Friday, 27 September 2024

Yamaha Berhasil kembangkan Mesin 5.000cc V8 100% Hidrogen

TMCBLOG.com – Yamaha Motor telah ditugaskan oleh Toyota Motor Corporation untuk mengembangkan mesin V8 5.000 cc yang seluruhnya (100%) berbahan bakar hidrogen. Di Jepang, Toyota dan perusahaan terkait otomotif lainnya akan memulai upaya kolaboratif untuk memperluas jangkauan pilihan bahan bakar untuk mesin pembakaran internal (ICE).

Pada bulan November tahun 2021 yang lalu, lima perusahaan Kawasaki Heavy Industries, Subaru Corporation, Toyota Motor Corporation, Mazda Motor Corporation, dan Yamaha Motor bersama-sama mengumumkan bahwa mereka akan memulai diskusi untuk melakukan penelitian kolaboratif tentang kemungkinan jalan untuk memperluas jangkauan pilihan bahan bakar untuk mesin pembakaran internal dalam pencarian untuk netralitas karbon.

Dan mesin hidrogen V8 – yang ditunjukkan pada gambar di atas – yang dikembangkan oleh Yamaha untuk Toyota, diluncurkan ke publik. Unit mesin ini dikembangkan berdasarkan pada mesin 5.0 liter coupe sport mewah Lexus RC F, dengan modifikasi yang dilakukan pada injektor, kepala silinder, intake manifold, dan banyak lagi, dan menghasilkan hingga 450 hp pada 6.800 rpm dan maksimum 540 Nm torsi pada 3.600 rpm.

Yamaha mulai mengembangkan mesin hidrogen untuk mobil sekitar lima tahun lalu. Takeshi Yamada dari bagian Pengembangan Otomotif Pusat Penelitian & Pengembangan Teknis adalah anggota tim pengembangan mesin hidrogen dan dia mulai merasakan kedalaman potensi pembangkit listrik saat proyek berlangsung.

“Saya mulai melihat bahwa mesin yang hanya menggunakan hidrogen untuk bahan bakar sebenarnya memiliki karakteristik kinerja yang sangat menyenangkan dan mudah digunakan,” jelasnya. “Mesin hidrogen memiliki rasa ramah bawaan yang membuatnya mudah digunakan bahkan tanpa menggunakan alat bantu mengemudi elektronik.

Setiap orang yang datang untuk menguji coba mobil prototipe akan memulai dengan agak skeptis, tetapi [mereka akan] muncul dari mobil dengan senyum lebar di wajah mereka pada akhirnya. Saat saya melihat ini, saya mulai percaya bahwa sebenarnya ada potensi besar dalam karakteristik unik mesin hidrogen daripada hanya memperlakukannya sebagai pengganti bensin.”

Hal lain yang Yamada dan tim nilai dalam proses pengembangan adalah Kanno Seino, yang berarti kinerja menggembirakan. Salah satu contohnya adalah nada buang frekuensi tinggi harmonik yang dihasilkan oleh exhaust manifold konfigurasi 8-to-1. “Ini adalah tantangan yang dapat kami geluti sebagai insinyur dan saya pribadi ingin mengejar tidak hanya kinerja tetapi juga daya tarik baru untuk mesin pembakaran internal yang belum pernah dilihat dunia,” kata Yamada.

Apa yang dia dan rekan-rekan insinyur yakini adalah adanya potensi mesin bertenaga 100% hidrogen. Bekerja sama dengan jaringan mitranya yang berkembang secara bertahap, Yamada tidak diragukan lagi merasa mereka memiliki satu tangan di pintu untuk membuka potensi itu. | Based on Yamaha Info

68 COMMENTS

    • Saya sebagai penggemar ICE berharap banget ada teknologi penetral karbon. Salah satu contohnya ya mesin ini. Atau mungkin nanti ada lagi penemuan-penemuan lainnya.

