TMCBLOG.com – Merek Sepeda Motor asal Cina – Benda – Makin berkibar namanya sob. Sempat merilis dua model 700cc empat silinder Pada 2021 yang lalu untuk jaringan dealer Eropa – Saat ini mereka diambang peluncuran motor sport 300cc V-Twin dengan mesin turbocharged.

Sebelum ini Sebenarnya benda telah Memperkenalkan Teknologi Mesin 300 cc Turbo pada Model Motor Cruiser VTC-300. Dan saat ini Benda terpantau telah mengajukan paten desain yang memberi kita pandangan pertama yang jelas tentang mesin sebelum peluncuran resminya.

Namun Jika kita coba tilik lebih jauh, Benda sendiri memiliki varian Motor Bobber dengan Mesin V-twin 298 cc dengan nama BD300-15. Dan diperkirakan ini lah basis mesin yang akan dipakai di VTR300 Turbo. Sebuah sistem Turbo ditambahkan pada basis mesin tersebut.

Turbocharger sendiri biasa dikenal sebagai sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin dengan sumber tenaga berasal dari asap gas buang kendaraan. Turbo Biasanya digunakan di mesin bakar oto untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan cara meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. . .

Dari Foto foto paten yang ahdir, pada sisi tampilan, garis besarnya cukup khas motor sport tapi detailnya penuh dengan elemen yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Misalnya, sasis sepeda tampak seperti rangka teralis baja, tetapi bodinya memiliki panel samping yang melintang tampak seperti Main-beam yang menutupi poros lengan ayun, bertemu dengan braket footpeg dan kemudian terus menyatu dengan unit subframe.

Panel ini mungkin hanya kosmetik, meniru garis bingkai balok, Namun ada kemungkinan juga part ini memiliki fungsi dalam membantu menarik udara pendingin dari atas roda depan di sekitar sisi mesin V-twin dan membantu sistem turbocharger tersembunyi tetap dingin.

Sulit melihat peranti turbonya pada Gambar Full fairing di atas, tapi teaser Benda tahun lalu dengan jelas menyebut motornya ‘VTR-300 Turbo’. Bodywork yang luas bmemberikan banyak Ruang untuk menyembunyikan blower turbo di balik fairing. Mengingat bahwa mesinnya didasarkan pada 298cc yang sama, DOHC V-twin yang digunakan pada Motor Cruiser VTC-300 Benda, sepertinya akan ada banyak ruang bagi turbo untuk duduk rendah di belakang roda depan.

Dalam hal kinerja, sulit untuk menebak berapa banyak tenaga yang akan dicapai oleh 300cc, V-twin turbocharged. Namun sebagai Referensi, Dalam bentuk non-turbo, mesin Benda BD2V58MN, yang digunakan di kapal penjelajah VTC-300, mampu menghasilkan tenaga lebih dari 30hp. . . Dengan penambahan turbo diperkirakan Mesin ini bisa menyamai atau mengalahkan  performa 41.4bhp di yamaha R3.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

12 COMMENTS

    • Dg turbo bert mesin d paksa kerja lebih keras dan pasti lebih panas juga, jd Penisirin ama durabilitas mesinnya, secara sejarah nunjukin klo tiongkok msh d pertanyakan soal masalah kayak gini

  1. produk yg akan jadi ancaman nih, desainnya juga ciamik kayak ada aura BMW nya,cuma windscreennya kekecilan

    masuk ke wss300 bisa obrakAbrik ninja 400 gak ya, walaupun force induction diragukan boleh ikut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.