TMCBLOG.com – Ahad Pagi 2 Oktober 2022 ini tmcblog hadir di Daerah Sentul hambalang Jawa Barat Saat melihat Jalannya event Inovatif baru Yamaha Indonesia yang bertajuk SHELL bLU cRU Yamaha Enduro Challenge. Dibilang Inovatif Karena event ini adalah Event baru yang sebelumnya belum pernah ada hadir dalam Tingkat Pabrikan Sepeda motor sebelumnya. Gelarannnya dibuat dengan humble namun menarik banyak sekali peserta umum dan Pengguna Expert dari Produk Yamaha WR155R.

Mengenai regulais teknis Motornya sendiri, Yamaha WR155R yang digunakan untuk ajang tersebut, Yamaha Indonesia selaku penyelenggara sendiri mempunyai regulasi. Untuk regulasinya sendiri dibedakan pada setiap kelasnya seperti Untuk kategori Community A dan Advance  mesin boleh di-bore up, cam shaft juga boleh dimodifikasi, ini berbeda dengan kategori Community B yang tidak boleh memodifikasi mesin alias harus Stock. Sementara itu sasis dan ECU harus stock. Per suspensi dan Knalpot bebas, untuk ban yang digunakan harus ban jenis untuk Motocross atau Enduro dari Lintas merk.

Kompetisi enduro yang menantang ini diikuti oleh total 59 starter. Ada tiga kelas yang dilombakan yaitu WR 155 R Advance berjarak 14 km yang diikuti rider profesional, sedangkan untuk komunitas terdapat dua kelas yakni WR 155 R Community A (11 km) dan WR 155 R Community B (8 km)

Penentuan peserta dari ketiga kategori tersebut melalui proses screening atau verifikasi sesuai dengan regulasi. Kompetisi ini bukan hanya kompetisi kecepatan tetapi juga menekankan keamanan, stabilitas, efisiensi dan enjoy. Yamaha juga menyediakan 5 area check point yang juga dilengkapi dengan tim paramedis, rescue car dan rescue team, marshal, helper dan moving helper dengan persiapan keselamatan yang cukup untuk semua peserta.

Pembukaan dilakukan Oleh President Drector YIMM Mr Minoru Morimoto yang bersama para sponsor seperti Shell, KYB, IRC dan NGK menekan tombol untuk melepas balon gelaran Enduro ini ke angkasa sentul. Setelah itu Lansgung dilakuan pelepasan satu per satu Pembalap mulai Kelas Expert dengan jeda 1 menit untuk melibas jalur 8 km yang terbagi dalam 3 lap  . . pembalap pertama kelas Advance yang dilepas Oleh Morimoto san adalah Rey Ratukore.

”Para pecinta bLU cRU Yamaha selalu mengikuti aktivitas terkait bLU cRU Yamaha dengan aktif dan antusias. Kami pun rutin dan konsisten menggelar event tersebut, serta menghadirkan konsep yang baru seperti yang teranyar adalah Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge menggunakan WR 155 R. Motor trail Yamaha ini makin digemari, dan dengan adanya Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge menjadi wadah bagi para pengguna WR 155 R yang juga penggemar off road untuk ambil bagian berkompetisi. Mereka telah merasakan keseruan berpetualang sekaligus menikmati persaingan yang terjadi di kelas masing-masing. Tentunya ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi mereka dan makin bersemangat menjadi bagian dari bLU cRU Yamaha,” ungkap Riyadi Prihantono, Coordinator Manager After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Setelah Kelas Advance dilepas dan menunggu hadirnya kelas Community A dan Community B, Hujan turun dengan derasnya di kawasan Jungleland Sentul ini dan membuat beberapa perubahan jalur Trek untuk kelas Community dengan pertimbangan keselamatan dan kenyamanan peserta, Namun balapan enduro tetap jalan dalam keadaan trek basah tentunya.

Secara umum jalannnya Balapan enduro ini buat tmcblog nggak hanya menghasilkan Kompetisi performa yang ketat, namun juga mengahdirkan keamanan, stabilitas, efisiensi dan enjoy/ Kesenangan melakukan kegiatan enduro.

Taufik of BuitenZorg  | @tmcblog

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.