TMCBLOG.com – Kendaraan listrik suka atau tidak suka akan terus menggantikan kendaraan dengan basis mesin bakar. Nah terlepas dari berbagai pemikiran mengenai permasalahan yang saat ini hadir soal waktu charging yang masih membutuhkan waktu, sistematika swap baterai, infrastruktur penunjang sampai tata kelola limbah baterai, tentu saja kita menunggu nunggu kira-kira produk apa saja yang akan dihadirkan oleh pabrikan pabrikan terutama yang saat ini merajai market seperti misalnya pabrikan Jepang. Nah via Motorcyclist JP terungkap bahwa salah satu raksasa brand produsen sepeda motor asal Jepang – Honda membeberkan sedikit rencana mengenai kehadiran 3 model Fun-EV antara 2024 dan 2025.

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

Dari slide yang dihadirkan terlihat bahwa dua dari tiga produk dengan kategori Fun Ride adalah motor bergenre sport dengan tampilan retro (Neo-sport Cafe) dengan dua karakter berbeda yakni Street Bike dan Chopper bike (atau bisa juga Bobber). Sementara satu motor lagi berjenis skutik besar, yang sekilas menyerupai Honda Integra/X-ADV.

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

Dalam pemaparannya, Honda juga mengungkapkan bahwa mereka akan juga merilis satu produk motor trail mini yang tentunya juga berkonsep EV. Oh iya sob, dalam pemaparan di Jepang ini, Honda juga mengumuman bahwa untuk rencana motor-motor ini, solid state akan dipikirkan menjadi salah satu bahan dalam pembuatan baterainya. Wahhh kita tunggu saja nanti yaaa. Pameran Tokyo Motorcycle Show dan Tokyo Motorshow mungkin akan dihelat di 2023 dan motor motor ini bisa jadi akan mulai nongol di sana sebagai persiapan kick off 2024. – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Ringkasan briefing terkait bisnis sepeda motor Honda : Mewujudkan Netralitas Karbon dengan Fokus Utama Elektrifikasi

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

Honda akan berusaha untuk mewujudkan netralitas karbon untuk seluruh produk sepeda motornya selama tahun 2040-an sebagai fokus utama strategi lingkungan untuk bisnis sepeda motor, Honda akan mempercepat elektrifikasi sepeda motor dan terus melanjutkan kemajuan ICE (Internal Combustion Engines).

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

– Honda berencana untuk memperkenalkan sekitar 10 atau lebih model global sepeda motor listrik pada tahun 2025 dan menargetkan peningkatan penjualan tahunan sepeda motor listrik menjadi 1 juta unit dalam rentang waktu 5 tahun, dan kemudian 3,5 juta unit (setara dengan 15% total penjualan unit) pada tahun 2030.

– Sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia, Honda akan terus menjadi pemimpin industri di era netralitas karbon dengan tetap menawarkan konsep “kesenangan berkendara” pada sepeda motor listriknya, dan juga dengan menawarkan produk yang memiliki nilai baru dengan memanfaatkan kompabilitas level tinggi dari teknologi software dan model elektrifikasi.

Honda memiliki tujuan untuk mewujudkan netralitas karbon untuk seluruh produknya dan aktivitas dimana korporasi Honda terlibat pada tahun 2050. Hari ini, Honda mengadakan press briefing terkait inisiatif bisnis sepeda motornya, dipresentasikan oleh Kohei Takeuchi (Director, EVP and Representative Executive Officer) dan Yoshishige Nomura (Managing Officer).

Berikut ringkasan briefing sebagai berikut:

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

1. Pendekatan menuju netralitas karbon pada produk sepeda motor

Untuk mengakomodasi keperluan dan kebutuhan konsumen global yang beragam, Honda menawarkan beragam produk sepeda motor yang luas, mulai dari model commuter kecil hingga model motor fun yang besar, dan digunakan secara global baik di negara berkembang maupun negara maju. Khusus di negara berkembang, terdapat permintaan sepeda motor yang tinggi, terutama untuk model commuter, sebagai bagian dari kebutuhan utama harian masyarakat. Akan tetapi, model elektrik yang saat ini mulai populer menghadapi beberapa tantangan seperti bobot kendaraan yang lebih berat dan harga yang lebih mahal. Juga permintaan akan model elektrik sangat bergantung pada insentif yang diberikan pemerintah, regulasi, serta ketersediaan infrastruktur pengisian daya di masing-masing wilayah penjualan.

Mempertimbangkan keadaan ini, Honda akan mempercepat elektrifikasi sepeda motor sebagai fokus utama strategi lingkungan untuk bisnis sepeda motor, bersamaan dengan itu juga melanjutkan kemajuan ICE, dengan tujuan untuk mencapai netralitas karbon pada seluruh produk sepeda motornya selama tahun 2040-an. Honda akan terus memimpin inisiatif industri untuk lingkungan.

<Keberlanjutan Inisiatif untuk Kemajuan ICE>

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

Dalam rangka mewujudkan netralitas karbon, untuk mengakomodasi beragam kebutuhan konsumen dan lingkungan penggunaan yang sesuai dengan sepeda motor, Honda meneruskan inisiatifnya untuk mengurasi emisi CO2 dari model kendaraan berbahan bakar (ICE), dengan tetap mengembangkan model yang kompatibel dengan bahan bakar netral seperti campuran bensin dan etanol. Secara lebih spesifik, selain Brazil di mana model sepeda motor yang menggunakan flex-fuel (E100) *1 telah tersedia, Honda berencana untuk memperkenalkan model yang menggunakan flex fuel juga di India, sebagai salah satu pasar sepeda motor terbesar. Honda berencana untuk memperkenalkan model yang menggunakan flex-fuel (E20) terlebih dahulu pada awal 2023, dilanjutkan dengan memperkenalkan model dengan fuel-flex (E100) pada tahun 2025.

