TMCBLOG.com – FIM, IRTA, MSMA dan Dorna Sports telah mulai bekerja untuk memfokuskan kembali tujuan keberlanjutan jangka panjang dari Kejuaraan Dunia FIM MotoGP di mana Semua pihak sepakat tentang pentingnya mengenai Konsep ramah Lingkungan di dalam Kejuaraan maupun di seluruh dunia pada umumnya, dan merancang jalur untuk membuat semua kelas Kejuaraan Dunia FIM MotoGP bisa lebih ramah lingkungan, dengan fokus khusus pada bahan bakar yang lebih berkelanjutan.

Di salah satu era paling kompetitif yang pernah ada, yang dibangun di atas perubahan peraturan teknis dan olahraga selama bertahun-tahun yang bertujuan untuk menciptakan pertunjukan balap terhebat di Bumi, semua pemangku kepentingan berkomitmen untuk menciptakan Kejuaraan yang lebih hijau tanpa mengorbankan keseruan Olahraganya dan keseruan hiburan yang sangat tinggi dari MotoGP, menargetkan masa depan yang berkelanjutan untuk lingkungan global dan paddock. Konsekuensinya, semua pihak pun sepakat bahwa peluang ini harus digunakan untuk mengajukan solusi global guna menyikapi performa mesin sekelas MotoGP guna terus meningkatkan keselamatan para pebalap.

Informasi lebih lanjut tentang masa depan berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan dari Kejuaraan MotoGP akan diberikan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang seiring pekerjaan Yang terus berlanjut untuk menciptakan visi yang dapat dicapai dari MotoGP yang lebih ramah lingkungan. – Based on Dorna Info

49 COMMENTS

    • Hrsnya gak cuma Motornya yg hrus goGreen. Sirkuitnya juga dong.. tuh GP Qatar di ubah jd siang hari aja.. klo balap malam boros listrik buat bikin sirkuit jd kyk siang hahahaha…

      Guest
      • di Qatar balapan dibuat malam krn siang hari suhu di Qatar sangat tinggi kawan suhu siang di lintasan bisa diatas 50 drajat, makanya dibuat malam hari untuk menghindari balapan dengan suhu sangat panas. suhunya sudah panas + balapannya panas ya makin ga ramah lingkungan.

        Guest
      • Kalau siang rawan badai pasir jarak pandang terbatas
        Michelin harus riset karet ban lagi yg bisa durable dgn suhu aspal Qatar di siang hari

        Bahan bakar motor balap juga lebih boros karena terik udara jadi kurang kaya akan oksigen injektor harus lebih kerja keras untuk menyemprotkan bbm

        Guest
  1. mudah2an yg ramah lingkungan itu bukan motor balapnya,, tapi sistem2 pendukung gelaran MotoGP nya,

    Guest
    • yang paling deket mungkin penyeragaman bahan bakar dulu yang jenis bio fuel, kelanjutan dari ecu dan ban seragam, satu vendor gitu deh pokoknya ?

      selanjutnya (setelah f1 dulu) mesin generasi baru, 2tak hybrid + force induction + ERS ?

      Guest
  2. ==============================
    Kira2 kapan ya motoGP pake motor Listrik.
    Biar bisa liat balapan motor bertorsi 300-an nM.
    nyolot-nyolot pastinya.
    wkwkwkwwk
    ==============================

    Guest
  3. Padahal minyak nabati atau etanol juga tidak ramah lingkungan banget, butuh pestisida, pupuk, pengairan, hutan dialih fungsikan untuk tanaman produksi

    Guest
    • Di China pertanian udah banyak yg full organik, di kita aja yg masih rajin impor pupuk dari Rusia dan Jerman/Holland.

      Guest
  4. Wuah, kalo gitu motoE aja langsung naik kelas jadi motogp, Auto ijo.
    Tapi ya, mimpi buruk buat pecinta mesin bensin.

    Guest
  5. mantap, jadi EV semua kah?
    motogp ev. tapi proto yang bebas merk. keren ini.

    kalo motoe kan 1 merk.