    • Setuju. Negara barat kan gitu berulang-ulang sistem pembodohannya

      Mereka bikin, jual mahal, ada efek negatifnya (emisi karbon pada zamannya) bodoamat, pas udah pada rame saingan, mereka cari bahan lain, menistai kelemahan teknologi saat ini yg mereka juga yg bikin, bikin barang baru, jual mahal, dah itu aja diulang-ulang.

  1. Vote Hidrogen sih drpd Full E, kita masih bisa mendengar alunan raungan mesin, tapi kalo masalah biaya kyknya masih menang EV sih apalagi biaya perawatan,
    cmiiw
    kalo ga salah juga dari awal pabrikan Jepang ga mau langsung lompat ke full EV, maunya mereka harus melewati masa transisi Hybrid dulu, eh tapi skrg mereka malah ngembangin mesin Hidrogen,

    • lhaa emang udah dari dulu kan yamaha bikinin engine mobil toyota tipe tertentu, misal toyota 2000gt,sprinter trueno ae 86,levin,celica,corolla,corona,mr2,ada juga pabrikan lain lexus,volvo,mesin sho ford,tahun 91 yamaha juga ikut F1 dgn mesin 0X99, itu semua engine mobil bikinan yamaha dan udah sejak jaman dulu.

  2. Yamaha sama Toyota itu pemegang saham terbesarnya sama, Yamaha ga akan buat mobil komersial begitu juga dengan Toyota tidak akan buat motor komersial meski keduanya bisa membuatnya

    • Saham Yamaha Di toyota 5% mas.. Saham Toyota Di Yamaha ga ada.. Jadi saham 100% toyota yg dulunya dipegang penuh toyota dilepas toyota 5% dan dibeli Yamaha Motor Corp.

      MoU nya Yamaha Bikin Mesin Mobil khusus Untuk Toyota.

  3. Japanese berusaha mengelak dari elektrifikasi kendaraan….
    Sangat jelas terlihat, pbrikan jepang hanya setengah2 masuk ke dunia EV, padahal mereka mampu bikin yg murah, efisien dan fungsional…
    BMW aja bs bkin seharga 800jt, dg tekno khas eropa yg hitech n berkelas, setara harga mobil mesin bakarnya
    Lha tentunya japanese aslinya jg bs koq bikin mobil EV yg sekelas avanza aja, tentunya jauh akan lebih murah..

    • Mgkn ada pemikiran lain. Krn EV pakae baterai. Yg salah satu bahan nya Lithium. Jumlah Li ini jarang/sedikit dan pengolahannya membutuhkan proses produksi yg panjang yg akhirnya juga berdampak pada emisi karbon.
      Jadi EV tidak menghasilkan karbon ketika jalan. Tp memproduksi baterainya malah menghasilkan karbon.

      Kalo hidrogen kan hasil bakar jadi air, nol karbon, mesin suara merdu, yesss

      • sebenernya klo dipikir lebih dalam proses pembuatan mesin pembakaran iternal dipabrik juga sama menghasilkan emisi karbon.
        proses pembuatan bahan bakar baik bahan bakar minyak ataupun hidrogen masih tetap menghasilkan karbon.

        jadi klo baterai emisi karbon berhenti sampai proses pembuatan.
        mesin bahan bakar internal menghasilkan karbon sejak proses pembuatan maupun penggunaan.

        • Dr segi produksi, semua mghsdilkan poludi karbon, cm Masalahnya, mesin 4T skrg itu efisiensinya dah mndekati mentok, full cm 40% energi gerak yg bs diperoleh dr sistem mesim carnotnya, sdgkn yg 60% dibuang sbgai panas. Sdgkn dinamo listrik itu efisiensinya bisa lebih dr 90% . Disinilah salah satu kelebihan EV…

        • Lah ini kan mesin bakar internal versi jejepangan bikin bahan bakar hidrogen buat zero emisi jga dari kendaraannya. Gimana sik ?

