TMCBLOG.com – Sobat sekalian, kebutuhan akan kendaraan bermotor yang ramah lingkungan dan hemat energi sudah menjadi satu hal yang tidak bisa kita hindari lagi. Dan untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang irit ada banyak cara seperti cara berkendara yang santuy dan benar seperti tidak sering narik-narik gas sembarangan. Nah selain itu ada hal-hal lain yang bisa dipersiapkan seperti misalnya dari ban. Jangan sampai bro sekalian Riding dengan tekanan ban rendah karena dipastikan akan boros sob. Yes, mengenai hubungan antara tekanan ban dan keiritan ada hasil uji empiriknya sob, silahkan simak grafik di bawah ini.

Dari grafik di atas dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil eksperimen, semakin kurang tekanan maka semakin besarย  friksi/ hambatan guling (rooling resistance) dari ban dan ini akan bisa bikin motor tambah boros dalam mengkonsumsi BBM. Selain itu bisa juga dibantu menggunakan ban yang memang khusus dibuat untuk lebih bisa hemat dalam konsumsi bahan bakar. Untuk sepeda motor ada FDR Eco Smart Tire. Lah gimana bisa profil ban bisa bikin hemat berkendara ? silahkan sobat simak penjelasan dari FDR ini.

  • Bagaimana ban bisa hemat BBM?

FDR menciptakan racikan kompon khusus yang diberi nama Eco Smart Tire (EST) yang bisa menghasilkan ban dengan hambatan gelinding rendah sehingga bisa membuat motor hemat bahan bakar minyak.

  • Apakah penghematan BBM ini sama untuk semua motor?

Tentu akan ada variasi karena ada banyak hal yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, seperti gaya mengemudi, kondisi motor dan kondisi jalan. Misalnya, Anda sering melewati jalan yang macet sudah tentu akan lebih boros BBM dibanding pengendara motor yang melewati jalan yang lancar.

  • Bagaimana saat pengereman, apakah akan licin?

Hasil pengujian menunjukkan bahwa ban EST tetap memiliki daya cengkram yang baik. FDR mengetes langsung menggunakan motor untuk membandingkan jarak pengereman antara ban regular dan ban EST. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa ban EST memiliki daya cengkeram yang baik, dimana jarak pengereman 2% lebih pendek dibanding ban regular.

  • Mengapa ban EST memiliki hambatan gelinding rendah tapi tetap memiliki daya cengkeram yang baik saat pengereman?

Hambatan gelinding (rolling resistance) dan pengereman adalah dua hal yang berbeda. Hambatan gelinding itu dilihat saat ban bergerak sementara untuk pengereman, ban yang tadinya bergerak dibuat berhenti dan mencengekram permukaan jalan. Racikan teknologi material ban EST dirancang untuk tetap memiliki daya cengkeram yang baik.

  • Apa sudah teruji hemat BBM?

Ban EST sudah melalui beberapa pengujian baik internal maupun eksternal dan terbukti bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Salah satu pengujian eksternal yang dilakukan adalah dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pengujian tersebut menggunakan metode pengujian full to full. Hasilnya, ban FDR dengan teknologi EST bisa menghemat bahan bakar hingga 7,1%.

  • Apa yang dimaksud dengan pengujian full to full?

Pengujian full to full itu membandingkan konsumsi BBM motor yang menggunakan ban regular dan ban EST. Tangki BBM diisi penuh lalu motor dijalankan ddengan kecepatan yang sama. Kemudian dilihat berapa banyak BBM yang berkurang antara ban regular dan ban EST.

  • Teknologi EST ini ada di ban FDR apa saja?

FDR sudah mengeluarkan dua ban harian yang bisa menghemat bahan bakar, yaitu Facio EST dan Sport XR Evo EST. Facio EST tersedia dalam ukuran 80/90-14 TL &90/90-14 TL dan Sport XR Evo tersedia dalam ukuran 80/80-14 TL dan 90/80-14 TL. Pengendara motor sudah bisa membeli kedua ban tersebut di toko-toko dan bengkel.

  • Sejak kapan FDR mulai mengembangkan teknologi ini?

Pengembangan konsep eco product ini sudah dimulai dari 2012. FDR bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dalam lomba irit bahan bakar se-Asia, Shell Eco-Marathon. Sejak saat itu FDR selalu mendukung tim-tim Indonesia yang berlaga di kompetisi tersebut bahkan tahun ini tim Indonesia yang menggunakan ban prototype FDR bisa lanjut bersaing di tingkat internasional, yaitu Driverโ€™s World Championship. Tidak hanya itu, sejak 2016 FDR mendukung Kontes Mobil Hemat Energi yang merupakan kejuaraan nasional antar perguruan tinggi se-Indonesia. Dari kompetisi tersebut, FDR sudah memperkenalkan dua ban prototype hemat energy.

#Artikel ini hadir atas kerjasama TMCBLOG dan FDR Tire

24 COMMENTS

  1. Dg konsep ini Ban cacing bisa lebih menghemat bahan bakar.
    Selain seperti penjabaran diatas ban cacing jg punya kelebihan di bobot.
    Karna beban bannya lebih ringan maka daya yg digunakan untuk memutar ban jg lebih sedikit, lebih sedikit daya = lebih sedikit bejek gas = irit.
    Itu belum ditambah dg kembangan ban cacing yang rata rata semi halus, lebih minim gesekan.
    Dan 1 lg, karna tapaknya semakin sedikit hambatannya pun sedikit.
    Makin irit….
    ๐Ÿ˜€

    Guest
    • Dan yg paling wowww adalah…..
      Karna keterbatasan grip saat dipacu cepat terutama saat menikung miring, & bermanuver mendadak, ban punya fitur auto santai untuk semua biker yg sayang nyawa.
      Ban tipis Gas tipis tipis menikmati sore yg manis..
      Peace ๐Ÿ˜€

      Guest
      • Oiya, FDR jg sudah mengeluarkan dua ban harian yang masuk keranah ban cacing. Yaitu ban FDR GENZI & GENZI PRO. GENZI tersedia dalam ukuran 60/80-17 TT & 70/80-17 TT dan GENZI PRO tersedia dalam ukuran 70/80-17 TL.

        Guest
    • Gaya gesek yg besar disebabkan oleh permukaan yg kasar….dan ditambah berat benda yg besar….untuk mengecilkan

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.