TMCBLOG.com – Sampai saat ini belum ada lagi Berita resmi lanjutan dari Suzuki perihal rencana mereka uutk Mundur di akhir musim 2022 ini dari kegiatan Balap MotoGP. Namun Di Assen, Marca berhasil mewawancarai salah satu Orang Kunci penting di Tubuh Tim Suzuki Ecstar, Pemimpin proyek Suzuki di MotoGP , Sinichi Sahara. Sahara-San mencoba berbicara untuk pertama kalinya tentang rencana kepergian Suzuki dan  mengungkapkan bahwa dia tidak setuju dengan keputusan bosnya dan dia mencoba meyakinkan mereka.

Tanya : Bagaimana Anda tetap termotivasi Setelah faktanya hasil hasil Balapan terbaru Suzuki setelah keputusan itu sangat buruk?

Jawab : “Saya tidak tahu apakah keputusan Suzuki, pengumumannya, mempengaruhi hasil atau tidak. Bagi saya, saya tidak pernah kehilangan motivasi dan saya pikir seluruh tim, semua staf, tidak kehilangan itu. Tentu saja saya mencoba untuk tetap termotivasi, tetapi saya juga mencoba untuk tidak terlalu termotivasi, seperti, ‘Setelah pengumuman ini, saya harus kuat…’. Tidak, saya mencoba untuk menjadi sama.

Saat ini, hingga Sachsenring, kami berada di momen yang buruk, mungkin sejak Le Mans. Kami hanya menyelesaikan satu kali dan hanya dengan satu pembalap. Tapi baik Joan (Mir) dan lex (Rins) dalam kondisi yang sangat baik. Performa motor kami juga pasti lebih baik dari tahun lalu. Itu sebabnya, bagi saya, sayang sekali untuk tidak menunjukkan potensi kita yang sebenarnya. Belum terlambat, Kami tidak pernah menyerah pada apa pun. “

Tanya : Apakah mungkin Suzuki menang sebelum meninggalkan kejuaraan?

Jawabn : “Ya, tentu saja. Kami bisa berjuang untuk menang di setiap sirkuit karena Alex dalam kondisi bagus, meski cedera, tidak seratus persen. Meski begitu, dia tampil sangat baik hari ini. Saya yakin kami bisa memimpin lagi. “

Tanya : Di Jerman, Joan Mir mengatakan kepada media: ‘Saya masih tidak tahu mengapa Suzuki pergi.’ Bisakah Anda memberi tahu Mir dan banyak orang mengapa Anda pergi?

Jawab : ” OK. Saya tidak diizinkan untuk mengatakan apa-apa tentang ini karena Suzuki belum pernah mengumumkan secara resmi, tentang kepergiannya dari Kejuaraan Dunia, tetapi ketika Suzuki membuat pernyataan itu, dia mengatakan bahwa niatnya untuk meninggalkan MotoGP karena Suzuki ingin mengerahkan semua sumber dayanya, dalam personalia dan keuangan, dalam mengembangkan teknologi baru. Ini termasuk kendaraan listrik, sepeda motor listrik, jejak karbon netral…

Bagi saya, MotoGP juga sangat penting untuk mengembangkan karbon netral karena sudah ada aturan untuk bahan bakar baru ini untuk memiliki 40 persen pada tahun 2024 dan tanpa fosil apa pun pada tahun 2026. Dengan apa keputusan perusahaan, Terkadang, Anda harus mengikuti apa yang mereka katakan, bahkan jika Anda tidak bahagia. Juga, mungkin, ini bukan saat yang tepat untuk investasi karena pandemi covid, perang di Ukraina … tetapi menurut pendapat pribadi saya, pada saat-saat seperti ini Anda seharusnya mempertahankan aktivitas untuk memberikan kegembiraan kepada penggemar , kepada karyawan, tetapi, sekali lagi, itu adalah keputusan perusahaan. “

Tanya : Ketika Anda menerima telepon dari bos mengenai keputusan. Apa reaksi pertama Anda saat mengetahuinya?

Jawab : ” Tentu saja itu tidak baik. Saya tidak menangis, tetapi semua energi meninggalkan tubuh saya. Saat itu, kami sedang balapan, jadi setelah memikirkannya sekitar lima atau sepuluh menit, saya berkata pada diri sendiri: ‘Saya tidak bisa berhenti memikirkan balapan akhir pekan, sekarang mendapatkan hasil yang bagus lebih penting.’ Untuk pulih dari situasi tersebut, untuk menerimanya dengan sebaik-baiknya.

Tanya : Apakah Anda mencoba meyakinkan atasan Anda atau apakah Anda melihat bahwa itu tidak akan mungkin (diubah)?

Jawab : ” Mencoba meyakinkan mereka? Tentu saja. Saya tidak bisa memberikan detail bagaimana caranya. Saya masih berusaha membuat semua orang menangani situasi sebaik mungkin. “

Tanya : Dan apa yang akan Anda lakukan sekarang?

Jawab : ” Setelah Assen, saya akan pergi ke Jepang (tertawa). Tidak, yang terpenting adalah mencoba memenangkan balapan karena prioritasnya adalah menangani situasi dengan sebaik mungkin. “

Tanya :  Suzuki dan Dorna harus mencapai kesepakatan karena ada kontrak yang berlanjut hingga 2026. Bagaimana negosiasinya?