        • @RichardGN

          emng pembuatan hidrogennya ga pake emisi? ga mungkin kan mobil hidrogen 1x ngisi buat seumur hidup.

          trus gimana dengan emisi transportasi hidrogen ke pom hindrogennya dihitung ga?

          ditambah efisiensi hidrogen itu sendiri meski didiatas minyak tapi tetep jauh dibawah listrik

          intinya ga ada itu yang namanya bahan bakar yang bener2 bersih

        • @laut

          produksi hidrogen hidrogenan

          apa bedanya ama produksi baterai terus terusan ?
          kita dah tau lemahnya baterai di mana, teknologi motornya iya berkembang makin oke makin efisien makin kecil

          Batrenya ? dari 5 tahun lalu belom ada yg berarti afaik cmiiw. masih kurleb segitu ukurannya untuk spek yang kurleb sama kalau diseragamkan.

          Keterbatasan akses (klo mw promosi mesin ber bb-hidrogen) itu sama aja kek yg dialami mesin listrik saat belom tenar kek skrg, beda start aja

          Hidrogen masih pakai basis mesin bakar internal kek skrg, bisa aja ada kit macam kit bbg ke mesin bensin dulu kan ? ga perlu ngebuang semua yg ada seperti kalo switch ke full ev.

          DAN. adu teknologi beda pendapat yg didasari beda basis pengembangan ini bagus kok

        • Ga ada itu yg namanya zero carbon selama bahan bakar itu diproduksi dan dikirim dr tenpat pengolahan – pabrik – pom (distribusi) pasti selalu ada yg namanya carbon footprint.

          Dan ya yg namanya teknologi baterai itu masih tahap balita, perkembangannya masih awal2 banget. Paling gampang diliat tesla model s 2012 cuma mampu menempuh jarak 200an mil, versi 2021? Udh tembus 400an mill.

          Untuk yang bilang teknologi batterai ga berkembang, mungkin blm mendengar prototype baterai aluminium-ion.

        • Yg dia omongin sisa pembakaran mesin, elu bantah pake produksi hidrogen ya kagak nyambung itu. Tinggal akui aja komentar dia bahwa hasil pembakaran mesin berbahan bakar hidrogen adalah zero carbon itu bener, pake ngemeng muter2. Faktanya emg hasil pembakaran hidrogen ya kaga bakal ada karbon lah orang hidrogen ith unsurnya cuma H, ga ada C. Kalo ngomongin carbon print jangan kata industri, semua makhluk hidup jg keluarin karbon, elu kentut jg udah cukup berkontribusi kasih karbon ke atmosfir.

      • Mungkin aja mereka sadar ntar klo semua pake batre, ada aja akalakalan negara barat untuk bikin konspirasi baru. Mending mereka pisah langkah dari awal. Toh tujuan sama

      • batre masi bergerak risetnya, jangan samakan dengan teknologi lama terus. sementara bbm, ICE bisa dibilang uda mentok.

        hidrogen juga seingat ane sampai saat ini biaya pembuatannya masih mahal, memang kalau nanti diproduksi massal mungkin lebih murah

        • hidrogen jga masih bergerak risetnya, lah kita komen di artikel yg bahas hidrogen lho eheheh

          ICE berbasis bahan minyak iya dah mentok, lah ini bahan bakar hidrogen kan arahnya sama, zero carbon.

          Alur otw si mesin listrik + batre vs ice + hidrogen ini samaaja kok. Masih mahal masih susah, kalo produksi massal bisa jadi murah ya itu hal pasti ehehe

        • Battery selama sepuluh tahun ini mentok pake bahan dasar lithium.
          Gak ada perkembangan signifikan.
          Yg berkembang cuma fast charging.
          Sementara masalah battery yg berat dan kapasitas yg terus berkurang setiap kali dicharge ulang. Sampe detik ini belum ada solusinya.

