TMCBLOG.com – Fabio Quartararo di Lap 22 terlihat membuka retseleting werpaknya dengan tujuan membuang / melepas Chest Protector yang ia kenakan, dan setelah itu di tiga Lap terakhir ia membalap dengan kondisi retseleting depan werpak terbuka. Dan pada akhirnnya Fabio Quartararo finish di posisi 4 Karena laptimenya harus di potong 3 detik karena memotong Trek di T1 dan T2. Hal ini menimbulkan berbagai pendapat di mana Dalam 3 lap terakhir ini Fabio Quaratarro terlepas dari apapun penyebabnya, artinya Fabio membalap dengan kondisi sangat rentan dan membahayakan diri sendiri jika misalkan ia (amit amit) crash dan terjatuh dalam kondisi retseleting depan werpak tersebut terbuka.
Whether or not it was @FabioQ20 taking his zipper down on purpose, I believe that should have been a black flag. At this level you can’t be allowed to race at 350km + with your leathers open.
— Casey Stoner AM (@Official_CS27) June 6, 2021
Casey Stoner sendiri sempat merilis Twit pendapatnya mengenai Hal ini : ” Apakah @FabioQ20 sengaja melepas ritsletingnya atau tidak, saya percaya itu seharusnya Black Flag. Pada level ini Anda tidak dapat diizinkan untuk balapan di 350km + dengan Werpak Anda terbuka ” Untuk Sobat Ketahui Bila Black Flag dikenakan ke Fabio, maka ia akan mengakhiri Sesi Balap ini dalam kondisi Diskualifikasi dan Tidak membawa pulang Point Sama sekali.
Rule MotoGP juga pada pasal 2.5..5.2 disebutkan bahwa Semua peralatan Berkendara termasuk Werpak ( 1 Piece leather suit ) Harus dikenakan dan ditutup dengan benar Selama aktifitas Balap berlangsung
Twit Dari Stoner ini dibawa ke Sesi Post race Press Converence dimana Baik Miguel Oliveira dan Johann Zarco Ditanya pendapatnya mengenai Potensi Black Flag Buat Fabio Quartararo. Johann Zarco : ” Dan mengenai Fabio, Black Flag menurut saya bukan Karena membahayakan Kami, namun lebih ke membahayakan dirinya sendiri. Kita tidak bisa membalap dengan Keadaan Werpak terbuka.
Paling tidak dengan mengeluarkan protector kemudian menutup (retseleting) werpak kembali. Jika keadaan Werpak terbuka, ini akan sangat berbahaya. Black Flag Untuk keselamatannya sendiri adalah sesuatu yang bisa diterima “
Miguel Oliviera : ” Saya setuju dengan Opini Johann, pada akhirnnya kita harus menunggu Race Direction untuk menentukan keputusan hal seperti ini. Adalah benar ini merupakan hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya di masa lalu. kami pernah melihat Part Motor lepas dari Motor seperti yang terjadi pada Jack contohnya.
Ketika menyangkut keselamatan pembalap adalah tinggal keputusan race Direction untuk memutuskan untuk keselamatannya sendiri. Dengan alasan tersebut, saya setuju, jika sudah jelas di TV bahwa ia tidak bisa menutup werpaknya, menruut saya untuk keselamatannya sendiri ia harus kena Black Flag “
jack Miller Juga ungkapkan jawaban serupa namun recording kami agak bermasalah saat ia bicara. Namun begitu Jangan sampai ada preseden buruk Terjadi di mana seseorang dianggap terlalu bernafsu mengejar Champonship sampai berani Mempertaruhkan keselamatan dan Membahayakan dirinya sendiri terjadi di arena balap dengan Level Paling Tinggi se Motorsport Roda dua ini.
Taufik of BuitenZorg | @tmcblog
Awas paru2 basah!
Di baca jelas2 artikel nya dgn pikiran jernih, balapan ada aturan nya, bukan balapan congor asal mangap aja
Isunya airbag mengembang
Ada ular kadut ?