    Guest
  6. Real Go green, pakai tenaga surya. Tiap motor bikin panel sebesar lapangan tenis meja, bayangkan gimana nikungnya ?

    Guest
  7. imho, tidak ada yg sepenuhnya ramah lingkungan, klo masih pake bahan bakar dari minyak bumi maupun bioetanol, jika proses mendapatkan bahan bakunya masih dengan ekploitasi, ditambang dan merusak lingkungan sekitar.
    termasuk juga kendaraan listrik MOTO-E, sama saja, bahan utama baterai adalah kobalt dan nikel, dimana setelah ditambang dan eksploitasi lahan masih akan ada proses yang panjaang untuk dijadikan sebuah baterai. btw indonesia salah satu yg punya cadangan nikel terbesar di dunia, makanya perusahaan dunia yg berhubungan dgn baterai, mau investasi di indonesia.

    mungkin lebih tepatnya kampanye ini disebut “mengurangi emisi/polusi”, bukan “ramah lingkungan”, karena ada sisi tidak ramah lingkungan dibelakangnya. atau motogp bisa ikutin seperti standar emisi euro 6, namun motoGP buat euro 10 atau apalah sebutannya. tapi klo ikutin standar euro, biasanya susah dapat oktan tinggi, makin mahal lagi buat riset mesin..

    akhir kata, mungkin dorna puyeng, mau ramah lingkungan tapi juga mau pertahankan suara lengkingan knalpot motogp, hhee..

    Guest
    • seluruh bahan2 tersebut akan ada alternatifnya tapi perlahan.

      kalo sekarang semua langsung di convert jadi EV tentu masi membebani minyak, nickel, cobalt, bahkan pasir.

      yang paling cocok kata thanos. saat ini juga separuh dari seluruh manusia di hilangkan.

      Guest
    • @octofly
      kalau “misal” ternyata maksudnya itu semua sirkuit harus pakai solar panel, apakah namanya tetap harus mengurangi emisi? yang disebut lebih ramah lingkungan kan lingkup motoGP, apapun itu yang ada di dalamnya ya ga cuman motornya doank. think in a bigger perspective

      Guest
      • @martin
        coba baca akhir paragraf 1, “….dengan fokus khusus pada bahan bakar yang lebih berkelanjutan”. see? di khususkan di bahan bakar. mgkin itu maxud @octofly.
        ente ngomongin solar panel, yg tetep aja nyimpen dayanya balik lagi ke baterai yg bersumber bahan tambang cobalt/nickel, which is more environmental exploitation (sok pake bahasa linggis biar keren), xixi..

        klo mau go green ya udahlah di motoE aja. ane sih suka motogp ya seperti skr ini, suara keras, hingar bingar, seru.

        just my opinion, no julid… ?

        Guest
  8. makanya itu minyak yg dipake diganti jadi minyak sawit aja,dijamin semua pabrikan jadi seru lagi karena riset dari awal

    Guest
    • Sebenernya beberapa produsen oli sintetis jg udah pake minyak sawit buat bahan utama oli mereka kok.

      Guest
  9. motor di motogp sekarang udah pada pakai sayap, jadi tinggal bahan bakarnya di dengan aftur, udah itu terbang dah???

    Guest
  10. namanya aja motoGP, balapan “prototipe” yang pastinya merujuk ke masa depan.
    klo mau yang gitu² doank mah nonton wsbk aja bro.
    lagian ramah lingkungan bukan berarti harus pake batere doank, luas itu cakupannya.
    misal: tangki bbm jadi 15liter, jumlah lap sama. jangan bilang ga mungkin ya, karena kita ga punya kapabilitas melewati ilmuwan yang ikut motoGP

    Guest
  11. Mungkin polanya bakal sama kayak di F1, pengurangan konsumsi bensin, pengurangan jumlah silinder/kapasitasnya, tapi dikasih doping tambahan kayak hybrid/turbo. Kan alur penerapan teknologinya R4 duluan baru turun ke R2.

    Guest
  12. kalau misalkan ganti electrik, terus sponsor2 seperti petronas, aramco , yg berbau bahan bakar fosil gimana y?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.