Home MotoGP Blak-blakkan Brivio : Pendekatan Balap Suzuki Berbeda Dengan Honda dan Yamaha

Blak-blakkan Brivio : Pendekatan Balap Suzuki Berbeda Dengan Honda dan Yamaha

40

TMCBLOG.com – Suzuki MotoGP dan Suzuki Motorsport pada umumnya menepati janjinya dengan mundur secara keseluruhan bahkan untuk aktifitas digital mereka di tahun 2023 ini. Namun begitu, Suzuki tetap dikenang karena hanya butuh 5 tahun mereka bisa meraih gelar juara dunia MotoGP bersama Joan Mir. Periode 5 tahun itu bisa dibilang sangat agresif dan begitu cepat di tengah akselerasi pabrikan Eropa yang juga menuju ke performa tampil cepat di semua sirkuit. Apa kira-kira resepnya? Kepada Slick Magazine, Davide Brivio selain habis-habisan nge-roasting pabrikan Jepang secara umum, juga membeberkan mengenai apa saja yang dilakukan oleh Suzuki khususnya ketika ia masih bersama mereka.

“Suzuki berbeda: kami, ketika kami mulai membangun organisasi, kami langsung mempertimbangkan aspek ini (penyamaan level kapabilitas dan level komunikasi trek dan pabrik di Jepang). Kami berada di awal perubahan mentalitas ini, dan itu berhasil. Misalnya, setidaknya dua kali setahun teknisi Italia kami pergi ke Jepang untuk menjelaskan sudut pandang mereka tentang masalah tertentu yang mereka temui di lintasan. Jelas mereka tidak pergi untuk memberi perintah, tetapi untuk menjelaskan menurut kami apa yang terbaik yang dibutuhkan motor serta memikirkan tahun depan.”

“Mereka berkata: ‘Kami pikir ini atau itu diperlukan’, dan para insinyur Jepang di departemen balap mempelajari situasinya, dan data yang kami berikan. Awalnya mereka skeptis, tapi kemudian merekalah yang selalu meminta data kepada kami, dan menggunakannya sepanjang waktu.”

“Kemudian, tentu saja, mereka melakukan apa yang menurut mereka benar, tetapi kami dapat mentransfer informasi ke Jepang yang sulit dijangkau. Nyatanya, kami perlahan tumbuh untuk menang di tahun 2020. Dan kami tidak memiliki anggaran seperti yang selalu dimiliki orang lain. Oleh karena itu kami tidak pernah menjadi tim klasik gaya lama.”

“Saya akan mencoba memberi contoh bahkan jika saya bukan seorang insinyur. Dalam tim model lama, seorang pembalap berkata: ‘Motor kami tidak memiliki pengereman seperti Ducati’. Dan tim berkata kepada insinyur Jepang: ‘Kami harus meningkatkan sisi pengereman’. Nah, lalu apa? Artinya, mereka tidak menjelaskan cara melakukannya, sehingga teknisi tidak menerima data tertentu untuk dikerjakan. Dia harus mencari sendiri sifat masalahnya dengan membiarkan tim bekerja dalam rutinitas akhir pekannya.”

“Tetapi sangat berbeda jika Anda pergi ke insinyur dan berkata: ‘Kami membuat perbandingan dengan Ducati, berdasarkan data kami dan analisis kami, kami melihat bahwa pengereman saya rata-rata 7 meter lebih jauh. Dan Anda membuktikannya dengan  data.”

Davide Brivio pun menjelaskan peran dan posisi dari komentar serta feedback yang dibuat oleh pembalap MotoGP zaman now dan posisinya dalam pengembangan motor. “Di MotoGP hari ini komentar pembalap tidak menjadi satu-satunya sumber. Pembalap baik-baik saja, karena dialah yang mengemudi, tetapi penilaiannya, sensasinya, harus didukung oleh data ilmiah yang lebih akurat.”

“Feedback mereka hanya menjadi stimulus untuk memulai pencarian. Itu adalah ‘keluhan’ maka mereka harus menjalani penyelidikan. Ini adalah evolusi. MotoGP sekarang menjadi lingkungan yang jauh lebih berteknologi, dan teknologi baru harus digunakan.”