Selain out of topic, ni orang suka bgt nyalahin fans base orang lain..
Orang bikin rusuh gini kok ga ke jaring sih wak/om nug? Padahal enak baca komentar diatas pada bahas* rules yg banyak pembaca belum tau, eh keselip komentar sampah macem rxz ini..
Berarti masih pakai slogan saat disebelah “nyalakan nyali”
Kok situ oon bgt sih id Kunk ini,yg ingin fq20 diblack flag itu pembalap motogp yg lain dan emg ada peraturannya,elu bahkan sama beribu ribu netijen ingin pembalap motogp dihukum ini itu jg ga akan diturutin sm dorna ataupun FIM da elu bkn siapa2..hadeuh
Setuju.. Gak kebayang ngerinya FQ crash lowside dengan wearpack terbuka kayak gitu
Jadi sebenarnya apa yg terjadi?
Rumit ya
Ikut penasaran
Awas ada yg g trima
Lah memang seharusnya black flag kok !
Besok saya yakin akan diputuskan sanksi black flag
Terus jadinya gimana Wak, apa putusannya diskualifikasi keluar?
Sebenarnya salut sih sama perjuangan Taro. Tapi kalo menyangkut urusan keselamatan, race direction seharusnya bertindak cepat membuat keputusan. Sebab kejadian Taro ini emang benar² bahaya bnget, pa lagi dia juga sedang duel sama Miller dan resiko untuk crashnya lebih besar
Jorok amat box yamaha sampe ada serangga ?
Boleh… tapi yo melipir dulu… kayaknya biasa angkat telpon sambil motor jalan nih.
iya sih kalo ada nyamuk jdalam helm juga lepas aja helm nya hahaha
Mentang2 helm merk scorpion,segala werpak dimasukin kalajengking israel juga
Besok besok yg pake helm shark,werpaknya dimasukin hiu
Kalau tidak kena sanksi..bisa² kedepan nya ada pembalap lepas sepatu waktu race.
quartaro prlu diruwat kayaknya..
kl aturan harus blackflag ya hrs d blackflag, dn konsisten.. jgn smpai aturan bilang a tp implementasi b, contohnya saat enjin mati wktu mau start, dn pembalap memutar motor melawan arah balapan..
maksudnya saat insiden start race di Termas de Rio Hondo 2018 (cmiiw) ???
lha bukannya itu si Marc saat itu udah kena hukuman yakni masuk pit sehingga kehilangan banyak waktu, hampir separuh lap ??
yg uniknya dia masih bisa ngejar rider yg finish diluar top 5 dan nyenggol kakek legend karena saking pelannya (karena lebih lambat nyaris 1.4 second per lap)
hukuman ride through itu gk prlu krna seharusnya dia udh di blackflag dari awal
koq situ tau hukuman nya sdh pasti black flag ??
situ yg bikin aturan ??
aturan jelasnya aja baru direvisi dimusim 2019, karena rulebook sebelumnya cenderung msh membingungkan (mengenai engine stalling sebelum start race)
melawan arah sirkuit itu kyaknya dari dulu sdh jelas blackflag, ada tuh di artikel wak haji ?
pasal 1.21.11 menyebutkan must not “ride” in the opposite direction
ya bila dia “berkendara” melawan arah
lha si Marc kan nuntun/dorong motornya melawan arah
gimana sih
hukuman yg telat, harusnya sdh di awal blackflag..
ini jg quartaro bukannya jg dh dipinalti 3 detik..
ya mmang seharusnya blackflag, tp preseden itu sdh prnh trjadi..
ekeke, ya sdh black flag sj, tp yg konsisten, jgn b3go ?