        • iya tapi ICE efisiensinya dibawah EV.

          batre uda mulai ada solusi2 baru kok tapi belum mass prod aja. kenapa mass prodnya masi lithium karena itu yang lagi murah saat ini.
          dan lithium uda mulai bisa didaur ulang seingat ane terakhir baca berita2

  4. Yamaha Berhasil kembangkan Mesin 5.000cc V8 100% Hidrogen, honda beat tertawa melihat ini
    Kata seseorang besar didunia blogsphere ini

  5. Garputala Berhasil kembangkan Mesin 5.000cc V8 100% Hidrogen, ast%a beat tertawa melihat ini cak
    Sebut afiliator ahass dijagad blogsphere

  6. Kadang lucu memang, yg gak dibikin mobil utuh

    Kalau perkara bikin mesin mah bisa, wong mereka jga bikin mesin motor kok beda skala mesinnya aja

  7. ini batrainya di isi pakek apa? nuklir gitu kok emesi cuman berhenti di produksi?

    gak semua negara punya oembangkit listtik tenaga nuklir sih

    • Hidrogen blm tentu nuklir..
      Dan kenapa pengembangan nya lambat, karna minim cuan atau provit buat para mafia. Jadi nya di hambat ahaha
      Sama hal nya ky mobil listrik dulu, mafia minyak bumi mana mau tinggal diam, bisa bisa bangkrut kilang minyak mereka ga ada konsumen kl semua beralih ke listrik. Tapi skrg mafia minyak udh dpt mainan ke dunia listrik jg dari segi pengembangan batrai dan motorlistrik, jadi nya jalan deh electric vehicles karna bisa ngasilin cuan jg

  8. masih banyak orang yang bilang yamaha tidak bisa bikin mobil, padahal yamaha sering terlibat dalam projek mobil dengan perporma tinggi.
    bisa dibilang, pabrikan sebelah yang bikin desain, yamaha yang menyempurnakan.

  9. Sebenarnya energi terbarukan ataupun Green energy itu tidak ada.. dan sering di misleading sama saintis politik bayaran. Carbon neutral juga terlalu “bias”. Itu semua hanya politik. Coba pikir..baterai itu bahan nitrat nya diambil juga dari tambang/coal terus juga gak bisa di daur ulang..hydrogen murni juga ambil nya dari minyak bumi…so.. kami yg kuliah tntng geologi, kimia, dn engineering ya paham aja kalau itu cuma cara(ide”) yg diulang” elite buat dapat keuntungan

    • memang ada unsur politiknya.
      karena pernah baca artikel yg menyebutkan kalau semua kendaraan ICE di seluruh dunia itu menyumbang tidak sampai dari 30% emisi karbon di dunia. sementara sisanya dari sektor lain.
      jadi kalaupun seumpama semua mobil ICE di dunia ini berhasil elektrifikasi jadi mobil listrik, emisi karbon masih akan tetap besar.

    • Yang disebut karbon netral itu emisi carbon dan produksi oksigen saling offset.
      Jadi dengan mengurangi emisi gas carbon dan melakukan penghijauan, diharapkan carbon netral dapat tercapai.

      Kenapa ICE yg ingin ditinggalkan?
      Karena control nya yg lebih susah.
      Controlnya di tangan jutaan pemilik mobil.
      Mobil baru dipasangkan TWC untuk mengurangi CO & HC, tapi ngeyel minum bensin dan solar kualitas rendah.
      TWC jenuh, pada dibobok.
      Dan itu pun ttp susah mengontrol CO2 nya.

      Dan pastinya, dampak emisi carbon dari kendaraan ICE sdh pasti langsung ke masyarakat.

      Sedangkan emisi carbon dari pabrik2 industri lebih mudah diukur dan dikontrol….kalau pemerintahnya mmg mau.

