TMCBLOG.com – Akhirnya plat nomor Polisi dengan dasar warna putih dengan tulisan angka dan huruf berwarna hitam akan resmi gantikan plat nomor Polisi dengan warna dasar hitam bertulisan warna putih mulai bulan Juni 2022. Alasan perubahan regulasi mengenai warna plat nopol atau yang memiliki nama resmi TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ini lebih ke efektifitas pembacaaan dari kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Menurut riset internal dan kajian terhadap negara-negara yang lebih dulu mempraktekannya oleh Korlantas Polri, plat nomor dengan dasar warna putih tulisan hitam dengan lebih mudah ditangkap oleh kamera ETLE. Hal ini dikarenakan sifat dari kamera menyerap warna hitam, maka pelat nomor dengan latar hitam tulisan putih yang ada saat ini sulit ditangkap kamera. Terkadang ada kesalahan seperti angka 5 dibaca huruf S, atau angka 1 dibaca huruf I.

Namun begitu tidak serta merta bulan Juni semua kendaraan akan diganti. Rencananya, plat nomor putih bakal diterapkan secara bertahap sob. Untuk tahap awal atau tahap pertama, pelat nomor putih bakal digunakan untuk kendaraan baru dan kendaraan yang baru memperpanjang STNK lima tahunan.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

35 COMMENTS

  1. Nah kalo di plat hitam biasanya cat putih di angkanya nya mbleber ke platnya

    Kalau plat putih, cat putihnya mbleber ke angkanya atau angkanya dicat hitam terus hitamnya yg mbleber ? Ahahah

  2. yah sebenarnya kalo hasil pengerjaannya rapi aja plat hitam tulisan putih sih mungkin kamera ga gitu kesusahan, buktinya Malaysia make sistem yg sama dgn plat warna hitam tulisan putih bisa berjalan dgn baik kok, tapi emg bahan platnya beda, Malaysia pake bahan kyk fiber glass/akrilik gitu, sedangkan Indonesia pake kaleng,

    • Yg tukang plat pinggir jalan pake kaleng hasilnya juga bagus kok.. rapi bgt tp malah bisa kena tilang wkwkwk

        • Wkwkwk pls dont. Instead siapin soekarno-hatta saja. Itu yg dinanti-nanti, sebetulnya.

      • @Pengin sukses
        lah justru itu, kan mereka bilang yang meleber itu yang ori. jelas ketahuan banget yang palsu klo terlalu rapih
        “authentication proof”

    • seriusan om rapi bisa kena tilang

      daerah saya bahkan mayoritas plat itu udah pada di rapiin cat dan tulisannya sama tukang plat, soalnya tau sendiri lah plat dari samsat gimana cat sama nomornya, miring miring ada bekas sidik jari tukang catnya kadang
      hahahaha

      asal warna plat tidak diganti dan tulisan terbaca jelas gak kena tilang kalo daerah saya

    • Paling risih kalo plat nomer catnya tidak rapi.
      Harga 60rb masih kalah rapi sama pinggir jalan. Menang tebal doang

  3. Ayo semangat melakukan perbaikan dan perubahan! akan lebih keren kalau misalnya plat nomor depan dihilangkan/diganti stiker berstandar.

  4. Pas perpanjang 5 th bln juni ntar, brarti sekalian ganti nopol plus ganti warna jga
    Will be the first one😁

  5. Semoga kualitasnya lebih baik dari yang plat hitam. Pengalaman setiap perpanjang plat pasti cat nya mbleber kemana mana gak pernah rapi, karena risih, saya bawa ke tukang plat sekalian dirapihkan. Semoga plat baru konsisten kualitasnya, gak mbleber lagi, misal harus bayarpun saya sih gapapa asalkan rapih. Ooya, plat yang baru masih boleh ditekuk gak ya tiap sisinya kaya plat hitam yang lama? Biar tetap rapi tanpa lubang baut dan tanpa frame plastik gratisan dari dealer, jadi minimalist gitu.

  6. Lebih baik depan di templokan sticker nopo belakang pakai material acrylic.. Dah joss hemat ongkos hemat biaya negara juga πŸ˜‚

Leave a Reply to MotoGP Cancel reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.