Bahan bakar campuran bensin-etanol. Beragam tingkat campuran tersedia, mulai dari 100% bensin hingga 100% etanol. E100 mengandung 100% etanol, sementara E20 mengandung 20% etanol.

2. Inisiatif elektrifikasi

<Memperkenalkan model sepeda motor elektrik untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam>

Mengantisipasi perluasan pasar, Honda akan memperkenalkan sepeda motor listrik yang mengakomodasi beragam kebutuhan konsumen. Baik model commuter maupun fun, Honda akan memperkenalkan lebih dari 10 model sepeda motor listrik baru pada tahun 2025, dengan tujuan untuk mencapai penjualan sepeda motor elektrik sebanyak 1 juta unit dalam rentang 5 tahun ke depan, dan menjadi 3,5 juta (sekitar 15% dari total penjualan) pada tahun 2030.

Detail dari rencana produk yang diluncurkan sebagai berikut:

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

(1) Sepeda Motor Elektrik Commuter

Seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin sadar akan pentingnya lingkungan, permintaan akan model sepeda motor listrik untuk bisinis mengalami peningkatan di beberapa tahun terakhir. Untuk memenuhi permintaan tersebut, Honda telah menawarkan model seri Honda e: Business Bike dan mempercepat peluncuran global untuk sepeda motor listrik komersil (Business-use). Selain menyediakan model seri Honda e: Business Bike ke Japan Post dan juga Vietnam Post Corporation*2 untuk pengiriman surat, Honda saat ini juga sedang melakukan percobaan kerjasama dengan Thailand Post Company Limited*3 dan berencana untuk mulai memproduksi dan menjual Benly e: di Thailand sebelum akhir bulan ini. Model seri Honda e: Business Bike ini dilengkapi dengan baterai swap dari Honda Mobile Power Pack (MPP), yang mana sangat cocok untuk kebutuhan bisnis seperti pengantaran paket kecil sekaligus menyelesaikan permasalahan jarak tempuh dan waktu pengisian daya, yang merupakan tantangan utama yang perlu diselesaikan untuk dapat mewujudkan perluasan penggunaan sepeda motor listrik.

Untuk penggunaan personal, Honda berencana untuk memperkenalkan dua sepeda motor listrik antara tahun 2024 dan 2025 di Asia, Eropa, dan juga Jepang. Memprediksi lingkungan pasar di masa depan, penggunaan, dan perkembangan teknologi yang sedang berlangsung, Honda mengeksplorasi berbagai model penggunaan pribadi di masa depan termasuk opsi sumber tenaga lain selain baterai swap.

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

(2) Moped Elektrik*4 /Sepeda Elektrik*5 Commuter

Saat ini, moped elektrik dan juga sepeda elektrik menyumbang lebih dari 90% penjualan sepeda motor listrik secara global (perkiraan sekitar 50 juta unit). Di Cina, pasar sepeda motor listrik terbesar di dunia, moped elektrik dan sepeda elektrik diterima dengan sangat baik sebagai sarana mobilitas yang nyaman digunakan sehari-hari, dan Honda telah menawarkan produk-produk tersebut dengan memanfaatkan supplier infrastruktur lokalnya dan juga operasi pengembangan/manufaktur, Dengan ekspektasi bahwa permintaan akan moped elektrik dan sepeda elektrik akan semakin berkembang secara global, Honda berencana untuk memperkenalkan lima model moped elektrik dan juga sepeda elektrik yang compact dan terjangkau dalam waktu saat ini hingga tahun 2024 di Asia, Eropa, dan juga Jepang, selain dengan yang sudah ada di Cina.

Honda Motorcycle: Carbon Neutrality through Electrification

(3) Sepeda Motor Electric model Fun

Selain sepeda motor listrik model commuter, Honda secara aktif mengembangkan model elektrifikasi di kategori “FUN”. Berdasar pada platform sepeda motor listrik FUN yang saat ini berada dalam tahap pengembangan, Honda berencana untuk memperkenalkan total 3 model sepeda motor elektrik FUN berukuran besar di Jepang, AS, dan juga Eropa dalam rentang tahun 2024-2025. Honda juga akan memperkenalkan model sepeda motor listrik Fun untuk anak-anak yang didesain untuk memberikan kesenangan berkendara kepada generasi berikutnya.

16 COMMENTS

    • bbm yang berasal dari tumbuhan ya?
      setau ane masalah baru muncul pake itu. yaitu lahan untuk menanam. untuk ciptakan jutaan liter itu lahannya ga sedikit. belum sampah yang ga bisa di olah.

      mungkin boleh dibilang efisiensinya rendah untuk produksi walau mungkin hasil produksi bisa lebih ramah lingkungan.

  1. Selama masalah limbah baterai gak terpecahkan,,susah mau dianggap ramah lingkungan. ane aja bingung mau buang limbah baterai kecil2 yg dipakai di remote dan jam dinding kemana,,kagak ada tempatnya juga. Ane tahu lembah baterai mencemari lingkungan, tapi gimana caranya gak mencemari lingkungan? Walhasil cuma dipendam di dalam tanah di pekarangan rumah,,entah sudah ramah lingkungan apa blm tindakan kayak gitu

  2. Ohhh dimulai dr chip lalu kendaraan listrik. Hbs listrik naik terus tarifnya pake tenaga surya .. klo mahal pake tenaga Pak surya buat dorong dan tenaga kuda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.