“Karena pengendara selalu mengatakan hal yang sama: gripnya rendah, tidak ada akselerasi, ada sedikit perasaan saat masuk tikungan. Namun kita perlu memahami alasannya, dan hari ini dijelaskan oleh analisis yang paling serius dan canggih dari data. MotoGP modern mengharuskan hal ini dilakukan, dan pabrikan Eropa sekarang melakukannya.”

Davide pun lebih lanjut menjelaskan soal diperlukannya satu gugus tugas khusus di luar tim test yang dibutuhkan untuk menganalisis data. “Ini adalah kelompok insinyur yang didedikasikan untuk analisis data. Dan dia bagian dari tim, dengan tugas mendukung tim pabrikan selama balapan akhir pekan. Untuk mengatasi masalah, mungkin terkait grip, dan karena itu untuk meningkatkan performa di hari Ahad. Kemudian, dengan data yang dianalisis, team performance juga membantu departemen balap untuk pengembangan motor. Mungkin Ducati yang pertama membuat sistem ini kemudian diikuti oleh kami di Suzuki.

Kami di Suzuki sudah membuatnya pada tahun 2016, tahun kedua balapan kami. Kami adalah yang pertama memilikinya, di antara orang Jepang, dan karena itu kami paling dekat dengan orang Eropa. Namun, Suzuki tetaplah perusahaan Jepang, karakteristik tertentu tetap ada: katakanlah kami memiliki mentalitas yang setengah jalan; yaitu, sangat Eropa dalam pendekatan di lintasan, sangat Jepang dalam proses pengembangan sepeda motor, secara tradisional lebih konservatif.”

“(Honda dan Yamaha) belum mengambil langkah maju ini. Masalahnya, bagaimanapun, adalah hal lain: memahami bagaimana melakukannya. Karena situasinya tidak dapat berubah dalam beberapa bulan: Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan, di mana dan bagaimana berinvestasi, keterampilan apa yang harus dibawa ke departemen. Tidaklah cukup untuk mempekerjakan sejumlah insinyur tetapi mereka perlu diorganisir, dikoordinasikan dengan cara yang disetujui sehingga menjadi kelompok kerja fungsional. Dan kita membutuhkan rencana multi-tahun untuk itu.”

“Data dan teknologi membutuhkan pekerjaan yang sangat berbeda untuk membuat motor menjadi efektif, yaitu mampu mengeksploitasi cengkeraman ban. Ini bukan lagi periode di mana masalah diselesaikan dengan kerangka yang didedikasikan untuk pengendara, atau dengan membuat motor dengan karakteristik pengendara tertentu.”

Apa yang terjadi sebelumnya salah! Pertama Anda harus mengatur pekerjaan di Jepang dan di trek, lalu mengoordinasikan semuanya. Pekerjaan dimulai di sana. Jadi Honda dan Yamaha benar-benar perlu menemukan kembali proyek MotoGP mereka dan saya pikir mereka sudah melakukannya tetapi efeknya baru akan terlihat nanti.”

“Kita memerlukan rencana multi-tahun di mana pekerjaan yang dilakukan di trek direstrukturisasi, sehingga trek dapat mengirimkan informasi yang benar ke perusahaan; dan di perusahaan mereka harus memiliki alat untuk bekerja dan melakukan apa yang dibutuhkan di trek.”

“Saat ini mereka yang menggunakannya dengan benar akan mendapat manfaat. Dan situasinya juga berbeda karena pabrikan Italia dan Eropa sekarang sangat kuat. Mereka telah menemukan cara mengatur diri mereka sendiri untuk menggunakan teknologi tersebut, sementara Honda dan Yamaha masih harus menghadapi transisi ini. Ini adalah evolusi yang telah dimulai dalam 5-6 tahun terakhir.” – @tmcblog

40 COMMENTS

    • Berarti Suzuki lebih terbuka dan maju, sedangkan Honda dan Yamaha lebih sibuk mikirin problem akhir pekan alias gaya klasik ya wak haji?….

      • (Honda dan Yamaha) belum mengambil langkah maju ini. Masalahnya, bagaimanapun, adalah hal lain: memahami bagaimana melakukannya. Karena situasinya tidak dapat berubah dalam beberapa bulan: Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan, di mana dan bagaimana berinvestasi, keterampilan apa yang harus dibawa ke departemen. Tidaklah cukup untuk mempekerjakan sejumlah insinyur tetapi mereka perlu diorganisir, dikoordinasikan dengan cara yang disetujui sehingga menjadi kelompok kerja fungsional. Dan kita membutuhkan rencana multi-tahun untuk itu.”

        tolong petikan kalimat ini teriakan ke pimpinan Suzuki Tambun ooommmm…!!
        melek wooii meleeekkk…!!!

