TMCBLOG.com – Sebenarnya sudah semenjak awal tahun 2000-an sempat Tahu Honda Solo 50 Via foto Foto dari Honda Motor Jepang, namun jujur baru di 2023 ini atau 20 tahun semenjak Motor itu pertama Kali dirilis ( 2003), tmcblog bisa meihat secara Langsung Sosok Motor Unik yang penamaannya Juga memiliki arti Jumlah seat / jok yang memng hanya mengakomodasi satu penumpang yakni pengendaranya itu sediri.

Saat pertama Kali kami melihatnya langsung, kesan Klasiknya memang membuncah. Seperti kombinasi antara Desain Honda CB100, Honda S90 dan Honda Win. Tampangnya retro, Compact dan terkesan Kurus.

Dari depan Hadir Headlamp Bulat dipadu dengan lampu sen yang detailnya Mirip Lampu sen Honda Scoopy Lama (Karburator) yang dimounting ke Triple T bawah dari suspensi teleskopik Kurus yang menopan Roda 18 Inchi ber-velg jari Jari dengan Rem Jenis tromol di depan.

Tampilan Klasik diingkatkan dengan Kehadiran Subframe pendek yang hanya enopang Jok single/ Solo dengan dimensi ala ala Jok sepeda. Swingarm belakang Yang panjang membuat Wheel-base cukup panjang yakni 1,285 mm. Swingarm ini memiliki penguat Upperbrace yang juga berlaku sebagai Mounting suspensi Tunggal Monoshock yang didesian agak Lateral/ Melintang.

Roda belakang Berukuran 18 Inchi dengan Spatbor/ Rear fender hampir Full mirip sepeda dipadu dengan Rem belakang yang juga masih tromol.

Motor yang berada di bawah naungan Honda New Project (N Project) ini dibekali mesin Satu silinder lateral seperti mesin motor bebek denga kubikasi kecil 50 cc berpendingin udara. Mesin ini menggunakan Pengapian CDI tipe magnet dan hanya mengandalkan kick starter untuk menyalakan mesin.

Mesin mungil tipe semi-otomatis ini memiliki 3-percepatan dan menghasikan power maksimum hanya 3,5 hp di raungan mesin 7.500 rpm dengan torsi maksimum 3,8 Nm pada 6.000 rpm.

Pada dasarnya Motor yang dulu tahun 2003 dibanderol dengan Harga Mulai 25 Jutaan Di Jepang ini ( Honda Solo 50 ) memang tak masuk daftar motor yang dibawa masuk dan dijual langsung oleh APM Resmi Sepeda motor Brand Honda Yakni Honda PT Astra Honda Motor (AHM). Honda Solo 50 hanya diproduksi Oleh Honda selama 5 tahun dari kurun waktu 2003 sampai terakhir 2007. Hanya ada beberapa yang masuk Indonesia dimana salah satunya dipercaya dimiliki Oleh Salah satu Menteri Koordinator Di Kabinet saat ini.

Taufik of BUitenZorg | @tmcblog

5 COMMENTS

  1. Motor solo udah
    Merk jawa udah..
    Ahh ntr ane bikin merk borneo apa sumatera
    Slot kosong nama nusantara msh bejibun lurr
    Yukk yg punya modal investor gasskeun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here