marquez jg bebas dr hukuman, aturan bila ada motor bermasalah sudah jelas bahkan sblum revisi, bunyinya adl: Any rider who stalls his engine on the grid or who has other difficulties must remain on the motorcycle and raise an arm. It is not permitted to attempt to delay the start by any other means…
bunyi setelah revisi adl: The rider must remain on the motorcycle and raise an arm. Attempting to restart the motorcycle on the grid is not permitted. Under the supervision or assistance of a marshal the rider will exit the grid to the pit lane dst…
jd ride through itu pinalti krn re-starting engine di grid start, pinalti 30dtik krn ir-responsible riding menyebabkan crash, dn putar arah motor gk dpt pinalti ?
karena dia kagak secara harfiah “berkendara” melawan arah
ngerti kan ?
dan saat itu terjadi banyak kebingungan, sehingga aturan di rulebooknya direvisi di 2019
well, setuju sih,, tindakan yg dilakukan Quartararo tadi bener2 berbahaya, meskipun banyak yg salut sama mental tarung nya,,
tinggal menunggu keputusan race direction aja deh,
dan apa iya bener gara2 air bag nya aktif ?
Difoto sih pundak dan lengan atasnya gak terlihat menggembung kok
Kata Zarco: “Taro harusnya kena Black Flag”
Dalam hati, lumayan kan selisih point gw (Zarco) dgn Taro di championship makin tipis.
Knp Miller gak di tanya yaa? penasaran dgn jawaban Miller.
Knp? krn Miller juga pernah melakukan hal yg mirip2, yaitu ngebuang jok motornya di tengah2 race.. apakah berbahaya? bahaya juga dong,, krn di belakngnya ada rider lain.
Trus Miller org nya paling positif terhadap sesama rider, jd pengen tau dia akan ngomong apa ttg Taro dgn wearpacknya.
Coba d lihat aturanya?
Miller menjawab dengan jawaban senada tapi recording saya nggak begitu jelas saat ia ngomong, Mungkin harus lihat jawabannnya di Youtube motogp
nunggu tanggapan dari alpinestar & fq
padahal banyak lho fans yg comment ‘salut perjuangannya fq’, hadeuh
Perjuangan macam apa itu balap buka resleting ?
Banyak fans jg gatau mandatory rules motogp kan btw, digiring admin ig mau aja
Perjuangan ituh macam dovi yang dorong motor sampe garis finish
Entar ada yg gara2 tear off habis terus ada pembalap yang nyopot dan buang visornya ditengah race,,juga ada yang kasih salut lagi
Wkwkwk
Itu lepas atau dibuang sih,..? Gak liat pas kejadian.
dilepas lalu dibuang
Udah Ada info g wak, ngapain dibuang.?
Sumuk kah, kringet buntet kah, atau sperti yg dibilang sondwev, ada kalajengking.. ??
Kalau peraturannya peranti keselamatan pembalap harus terpasang semua harusnya kena sangsi fq
Terlepas dari apapun, FQ memang layak di black flag atas aksinya.
Meskipun begitu, harus diakui performa dia luar biasa, tahun ini bisa jadi buat Yamaha. Salut.
Harusnya dia bisa legowo kalaupun gak dapet poin di race ini, dan bisa berbangga diri atas performa dia yang gemilang sepanjang race di musim ini. Kalau dr kacamata gw ngeliatnya, FQ bisa juara musim ini kalau dia tetap konsisten.
Duo Frenchman lagi kerasukan apa ya musim ini? JZ juga gemilang dengan Ducati..
KTM bener2 kuda hitam banget.
Honda? Apes banget dah. Gw ga yakin MM bisa balik ke performa dia dulu, walaupun masih berharap mudah-mudahan MM bisa kompetitif kembali.
Intinya musim ini motogp seru banget!
