TMCBLOG.com – Jika Kita bicara mesin Honda NC Series, mesin yang bernama NC750 banyak dipakai pada beberapa Motor Honda Seperti Vultus, X-ADV, dan NC750X. Mesin ini berevolusi dari awalnya NC700, 670 cc twin di tahun 2012 menjadi NC750, 745 cc Twin dengan Firing order 270ΒΊ di tahun 2014. Perkembangan regulasi Emisi menyebabkan Honda harus putar Otak mengupdate mesin motor yang banyak digemari karena di salah satu Variannya ada yang dikombinasikan dengan Dual Clutch Transmisssion ( DCT) sehingga bisa menghasilkan perpindahan gear-shift yang seamless menggunakan tombol pilih, memudahkan dan berkesan keren . .

Desain Mesin Unicam Honda NC series di Paten

Untuk menjawab Tantangan regulasi emisi Euro 5 , salah satunya adalah dengan mengupgrade Kubikasi mesin agar bisa memenuhi regulasi tanpa menurunkan performa yang sudah ada. Namun Solusi Honda yang terlihat di paten yang mereka daftarkan di Jepang bukan hanya sekedar menaikkan Dimensi Bore dari piston belaka, mereka melakukan Hal yang boleh dibilang cukup signifikan sampai mengubah Model Valvetrain dari Mesin walau model Transmisi Dual Clutch masih tetap dipertahankan Oleh Honda pada desain Paten terbaru ini.

Jika Mesin NC750 yang digunakan saat ini mesih merupakan mesin dua silinder 745 cc SOHC berpendingin cairan, maka dari bentuk Desain mesin yang didaftarkan patennya mesin Next NC series sepertinya akan merupakan mesin dengan kepala silinder berjenis UNICAM. Jika pada Sistem Camshaft mesin SOHC NC700 dan NC750 sama seperti camshaft motor SOHC mainstream dimana satu cam bertugas mengendalikan gerakan Buka tutup klep baik In maupun EX melalui perantara Rocker arm maka sistem Unicam agak sedikit berbeda.

Unicam

Pada sistem Unicam seperti yang sudah Honda aplikasikan pada Jenis Motor Honda CRF450R lama dan Juga Motor VFR1200F bentuk Kepala silindernya lebih mungil. Sama seperti SOHC, Sistem UNICAM tetap menggunakan Satu camshaft, Namun Lobe pada Camshaft menggerakkan dan mengendalikan langsung gerakan buka tutup Klep intake, sementara untuk klep Exhaust hadir Rocker arm.

Unicam

Guna dari sistem UNICAM ini apa ? Kenapa kira kira Honda ingin mengganti sistem SOHC ke Unicam? Selain membuat kepala silinder jadi lebih ramping, sistem UNICAM dapat membuat sudut antara Klep Intake dan Klep exhaust menjadi kecil. Dan susut kecil antara Dua jenis kelap ini dapat membuat ruang bakar jadi lebih ” RATA” yang biasannya model ini bagus buat mesin dengan rasio kompresi tinggi dan merupakan salah satu cara untuk menambah performa juga konsumsi bahan bakar sekaligus menjamin emisi tetap bagus.

Mesin X-ADV

 

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

24 COMMENTS

  1. Dulu waktu old vixion msih jadi raja sport dan honda tralis masih berupa rumor (dan rumornya klo gk salah pake unicam ini) ada beye militan, entah qwerty, peyek atau jaos gw lupa bilang klo unicam cuma gimmick, sama aja kaya SOHC nya vixion
    Begitu kluar malah pake DOHC, wkwwkk
    Klo diingat2 dulu beye suka ngatain beha kaum kemben karena produk yg laris cuma matic, sekarang mereka bangga jadi kaum kemben karena yg laris cuma maxi skutik sedangkan sportnya nyungsep, wkwkwk
    Maaf wak jadi nostalgia πŸ˜‚

    Guest
      • Rasanya sistem ini pernah dipakai di Suzuki bandit 400, 4 klep per silinder , 2 klep pakai rocker arm dan 2 klep langsung tekan dr cam .

        Guest
    • Mau 2 klep atau 4 klep, intinya salah satu bagian klepny (biasanya di intake valve) gak pake rocker arm alias nonjok langsung bak DOHC, lainnya baru deh pake rocker arm bank SOHC. Intinya ini “hybrid” dari keunggulan DOHC dan SOHC..

      Guest
  2. itulah kenapa saya semakin Takjub sama Honda,,, mereka” ini Membuat Motor berperforma tinggi tpi masih memikirkan Efisiensi dan ramah lingkungan yg luar biasa. Soichiro Honda jg dulu pernah bilang bahwa dia Membenci Motor 2 tak, walau kencang tpi tidak ramah lingkungan dan boros, makanya dulu dia kekeh dan mempelopori sepeda motor mesin 4 tak. Makanya dulu 2 tak Honda berhenti di NSR, hanya Yamaha dan Kawasaki yg masih Tetap mempertahankannya dgn rxking, dan ninja 2 tak, tpi memang sekarnag yamaha dan kawak tidak lgi meluncurkan motor 2 tak.

    semboyan Honda dibilang motor irit tpi masih mementingkan Fungsi dan performa ya memang benar adanya, walaupun Pabrikan lain hampir mendekati keiritan Honda, ya ttp saja yg lebih irit Honda. di semua Line up motor Honda dan Yamaha Contohnya, yamaha selalu menambahkan cc motornya dan tidak pernah sama dengan Honda. krna yamaha tau kelemahan mereka. terbukti sampai sekarang, ketika honda memiliki motor 147cc ( 150) yamaha upgrade motor 150cc nya menjadi 155c+ VVA ( offset 8cc dgn penambahan vva), lalu sekarang di model SH 150 Honda hanya menambah 2cc dri rivalnya menjadi 157cc tnpa penambahan teknologi lgi ( tidak memakai vtech ), ternyata di atas kerta performanya jauh di atas nmax terbaru :v dan masih IRIT kata Hondanya sendiri.. sampe skrng saya jdi penasaran Dapur Honda, bagaimana mereka bisa membaut mesin berperforma tpi masih irit..

    Guest
  3. Unicam lebih bertenaga di banding sohc konvensional,rpm bawah ngisi&atas jg bertenaga (altenative vva nya yamaha)
    Di balap garuk tanah unicam dh gak asing wak..

    Guest
  4. Kalau di CRF nya sendiri bukannya unicam udah ga dipake yah wak? Malah balik ke DOHC karena katanya ada masalah performa yang kurang bagus melawan mesin DOHC

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.