TMCBLOG.com – Di gelaran GrandPrix Catalunya 2021, Putaran 3 Piala Dunia FIM Enel Moto juga bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2021, kejuaraan ini pun juga memanfaatkan momen ini untuk menampilkan berbagai solusi energi hijau yang terbarukan, teknologi inovatif, dan material berkelanjutan yang membuat bagaimana MotoE etrus dimaksimalkan Jadi Role Model Zero Carbon Sesungguhnya !

Banyak orang yang bilang Perpindahan Kendaraan dari sistem ICE Ke EV hanyalah ‘ memindahkan jejak Karbon ‘ dari awalnya di jalanan menjadi ke Pusat pusat pembangkit tenaga Listrik. Opini ini tidak salah juga Karena secara Fakta sampai saat ini soal solusi Pembangkit tenaga listrik Juga banyak yang memikirkan Short cut terdekat dan ter-instant . . menggunakan Generator Mesin bakar / ICE yang butuh BBM Fosil untuk menghasilkan listrik . . Namun MotoE tidak 100% begitu lagi di Catalunya

Mesin Energica Ego Corsa yang dilombakan di MotoE memang menghasilkan emisi nol dan sepeda motor juga diisi daya secara berkelanjutan. JuiceRoll Race Edition dari Enel X, Mitra Pengisian Cerdas Resmi FIM Enel Moto World Cup, adalah infrastruktur pengisian daya baru yang telah dirancang dan dikembangkan secara khusus untuk MotoE yang terhubung dengan enam puluh panel surya bifacial 3Sun (dengan luas 120mĀ²), yang dipasang di area pengisian daya. Panel surya ini dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menyalakan sebanyak enam kendaraan balap Listrik Energica Ego Corsa sepanjang akhir pekan dan bahkan dalam cuaca buruk bisa memasok untuk minimal Energica Ego Corsa.

MotoE di Catalunya Juga membawa Ban Michelin baru yang searah dengan Jalur pengembangan yang menggunakan Material sumber daya Material berkelanjutan ( Sustainability materials). Mihelin menyatakan bahwa Ban depan MotoE yang mereka bawa ke Catalunya terdiri dari 33% sumber daya berkelanjutan sementara untuk ban belakang besarnya 40%.

Sumber daya berkelanjutan dan bersifat daur ulang yang digunakan Oleh Michelin adalah bahan-bahan seperti kulit lemon dan jeruk, resin pinus, minyak bunga matahari, ban mobil dan truk usang, dan baja bekas. wiiihh

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

18 COMMENTS

  1. Seeep! Daripada mengubah MotoGP jd ramah emisi dan lingkungan, padahal jelas-jelas sdh berjln Moto-E

    Guest
  2. penasaran kl latih tanding sama Mugen Shinden Roku lebih cepat manašŸ¤”
    eh tapi secara spek Apple to Apple g y?

    Guest
  3. Berarti untuk mendukung zero carbon, ke depan nya penjualan motor listrik harus di bundling dg solar panel. Jadi pembeli ikut berpartisipasi mengurangi penggunaan listrik konvensional.

    Guest
  4. Masalahnya kendaraan listrik itu sekali lagi adalah musuh pabrikan yg selama ini memonopoli penjualan kendaraan….
    Pabrikan gede japan tahu… kendaraan listrik itu jauuuhhh lebih effisien drpd ICE baik dr segi fabrikasinya.
    Krn itu mereka gak mau kendaraan listrik maju pesat utk skrg ini, pasti ada saja alasan yg dibuat2 utk memposisikan seolah EV itu ribet… mahal… gak praktis… etc…

    Guest
  5. Sebenernya agak sangsi seh sama yang namanya EV.
    1. Masih banyak negara yg produksi listriknya masih pake fosil.
    2. ini yg masih jadi pertanyaan saya selama ini, itu battery bekas’nya mo dikemanain? kan Toxic banget. orang sekedar battery A3 aja masih banyak yg blm concern buat recycle.
    Kok kaya percuma jadinya cuman kayak mindah polusi aja.

    Guest
  6. MAG (Motorcycle Action Group) melakukan survey terhadap pemotor Britain/UK mengenai rencana pemerintah Inggris yg ingin mengakhiri semua penjualan motor/mobil berbahan bakar bensin/solar menjelang tahun 2030,
    Pertanyaan pertama mengenai potensi penetapan larangan penjualan sepeda motor bensin baru dan hasilnya :
    – 8% responden setuju akan keputusan itu
    – 36% kalau bisa ingin menunda keputusan itu
    – 56% menolak secara bulat keputusan itu
    Pertanyaan kedua mengenai motor listrik dan peralihannya dr motor bensin
    – 31% responden lebih memilih gantung helm saja (berhenti bermotor)
    – 56% berusaha untuk bertahan menggunakan sepeda motor bensin selama mungkin
    – 13% ingin beralih ke motor listrik sebelum terlambat.

    Di lain kesempatan, 83% responden ingin MAG bekerjasama dgn grup lain untuk menolak rencana pelarangan kendaraan bensin/solar.

    Guest
  7. balapan dengan kendaraan bertenaga listrik adalah balapan yg paling membosankan. ga ninggalin jejak karbon atau sampah lainnya mah omong kosong. lagian klo hanya untuk balapan ga perlu bawa agenda ramah lingkungan

    Guest
  8. Dalam penerapan sehari2 juga kendaraan listrik gak praktis, apalagi buat jalan jauh. Kalo mesin bakar tinggal isi bensin, gas lagi, gak perlu nunggu dicas dulu.
    Btw, hp kalo digunakan buat performa tinggi kayak main game kan cepet panas tuh, gimana kalo di motor ya? Dialirin udara atau ada sistem radiatornya sendiri? Pasti panas banget tuh kalo habis dipake buat ngebut.

    Guest
  9. Maaf jadi kepo nih wak. Kalau balap moto e, variabel yg mempengaruhi performa apa ya? Secara spek motor semua sama kan?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.