Jawab : ” Mereka masih bernegosiasi. Saya berada di grup yang bertemu untuk membahasnya. Tentu saja saya bukan orang yang paling penting untuk diajak bernegosiasi. Para bos besar mendengarkan saya, tetapi saya tidak tahu apa yang memengaruhi mereka, tetapi setidaknya mereka mendengarkan saya. “

Tanya : Apakah atasan Anda tahu bahwa citra perusahaan Anda telah jatuh karena keputusan ini?

Jawab : ” Saya harap tidak. Hal-hal yang kami capai sejak kami kembali dalam tujuh atau delapan tahun ini, apa yang kami lakukan, para bos besar harus tahu dan juga bagaimana kami melakukannya. Saya menjelaskan hal-hal ini kepada bos besar. Saya harap citra Suzuki tidak memburuk, tetapi saya masih memikirkan bagaimana mengelola ini. “

Tanya : Apakah Suzuki bisa kembali ke MotoGP? Kapan bisa?

Jawab : ” Saya tidak tahu. Bagi saya, balap adalah DNA Suzuki. Jika perusahaan Suzuki ada, Suzuki di balap harus ada. Jadi di beberapa titik di masa depan Suzuki harus kembali. Ini adalah pendapat pribadi saya. “

Tanya : Dan kapan?

Jawab : “Belum ada rencana (ke sana). Tidak ada, mereka tidak memberi tahu saya apa pun. Tapi bisa dibayangkan, mungkin di masa depan balap motor listrik akan menjadi lebih penting. Tidak ada yang tahu. Jika ini terjadi, mengapa juga Suzuki tidak kembali? “

 

29 COMMENTS

    • tp mau se-positif apapun mindset Sahara san dkk pasti sedikit banyak ada energi negatif yg terasa krn berita menyedihkan ini,

  1. Ibarat pas lagi sayang2 nya ditinggalkan
    Ambyarrr slurrr..
    Dengkul lemes
    Suzuki oh suzuki kapokmu kapan?

  2. jngan kan sahara, fans nya aj lemes dnger suzuki out motoGP..
    mana semalem 2race gada finish..
    kayak terpuruk bgt..
    pdhal kalo mir sampe bilang
    “sya gatau knp suzuki smpe pergi”
    artinya dia masih pnya harapan sma nih motor
    bahkan menurut sya klo kontraknya diperpanjang mir bakal oke aja.
    tapi yaa.. moga aj ga jadi out

    • We feel the same bro..
      Org kalo dukung Suz itu rata2 loyalis, suka duka kita tetap setia.
      Mir-Rins juga kliatan mereka setia sampai takdir memisahkan.

  3. Atmosfir tim suzuki bener2 terasa kekeluargaanya. Sampe rider baik rins ato mir gk rela suzuki cabut. Lebih dari perkara bingung cari seat atau gimana. Tapi rider dah nyaman, hal2 yg dah mulai jarang saat ini.

  4. padahal update terbaru Gran Turismo banyak mobil2 balap Suzuki kayak vision concept bermesin hayabusa,Escudo reborn

  5. Yo wes bali wae ke pabrik Suzuki Sinichi cang, kompetensimu layak dipertahanin. Ato merapat aje ke Iwata ato kyak Furusawa cang, mandhito.

    Kayak omongannya Mamang Si Akang: PABRIKAN: “lo gw bayar segini yak, klo gak mo yo dah cari pabrikan laen.”

  6. Mintak bantuan , support n doa-doa FPI Bogor Wak biar Suzuki tetep kuat. Gada Suzuki ga seru…..
    Takbir…….!!!

  7. Setelah Jurdun tp efek ke penjualan tdk ada dan tetap mereh tertentu yg mentereng Suz berfikir lebih baik dana dipake buat mengembangkan teknologi baru sehingga kelak ketika sdh tiba waktunya mereka sdh siap bersaing dgn kendaraan teknologi terbaru.

    • Gak kaya gitu bro..kalo ada hubunganya sma sales yg tidak inline dgn keikutsertaan balapan..kaya gini akan keluar di evaluasi tahunan, kalopun jadi alasan mundur akan lebih rapi, timing pengumuman dan caranya..
      Kalo ditengah2 seri pengumuman sebesar itu sih itu pasti ada “huge hit”.
      Feels the logic?

      • Kayaknya sih awalnya melihat soal efek ke penjualan mereka, lalu soal dana investasi untuk alih teknologi yg jg hrs ada di tambah lg kasus Diesel gate menjadikan mereka serba sulit drpada akhir musim dimana pembalap, crew dan tim masih menjadi tanggungannya mending di tengah musim mereka testimoni, setelah pihak-pihak bereaksi barulah alasan yg sekiranya bisa diterima mereka utarakan dan ternyata benar pihak-pihak yg berkaitan akhirnya bisa memakluminya meski sempat disayangkan dan disaat waktu yg masih panjang ada kesempatan pembalap, crew dan tim cari pekerjaan ditempat lain sebelum akhir musim dan awal musim pihak-pihak terkait sdh mendapatkan pekerjaan baru. Walaupun kondisi sangat sulit Suz tetep Mundur alon-alon

      • Minim efek pasar + keadaan sulit, umumkan di tengah musim agar Suz minim tuntutan, Dorna, pembalap dan crew ada kesempatan cari pekerjaan ditempat lain. klo akhir musim br diumkan bisa boom reaksi dr Dorna, pembalap dan crew.

        • No, bukan akhir musim 2022 ntar..kalo emg dirasa karena efek jualan, pengumuman ini udh ada akhir musim lalu, akhir2 2021..bahkan sebelum ttd komitmen 2026.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.