TMCBLOG.com – Ban merupakan suatu komponen sepeda motor yang penting karena tak hanya sebagai komponen yang kontak langsung dengan jalan, namun juga berperan dalam kenyamanan berkendara. Pada Buku Pedoman Pemilik di setiap Sepeda Motor termasuk yang menjadi Contoh Kali ini yakni Sepeda Motor Honda telah dicantumkan standar terkait tekanan ban. Lalu, efek apa saja yang dapat timbul jika konsumen berkendara dengan kondisi tekanan ban tidak sesuai (baik lebih tinggi atau lebih rendah) dari standar ?

  1. Setir terasa berat : Jika tekanan ban kurang, maka setir akan terasa berat karena tekanan ban yang kurang dapat memperlebar tapak dari ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

  1. Pengendaraan yang tidak stabil : Pada kondisi tekanan ban yang tidak standar dapat menyebabkan pengalaman berkendara yang tidak stabil dan tidak nyaman.

  1. Menyebabkan keausan dari ban akibat profil ban yang tidak normal.

  1. Menurunkan usia Lampu Belakang. Tekanan ban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan getaran abnormal pada bulb lampu belakang, yang dapat mengakibatkan over voltage pada Bulb, sehingga menurunkan lifetime dari lampu belakang.

Sobat sekalian bisa membaca Standar tekanan ban yang dapat diterapkan kepada sepeda motor pada stiker yang umumnya tertempel pada unit sepeda motor (di bagian depan untuk unit matic dan bagian belakang untuk motor sport/cub). – @tmcblog

9 COMMENTS

  1. 1 efek negatif.

    1. Setir terasa berat
    1. Pengendaraan yang tidak stabil
    1. Menyebabkan keausan dari ban akibat profil ban yang tidak normal
    1. Menurunkan usia Lampu Belakang

    hehehe

    • Ngapain heran, kebanyakan ban emg max tekanan 36 bahkan ada yg 38. Ato ban sepeda diatas 50. 35 buat ukuran motor mah masih wajar. Ga semua yg ngisi di spbu racers wanna be yg musti bgt ngisi di standar minimum biar kaya sembalap biarpun nikungnya ga lebih miring dari emak2 yg buru2 ke pasar, jg ga semua yg ngisi di spbu itu motor. Bisa aja sepeda, truk, bahkan orang iseng mompa pelampung dari ban bekas kalo lu tinggal didaerah deket nelayan.

    • kalo saya malah jd saksi ada anak muda ngisi angin di spbu kerang dengan tekanan 30 bar wkwkwkwkw, untung keburu diberhentiin sama petugasnya yg kebetulan ngeliat jg.

  2. Klo ngisi angin dimanapun, tetep kudu ati2. Ada jg yg pengukurannya ga standar atau tidak terkalibrasi. Pernah ngisi angin mobil di tukang ban, udah ngomong 34 psi, setelah jalan kedetect di sensor sampai 45-50psi. Untung blum jauh.. langsung mlipir trus kempesin sendiri sampe tekanan 34.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here