TMCBLOG.com – Selain dengan hadirnya Sprint Race dimana diperkirakan akan sangat mengubah atmosfer dan strategi team MotoGP di 2023 ada satu hal lagi yang menjadi concern kuat yakni mengenai supply ban yang layanannya tetap diberikan oleh Michelin di tahun 2023. Seperti kita ketahui bersama pada pertemuan elektronik Komisi Grand Prix (GPC) yang diadakan pada tanggal 4 Juni 2022 mereka membuat keputusan bahwa mulai 2023, Michelin hanya memasok dua jenis compound ban belakang slick.

Pada musim 2023 yang akan dimulai pekan depan, semua pengendara tetap akan memiliki alokasi ban belakang yang sama yakni 12 ban dengan kombinasi: 7 ban yang lebih soft dan 5 ban yang lebih keras (bisa soft-medium atau bisa medium-hard). Tujuan yang disampaikan oleh Michelin adalah mereka mencoba mengurangi variabel ‘kesia-siaan’ (mubazir) pada race weekend dengan mengurangi potensi jenis ban yang hampir tidak dipakai sepanjang data penggunaannya di gelaran MotoGP sebelumnya.

Potensi perubahan apa yang akan terjadi dengan keputusan ini. Yang pertama jelas hadir dari sisi pembalap dan atau tim yang dipastikan akan lebih mudah dalam memilih ban terbaik yang akan mereka pakai saat Sprint Race dan race utama di hari Ahad. Minimal mereka tidak akan kehilangan banyak waktu untuk mencoba satu lagi opsi ban belakang seperti yang terjadi di tahun-tahun yang lalu.

Hal kedua yang berpotensi terjadi di musim MotoGP 2023 menurut TMCBlog adalah kita mungkin akan melihat lebih sedikit/kecil disparitas performa kualifikasi dari seorang pembalap dibandingkan dengan performa pembalap tersebut saat race (baik Sprint Race maupun main race) atau dengan kata lain seorang pembalap di musim 2023 ini akan lebih memperoleh kesempatan saat balapan jika saat sesi latihan ia memperoleh race pace yang bagus walaupun saat kualifikasi ia berada di posisi yang kurang bagus misalnya dari row ke empat, lima dan seterusnya. Pembalap pembalap ini akan lebih memiliki potensi nyodok ke depan saat race berlangsung.

Kenapa bisa begitu? Karena dengan hanya dua tipe compound ban belakang yang disediakan maka diperkirakan gap pace antara kualifikasi dan balapan akan lebih sempit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pembalap dan pabrikan yang umumnya bermasalah saat sesi kualifikasi akan lebih memiliki potensi untuk berkompetisi dengan pembalap/pabrikan yang kencang saat kualifikasi.

Sebelum ini disparitas antara pace pada sesi kualifikasi dan pace saat balapan sangat jauh dan hampir tidak ada yang mau percaya jika ada pembalap bisa torehkan laptime tercepat kualifikasi saat race.

Mengenai rencana Michelin 2023 ini sempat juga diutarakan oleh Piero Taramasso, Manajer Roda Dua Michelin “Seperti diketahui, pada 2023 spesifikasi ban belakang bukan lagi tiga, tapi dua. Itu perubahan terbesar. Daripada pilihan sebelumnya soft, medium dan hard, kami sekarang akan memiliki soft dan medium untuk ban belakang – yaitu 7 dan 5 ban per pembalap dan balapan akhir pekan. Ini juga berkaitan dengan format Sprint Race baru, sehingga pembalap akan memiliki lebih banyak ban soft yang tersedia untuk ‘time attack’ dan Sprint Race,”.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

 

 

 

21 COMMENTS

  1. karena michelin itu beda antara soft medium dan hard sangat tipis sekali dalam soal durabilitynya, makanya 2 type ban ajah cukup, sangat kontras dgn bridgestone yg beda antara soft dan medium apalagi hard sangat besar…

  2. Ban cuma buat pemecahan rekor laptime doang aja kok,serah mau bawa apaan.entar pasti jg dibikin ban khusus sprint race biar makin dicabik2 rekornya buat nunjukin keperkasaannya

    Ban Pirelli aja lebih niat dan variatif,jadi stategi pembalap jg bs lebih luas

    • Variatif darimana, noh di WSBK malah ngejar ban soft sampe dibikin ban supersoft, alhasil yang bobotnya berat ya kalah karena yang bobotnya ringan pake ban supersoft masih awet, sebelumnya gak ada tuh ban supersoft di WSBK. Emang tujuannya berlomba2 buat mecahin rekor laptime.

    • itu krn ecu pirelli bgtu inferior dibanding inhouse, mknaya faktor eksternal yg dipake utk menutupi kekurnagan bisa dr ban dan winglet.. tp ttp ada efek jenuh/ minusnya dimana minim overtake jadi boring dan monoton tetapi efektif pecahin lap recor hehehe

  3. ko gak ada yg komen “ini mah biar yamaha diuntungin biar pas kualifikasi bisa didepan, biar taro bis fight dr awal,”,, cek ombak aaahhh

    • Kalo gua langsung mikir ke Yamaha tapi mikirnya “wah akhirnya bisa terpecahkan masalah Yamaha yang lemah saat time attack” hahaha

  4. Enaknya suplier tunggal bisa suka2 kasih kebijakan. Coba masih perang ban, bisa tuh bakal keluar versi hard, medium, soft, super soft, hyper soft, ultra soft.

  5. Heleh bilang aja bingung nanggepin feedback dan mager riset

    Palingan yg dibuang hard compound, terus gada riset data dan tbtb balapan di daerah aspal puanas kaya Mandalika, Sepang, sama PI auto kalang kabut terus kasih banyak alasan, padahal kelakuannya sendiri

  6. bagus nih buat tontonan, jadi makin seru musim 2023 karena ada faktor penentu lain selain wing wing and wing

  7. Mending kaya aturan wsbk aje spek ban yg dipake balap fardhu ain utk dijual masal, biar ga ada isu ban goib lg jg biar kualitas fix kaga bagus diawal, ampas di tengah, beda lagi di akhir musim. Pirelli biarpun ada ban yg mubazir ga kepake di wsbk mereka ga rugi krn toh itu barang dagangan bisa dijual lg paling rugi tenaga aje keluar masukin cargo. Toh motogp jg motor prototipe, ga rugi dan ga susyeh jg pabrikan ngeracik casis sesuai ban. Skrg ini bannya aje ono ini, taon ini begini tim udh nyetel casis yg sesuai taunya taon depan begindang, bikin tim begadang sekedar nyesuain ban ‘baru’ lg akhirnya yg diuntungin yg hoki krn kebetulan casisnya cucok ama ban baru. Ntar pasti ade yg ngedebat motogp kan balap prototipe, ban ya prototipe lah masa harus produk masal. Gw ingetin ya, moto3 ama moto2 jg balap prototipe tapi Dunlop ngasih ban masal. Lu bisa beli ban moto2 dipasang ke ZX636 ato bahkan megapro kalo ada duitnya dan lu jg bisa pasang ban moto3 ke MX King buat ikutan balap level Asia ato sekedar ke honda grand buat nakutin tetangga krn disangka kemana2 pake ban gerobak yg udh botak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here