TMCBLOG.com – Honda patenkan sistem Motor yang bisa ‘ baca ‘ Pikiran Ridernya. Honda memperlihatkan Algoritma dasar dan sistem elektronik yang mencoba membiarkan sepeda motor masa depan membaca pikiran pengendara sebelum motor itu sendiri memutuskan bagaimana menerapkan teknologi bantuan pengendara. . . salah satu Background dari Sistem ini adalah kata kata Yang pernah dikatakan Oleh Casey Stoner bertahun tahun yang lalu Yakni Ambition outweights Talent atau Ambisi mengalahkan talenta . . . Kemauannya Tinggi, Bisa wheelie . . namun kemampuannya belum sampai ke sana . . nah ini lah yang diinginkan Honda di Sistem yang baru saja File patennya kirim oleh RnD Honda Di Amerika.

Sistemnya sendiri, Menurut dokumen paten, mencakup dua Bagian Yakni Yang pertama ‘ antarmuka (Interface) otak-mesin’ dan yang kedua alat unutk mengendalikan kerja satu atau lebih komponen kendaraan sehingga dapat memberikan bantuan untuk melakukan tugas tertentu.

File Paten menjelaskan bahwa ada semacam elektroda yang dipasang di dalam helm pengendara untuk menangkap informasi gelombang otak. Sinyal data gelombang ini dikirimkan ke komputer yang akan menafsirkan gelombang otak tersebut untuk mengetahui apa yang ingin dilakukan pengendara tersebut. Contoh yang dipilih dalam file paten ini adalah keinginan untuk wheelie. . . jadi Misalnya Jika Komputer dalam Motor mendeteksi Pikiran ridernya bahwa ia tidak memiliki Kemampuan atau kepercayaan diri yang cukup untuk melakukan wheelie, maka Komputer akan mencegah terjadinya Wheelie tersebut demi keselamatan.

Namun begitu dipercaya finalisasi dari Sistem Penterjemah pikiran Via Gelombang Otak yang dipatenkan masih jauh dari kata Siap.Β  Karena walaupun saat ini kita sudah mengenal hadirnya Neuralink elon Musk, namun dipercaya teknologi di sektor ini belum berkembang cukup pesat sampai menghadirkan tingkat Ketelitian yang akurat. masih akan banyak riset riset finalisasi di sektor ini.

Sementara itu Bagian kedua dari sistem Komputer di Project ini Yang mengendalikan parameter kerja Motor bisa jadi sudah berkembang amat sangat pesat saat ini. Throttle elektronik dan res ABS yang dikendalikan komputer, sistem kontrol traksi, akselerometer, dan unit pengukuran inersia yang memantau sudut lean, pitch, dan yaw, semuanya semakin umum. Bahkan dalam file patent beberapa teknologi baru seperti sensor torsi kemudi dan aktuator untuk ‘membantu’ kemudi ketika masukan pengendara salah ikut dimasukanΒ  . . lengkap bener nih.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

35 COMMENTS

  1. Bisa* di masa depan nanti ada teknologi yg bisa bikin motor yg udah ndlosor bangun lagi dengan gaya ‘marquez style’ πŸ˜‚

    Guest
    • Road Sector yg ada radarnya untuk mendeteksi Medan sekitar sudah ada

      Terus motor yg bisa seimbang sendiri dan ngikutin pengguna kayak battle hopper jg udah ada walaupun masih konsep

      Entar ada kendaraan yg bs diajak curhat kayak knight rider,toh AI sekarang jg mulai cerdas cerdas πŸ˜†

      Guest
  2. Teknologi ini belum smart bagi sebagian kaum..
    Mungkinkah ada teknologi otonom yg memungkinkan mengendarai motor sambil tidur nantinya???

    Guest
  3. Teknologi ini bisa diterapkan nantinya bagi emak-emak yg suka belok kiri lampunya sein kanan ataupun sebaliknya 🀣

    Guest
    • Emak emak kan banyak yg dipikirin pas menggendarai, saya malah cemaas kalo komputer ga bisa baca pikiran emak emak

      Error_complicated_404

      Guest
    • Dipikiran pengen belok kiri tapi nyala sein nya belok kanan akhirnya sama komputer dibikin wheelie motornya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  4. Spanyol 2011

    Rossi: *Dateng ke ke pit Stoner setelah crash*. Ngucapin maaf.
    Stoner: Gimana bahumu?
    Rossi: Aku baik baik saja.
    Stoner: Ambisimu melebihi bakatmu !
    Rossi: …….

    Guest
  5. ahh, prototype psychoframe Mobile Suit semakin dekat…
    unit prototype Mobile Suit sudah dibangun…
    saatnya kebangkitan era para Newtype… πŸ˜‚

    Guest
    • ini yang saya pikirin, gara2 sebelumnya baca artikel monkey x gundam.

      Tapi sebelum bikin psychoframe, harusnya konseptual psycho communication nya harus rampung dulu.

      Di cerita gundam kan butuh 13 tahun sampe akhir nya ada psychoframe buat nge’enchance’ newtype dengan gelombang psychommu yg lemah.

      Guest
  6. Cocok disini karena bisa mendeteksi pikiran rider-nya kalau nyicilnya masih lunas, jadi motornya auto kalem kagak mau diajak ngebut, sekaligus bisa mengaktifkan reminder jatuh tempo biar kagak didatangi debt collector.

    Guest
  7. hmm, kayanya teknologi ini hanya untuk penggemar motor aja kedepan.
    untuk orang yang butuh motor sebagai transportasi kayanya lebih milih automated pake AI yang uda nyetir sendiri

    Guest
  8. Wkwkwkwk ..,, ketawa aja ah .
    Biarin dosa .
    Kenapa gak sekalian otak markes aj dicangkok digabung dngn ecu sehingga jadi teknologi AI trus ditanam kesemua Motor honda . Biar jadi motor dewa pujaan fbh sejati .

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.