Dilepas sendiri om dibuang protektor yg hitam didalem werpak
Nunggu komentar lin Jarvis?! Biasanya paling cepet kalo soal aturan black flag…uhuuiii
Kaya Philips island 2013, markes telat ganti motor jarvis langsung gercep komplen RD ?
nah inget betul saya… tahun lalu ganti klep yg dipotong poin konstruktor bkn pembalapnya wes angellll
Saya rasa fabio punya alasan itu terjadi karena apa? Trus ini belum pernah terjadi sebelumnya,tentunya race direction jg belum bisa ambil sikap lebih dari mundur satu posisi kan. Klo soal keelngkapan..nah dalam race bisa saja pembalap motornya habis jatuh tanpa winglet ,winglet lepas sebelah dan lainnya. Harusnya bukan black flag. Red flag dlu. Hehe
apapun alasannya membalap tanpa kelengkapan itu tidak dibenarkan. ga perlu cari pembenaran karena yg butuh selamat yg bersangkutan karena dia berada dalam posisi tidak aman. fabio dalam hal ini juga gede egonya karena ga mikirin keselamatan dirinya sendiri, persis bgt sama vinales tahun kemaren dengan rem nya.
Nah aturan juga belum tegas, jM gak ditanya. Dlu kan dia sempat buang part motor sadel saat race. Knapa juga tidak nyalahin race direction kan. Klo masih abu abu ya. Hukuman yang sdh jalan ya itu saja dulu harusnya. Next buat aturan lebih detail.cmiiw
Jack Milelr ditanya dan jawabannya senada, saya nggak post karena recordingnya nggak jelas full pas dia ngomong
aturan belum jelas dari mana sih? ini topiknya yg diangkat soal safety buat dirinya sendiri, klo sampean mau balapan perangkat safety itu harus terpakai lengkap dan ga boleh dicopot khususnya yg nempel dibadan. dengan membuang pelindung dada dan membuka wearpacknya fabio dalam posisi ga punya pengaman buat dirinya sendiri. susah amat sih kalian ngerti hal dasar kaya gini?
Lagian logat Miller memang sulit dipahami orang awam, harus berkali2 didengerin sampe diperlambat baru paham. Kecuali orang yg biasa bercengkrama ama orang ostrali.
Apalagi ada alasan airbag mengembang,bukannya ini yg bisa membahayakan rider juga ya. Nah klo race direction tegas ya red flag. Cukup posisi itu hasil akhir race. Hehe
Pokoknya klo black flag setelah race berakhir akan lucu. Kecuali ada pihak yg inginkan fabio dan yamaha gak dapat poin. Xixixi
Preseden buruk= artinya atau bahasa awamnya di kemudian hari nanti bs jd akan dijadikan patokan atau contoh kasus untuk di ungkit2 lagi.dan minta disamakan status dan hasilny Pdhl sdh jls aturanya.
Disinilah ketegasan dibutuhkan RD.mau itu sengaja atau tdk sengaja faktanya rider dlm keadaan sadar melakukan kesalahan.
Pinaltynya ride through dr pitlane toh
sblum pinalti harusnya dia sdh start dr pit lane, apalagi memutar motor melawan arah balapan, itu harusnya sdh blackflag, plus melawan petugas/steward yg sdh mmintanya untuk k pit lane…
maksudnya saat insiden start race di Termas de Rio Hondo 2018 (cmiiw) ???
lha bukannya itu si Marc saat itu udah kena hukuman yakni masuk pit sehingga kehilangan banyak waktu, hampir separuh lap ??
tapi uniknya dia masih bisa ngejar rider yg finish diluar top 5 dan nyenggol kakek legend karena saking pelannya (karena lebih lambat nyaris 1.4 second per lap).
hukuman ride through itu harusnya gk trjadi krn harusnya dia sdh di blackflag dr awal..
Pasal brp?? Pas race boleh buka wearpack..??
ada di artikel
Maaf wak, ane reply sonweb, nah pas post to comment katanya to early post.
Pas klik post jadinya nongol dimari.. bukan di reply sonweb
Tergantung race director apakah neutral atau titik-titik.
Klo neutral pasti kena black flag, macam urusan tekanan ban kurang.
Yes. Kalo netral kudu black flag.
Tetep semangat buat taro..
Lebih terhormat Hilang point karena mbuka resleting dan diskualifikasi ….di banding nol point karena dnf….
Rebahan ?
Kayaknya prinsipnya kebolak mas
Rumit kaya sales
Uhuiii akhirnya pada keluar semua kalo rider yamaha kena masalah, beberapa minggu yg lalu pada ngumpet hehe. Udah black flag aja si taro biar ga dapet point, karena membahayakan dirinya sendiri. Lagian kasian jg kan tim anu yg udah sering crash ga dapet point eh
Jadi pembelajaran buat next race si taro
Udah brp taon f8y ngumpet om??
Taon kemarin dah hampir muncul eh tiba2 suzuki jurdunya..
Wkakkakakak
Ngemeng ape sih congratih..
Kalo ini gak black flag waduhh patut dipertanyakan sih keputusan race director.
Masalah yamama tahun lalu yang mana poin pembalapnya gak dikurangin itu udah jadi kontroversial, apalagi ini jelas jelas tertulis aturannya.
Untung aja si taro orang prancis, coba orang spanyol.
Beuhhhh banyak yang kebakaran jenggot ??
mungkin si taro kepanasan jd perlu angin seger wkwkwk
ekekeke, 8h pada ilang ingatan…
Kalo busa bantalan motor yang dibuang Miller itu gak masuk hitungan yah
Nah ini juga masih abu abu kok malah nyalahin fabio yg wearpack ngembang yg bisa bikin sesak pembalap. Semua peralatan sudah terpasang namun terjadi diluar kendali saat race jadi itu race accidentlah.
Mau ngembang, mau copot kek, klo namanya regulasi dilanggar itu tetap ga sah, masak mau menang dgn cara curang sih, klo menang boleh dgn cara curang dan tdk ada sanksi ya motornya pakein turbo aja biar menangan. Alex Rins yg kabel kameranya ngglawir aja kena Black Flag kok saat balapan di Le Mans 2020. coba aja cek di Youtube.
Tinggal dengarkan apa ada alasan fabio lakukan itu. Klo normal gak mungkin pembalap bkin susah diri lah buka baju?. Begitu juga JM lempar sadel motor dan jg balapan dgn 1 winglet karena lepas habis benturan.
Jgn bikin malu Yamaha, 2020 Yamaha sudah Katup Gate, masak sekarang regulasi dilanggar ga ada sanksi. Marq ndlosor mulu aja ga protes. masa FQ di Black Flag krn melanggar Y protes.
Fanatik amat mas, udah dapet apa dari yang di bela?
Pas race boleh buka wearpack sama lepas helm,tp mlipir box lalu duduk santai nyedot kaleng lihat balapan.
Tp yg jd masalah ga masuk box.hehe
Nunggu info terkini deh….
Yang jadi pertanyaan sanksi dr rule tentang safety equipment ini apa y? Klo aturan safety equipment jelas mesti dipakai dengan benar dan komplit selama nge-track, klo sanksinya gak diatur jelas tinggal kebijaksanaan RD jd preseden kagak ntarnya, klo udah pasti tertulis blackflag di buku kuning yo musti blackflag, gak ada alesan lagi babibu dan harus legowo, niat jadi pembalap MotoGP yo musti paham ngerti sama aturannya motogp karena udah bagian dari job nya dia #nolpointzonk
Kalo black flag… Mir podium dong.. Angin udah mulai berubah arah nih… Cihuy.. Seru..
Ya tetep jm…
bendera hitam di kibarkan untuk mendiskualifikasi pembalap yg melakukan pelanggaran berat saat balapan sedang berlangsung, lha ini balapannya aja dah selesai dan pembalap yg bersangkutan udah di jatuhi hukuman, lantas mau black flag???
mau menyetop siapa???
???
