ada unsur politik ya di sanksi.

    Guest
  18. udah jelas kan, Rivola dari awal bukannya mau menjatuhkan Ducati maupun para pembalapnya. dan juga menurut dia Danny Aldridge kurang bijak karena cuma nerima mentah2 penjelasan dari Ducati tanpa dicek berkali-kali. tapi tim lain malah ikut2an aneh juga

    Guest
  19. swingarm deflector memang fungsinya untuk meneruskan angin ke ban juga bisa menghasilkan downforce ke roda belakang

    mungkinkah nanti sekenarionya….
    Drama perseteruan Swingarm Deflector di tingkat banding antar (Ducati vs Honda+Aprilia+Ktm+Suzuki) hasilnya akan di menangkan Ducati/ akhirnya Swingarm Deflector di legalkan…
    ini langsung dimanfaatkan oleh yamaha untuk meningkatkan downforce roda belakang YZR-M1 shg bisa memecahkan masalah spining roda belakang…
    benar atau tidak kita lihat hasilnya nanti….

    Guest
    • nahhh

      pernyataan Ducati lebih kuat karena fungsi deflector buat ngarahkan angin / air…

      kalau toh di tes bisa buat downforce tapi Ducati gak bisa disalahkan seluruhnya…
      krn part deflector sejalan dgn hembusan udara yg membuat gaya tekan kebawah

      Guest
  20. Netijen : severapa greget lo ?
    Aprilia : gw komplen k ducatii, yg diaggap malah hondaa… *pk backsound haa…aa..aaa…

    Netijen : severapa greget lo ?
    Hondaa : aprilia yg protes, nyalahin nya k gw ??? to be continued ->

    Netijen : severapa greget lo ?
    Ktm : gak bang gw cm ikutan #Ashiaaap… Ashiaaap… Ashiaaap… Ashiaaap !!!

    Guest
  21. Tepuk tangan..yg perang pesertanya…
    Seret Danny jg utk disidang. Dirtek harusnya mampu mengendalikan suasana dng pemahaman teknis dan alasan homologasinya krn ini murni bersifat teknis, ga perlu sampai drama sidang banding segala..

    Guest
    • dia kayanya udah diem aja, enggak berani ngapa2in. coba dia lebih teliti dan tidak menerima mentah2 penjelasan dari Ducati, mungkin semua ini tidak akan terjadi. atau mungkin memang ini yang mereka rencanakan? ?

      Guest
  22. wak saya malah bingung sapa yg ngusungin kursi 3 tmpt yokoyama sama rivola nongkrong, ditengah2 tmpt terbuka bawa kursi wkwkwkwk

    Guest
    • pit berier yg mesenin langsung ke IKEA,karena dia gak ikut diskusi disitu sebagai rasa bersalah dia mesenin kursi itu,kan sultan ??

      Guest
  23. HODNA hanya diam..marc dan RCV yg ngomong nanti di lintasan! dah gitu aja…
    tapi kemarin dalam hati dovi…”lah gua menang maren karena ada andil kepet bawah donk..??” trus besok gmn nasibku???

    Guest
  24. Ane merasa Gigi cmn menganggap Honda sebagai Satu” competitor.
    Pabrikan lainya?
    Dianggap cmn pengembira

    Guest
  25. part ini kan dipake udh dr tes pramusim ya..pada tau kan masing2 pabrikan suka ngepoin motor sebelah tiap saat..abis tes udh ada tuh gosip2 eh si duc pake part aneh tu..akhirnya pas nongkrong d warkop sepakatlah 4 pabrikan bahwa itu kyanya melanggar deh..pas race weekend Brivio datengin Duc bilang gni.. “eh Duc kalo lu pake part itu pas race ntr bakal ada protes resmi lho ya”
    ternyata Duc ga peduli..ttp pake..ya munculah protes resmi..
    jadi kalo yg protes duluan siapa kayanya itu pas rivola bilang apa..brivio bilang apa..puig bilang apa..letner dll itu pendapat mreka pas obrolan warkop itu..

    Guest
  26. Ane merasa Gigi cmn menganggap Honda sebagai Satu”nya competitor.
    Pabrikan lainya?
    Dianggap cmn pengembira

    Guest
  27. Ducati jenius membaca H diam2 menusuk dr belakang buat kompor meleduk …

    dgn protesnya Deflector punya 2 keuntungan
    1. kalau terbukti salah Ducati harus mencopot Deflector dan harus riset lagi..membuat H lebih lega sama2 berlari di jalur A

    2. kalau tetep dipakai, Top Speed Ducati terkebiri dan membuat H leluasa yg mana gencar neningkatkan TS kata mak makues

    so Fokus Ducati musmet…

    Guest
  28. Yahh sekali2 balapan dimeja hijau jangan dilintasan mulu .#meja sidangnya diluar negri sono hijau jg gak ya ??

    Guest
  29. DORNA mah emang seneng ngadu domba,kalo adem ayem ga seru…ntar jualannya ga laku,liat aza tokoh dorna di pewayangan

    Guest
  30. berbagai macam cara Ducati hanya untuk menggagalkan Marc Marquez dan HRC supaya gak juara dunia lagi. itu aja intinya. 😀

    Guest
  31. “Saya Nggak ngerti apakah mereka hanya mengikuti ndahon atau ingin menjadi preseden ( contoh/ pionir )”
    Masih nyalahin ndahon juga? hahahaha…pura2nya bingung dengan pabrikan lain, ujung2nya nyerang ndahon

    Guest
  32. Drama terbaik sejak seri pertama.
    Part aero.
    Legal/ilegal.
    Semuanya masih abu-abu.
    Bahkan dalam perkara business-to-business semacam moto-gp pun banyak intrik politiknya.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.