  1. cukup setuju dengan yang dikatakan oleh brivio keadaan yang terjadi sekarang sebenarnya bukanlah semata mata selalu soal keterbatasan teknologi tapi bagaimana memanfaatkan sistem kerja yang baik secara pengaturan sumber daya serta mentalitas dan tujuan yang sama

    • kenapa kasihan bukankah ini kompetisi, jujur saya juga kecewa melihat performanya, tapi ya peraturan tetap peraturan ga mungkin puasa demi nunggu rules yang adil atau lebihh menguntungkan pihak lain 😂

  2. Data dan teknologi membutuhkan pekerjaan yang sangat berbeda untuk membuat motor menjadi efektif, yaitu mampu mengeksploitasi cengkeraman ban

    Tapi teknologi nya dibatasi

    • betul teknologi dibatasi. tapi klo varian datanya banyak dan bisa menunjukkan kelemahan/kekurangan motor/pembalap di lintasan, maka bisa diatasi dgn atur gaya balap dan atau parameter setingan motor yg dibenahi semaksimal mungkin. kalaupun tidak mengobati, setidaknya kelemahanya berkurang.

  3. skrg zamannya bicara data,, feeling kalo ga didukung dgn angka2 bakalan sulit dianalisa atau bahkan cuman dianggap omong kosong belaka, apalagi modelan insinyur Jepang yg ga bisa turun langsung ke lapangan krn keterbatasan jarak

    • mungkin ada hubungannya juga dgn mentalitas Jepang yg suka “menjaga tradisi” yg dr dulu bekerja dgn baik, mereka besar dgn tradisi tsb, bertahun-tahun juara dan mendominasi, dan meskipun skrg metode kerja mereka sudah ketinggalan zaman tp mereka masih percaya kalo tradisi tsb masih bekerja dgn baik, untungnya keadaan dan tekanan yg bertubi-tubi dr tim Eropa membuat mereka sadar kalo mereka harus berubah,

  4. Brivio kyknya sedang ‘melamar’ kerja deh ke Honda, secara kan disana ada dua orang bekas anak didiknya yg pasti sudah sangat ia kenal..
    IMHO

    • ya sepertinya dia sedikit menyombongkan diri, tapi pasca kepergian dia dari sasuki liat aja Sasuki menang aja sulit, malah keliatan stagnan.

  5. pendapat saya etos kerja tradisi jepang ini berlaku jika regulasi memakai ecu inhouse, semua data teknologi yang bekerja sesuai keinginan ditanam di motor terrecord dan dapat dipelajari oleh mereka sendiri apa yang terjadi dan apa yang dibutuhkan di trek. dan suzuki masuk moto gp disaat regulasi akan berubah jadi mau tidak mau harus merubah cara pendekatan, dimana honda dan yamaha tidak menyadari dan merasa tidak ada yang salah dari cara pendekatan mereka terhadap motogp sekarang

  6. kalo ducita menangnya pas masih jaman ecu inhouse mungkin kata2 pekerjaan ducita bisa dikatakan lebih baik dari japan.faktanya waktu peralihan dari ecu inhouse ke Single ecu,yg juara adalah hando,walaupun awal2 sempat keteteran,tapi hando menjanjikan perbaikan di setengah musim ke dua.dan akhirnya juara.tapi sekarang dengan segala pengebirian pabrikan japan,trus ducita bisa juara sekali koar2,eropa lebih baik,ya agak aneh sih menurut saya.

  7. feeling dan keterampilan pengendara sekarang semakin terpinggirkan membuat rider yg biasa saja pun bisa menantang rider grade-A walaupun kekonsistenan tetap pada rider yg memiliki skill,jadi memang data yg sangat krusial dijaman sekarang

    mau rider ngeluh nganu nganu tapi data yg dijeberkan masih bagus dan unggul dr kompetitor ya dianggap angin lalu

    • Apalagi ketambahan Dashboard Message yang pernah dikrtitik Bradley Smith karena membuat pembalap jadi kurang peka dengan keadaan disekitar.

