TMCBLOG.com – Test Pra Musim jerez WSBK kemarin ada nyempil Stefan Bradl Ikutan Juga mencoba Honda RC213V yang ditengarai merupakan sebuah persiapan awal Guna persiapan menghadapi Musim MotoGP 2021 . . . Honda terlihat membawa beberapa Part part yang memiliki Banyak perbedaaan dengan Spek Honda RC213V yang secara kasat Mata saja terlihat bedaย  . . Kita Bicarakan satu satu di artikel ini yaa dan Kita mulai dari perubahan bentuk Inlet dari RAM AIRnya. .

Saat Test Jerez yang lalu Bradl terlihat Membawa Honda RC213V dengan Intake RAM Air dengan bentuk yang berbeda dibandingkan dengan yang mereka Pakai di Musim 2020 ini dimana profil dimensinya yang jauh lebih rendah tetapi lebih lebar dan mungkin juga luasan bukaannya lebih besar. RAM Air Intake Honda RC213V Yang ditest Oleh Bradl terlihat jauh lebih tinggi dan lebih sempit. Dari pada keduluan netizen . . Yes Memang lebih seperti asupan udara di Ducati Desmosedici atau Yamaha M1 ๐Ÿ˜€

Beberapa pabrikan memang akhir akhir ini telah beralih ke Bentuk dan dimensi Intake RAM AIR dengan gaya yang lebih tinggi dan lebih sempit seperti ini, KTM memiliki asupan udara dalam gaya ini. Yamaha beralih dari ke yang lebih tinggi dan lebih sempit tahun 2020 ini dan Ducati Pun pinda ke model ini tahun 2019

Perubahan desain asupan udara hampir selalu berkaitan dengan perubahan cara aliran udara mengalir mencapai Box filter udara dan tentunya ke mesin. Aliran udara yang lebih banyak ke mesin biasanya berarti lebih banyak tenaga. Namun, memaksa lebih banyak udara ke dalam mesin dan dengan demikian menciptakan lebih banyak tenaga, dapat mengubah Balance dari hasil dan Delivery Power throttle. Apapun yang dilakukan Honda, ini tidak selalu hanya tentang menemukan lebih banyak tenaga, mungkin lebih tepatnya mencari titik balance baru.

Setelah Mencoba berpindah ke backward Rotating Crankshaft dan Merubah Firing order ke Big bang, Honda RC213V Di 2018 resmi mengubah Jalur udara Intek RAM air dari awalnya mengalir Via Bagian samping Kiri dan kanan fairing menjadi ke arah tengah tujuannya adalah Mungkin mempersingkat Jalur asupan Udara dari Inliet RAM Air ke Box Filter udara dengan tujuan memperbesar Top end Power Salah satunya guna menyamai Top Speed dan akselerasi Ducati . . Namun saat itu Honda boleh dibilang tidak serta merta mengubah Bentuk Dimensi dari Ram airnya. Tetap melebar . .

Nah akan kah kita Lihat di 2021 nanti Honda merubah Inlet dari RAM Airnya ? Ini cukup strategic karena di 2021 nanti Honda seperti Juga Yamaha, Ducati dan Suzuki diharuskan mengguankan mesin baru dengan referensi desain mesin 2020 ini dan Kalau sudah gini, perubahan yang bisa Hodna lakukan Harus berada di sektor lain, sasis, aerodinamika, Suspensi dan setup Elektronik adalah beberapa di antaranya .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

55 COMMENTS

  1. Belum terlihat ngondah ngetes bukaan gas pindah ke handle kiri ya Wak? Buat permutasi agar doi ga pensiun dini krn tangan kanannya blm pulih

    Guest
  2. Ah mukanya jadi sama semua dong
    Mending balik kayak bentuk air intake RV211V dan RC212V gen 1 lebih enak dipandang dan terlihat agresif

    Guest
  3. maaf wak saya kurang setuju kalau itu mirip punya ducati atau yamaha, lebih mirip cbr600 atau cbr1000 yang sedikit dilebarkan.

    Guest
  4. Lah kok jadi begini ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Apa bentuk ram air yg vertikal lebih efektif mengalirkan udara dibanding yg horizontal?

    Guest
  5. Menunggu era desain air ram intake yg lbh advance + tdk merusak pemandangan estetika msh OK punya (entah siapapun pabrikan yg berhasil pertama menemukannya)…. walaupun skrng msh angan2 aja

    Guest
    • Desain yang konon juga kalau di WEC terkenal dengan “Audi Copy” Ini juga aslinya udah diterapin di motogp juga udah lama kok.
      Contohnya desain Suzuki, KTM, Honda sekilas mirip mirip kalau diliat dari samping. Cuma merka masih punya style sendiri yg bikin modelnya rada beda

      Guest
    • Jadi inget jaman sekolah dulu ngejokes soal bentuk* moncong ram air, jaman ducati rossi yg ram airnya kek orang melongo, ram air m1 yg kek orang ketawa, ram air gsv-r yg kek orang mangap ditarik mulut atasnya, jaman rc212v masih ram airnya 2 lobang kek mata ๐Ÿคฃ

      Guest
  6. Mirip bakwan eh, btw bradel super test riderr jadwalnya padat skaleee semusim jdi tes rider tpi sampingannya jdi rider full semusim wwkwkk

    Guest
  7. Menarik sekali, moncong M1 2020 berubah jadi mulut teko konon karena ada permintaan adjustment untuk settingan topspeed dan launch dengan device holeshot.

    Lha ini RCV yang ikutan jadi kayak mulut teko ini maksudnya gimana ya?
    Soalnya kayaknya gak ada yang salah dengan topspeed RCV 2020, karena motor ini masih dirancang sesuai keinginan ace rider.

    Guest
    • penambahan power / karena perubahan posisi part demi menunjang fungsi atau penempatan device baru (holeshot, dll yg posisinya deket headstock & airbox) kyny

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.