TMCBLOG.com – Setengah mata rantai di MotoGP. Seperti kita ketahui di MotoGP, setiap mili detik perkembangan laptime cukup berarti. Itu juga mungkin yang menyebabkan setiap detail setup ataupun detail ukuran dimensi motor yang sudah terlihat bagus buat pembalap sebisa mungkin dipertahankan. Karena bukan yang tidak mungkin perubahan setiap milimeter dari wheelbase, ketinggian motor dan lain lain bisa merubah karakter motor di track. Hal itulah yang TMCBlog pikirkan ketika melihat fenomena setengah mata rantai yang sempat hadir di rantai Ducati Desmosedici MotoGP.

Silahkan sobat cek gambarnya, terlihat sepertinya Ducati terkesan ‘memaksakan’ menggunakan satu mata rantai custom( warna abu abu) untuk menyambung mata Rantai. Sebenarnya bisa saja Ducati tidak menggunakan mata rantai custom tersebut dan langsung menggunakan mata rantai luar standar yang berwarna gold untuk digabung dengan mata rantai dalam standar yang juga berwarna emas.

Namun jika Ducati menyambungkan mata rantai standar maka, menurut TMCBlog efeknya akan membuat wheelbase Desmosedici akan lebih pendek beberapa milimeter dan bisa jadi merapatnya jarak wheelbase ini akan merubah karakter menikung atau karakter kestabilan saat di Straight dari Ducati Desmosedici. Dan tentunya mereka ingin sesuatu yang konstan untuk bisa melakukan riset di bagian lain yang lebih penting semisal setup suspensi. Sebuah hal kecil yang memang sekilas terlalu lebay untuk dipikirkan . . Namun ya itu dia di MotoGP sepersekian detik cukup berarti . . Semoga Info singkat ini bisa bermanfaat # Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

28 COMMENTS

  1. Bukannya itu tetap 1 wak? Cuma kelihatan setengah karena posisinya aja yang d paksakan.. jadinya jatuhnya gak sejajar tapi sedikit miring kenanya bagian luar dan dalam rantai sebelahnya. Hehe…

    Guest
    • Itu sambungan memang 1.tpi dalam istilah perrantian 1itu berarti ada mata rantai luar dan dalam (2lobang). Dlm kasus ducati ini MEMAKSAKAN panjang wheelbase yg nanggung begitu dgn 1 lobang. Jdi ya aneh gtu jdinya

      Guest
  2. itu ga custom kok, memang ada yang model sambungan gitu. cuman ya memang ga umum di dunia otomotif.
    silahkan cek katalog DID, di bab jenis2 sambungan (link)

    Guest
    • Akhirnya ada yang ngeh juga. Ga cuma DID, Regina pun begitu. Hampir semua rantai balap moge ada tipe sambungan ini. Dulu pernah pasang di R6.

      Guest
      • bahkan di bmx sempet ngehits tuh rantainya total model half link semua (dengan beberapa keuntungan dalam shifting katanya).

        saya sendiri sempet mau beli yang tipe 25H buat modifan cam chain gl100 temen yang dimodif blok megapro.

        btw sempet punya R6? kenapa sempet pakai link model gini disitu? apakah rantai bawaannya kayak bebek honda (dan cbr jomblo) yang dari baru setelannya uda kepake 1/2?

        Guest
  3. 1 mata disini itu satu pasang. 1bagian atasset 1 bagian dalam. Setiap rantai ukurannya pasti genap 100, 104,106,108,110,112,120,128 dst.
    Lah karna disini pake setengah mata (1) jadi ganjil. 127 mungkin.

    Guest
  4. Waak…artikel first moto gp 4 tak kok mandeg wak…ada kawasaki,ilmor,proton…msih blom di ulik wak

    Guest
  5. Rantai full link dikombinasikan dengan rantai half link,
    Bisa jadi ada 2 tujuannya, 1. Supaya sumbu roda lebih pendek, atau, 2. Untuk memanjangkan sumbu roda,

    Guest
  6. wak, setengah mata rantai kyk gitu kan dijual umum, saya pernah beli beberapa kali koq…
    di bukalapak juga ada, namanya mata rantai banci/setengah

    Guest
  7. opini
    kayanya itu gk setengah deh, tp sambungan rantai yg di kurangi jumlahnya. bs jadi di potong krn kepanjangan dan itu adalah sambungannya. krn jika setengah mata, rantai yg melewati gir front/rear akan tersendat atau gk presisi. dan itu bahaya saat highspeed atau saat enginebrake krn mata rantai gk sepenuhnya berada di coakan gir dan resiko rantai mencolot/lepas. cmiiw

    Guest
  8. Quote:
    ” mata rantai standar maka, menurut TMCBlog efeknya akan membuat wheelbase Desmosedici akan lebih pendek beberapa milimeter ”

    Bukannya wheelbase jadi tambah panjang sekian mili ya?

    Guest
    • sebenarnya tambah pendek atau tambah panjang tergantung pendekatannya . . Mau ngurangi mata atau nambah mata

      Administrator
  9. Kalo mata rantai ada istilah male dan female…
    Tuh yg abu2 sebutannya apaan yah ?
    Shemale kali….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.