  8. Lah dia ngomong fakta,,lah ente paham gak arti fakta ama koar koar yg g jelas,,,salah sendiri kenapa tim jagoan ente pas pandemi nyungsep,hebatan suzuki dong dana cekak bisa jurdun

  9. Tapi tetep memble juga tahun berikutnya setelah juara dunia, malah Ymam yg juara yg katanya blm punya “satu gugus tugas khusus di luar tim test” , terus ngapain aja tuh “satu gugus tugas khusus di luar tim test” suzuki sm ducati

  10. Dari zaman MotoGP modern juga mengacu pada data, jangan salah menilai. Bedanya MotoGP saat ini data data elektronik di kuasai Pabrikan Eropa karena regulasi mengharuskan Pabrikan menggunakan

  11. kalo ane sih pendapatnya masih seperti dulu.
    mahalan mana jatuhnya antara pembalut bersayap dengan elektronik mandiri.

    otak seragam, karetnya wala-wala. yang perlu di ganti penyelenggaranya.

    • Dan belom lagi itu sayap sayapan ya jelas susah diterapin di motor massal yang beneran bisa dipake aman tiap hari. Makanya saya juga tetep lebih suka cara yang ditempuh pabrikan Jepang

      inovasi yang ada tapi masih mikir “ini bisa bener bisa diterapin ke barang jualan gak ya”

  12. Brivio ini bukan orang kaleng mesti latar belakangnya bukan pembalap ato mekanik. dia orng yg bikin Rossi pede bedol desa transmigrasi ke Yamaha di 2004, dia yg bikin Vinales tumbuh ampe jadi next star biarpun akhirnya Vinales ga sabaran laper mulu liat rumput tetangga kala itu (M1) dan matiin karir dia di pabrikan impiannya itu, Brivio pula yg berani gambling tarik Rins dan Iannone ketimbang Joko aka Johan Jarko sepeninggal Vinalea dan Espargaro. Iannone bisa dibilang gatot di Suzuki, tapi Suzuki jadi tau gimana cara bikin sasis motor yg bisa bejaban ama Ducati yg mana punya karakter sasis stop and go ketimbang sebelomnya berkiblat ke Yamaha yg parabolic holic. terbukti Rins jadi sering didepan sejak Suzuki ngikutin mau Iannone utk bikin motor yg lincah stop and go dan bisa dibejek lebih awal yg endingnya jelas topseed naek. jurdunnya Mirs emg berbau hoki sih, tapi Mirs ga mungkin jurdun kalo Suzuki ga bikin motor yg proper dan bisa bikin rider berskill average di motogp bisa mungutin poin demi poin saat rider yg pada berebut kemenangan jg berebut batu akik, thanks to Rins dan sebelonnya Iannone.

    • Sepertinya Sosok Brivio ini kayak Pak Anggono Iriawan, hehehe. Soalnya emang kelihatan banget effort Suzuki pada saat ada dia, mungkin pengganti Brivio mencoba menganalisis dengaan cara yang sama tapi kalo yang aku lihat sih ada 1 posisi kosong yang hilang gegara Sahara atau siapa itu gantiin Brivio, otomatis posisi yang awalnya ditempati Sahara jadi kosong atau malah Sahara yang jadi punya 2 tugas.

    • Bravio bisa gagah berani ngomong begini karena dia resign dari Suzuki dan GP pas Suzuki Juara Dunia. Jadi pas 2 musim berikutnya Suzuki melempem kyk kerupuk dan lalu mundur total dari GP, ya Brivio gak kena getahnya atau gak ikut berpartisipasi atas jatuhnya (prestasi) Suzuki. Coba dia masih ngeLead tim Suzuki sampe detik² menjelang mundur dari GP, blm tentu dia bisa ngomong begini…

      mundur dari Suzuki pas di puncak kejayaan di tambah dia skrg mimpin tim F1 yg menjadi Benchmark tim2 GP skrg, yaa auto lah Brivio bisa ngomong bebas tentang Honda n Yamaha dan ex tim nya.

  13. wah klo sudah maen data, nanti lama2 maen di AI/Machine learning untk menemukan setup motor terbaik dan gaya balap terbaik.
    yg kayak gini, data analistnya dibayar mahall..

  14. Alhamdulilah sih motor saya S, Y, dan H ga rewel buat belanja, antar sekolah, kepasar dll, cuma agak ada masalah klo bocor ban, Motogp sy liat ga pernah bocor ban kok bnyk masalah ya, motornya mahal masalahnya bnyk. puseing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version