      • Kalau Toyota & the gang kesannya gak antusias, ada benarnya karena faktor investasi pada sektor riset mesin dan pabrik2 kpmponen mesin mereka yg masih sangat profit

  10. LFA itu kerjaannya yamaha music, mereka yang disuruh tuning chamber di mesinnya biar dapet suara enak. Yamaha motor itu ngetuning di mesin legend lama toyota

    • koreksi, yamaha music nge tune “acoustic box” yang ada diantara mesin dan pengendara agar suara mesin terdengar menggema dengan merdu dari dalam mobil,
      bukan chamber didalam mesin.

      untuk yamaha motor sendiri ikut berkontribusi ngedevelop keseluruhan mesin ga seperti mesin 4A-GE / 3S Beams yang cuma develop bagian head nya aja.

  11. Wah angin segar nih. Dari pada hijrah ke baterai yang belum ada solusi limbahnya. Sebelum ke 100% hidrogen, saya masih berharap dari LPG kaya di forklift dan tukang gas di motornya. Atau bahkan dari air aja sekalian. Hehehe

  12. Apapun project mesinnya tetep sesuai khas jualan alat musiknya gak ketinggalan. Detail suara raungan mesin sampe keluar knalpotnya tetep jd jualan utama dari mesin yamaha, bener2 ideologinya kuat bgt nih pabrikan suling.

  13. Wow, bagaimana ini FIA, pilih mana buat mesin F1 di masa mendatang? Lirik 5L V8 Hydrogen Naturally Aspirated Engine atau stay dgn 1.6L V6 Turbo Hybrid Power Unit?

    Heheheheh….

  14. Tidak ada namanya Zero Carbon.. Cuman mengurangi jumlah karbon yg dihasilkan dari pembakan mesin minyak. Toh mesin diesel 2tak masih merajalela juga di jalanan..

    Zero Carbon ya pake sepeda ontel.jalan kaki it’s true Zero karbon.. Walaupun ga 100% bnar karena pabriknya masih menggunakan bahan bakar minyak.

  15. pada akhirnya, manusia akan kembali ke jaman batu atau seperti jaman para nabi, kembali berkuda !
    kata bill gates juga begitoh !

  16. Zero carbon itu.. nambang nickel dan lithium pakai cangkul, distribusi hidrogen cair lewat sistem irigasi, dan pabriknya dibuat dari bambu diulat oleh tangan2 terampil pengrajin.

  17. Mungkin ini komitmen Jepang sebagai saudara tua waktu invasi ke negara2 asia…. Jika ev total dilakukan bagaimana dgn pabrik supplyer/vendor part2 mesin ICE yg bertebaran di kawasan asia….. Bakalan banyak yg tutup karena komponen ev lebih sedikit… .
    Efeknya pengangguran dan negara jd tdk stabil….. Jepang pun kena imbas investasinya di kawasan asia bakalan amsyong

    • Ya mobil Honda Clarity itu mobil hidrogen / fuel cell diperkenalkan 2019 dan dipasarkan tahun 2020 di Amerika Serikat, tp skr sdh disuntik mati krn kurangnya permintaan pasar dan sedikitnya stasiun fuel cell (40 stasiun) di Amerika Serikat

  18. Jangan samakan ford dengan brand pakem US lain nya om.
    Kalo ford udah banyak campur tangan dari europe dan australi.
    Dari jaman dulu aja sebener nya pengembangan ford lebih kearah visioner ketimbang ngekor pertahanin pakem darah otomotif negri paman sam yg kalo bikin kendaraan harus big engine big capacity even teknologi jadul pushrod no problem.
    Ford ga begitu. Mulai dia mengeluarkan concept ford gt dan jadi produksi masal supercar amrik walaupun pake basis dari UK. Sampai bikin concept gt90 v10 DOHC turbo lebih dari satu. Ini udh jelas kalo ford meninggalkan pakem usa.
    Makanya skrg engine mustang itu ga sebesar kompetitor nya. Tapi unggul mustang udah DOHC dan Segala teknologi yg ada di mesin nya. Beda jauh dgn hemi engine yg hanya mengandalkan bigger capacity dan tuningan ala hemi di silinder head nya. Atau malah seperti corvette terbaru yg berbentuk supercar dgn mesin kuno ala pushrod engine nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP