TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui bahwa Pembalap Grand Prix di ketiga Kelas ( MotoGP, Moto2 dan Moto3 ) Yang bisa langsung masuk Ke Kualifikasi Ke 2 ( Q2 ) Tanpa harus melalui Q1 adalah beberapa Pembalap terbaik/ tercepat di akumulasi/ Kombinasi Sesi Latihan Bebas 1 sampai latihan bebas 3 ( FP1 sampai FP3). Contohnya Di kelas MotoGP adalah 10 Besar tercepat di akumulasi sesi FP1 sampai Sesi FP3. Mulai Seri Sachsenring Jerman 2021 hadir sedikit Update mengenai proses penentuannya sob . .

Sampai MotoGP Seri Catalunya 2021 kemarin Pembalap pembalap Yang masuk Q2 untuk ketiga Kelas Langsung ditentukan persis setelah Sesi FP3 berakhir. Namun Karena selama ini banyak Kejadian pelanggaran pelanggaran seperti Track Limit, terkadang sulit untuk menyelesaikan keputusan untuk Para Qualifier tersebut Persis setelah FP3 selesai dihelat karena Proses penentuan pelanggaran seperti Track LImit butuh waktu untuk ditemukan dan diukur oleh Race Direction / MotoGP Stewards.

Hal ini dapat menyebabkan tim tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan mesin untuk Q1 atau Q2 jika misalnya terjadi perubahan Line Up Qualifier dadakan akibat Update dari hasil pengukuran Track Limit. Di masa depan, hasil gabungan dari sesi latihan bebas1-3  akan diselesaikan/ diputuskan 60 menit setelah akhir FP3. Demikian pula, hasil Q1 akan diselesaikan lima menit setelah akhir sesi Q1. Setiap pelanggaran yang dapat mengubah hasil dan ditemukan setelah waktu ini, tidak akan ditindak dan tidak akan dikenakan protes atau banding. ~ Based on FIM Info

31 COMMENTS

  1. tapi udah pake alat canggih ?? sampai2 kemaren Oliveira di Mugello langsung keluar keputusannya, walaupun ujung2nya direvisi juga,
    ?

    Guest
    • Opini pribadi, kalo darno suka drama malah ga akan dibuat aturan gini, pasca FP ada yg komplen jadi deh tuh drama…?

      Guest
  2. mas @bdt ini gimana sih,orang kolot macam asul mau di jabarin panjang lebar ya ga bakalan sampe..
    tapi kalau si yemehe yg di untungkan sih bakalan setuju aja dia ?

    Guest
  3. Apapun itu, motogp semakin seru
    Bukan cuman marq yang mendominasi di tahun kemarin sebelum cidera, ya harapannya marq cepet pulih biar ikut meramaikan persaingan motogp,
    Kalo pertempuran sengit tanpa ada rider senior jadi gimana gitu, semoga rossi juga bisa kompetitif sebelum pensiun
    Setidaknya bisa jadi tolak ukur seberapa kuat mental para calon jurdun kalo sudah fight dengan yang berpengalaman

    Guest
  4. @bdt Udah biarin aja, yang penting dia udah dikasih pencerahan ma wak haji, urusan dia faham apa kagak y mah biarin aja… Bakalan ikut bodoh sendiri ladenin orang macam itu..

    Guest
    • Jika MM93 sudah benar-benar selesai masa recovery setelah cedera, si Fabio Quartararo ini bisa bersaing dengan MM93 untuk perebutan pool position terbanyak, memperebutkan mobil BMW.

      Guest
  5. FP mah biasa exceed track limit, coba aja pas Qualify pasti di disqualify.
    Dengan ini FP sama ama Qualify aturannya

    Guest
  6. Tak ubahnya seperti VAR di sepakbola, di beberapa kasus justru terkesan dilebih-lebihkan.
    Bisa jadi nanti akan muncul kasus “somewhere in between”, antara iya bener exceeding track limit tp juga sebenarnya tidak begitu melebar.

    Guest
    • Nah ini, sebenernya ngaruh ga si saat rider nginjek trek limit
      Bukanya kalo melebar malah makin melorot ya laptimenya

      Guest
  7. Pasukan penthol korek kayak kamu emang bisanya cuman menggerutu dan mencibir tanpa pernah berbuat sesuatu yang berguna, kuota aja masih nodong ortu

    Guest
  8. Knp dicontohkan Track Limit klo hny sbg solusi efisiensi waktu penyelesaian keputusan? Kmrn yg ada info ttg sensor Track Limit (dlm ban & kamera di pinggir sirkuit kah?) gmn kabarnya?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.