Itu penalty 3 detik untuk kasus motong jalur masnya
pembalap yang sradak sruduk lalu jatuh dan menyeret pembalap lain juga seharusnya dihukum.. siapakah dia ? pemburu batu akik !
di akhir balap fabio tampak kesal, apakah dia bodoh buak resleting sendiri dengan resika tidak bisa resleting kembali ? ada kemungkinan resleting terbuka sendiri, karena kena angin akhirnya membuat protector di dalamnya bergeser, karena membuat tidak nyaman makanya dia buang !
Betul itu bisa saja karena terpaan angin atau saat kejadian keluar trek. Jadi racing accidentlohhh
Karna mereka fanatik mas
Andai td FQ dlosor pas kebuka wearpacknya pasti beda cerita
mungkin karena…
1. karena ini belum pernah terjadi sebelumnya, aturan & hukuman di rulebooknya (untuk mslh ini) mungkin bisa dibilang jg msh ambigu.
2. karena terjadi di kelas motogp dan dilakukan oleh top rider pemuncak klasemen. Klo pelakunya tito rabat misalnya, imo….pasti lebih gercep.
3. karena belum ada petinggi suatu tim ataupun rider aktif lain yg protes dan mendesak untuk menghukum (apalagi bila yg protes adalah petinggi / rider “berpengaruh” yg opininya “wajib” didengar)
Wak barusan rame masalah ban belakang kiri Pirelli yang mbleduk
Sekilas Q denger katanya mo ada investigasi
Saya setuju FQ harusnya didiskualifikasi, tapi mengenai hukuman 3 detik itu konyol.
Saat kejadian ada alasan (membetulkan posisi zipper—walau gagal). Bukan hal yg dilakukan tanpa sebab.
Lalu, tidak mendapatkan keuntungan posisi. Mirip seperti kasus menghindari crash atau semacamnya.
Dmna cak bacanya..???
tetap kena black flag, tp wearpack harus di investigasi jg knp bisa sampai Quartararo nekat buka zipper wearpacknya. Jd memang salah keduanya, pembalap maupun wearpack yg tbtb mengembang
asal jangan sampe lepas helm yaa, boleh lah diadu nyalinya ama pebalap iomtt :v
Sabar pakde,senengane debat wae… Wkwkkk.. lagi di investigasi dulu kali sm RD nya.
Harus kena sanksi itu wajib hukumnya
Itulah kenapa dia berenti dari motobiji, saat itu Dorna sangan subjektif dan terlalu memanjakan Rossi. Stoner yg saklek ga Terima hal itu
Beuh komen gw dihapus, padahal biasanya pagi gini suka balik ke artikela hari sebelumnya buat bacain replynya
Setuju sama Stoner dan rider MotoGP lain seharusnya ada black flag demi keamanan. Seharusnya juga Taro maren walau ga ada black flag masuk ke pit demi keamanan dirinya sendiri. Keamanan utama jurdun no. 2 lah kalo rejeki ga kemana.
Seharusnya juga ga usah lah pake penonton karna Corona juga masih semakin tinggi kasusnya bahkan varian kesekian. Rame banget maren di Catalan penontonnya. Dan berdekatan semua.
Yg komen lucu bin gblok.. apa hubungannya maksa Quartararo black flag sama mbeha dan mbeye???
Disini Kritikanya Personal, bukan antara dia pro honda/yamaha.. gua sbagai panitia jg bakal diskualifikasi itu pembalap klo ga lengkap, klo terjadi apa” apakah panitia mau tanggung jawab atas kecelakaan jika terjadi?? Kasus simoncelli yg full protection aja Rumit dan bingung siapa yg salah dan hrus bertanggung jawab.. lah ini udh jelas yg salah si rider, masa harus tnggung jawab panitia krna kesalahan yg jelas?? Ya blackflag lah.. mutlak. Sama halnya Lu Naik Motor ga pake Helm, ya d tilang Polisi
tukang parkir naik motor diparkiran gak ditilang
jgn bawa1 F1 pada ga ngerti nanti
honda di f1 ga ada yg bully karena harus punya merc dulu hahahaha