TMCBLOG.com – Dalam acara Safety Vision and Technology Briefing yang diadakan di Tokyo pada November 2022, Yamaha memperkenalkan AMSAS (Advanced Motorcycle Stability Assist System), sebuah teknologi keseimbangan sepeda motor. Sebagai bagian dari Safety Vision and Technology Briefing yang diadakan di Tokyo pada November 2022, Yamaha memperkenalkan Advanced Motorcycle Stability Assist System, disingkat AMSAS. Yoshihiro Hidaka, President of Yamaha Motor, dan Heiji Maruyama, Director of Development Yamaha Motor, secara pribadi hadir untuk memberikan sambutan pada demontsrasi teknologi baru Yamaha ini.

Pada dasarnya, AMSAS terdiri dari dua aktuator berbentuk motor listrik, Satu terletak pada stang dan satu lagi di roda depan. Motor Listrik ini bukan berfungsi sebagai motor penggerak, tetapi aktuator variabel yang dapat digunakan untuk mengontrol impuls presisi di sasis.

Mudahnya, Aktuator di stang berfungsi sebagai impuls kemudi, sedangkan aktuator di roda depan untuk menstabilkan gerakan. Dari sudut pandang gerakan, kedua aktuator ini mengendalikan gerakan kiri dan kanan di setang, serta gerakan maju dan mundur di roda depan. Cek deh di Video pada akhir Artikel ini.

Uji coba AMSAS menggunakan model Yamaha R25/R3 yang telah dikonversi ke listrik. Diuji dengan kecepatan sekitar 5 km per jam, AMSAS dapat secara otomatis menyeimbangkan, menstabilkan, dan menjaga sepeda motor tetap tegak serta secara efektif mencegah motor agar tidak terjatuh. Namun, agar teknologi keseimbangan ini berhasil, Yamaha AMSAS memerlukan lebih dari sekadar menyesuaikan aktuator pada stang dan roda depan.

Yoshihiro Hidaka, President of Yamaha Motor, dan Heiji Maruyama, Director of Development Yamaha Motor menyatakan, ā€œSistem pendukung stabilisasi sepeda motor ini sedang dikembangkan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pada pengendara.ā€ Secara khusus, AMSAS dimaksudkan untuk mencegah agar sepeda motor dan pengendaranya tidak terjatuh terutama saat jalan perlahan. Namun, fokus dari pengembangan ini belum pada level jatuh pada kecepatan tinggi, melainkan pada jatuh saat berjalan perlahan atau bahkan saat diam.

28 COMMENTS

    • tuh, orang jepang.. motor diem aja udah kepikiran..
      lah, kitaaa… hari gini masih bahas yg ora penting.. et dah ya..
      hayuk lah majulah Indonesia Raya….

    • yg lebih canggih dari ini aka teknologi Asimo pernah diterapin kok, tapi kemudian menghilang sejak ecu bikina Itali jadi elektronik wajib motogp. Asimo di motor Pedrosa lebih canggih krn cara kerjanya pake sensor lean angle, sensor ABS, dan pengapian secara khusus.

        • yg begitu sensornya putus kesenggol langsung berubah tabiat aslinya kayak banteng rodeo

        • yoi. ampe pelihara 3 rider dalam 1 tim bisa podium semua, meskipun ga pernah sapu bersih podium dalam 1 race krn Dovizioso skill alakadarnya kala itu. mau sliding kaya bijimane motor tetep susah crash, ampe dikatain motornya kaya domba ama Stoner.

    • ini buat membantu rider skillnya kurang si. jadi ga mudah jatuh. dan tidak berat motornya.

      kebanyakan yang tidak bisa bawa motor itu bilang kalau motor itu berat.
      cuma harganya nanti meledak nambah lagi naik lagi.
      nambah striping aja naik harga

  1. part-nya kayaknya lebih ribet Daripada project hodna riding assist yg pernah dipamerkan kepak sayap 2017 kemarin

      • yang H kan motornya gede bang.
        ini motor kecil makanya berantakan kemana2 wwkwkwkwkwk
        tapi kalo implementasinya nanti pas di motor jadi ada tiang2 samping begitu si jelek ya. mending ga pake fitur itu

  2. Gw berharap, kedepan pabrikan bikin ā€œmesin listrikā€ yg bisa PnP di rangka motor2 skrg. Jadi saat sudah waktunya transisi ke listrik, milyaran motor yg skrg sudah beredar agar tidak menjadi sampah. Lagian model motor listrik gak ada yg setamvan motor2 bensin juga

    • motor elektrik sih sebenarnya gampang aja karena cukup sederhana dan ukurannya gak begitu besar,anak SMK pun sebenarnya bisa

      yg bikin botak sariawan itu baterianya Gimana buat bisa pas dgn sasis dan body motor

    • harapan lu terlalu ramah lingkungan, sama aja bangkrutin bisnis otomotif wkwkwk. secara logika aje skrg matic2 sengaja dibikin mulai ga enak ketika garansi abis dgn part yg gampang rusak, tujuannya ape? ya ape lg biar pada beli baru ato yg mencoba berontak dan ngirit bakal dialihin utk jadi konsumen sparepartnya. masih sama2 ICE aje selalu dicari cara biar konsumen beli motor terus, ato minimal rebuild motornya. apalagi kalo jaman peralihan. di Amrik udh byk kuburan mobil/motor ampe behektar2, emang ada pabrikan yg peduli buat recycle ato minimal ngadain trade in biar ga ada sampah otomotif? belon pernah denger gw. jadi selama kita masih mau kemana2 pake kendaraan pribadi, sampah otomotif bakal terus ada dan terus bertambah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here